Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

juni1996Avatar border
TS
juni1996
Permasalahan Tunjangan Sertifikasi Guru PNSD di OKU Timur

Permasalahan Tunjangan Sertifikasi Guru PNSD di OKU Timur

Untuk diketahui, pada Tahun Anggaran 2016 Dinas Pendidikan Nasional Kabupaten OKU Timur telah merealisasikan belanja tunjangan sertifikasi guru dan tambahan penghasilan guru Pegawai Negeri Sipil Daerah (PNSD) masing-masing sebesar Rp130.531.971.234,00 dari anggaran sebesar Rp135.032.386.000,00 atau 96,67%. Dan, sebesar Rp975.094.250,00 dari anggaran sebesar Rp1.589.250.000,00 atau 61,36%.

Tunjangan sertifikasi Guru PNSD adalah tunjangan profesi yang diberikan kepada Guru PNS Daerah yang telah memiliki sertifikat pendidik yang bersertifikasi dan memenuhi persyaratan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Tunjangan ini diberikan sebagai penghargaan atas profesionalitas untuk mewujudkan amanat Undang-Undang Guru dan Dosen. Antara lain mengangkat martabat guru, meningkatkan kompetensi guru, memajukan profesi guru, meningkatkan mutu pembelajaran, dan meningkatkan pelayanan pendidikan yang bermutu. Tunjangan sertifikasi dibayarkan paling banyak 12 (dua belas) bulan dalam satu tahun, dengan besaran setara satu kali gaji pokok per bulan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

Berdasarkan petunjuk teknis penyaluran tunjangan profesi/sertifikasi dan tambahan penghasilan bagi guru PNSD mengenai kriteria guru penerima tunjangan profesi, selain memiliki Nomor Registrasi Guru (NRG) dan memiliki Surat Keputusan Tunjangan Profesi (SKTP) yang dikeluarkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, juga harus memenuhi kewajiban melaksanakan tugas paling sedikit 24 jam tatap muka per minggu sesuai dengan sertifikat pendidik yang dimilikinya.



Sedangkan bagi guru PNSD yang belum bersertifikat/belum memperoleh tunjangan sertifikasi Guru, dapat memperoleh tambahan penghasilan (tamsil) guru sebesar Rp250.000,00 setiap bulannya, dengan kriteria memiliki Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK) dan mengajar pada satuan pendidikan di bawah binaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan kecuali guru pendidikan agama.

Sumber yang dimiliki Sinerginkri.com menunjukkan jika penyaluran tunjangan profesi guru dan tambahan penghasilan guru PNSD Tahun Anggaran 2016 terdapat sejumlah permasalahan, di antaranya :

1. Duplikasi pembayaran tambahan penghasilan dan tunjangan sertifikasi guru PNSD
2. Penerima tunjangan sertifikasi masih menerima tambahan penghasilan guru PNSD

3. Pembayaran tunjangan sertifikasi guru PNSD diberikan pada guru yang tidak memenuhi kriteria

4. Pembayaran tunjangan sertifikasi dan tambahan penghasilan guru PNSD diberikan pada guru yang telah pensiun/meninggal dunia.
0
339
0
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
673KThread42.4KAnggota
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.