Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
103
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60704c4280d23907da330e82/perubahan-spot-wisata-di-indonesia-sejak-pandemi-corona-2020
Pariwisata Indonesia semakin dikenal dunia, bahkan pada tahun 2019 lalu Indonesia menjadi tujuan wisata nomer 1 di dunia versi beberapa situs travel ternama dunia. Namun pada tahun 2020 semuanya berubah drastis sejak kemunculan wabahnya Virus Corona di bulan Maret 2020 hingga Desember 2020.
Lapor Hansip
09-04-2021 19:44

Perubahan Spot Wisata Di Indonesia Sejak Pandemi Corona 2020

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Pariwisata Indonesia semakin dikenal dunia, bahkan pada tahun 2019 lalu Indonesia menjadi tujuan wisata nomer 1 di dunia versi beberapa situs travel ternama dunia. Namun pada tahun 2020 semuanya berubah drastis sejak kemunculan wabahnya Virus Corona di bulan Maret 2020 hingga Desember 2020.

Pembatasan sosial dan travel ban demi mencegah penyebaran virus menjadi faktor besar merosotnya kunjungan wisatawan lokal dan mancanegara. Sebagai imbasnya, tempat wisata yang dulunya ramai kini mendadak sepi dari hiruk pikuknya wisatawan. Nah, inilah beberapa spot wisata Indonesia yang terlihat sekali perubahannya sejak pandemi.

1. Pulau Dewata Bali, Di Uji Pandemi

Perubahan Spot Wisata Di Indonesia Sejak Pandemi Corona 2020

Siapa yang tidak kenal Bali, menjadi salah satu destinasi pariwisata paling favorit di dunia. Bali menawarkan daya tarik dari wisata alam hingga kehidupan sosial dan budaya. Hampir setiap spot wisata di Bali selalu ramai oleh turis lokal dan internasional, sebagian besar disini juga pernah berliburan ke Bali.

Namun, hal tersebut menjadi kenangan sejak Covid19 melanda. Terlihat bagaimana Bali seakan menjadi kota mati akibat hilangnya wisatawan, pantai Kuta dan pantai lainnya di Bali hampir setiap hari terlihat kosong. Begitupun juga toko-toko, cafe, dan restoran yang tampak lengang, akibatnya banyak pengusaha harus gulung tikar.

Lebih dari 1 juta orang pelaku usaha dan pekerja terdampak akibat tidak adanya wisatawan di Bali. Sejak bulan Maret 2020 perekonomian Bali menurun, dalam kondisi normal kontribusi pariwisata terhadap perekonomian Bali bisa mencapai 53%. Namun, penutupan sektor pariwisata akibat Covid19 membuat Bali mengalami kerugian hingga mencapai 9,7 triliun perbulannya.

Perekonomian Bali akhirnya anjlok, meski mengalami kerugian besar-besaran banyak pelaku usaha di Bali yang tetap optimis bisa bangkit. Bahkan semenjak Bali dibuka kembali untuk wisatawan domestik angka kunjungan semakin meningkat. Pelaku usaha dan pemerintah daerah terus memaksimalkan protokol kesehatan ketat di lokasi-lokasi wisata Bali, sekaligus menggencarkan promosi bagi wisatawan domestik.

2. Yogyakarta Sepi Karena Corona Melanda

Perubahan Spot Wisata Di Indonesia Sejak Pandemi Corona 2020

Kota Yogyakarta menjadi primadona bagi masyarakat Indonesia dan mancanegara saat sebelum wabah Covid19. Selain wisata alam, ragam budaya, dan kuliner menjadi daya tarik utama wisata Yogya. Parangtritis hingga pasar Beringharjo tidak pernah sepi dari pengunjung, bahkan pada malam hari Jl. Malioboro dipenuhi wisatawan yang berkuliner atau belanja.

Saat ada pembatasan sosial berskala besar, objek wisata di kota Gudeg ini mengalami penurunan drastis jumlah kunjungan wisatawan. Hal serupa juga dirasakan oleh oleh objek wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko. Akibat tidak ada pengunjung, mereka mengalami kerugian ratusan miliar.

Sektor pariwisata Yogyakarta menjadi salah satu sektor paling fatal menerima dampak pandemi Covid19. Sekitar 18 ribu pelaku usaha wisata menanggung kerugian hingga miliaran rupiah setiap harinya.

3. Nusa Tenggara Barat, Berharap Wisata Pulih Cepat

Perubahan Spot Wisata Di Indonesia Sejak Pandemi Corona 2020

Nusa Tenggara Barat memang mempunyai objek wisata alam yang banyak dan tidak kalah indah dibanding pulau Dewata. Lombok, Pulau Tiga Gili, Kawasan Rinjani, serta Kawasan wisata Senggigi, dan Mandalika terlihat ramai saat liburan musim panas atau akhir tahun.

Bisa dikatakan, pariwisata menjadi motor penggerak perekonomian Nusa Tenggara Barat dalam berbagai sektor dan menjadi primadona dalam pendapatan asli daerah. Namun, Covid19 membuat kehidupan dunia pariwisata di Nusa Tenggara Barat lumpuh. Berbagai objek wisata alam bertransformasi menjadi alam liar yang tidak terjamah manusia.

Tidak ada wisatawan yang berani berlibur saat virus corona mewabah, kerugian pariwisata tidak terelakan mencapai puluhan miliar rupiah perbulan. Pada akhir bulan Juni 2020 beberapa objek wisata Nusa Tenggara Barat, khususnya di Lombok telah dibuka kembali sercara bertahap.

Namun, belum ada perubahan signifikan dari segi peningkatan wisatawan. Bahkan ada keterbatasan penerbangan menuju Lombok dikarenakan permintaan masih rendah.

4. Nusa Tenggara Timur, Wisata Meredup Karena Pandemi

Perubahan Spot Wisata Di Indonesia Sejak Pandemi Corona 2020

Nusa Tenggara Timur juga menjadi korban Covid19, sebelum pandemi NTT merupakan destinasi wisata favorit dengan objek wisata seperti Pulau Komodo, Labuan Bajo, Danau Kelimutu, serta Pantai Pink. Sekarang industri pariwisata di Nusa Tenggara Timur terkena dampak negatif pandemi, para pelaku usaha wisata sulam di Labuan Bajo, Manggarai Barat terpaksa menutup bisnis mereka.

Tidak terlihat wisatawan yang lalu lalang di kota pelabuhan ini, karena gerbang pariwisata ke kawasan Pulau Komodo telah ditutup. Akibatnya kerugian mencapai puluhan miliar rupiah setiap bulan melanda. Imbas kehilangan wisatawan, kapal-kapal wisata di wilayah Labuan Bajo yang biasanya sibuk lalu lalang, kini hanya bisa bersandar di pelabuhan. Karena tidak terurus, beberapa diantaranya bahkan ada yang tenggelam.

5. Dampak Pandemi Pada Industri Perhotelan Dan Restoran

Perubahan Spot Wisata Di Indonesia Sejak Pandemi Corona 2020

Sepanjang wabah Covid19 merebak di tanah air, sektor pariwisata menjadi yang paling terdampak. Tidak adanya wisatawan membuat tingkat okupansi hotel sangat rendah, biaya operasional tinggi namun tidak ada pemasukan. Sehingga banyak hotel yang memilih untuk tidak beroperasi.

Sekitar 2.000 hotel lebih diseluruh Indonesia memutuskan tutup, dan 90% pegawainya dirumahkan atau diberhentikan. Diperkirakan kerugian pelaku usaha hotel mencapai puluhan triliun akibat Covid19. Hal senada juga dialami oleh pelaku usaha dibidang kuliner, di kota Jakarta saja sedikitnya 1.000 tempat usaha kuliner tutup.

Dan diperkirakan ribuan lainnya diseluruh Indonesia harus mengalami nasib yang sama. Oleh karena itulah jumlah pengangguran pun kian bertambah dengan belum berakhirnya wabah virus ini.







profile-picture
profile-picture
profile-picture
Shyesun.pucha dan 23 lainnya memberi reputasi
22
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 3
Perubahan Spot Wisata Di Indonesia Sejak Pandemi Corona 2020
10-04-2021 20:28
Semoga pandemi cepat berakhir agar kita semua bisa jalan2 keluar kota lg, amin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Perubahan Spot Wisata Di Indonesia Sejak Pandemi Corona 2020
18-04-2021 17:08
Yg pasti ngefek disegala bidang ya, termasuk pariwisata. Warga lokal yg menggantungkan hidupnya dr tempat wisata pasti berasa banget makin seret pemasukan. Tp positidnya tempat wisata jd kek dikasih waktu utk nafas sejenak dr riweuhnya pengunjung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Perubahan Spot Wisata Di Indonesia Sejak Pandemi Corona 2020
18-04-2021 17:08
Judulnya ambigu. Ane kira bakal membahas perubahan lokasi obyek wisata dari Bali-sentris ke obyek yang lain karena pandemi, ternyata membahas tempat wisata yang terdampak pandemi.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 9 lainnya memberi reputasi
10 0
10
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Perubahan Spot Wisata Di Indonesia Sejak Pandemi Corona 2020
18-04-2021 17:11
kata temen yang tinggal di bali emang jadi sepi banget wisata disana
emoticon-Sorry
profile-picture
profile-picture
jiresh dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Perubahan Spot Wisata Di Indonesia Sejak Pandemi Corona 2020
18-04-2021 17:16
Ane sendiri ngerasa betul gimana jatuhnya ekonomi di bali, bener² gak seperti tahun 2019.
Hotel semua pada tutup atau misalkan pun buka pengurangan karyawan besar besaran.

Segeralah kembali normal, pandemi ini sudah usai.
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Perubahan Spot Wisata Di Indonesia Sejak Pandemi Corona 2020
18-04-2021 17:24
Prepegan kopit belum berlalu bray...
Masi belum cuan strong emoticon-Traveller
0 0
0
Perubahan Spot Wisata Di Indonesia Sejak Pandemi Corona 2020
18-04-2021 17:34
Fyi candi borobudur bukan di jogja tapi muntilan
Tempat wisata jogja bay yang deket rumah TUTUP
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Perubahan Spot Wisata Di Indonesia Sejak Pandemi Corona 2020
18-04-2021 17:37
Mudik dilarang tapi pelesir kaga ape2 bre emoticon-Leh Uga
profile-picture
VanillaDark memberi reputasi
0 1
-1
Perubahan Spot Wisata Di Indonesia Sejak Pandemi Corona 2020
18-04-2021 17:41
covid oh covid emoticon-Berduka (S)
0 0
0
Perubahan Spot Wisata Di Indonesia Sejak Pandemi Corona 2020
18-04-2021 17:44
Bagaimana dengan kondisi Negara yang pemasukannya terbesar dari pariwisata?

Apakah collaps ya
0 0
0
Perubahan Spot Wisata Di Indonesia Sejak Pandemi Corona 2020
18-04-2021 17:46
Covid hancurin semuanya, semoga pandemi ini cepat berakhiremoticon-Mewek
0 0
0
Perubahan Spot Wisata Di Indonesia Sejak Pandemi Corona 2020
18-04-2021 17:52
Gmana mo pulih wong distribusi vaksin aja msh amburadul...

emoticon-Cape d...
0 0
0
Perubahan Spot Wisata Di Indonesia Sejak Pandemi Corona 2020
18-04-2021 17:55
Penting banget ini untuk menambah wawasan tentang perubahan spot wisata sejak pandemi Corona di Indonesia.

Ane bantu jadikan hot thread dulu deh, biar makin banyak yang tahu.






Processing. . .



Hot thread done!
0 0
0
Perubahan Spot Wisata Di Indonesia Sejak Pandemi Corona 2020
18-04-2021 18:12
sebelumnya tak pernah ada satupun orang maupun jin yang menyangka sektor wisata nyuseb lebih dari setahun
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Perubahan Spot Wisata Di Indonesia Sejak Pandemi Corona 2020
18-04-2021 18:27
pandemi ini ane rasa tidak hanya berdampak pada kondisi perekonomian di Indonesia saja, tp juga diseluruh dunia. sektor pariwisata juga paling miris, terutama yang berkaitan dengan kunjungan turis asing. bahkan ada beberapa tempat wisata sejak pandemi kondisinya tak terawat dan jadi seram. semoga saja semua lekas membaik.
0 0
0
Perubahan Spot Wisata Di Indonesia Sejak Pandemi Corona 2020
18-04-2021 18:31
Memang bnyak yg mengalami perubahan ketika pandemi merebak... semoga pandemi ini segera berakhir biar dikehidupan ini bsa kmbali normal sprti sedia kala. Aamiin
0 0
0
Perubahan Spot Wisata Di Indonesia Sejak Pandemi Corona 2020
18-04-2021 18:41
Andai ane Kala pandemi masih stay Di bali pasti bisa ngerasain private bitch emoticon-Malu







Eh.... beach emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
jiresh dan Gailham memberi reputasi
2 0
2
Perubahan Spot Wisata Di Indonesia Sejak Pandemi Corona 2020
18-04-2021 18:43
Perubahan dari rame jadi sepi gitu maksudnya?
0 0
0
Perubahan Spot Wisata Di Indonesia Sejak Pandemi Corona 2020
18-04-2021 18:47
Sedih gan dampak cov-19 ane salah satu pelaku pekerja pariwisata, sudah dirumahkan setahun lebih, nyari kerja lain ga semudah membuat surat lamarannya. Mudah2an doain gan bulan depan ada harapan utk bisa kerja lagi.
0 0
0
Perubahan Spot Wisata Di Indonesia Sejak Pandemi Corona 2020
18-04-2021 18:49
Semua wisata terkena dampak ada yang harus banting setir pekerjaan
0 0
0
Halaman 1 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia