Food & Travel
Batal
KATEGORI
link has been copied
22
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6076038d033d8113177ab611/kuliner-merakyat-unik-bikin-nagih-ada-yang-dimakan-pakai-sambal-goreng-udang-loh
Indonesia terkenal akan keragaman kulinernya. Bagi yang demen wisata kuliner, seenggaknya hafal nama-nama makanan yang jadi favorit. Bener nggak, nih? Uniknya, dari satu jenis kuliner itu tuh banyak macemnya. Bubur adalah salah satu jenis kuliner merakyat yang bejibun mecemnya. Ada bubur manis, berbumbu, atau pun bubur campur dengan campuran sayuran, ikan hingga sambal. Kedengarannya emang mantap
Lapor Hansip
14-04-2021 03:48

Kuliner Merakyat Unik Bikin Nagih, Ada yang Dimakan Pakai Sambal Goreng Udang Loh!

icon-verified-thread
Kuliner Merakyat Unik Bikin Nagih, Ada yang Dimakan Pakai Sambal Goreng Udang Loh!

Kuliner Merakyat Unik Bikin Nagih, Ada yang Dimakan Pakai Sambal Goreng Udang Loh!

Indonesia terkenal akan keragaman kulinernya. Bagi yang demen wisata kuliner, seenggaknya hafal nama-nama makanan yang jadi favorit. Bener nggak, nih?
Uniknya, dari satu jenis kuliner itu tuh banyak macemnya.

Bubur adalah salah satu jenis kuliner merakyat yang bejibun mecemnya. Ada bubur manis, berbumbu, atau pun bubur campur dengan campuran sayuran, ikan hingga sambal. Kedengarannya emang mantap banget jenis makanan yang satu ini ya, Gansis.

Kalau di tanah Jawa, bubur ini punya kisah tersendiri, loh. Zaman dulu, bubur hanya dimakan saat gagal panen atau ketika nggak mampu beli beras. Supaya bisa tetep makan, orang-orang zaman dulu, cara memasak berasnya ditambah dengan banyak air. Jadi, semua anggota keluarga nggak kelaparan, meskipun cuma makan bubur.

Seiring perkembangan zaman, bubur ini punya banyak cita rasa yang tersebar di seluruh nusantara, kayak yang di bawah ini, nih Gansis.

1. Bubur pedas
Kuliner asli Singkawang, Kalimantan Barat ini, tuh terbuat dari beras yang ditumbuk halus, lalu ditumis dengan dicampur bumbu-bumbu rahasia dan campuran kelapa sangrai, kaldu sapi, pakis, kangkung, dan kesum. Istimewanya, meskipun dinamakan bubur pedas, tapi kuliner ini malah nggak ada rasa pedas-pedasnya. Yang ada, tuh gurih mantap kayak yang dibayangin Agan Sista sekarang. Mau tau penampakannya? Cekidot!

Quote:Kuliner Merakyat Unik Bikin Nagih, Ada yang Dimakan Pakai Sambal Goreng Udang Loh!


2. Bubur manado
Umumnya, bubur kan terbuat dari beras atau tepung. Namun, lain lagi dengan bubur khas Manado ini, Gansis. Bubur dengan campuran sayuran seperti kangkung, jagung, daun singkong, bayam, dan kemangi ini, berbahan dasar labu kuning. Duh, membayangkannya aja kok jadi bikin lapar, ya. Tapi yang dominan, sih rasa penasaran ane, gimana cita rasa bubur manado ini, ya? Hmm, pantengin ilustrasinya aja dulu, deh.

Quote:Kuliner Merakyat Unik Bikin Nagih, Ada yang Dimakan Pakai Sambal Goreng Udang Loh!


3. Bubur kampiun
Bubur yang ini, beda dengan kedua makanan lunak di atas, Gansis. Bubur yang berasal dari tanah Minang ini, merupakan jenis bubur manis. Teksturnya yang lembut seperti bubur sumsum, tambah pecah di mulut ketika dicampur dengan kolak pisang, ketan hitam, kacang hijau, cenil maupun srikaya. Pokoknya endes banget. Kayak gimana sih penampakannya?

Quote:Kuliner Merakyat Unik Bikin Nagih, Ada yang Dimakan Pakai Sambal Goreng Udang Loh!


4. Bubur pecel/samier
Kuliner menggoda ini berasal dari Bandungan, Semarang, Jawa Tengah. Berbeda dari bubur ayam pada umumnya, makanan yang cocok disantap saat sarapan ini, unik banget cara menikmatinya, loh. Siraman kuah bumbu kacang dan sayuran kayak kangkung, tauge, atau bayam sebagai pelengkap, merupakan paduan yang pas dari kuliner yang disajikan dengan wadah berupa opak yang bisa disantap. Wuih, makin penasaran gimana cita rasa bubur khas Bandungan ini, kan? Nih, ane bawain. Awas, jangan sampai ngiler!

Quote:Kuliner Merakyat Unik Bikin Nagih, Ada yang Dimakan Pakai Sambal Goreng Udang Loh!


5. Bubur sumsum
Bubur yang satu ini, banyak ditemukan di Jawa sebagai perayaan adat setempat. Bahan dasar tepung beras yang diolah bersama santan dan siraman gula palma cair atau kalau ane biasa memakai gula merah cair, menjadikan kuliner ini sangat cocok dinikmati kapan aja. Tambahan daun pandan dalam adonan bubur pun, menambah aroma wangi bubur sumsum. Pokoknya yummy banget, deh!

Quote:Kuliner Merakyat Unik Bikin Nagih, Ada yang Dimakan Pakai Sambal Goreng Udang Loh!


6. Bubur bassang
Kuliner asli Makassar, Sulawesi Selatan ini bahan dasarnya beda dari bubur manis kebanyakan, Gansis. Jagung pulut atau jagung putih sebagai bahan dasar pembuatan bubur bassang ini, udah pasti menghadirkan sensasi rasa tersendiri, ya. Teknik pembuatan bubur bassang ini juga tergolong gampang banget. Jagung direndam semalaman atau selama 12 jam, lalu direbus bersama santan, larutan tepung terigu, dan daun pandan. Selain nikmat, kuliner ini juga bisa dikonsumsi bagi Gansis yang sedang diet, loh. Dobel-dobel kan manfaatnya?

Quote:Kuliner Merakyat Unik Bikin Nagih, Ada yang Dimakan Pakai Sambal Goreng Udang Loh!


7. Bubur manggul
Dilihat dari namanya, bubur ini emang unik ya. Kuliner khas Madura yang berbahan dasar tepung beras dicampur santan ini, cara penyajiannya juga cukup unik. Ada campuran serundeng (kelapa parut yang dimasak sampai kering), daun kemangi, dan sambal goreng udang di atasnya. Gansis bisa bayangin nggak, gimana cita rasa bubur spesial ini? Yang pasti, Gansis penasaran dan pengen mencobanya, kan? Tapi tahan dulu sampai saatnya berbuka nanti, ya.

Quote:Kuliner Merakyat Unik Bikin Nagih, Ada yang Dimakan Pakai Sambal Goreng Udang Loh!


8. Bubur ayam
Bubur ini sangat familiar dan hampir semua orang tahu. Bahan dasar beras yang dimasak hingga lumat, memberi rasa nyaman bagi penderita sakit magh atau lambung. Taburan suwiran ayam, kacang kedelai atau kacang tanah, daun bawang, bawang goreng, telur bacem, dan kerupuk, serta siraman kuah santan kuning, pastinya menambah nikmat santapan yang cocok dikonsumsi sebagai sarapan. Bagi yang punya riwayat lambung, pemakaian kuah santan juga bisa di-skip, ya. Rasanya tetap nikmat, kok.

Quote:Kuliner Merakyat Unik Bikin Nagih, Ada yang Dimakan Pakai Sambal Goreng Udang Loh!


Kuliner sederhana macam bubur ini emang banyak diminati orang. Selain karena rasa khas dari masing-masing bubur, menikmati santapan lembut ini juga bagian dari mencintai keragaman kuliner yang ada di Indonesia. Pun cara mendapatkannya tergolong gampang. Bagi Gansis yang demen uprek di dapur, bisa banget kalau mau bikin sendiri. Resepnya pun mudah dan tersebar di berbagai situs khusus kuliner nusantara.

Dari deretan bubur yang ane sebut di atas, mana favorit kalian, nih?


Kuliner Merakyat Unik Bikin Nagih, Ada yang Dimakan Pakai Sambal Goreng Udang Loh!

emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)


Thread by : @anna1812
Sumber : 1, 2, 3


emoticon-Cendol Gan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
betiatina dan 9 lainnya memberi reputasi
10
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Kuliner Merakyat Unik Bikin Nagih, Ada yang Dimakan Pakai Sambal Goreng Udang Loh!
14-04-2021 03:48
Reserved
0 0
0
Kuliner Merakyat Unik Bikin Nagih, Ada yang Dimakan Pakai Sambal Goreng Udang Loh!
14-04-2021 03:48
Gansis suka yang mana nih?
0 0
0
Kuliner Merakyat Unik Bikin Nagih, Ada yang Dimakan Pakai Sambal Goreng Udang Loh!
14-04-2021 04:22
Ane dah pernah buat dan makan bubur sumsum, rasanya mantap manis...emoticon-Smilie
profile-picture
anna1812 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Kuliner Merakyat Unik Bikin Nagih, Ada yang Dimakan Pakai Sambal Goreng Udang Loh!
14-04-2021 10:57
Baru icip-icip di no 5 dan no 8😷🤭
profile-picture
anna1812 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Kuliner Merakyat Unik Bikin Nagih, Ada yang Dimakan Pakai Sambal Goreng Udang Loh!
14-04-2021 11:50
Ane makan bubur kalo nggak enak badan doang... Kalo variasinya begini menarik juga.. emoticon-Big Grin
0 0
0
Kuliner Merakyat Unik Bikin Nagih, Ada yang Dimakan Pakai Sambal Goreng Udang Loh!
14-04-2021 13:22
baru makan bubur sumsum dan bubur ayam. Mupeng banget sama Bubur kampiun ane sist emoticon-Genit
Bubur manado malah jadi seperti masakan untuk MPASI.. cuma yang ini pasti lebih enak..
0 0
0
Kuliner Merakyat Unik Bikin Nagih, Ada yang Dimakan Pakai Sambal Goreng Udang Loh!
14-04-2021 13:58
Yess setuju sekali makan mkam ini harganya terjangkau dan masuk ke lidah org indonesia
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kuliner Merakyat Unik Bikin Nagih, Ada yang Dimakan Pakai Sambal Goreng Udang Loh!
14-04-2021 15:13
Mantap, cocok dimakan sambil menunggu waktu buka puasa! emoticon-2 Jempol
Diubah oleh kontholl
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kuliner Merakyat Unik Bikin Nagih, Ada yang Dimakan Pakai Sambal Goreng Udang Loh!
14-04-2021 15:32
Quote:Original Posted By dalledalminto
Baru icip-icip di no 5 dan no 8😷🤭


Quote:Original Posted By baikl
Mantap, cocok dimakan sambil menunggu waktu buka puasa! emoticon-2 Jempol


kan belum waktunya berbuka
0 0
0
Kuliner Merakyat Unik Bikin Nagih, Ada yang Dimakan Pakai Sambal Goreng Udang Loh!
14-04-2021 18:45
Bubur sumsum nya..menggoda...
0 0
0
Kuliner Merakyat Unik Bikin Nagih, Ada yang Dimakan Pakai Sambal Goreng Udang Loh!
15-04-2021 14:29
bubur manggul penasaran pengen coba deh emoticon-Angkat Beer
0 0
0
Kuliner Merakyat Unik Bikin Nagih, Ada yang Dimakan Pakai Sambal Goreng Udang Loh!
15-04-2021 22:36
Bubur campur sambel goreng gan 😍, apalagi buburnya masih anget 😁
0 0
0
Kuliner Merakyat Unik Bikin Nagih, Ada yang Dimakan Pakai Sambal Goreng Udang Loh!
16-04-2021 00:38
bubur manado dan bubur ayam favorit ane. bubur pecel kayaknya ada juga di situbondo ya cuma ane lupa namanya
0 0
0
Kuliner Merakyat Unik Bikin Nagih, Ada yang Dimakan Pakai Sambal Goreng Udang Loh!
16-04-2021 16:05
Ane udangnya aja..

0 0
0
Kuliner Merakyat Unik Bikin Nagih, Ada yang Dimakan Pakai Sambal Goreng Udang Loh!
30-04-2021 20:13
Bumbu rahasia buat bubur pedas apa aja tuuh
0 0
0
Kuliner Merakyat Unik Bikin Nagih, Ada yang Dimakan Pakai Sambal Goreng Udang Loh!
30-04-2021 22:52
Mantap gan thanks infonya
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia