Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

emuinfoAvatar border
TS
emuinfo
Sejarah Singkat Kereta Api di Indonesia
Sejarah Singkat Kereta Api di Indonesia

Hai Semua Kali ini Gua akan Membagikan Info Seputar Sejarah Kereta Api di indonesia, Simak oke:

Kereta telah menjadi moda transportasi populer sejak abad ke-19. Kereta api adalah kendaraan yang berjalan di atas jalur rel.

Dikutip dari Historic UK, Lokomotif pertama bertenaga mesin uap dibuat oleh insinyur Inggris Richard Trevithick pada 1804.

Kereta uap pertama tersebut digunakan untuk mengangkut truk di pabrik besi.

Kereta api penumpang pertama adalah Stockton dan Darlington Railway di Inggris yang dibuka pada 1825.Perjalanan dengan kereta dinilai terjangkau dan memudahkan orang bahkan yang belum pernah bepergian sekalipun.

Kota atau daerah yang jauh terasa dekat karena orang atau barang dapat bergerak lebih cepat menggunakan kereta.
Lalu bagaimana sejarah kereta di Indonesia?

Simak Penjelasan Dibawah:

Pembangunan dilaksanakan oleh perusahaan swasta Naamlooze Venootschap Nederlansch Indische Spoorweg Maatschappij (NV. NISM) dengan menggunakan lebar sepur 1435 mm.

1.Kereta api jaman Hindia Belanda

Dikutip dari situs PT. Kereta Api Indonesia (KAI), sejarah perkeretaapian di Indonesia dimulai pada era Tanam Paksa ketika pencangkulan pertama jalur kereta api Semarang-Vorstenlanden di Desa Kemijen.
Pembuatan jalur kereta api pertama relasi Solo-Yogyakarta tersebut dilakukan oleh Gubernur Jendral Hindia Belanda Mr. LAJ Baron Sloet van de Beele pada 17 Juni 1864.

2.Kereta api jaman penjajahan Jepang

Pada 1942 Pemerintah Hindia Belanda menyerah tanpa syarat kepada Jepang.
Perkeretaapian Indonesia diambil alih Jepang dengan perubahan nama menjadi Rikuyu Sokyuku (Dinas Kereta Api).

Selama penguasaan Jepang, operasional kereta api hanya diutamakan untuk kepentingan perang.Salah satu pembangunan di era Jepang adalah lintas Saketi-Bayah dan Muaro-Pekanbaru.

Tujuannya untuk pengangkutan hasil tambang batu bara guna menjalankan mesin-mesin perang Jepang. Di sisi lain, Jepang melakukan pembongkaran rel sepanjang 473 km yang diangkut ke Burma untuk pembangunan kereta api di sana.

3.Kereta api jaman Kemerdekaan

Beberapa hari setelah proklamasi kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945, dilakukan pengambilalihan stasiun dan kantor pusat kereta api yang dikuasai Jepang.

Puncaknya adalah pengambilalihan Kantor Pusat Kereta Api Bandung pada 28 September 1945 yang kini diperingati sebagai Hari Kereta Api Indonesia.
Momen ini sekaligus menandai berdirinya Djawatan Kereta Api Indonesia Republik Indonesia (DKARI).

Ketika Belanda kembali ke Indonesia pada 1946, Belanda membentuk kembali perkeretaapian di Indonesia bernama Staatssporwegen atau Verenigde Spoorwegbedrif (SS atau VS).

Staatssporwegen atau Verenigde Spoorwegbedrif (SS atau VS) adalah gabungan SS dan seluruh perusahaan kereta api swasta (kecuali DSM).Transformasi yang dimaksudkan adalah menjadikan kereta api Indonesia sebagai sarana transportasi andalan untuk mewujudkan kesejahteraan bangsa.

Selanjutnya pemerintah mengubah struktur PNKA menjadi Perusahaan Jawatan Kereta
Api (PJKA) tahun 1971.Kemudian, PJKA berubah bentuk menjadi Perusahaan Umum Kereta Api (Perumka) pada 1991.Perumka berubah menjadi Perseroan Terbatas dengan nama PT. Kereta Api Indonesia (Persero) pada 1998.

Dasar hukum perubahan nama KAI
Sejak pertama kali Indonesia merdeka, perusahaan milik negara yang menangani moda transportasi kereta api di Indonesia sudah mengalami enam kali perubahan nama.
Berikut ini garis waktu perubahan nama PT KAI (Persero)

secara ringkas beserta dasar hukumnya:

1. 1945-1950: Djawatan Kereta Api Republik Indonesia (DKARI) berdasarkan Maklumat Kementerian Perhubungan No. 1/KA Tahun 1946.

2. 1950-1963: Djawatan Kereta Api (DKA) berdasarkan Keputusan Menteri Perhubungan dan Pekerjaan Umum RI No. 2 Tahun 1950.

3. 1963-1971: Perusahaan Nasional Kereta Api (PNKA) berdasarkan Peraturan Pemerintah RI No. 22 Tahun 1963.

4. 1972-1991: Perusahaan Jawatan Kereta Api (PJKA) berdasarkan Peraturan Pemerintah RI. No. 61 Tahun 1971.

5. 1991-1998: Perusahaan Umum Kereta Api (Perumka) berdasarkan Peraturan Pemerintah RI No. 57 Tahun 1990.

6. 1998-sekarang: PT Kereta Api Indonesia (Persero) berdasarkan Peraturan Pemerintah RI No. 19 Tahun 1998.

Sc:https://www.kompas.com/.../sejarah-s...reta-api-di...
clickheretodownAvatar border
pngawi172Avatar border
sbeeynrngbzxrvAvatar border
sbeeynrngbzxrv dan 10 lainnya memberi reputasi
11
849
4
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sejarah & Xenology
Sejarah & XenologyKASKUS Official
6.5KThread10.6KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.