• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Mengenal Sosok Ignasius Jonan, Sang Pembaharu PT KAI Menjadi Lebih Baik

zeuskraetosAvatar border
TS
zeuskraetos
Mengenal Sosok Ignasius Jonan, Sang Pembaharu PT KAI Menjadi Lebih Baik


Hallo Agan dan Sista seKASKUS Raya
emoticon-Hai

Sosok pembaharu sangat dibutuhkan untuk menyelesaikan masalah yang terjadi disekitar masyarakat. Tak mudah loh untuk bisa melakukan itu semua. Butuh kerja keras, ilmu mumpuni hingga segudang pengalaman sesuai bidang yang ditekuni. Kali ini ane ingin membahas salah satu pembaharu yang telah banyak melakukan terobosan bagi transportasi kereta api di Indonesia, yaitu Ignasius Jonan atau lebih dikenal dengan nama Pak Jonan, Dirut PT KAI periode 2009-2014.

Masalah yang Harus Dihadapi

Pak Jonan sebagai yang dipercaya menjadi Dirut PT KAI, sudah menjadi tugasnya untuk menyelidiki masalah yang akan dihadapi dengan turun langsung ke lapangan. Berbagai masalahnya, perkeretaan api di Indonesia saat itu mengalami beberapa masalah antara lain :
  • Suasana kereta api yang sesak, bagi agan yang memilih transportasi kereta api saat dulu tentu pernah merasakan hal ini. Setiap orang banyak berhimpitan sampai melebihi kapasitas yang sudah ditentukan.

  • Banyaknya pedagang yang memasuki kereta hingga membuat kapasitas bertambah sesak apalagi kalau ada orang yang merokok sehingga mengganggu kenyamanan antar penumpang.

  • Kebersihan yang tak terlalu diperhatikan mulai dari gerbong rusak, kotor dan kursi-kursi sobek bahkan penuh kutu busuk.

  • Tingkat keamanan dan kenyamanan yang kurang memadai. Bisa dilihat ketika fenomena penumpang ada yang menaiki atap kereta yang bisa membahayakan dirinya sendiri. Tak jarang apabila kondisi yang sesak juga munculnya tangan nakal seperti copet berkeliaran.
Kurang lebih itulah potret masa kelam yang pernah dilalui oleh PT KAI, kondisi seperti itu sudah berjalan selama bertahun-tahun lamanya. Pak Jonan yang melihat suasana perkeretaan api Indonesia kala itu, ingin melakukan suatu perubahan bagi kenyamanan masyarakat untuk tetap memilih kereta api sebagai transportasi. Pak Jonan berusaha meyakinkan masyarakat bahwa dia akan memberikan suatu kerja nyata untuk kereta api menuju lebih baik lagi.

Terobosan

Era "revolusi/reformasi" bagi perkeretaan api Indonesia mulai menuju proses perbaikan dengan menjabatnya Pak Jonan sebagai Dirut PT KAI periode 2009-2014. Lalu apa saja upaya Pak Jonan untuk kereta api menjadi lebih baik? Berikut terobosan yang dilakukan oleh beliau :
  • Memperbaiki Kenyamanan
    Kenyamanan penumpang adalah sesuatu yang sangat penting bagi yang bekerja di bidang pelayanan. Pak Jonan mulai membenahi masalah krusial yang banyak menuai protes, seperti dibatasinya orang yang memasuki stasiun, melarang pedagang asongan untuk masuk ke kereta dan larangan orang yang merokok.

    Pak Jonan pun menerapkan pembelian tiket dengan sistem boarding pass sehingga menghilangkan praktik nakal para calo yang meresahkan.

  • Memperbaiki Infastruktur
    Infastruktur yang kurang memadai membuat para pelanggan berkurang dari segi kenyamanannya, Pak Jonan pun mulai memperbaiki masalah tersebut dengan kereta api yang baru (bersih), penyejuk udara bagi semua kereta api, kebersihan stasiun. Dampaknya pun cukup signifikan untuk menarik pelanggan untuk datang kembali menggunakan kereta api.

  • Memperbaiki Kualitas SDM
    Kualitas pelayanan internal dari karyawan PT KAI pun perlu diperhatikan. Sebagai karyawan yang bekerja dibidang transportasi dan pelayanan sudah menjadi tugasnya memberikan pelayanan terbaik.

    Dulu standarisasi gaji bagi karyawan terbilang memprihatinkan dengan gaji dibawah standar yang tidak sampai 100ribu. Ambil contoh untuk pada tahun 2009 stasiun Gambir yang THP-nya hanya 2,7 juta perbulan. Penghasilan karyawan juga berhubungan dengan kualitas kerja, maka dari itu Pak Jonan mulai memperbaiki dengan meningkatkan THP karyawan menjadi 25-30 juta perbulan hal ini disambut positif oleh karyawan karena mereka merasa dihargai dan mulai bersemangat untuk memberikan pelayanan terbaik.
Dengan terobosan yang digagas oleh Pak Jonan membuat PT KAI menuai reaksi positif bagi masyarakat. Karena pelayanan yang memuaskan, sampai saat ini masyarakat pun antusias untuk memilih kereta api sebagai transportasi nya dan membuat pendapatan PT KAI melesat begitu besar dengan tahun pertama pendapatan sebesar 4,2 Triliun/tahun dan keuntungan 83 Milliar/tahun. Upaya yang diberikan Pak Jonan hanya untuk menghidupkan kembali prinsip dasar bisnis seperti pelayanan bagus, penumpang senang, mereka datang lagi dan kereta api untung.

Demikian ulasan sosok Bapak Ignasius Jonan atas upayanya membuat transportasi kereta api di Indonesia menjadi membaik. Apabila agansis ada informasi tambahan mengenai kereta api, bisa berikan tanggapannya dikolom komentar agar ane bisa belajar lebih baik lagi.


Ulasan Pribadi
Referensi :(1), (2), (3)
Gambar : (1), (2), (3)

Catatan kaki
THP = Pembayaran utuh yang diterima karyawan suatu perusahaan dengan perhitungan penambahan pendapatan rutin dan pendapatan insidentil dikurangi dengan komponen gaji.
PT KAI = Kereta Api Indonesia (Persero)

Diubah oleh zeuskraetos 10-03-2021 12:07
iissuwandiAvatar border
alfiaunsahAvatar border
b0c4h.n4k4lAvatar border
b0c4h.n4k4l dan 2 lainnya memberi reputasi
3
17K
35
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.