Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
101
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/606b8c5f3a9b532f572055e5/fatal-familial-insomnia-penyakit-susah-tidur-berujung-kematian-bagi-penderitanya
Gejala insomnia kadang bisa menyerang siapa saja, termasuk ane, GanSist. Biasanya ane tidur di jam-jam tengah malam. Namun, ane juga bisa pelor, GanSist, nempel molor, tergantung situasi dan kondisi aja. Nah, biasanya gejala susah tidur ini bisa dipicu oleh masalah mental, pekerjaan yang menuntut waktu hingga jam istirahat pun terenggut, pertambahan usia, hingga jika GanSist berada dalam p
Lapor Hansip
06-04-2021 05:17

Fatal Familial Insomnia, Penyakit Susah Tidur Berujung Kematian Bagi Penderitanya!

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Fatal Familial Insomnia, Penyakit Susah Tidur Berujung Kematian Bagi Penderitanya!
sumber
Gejala insomnia kadang bisa menyerang siapa saja, termasuk ane, GanSist. Biasanya ane tidur di jam-jam tengah malam. Namun, ane juga bisa pelor, GanSist, nempel molor, tergantung situasi dan kondisi aja. Nah, biasanya gejala susah tidur ini bisa dipicu oleh masalah mental, pekerjaan yang menuntut waktu hingga jam istirahat pun terenggut, pertambahan usia, hingga jika GanSist berada dalam perjalanan jauh.

Insomnia jika berlangsung lama bisa berakibat buruk bagi tubuh, ya, GanSist, kurangnya tubuh mendapatkan haknya untuk beristirahat terkadang membuat hilangnya konsentrasi aka nggak fokus, berkurangnya nafsu makan hingga mengakibatkan masalah pencernaan, dan masih banyak masalah lainnya.
Fatal Familial Insomnia, Penyakit Susah Tidur Berujung Kematian Bagi Penderitanya!
sumber
Jika selama ini, ane hanya mengenal istilah insomnia, ternyata ada suatu penyakit langka tentang gangguan tidur ini loh, GanSist, namanya Fatal Familial Insomnia. Penyakit insomnia akut yang membuat penderitanya meregang nyawaemoticon-Takut

Penyakit FFI ini merupakan penyakit langka yang diturunkan secara turun temurun oleh anggota keluarga yang bersangkutan. FFI adalah penyakit genetik yang disebabkan oleh mutasi gen PRNP, gen yang menghasilkan protein lebih banyak di dalam tubuh. Mutasi gen inilah yang merusak protein yang dihasilkan. Mutasi gen ini juga menyebabkan kerusakan pada thalamus, bagian otak yang mengendalikan siklus tidur kita dan juga mengendalikan beberapa bagian otak agar terus berkomunikasi atau terhubung satu dengan lainnya tanpa henti, pengatur sensor dan motorik.
Fatal Familial Insomnia, Penyakit Susah Tidur Berujung Kematian Bagi Penderitanya!
sumber
Fatal Familial Insomnia ini tercatat pernah dialami oleh seorang dokter di Venesia pada tahun 1765. Saat itu ia menderita kelumpuhan dan sulit tidur dalam jangka waktu yang lama. Hingga akhirnya ia meninggal dunia. Diketahui ia menderita FFI yang langka. Penyakitnya ia wariskan kepada keponakannya. Dari sanalah kemudian penyakit ini terus menerus diwariskan ke anak cucunya.

Pada tahun 1991, kasus FFI juga menimpa seorang guru musik di Chicago bernama Michael Corke, saat ia berusia 40 tahun, Michael mulai mengalami insomnia. Insomnianya semakin parah hingga mengakibatkan kesehatan tubuhnya menurun drastis, pada akhirnya ia divonis mengidap depresi berat. Tak membutuhkan waktu lama, hanya dalam 6 bulan semenjak gejala awal ditemukan, ia meninggal dunia.

FFI sendiri merupakan salah satu gangguan pada manusia yang disebut Prion Desease. Prion Desease sendiri adalah suatu kategori penyakit otak fatal yang langka terjadi, ia menyerang sistem syaraf dan merusak fungsi otak. Penyakit ini mengakibatkan gangguan dalam hal mengingat, penurunan kecerdasan, perubahan sifat dan prilaku, hingga insomnia.

Penyakit ini akan menyerang dan dirasakan penderitanya saat mencapai usia 40 hingga 50 tahun. Para dokter menduga-duga bahwa gen PRNP akan bangkit saat jaringan otak mulai melemah di saat bertambahnya usia. Penyakit FFI sampai saat ini tercatat ada 40 keluarga yang mengidapnya di seluruh dunia. Kabar buruknya, belum ada obat yang dapat menyembuhkan penyakit ini.

Ane pamit undur diri, sampai jumpa di thread ane selanjutnya. Sehat dan bahagia selalu.

Sumber referensi di sini


profile-picture
profile-picture
profile-picture
lurika dan 31 lainnya memberi reputasi
32
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 3
Fatal Familial Insomnia, Penyakit Susah Tidur Berujung Kematian Bagi Penderitanya!
06-04-2021 05:30
kurangi minum kopi ..
kecanduan ngopi juga bisa memicu insommia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Fatal Familial Insomnia, Penyakit Susah Tidur Berujung Kematian Bagi Penderitanya!
06-04-2021 09:16
ane insomnia juga keknya
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan iissuwandi memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Fatal Familial Insomnia, Penyakit Susah Tidur Berujung Kematian Bagi Penderitanya!
06-04-2021 10:58
Mengerikanemoticon-Takut
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Fatal Familial Insomnia, Penyakit Susah Tidur Berujung Kematian Bagi Penderitanya!
06-04-2021 12:22
Ternyata bisa mematikan ya hu....ane juga insomnia, tapi gak begitu berat...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Fatal Familial Insomnia, Penyakit Susah Tidur Berujung Kematian Bagi Penderitanya!
06-04-2021 13:28
Diliat namanya aja udah ngeri tuh ada fatal-nyaemoticon-Takut
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Fatal Familial Insomnia, Penyakit Susah Tidur Berujung Kematian Bagi Penderitanya!
06-04-2021 18:39
Aku dua hari ini gak bisa tidur malam, rasanya dada gak enak banget.

Tapi klo siang tidur sih sekitar 2-3 jam-an, itu gimana, ya, Mbak klo dalam kesehatan
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan iissuwandi memberi reputasi
2 0
2
Lihat 11 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 11 balasan
Fatal Familial Insomnia, Penyakit Susah Tidur Berujung Kematian Bagi Penderitanya!
07-04-2021 05:22
ngeri bener, semoga aja kita gak kena dah.. emoticon-Takut
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan iissuwandi memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Fatal Familial Insomnia, Penyakit Susah Tidur Berujung Kematian Bagi Penderitanya!
07-04-2021 05:24
Biset ngeri jg ya
Ane tiap masuk kerja pagi jam 5
Tidur jam 1 paling telat emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan iissuwandi memberi reputasi
2 0
2
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Fatal Familial Insomnia, Penyakit Susah Tidur Berujung Kematian Bagi Penderitanya!
07-04-2021 05:39
nah ini nih yg ga bagus

dulu ane insomnia, tidur jam 2-3 subuh

lama2 normal karena sekolah pagiemoticon-Ngakak
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Fatal Familial Insomnia, Penyakit Susah Tidur Berujung Kematian Bagi Penderitanya!
07-04-2021 05:42
Idih ngeri amat bray....
Klo ane Alhamdulillah sii tukang tidur.haa
Plg enak yaa tidur d mesjid...wkwwkk
profile-picture
profile-picture
ronnie158 dan kakekane.cell memberi reputasi
2 0
2
Fatal Familial Insomnia, Penyakit Susah Tidur Berujung Kematian Bagi Penderitanya!
07-04-2021 06:00
Banyak pikiran kali y
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Fatal Familial Insomnia, Penyakit Susah Tidur Berujung Kematian Bagi Penderitanya!
07-04-2021 06:02
Ngerii bangett ya, ane dlu waktu kuliah sering insomnia tapi sekarang udah kerja begini mah pelor banget nempel bantal langsung molor
Diubah oleh mine388
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 8 balasan
Fatal Familial Insomnia, Penyakit Susah Tidur Berujung Kematian Bagi Penderitanya!
07-04-2021 06:21
Alah kampret, Ane uda langganan gak tidur
Masih kuat aja nih, belom mati tuhemoticon-Stick Out Tongue
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Fatal Familial Insomnia, Penyakit Susah Tidur Berujung Kematian Bagi Penderitanya!
07-04-2021 06:31
Saya begadang,, cuma wktu ronda emoticon-Embarrassment
profile-picture
ushirota memberi reputasi
1 0
1
Fatal Familial Insomnia, Penyakit Susah Tidur Berujung Kematian Bagi Penderitanya!
07-04-2021 06:34
Tenang aja bagi yang sering insomnia tiap malem. Penyakit ini masuk ke dalam kriteria prion disease. Semacam ada mutasi protein aneh di dalam otak yang mengakibatkan gangguan dalam kinerja otak normal. Dan penyakit FFI adalah keturunan yang berarti kalau gak ada nenek moyang/leluhur kita yang punya ya mustahil kita kena. Juga tergolong sangat teramat langka. emoticon-EEK!
profile-picture
itcresearch memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Fatal Familial Insomnia, Penyakit Susah Tidur Berujung Kematian Bagi Penderitanya!
07-04-2021 06:37
Ngeri jg y
0 0
0
Fatal Familial Insomnia, Penyakit Susah Tidur Berujung Kematian Bagi Penderitanya!
07-04-2021 06:55
Ntah sekarang ngehindari minum kopi dimalam hari, takut gak bisa tidur malamnya, ditambah besok paginya kerja lagi, jadi minum susu aja saya klo waktu malam.
0 0
0
Fatal Familial Insomnia, Penyakit Susah Tidur Berujung Kematian Bagi Penderitanya!
07-04-2021 07:00
Sebisa mungkin jangan sampai stress ya gan sis, karena stress juga berdmpak pada insom. Semoga saja kita selalu di berikan kshtan.
0 0
0
Fatal Familial Insomnia, Penyakit Susah Tidur Berujung Kematian Bagi Penderitanya!
07-04-2021 07:04
Kalo susah tidur, coba lah mantap2 sama pasangan, sesudah nya pasti ngantuk
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Fatal Familial Insomnia, Penyakit Susah Tidur Berujung Kematian Bagi Penderitanya!
07-04-2021 07:27
Susah tidur ? hitung domba aja hehe
Diubah oleh emuinfo
0 0
0
Halaman 1 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia