Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
13
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/603bf46883743b1e8d09ccd2/cara-mudah-mengawinkan-anggrek-bulan-mampir-gan-sist
Bagi para penghobi tanaman, mengkoleksi berbagai jenis tanaman adalah suatu kepuasan tersendiri yang dapat dirasakan. Selain mengkoleksi tanaman, ane juga senang mengembangbiakannya, salah satu tanaman hias yang ane coba untuk kembang biakkan ialah tanaman bunga Anggrek Bulan. berikut ini cara mengawinkan bunga anggrek bulan supaya menghasilkan buah, dan buah ini akan menjadi bibit tanaman anggrek
Lapor Hansip
01-03-2021 02:52

Cara Mudah Mengawinkan Anggrek Bulan, Mampir Gan-Sist!

Past Hot Thread
icon-verified-thread

Kaskus DeYudi69 - Bagi para penghobi tanaman, mengkoleksi berbagai jenis tanaman adalah suatu kepuasan tersendiri yang dapat dirasakan.

Ane juga seorang penggemar tanaman, terutama tanaman hias, tanaman langka, dan juga tanaman yang bermanfaat bagi kehidupan manusia, seperti tanaman obat-obatan misalnya.

Sebenarnya ane sendiri nggak terlalu mengetahui bebagai macam jenis tanaman yang ada, karena biasanya ane bakal menanam tanaman apa saja yang menurut ane unik dan jarang ada.

Cara Mudah Mengawinkan Anggrek Bulan, Mampir Gan-Sist!

Selain mengkoleksi tanaman, ane juga senang mengembangbiakannya, salah satu tanaman hias yang ane coba untuk kembang biakkan ialah tanaman bunga Anggrek Bulan.

Selain bunganya yang indah, tanaman ini juga bernilai ekonomi, jadi hitung-hitung sambil menjalani hobi tapi juga nyari pundi-pundi recehan wkwkwk. Nggak munafik sih Gan-Sist, karena menyalurkan hobi pun terkadang memerlukan biaya juga. Mungkin setelah membaca thread ini Gan-Sist juga bakal jadi memiliki peluang usaha sendiri, terlebih di masa pandemi COVID19 seperti ini, berbagai cara yang halal harus kita lakukan demi tetap bertahan hidup, mengisi perut yang selalu lapar setiap harinya.

Oke deh langsung saja ya, berikut ini cara mengawinkan bunga anggrek bulan supaya menghasilkan buah, dan buah ini akan menjadi bibit tanaman anggrek bulan yang baru.

1. Siapkan Sebuah Lidi atau Tusuk Gigi

Cara Mudah Mengawinkan Anggrek Bulan, Mampir Gan-Sist!

Lidi atau tusuk gigi ini merupakan alat yang akan kita pergunakan untuk mengawinkan bunga anggreak bulan.

2. Kenali Organ Reproduksi pada Anggrek Bulan

Cara Mudah Mengawinkan Anggrek Bulan, Mampir Gan-Sist!
Letak Benang Sari dan Serbuk Sari

Cara Mudah Mengawinkan Anggrek Bulan, Mampir Gan-Sist!
Letak Putik

Seperti pada kebanyakan bunga lainnya, organ reproduksinya ialah benang sari sebagai kelamin jantan, dan putik sebagai kelamin betinanya. Di dalam benang sari terdapat serbuk sari atau nektar. Nah, serbuk sari inilah yang akan kita letakkan pada kepala putik bunga anggrek bulan supaya terjadi pembuahan dan kemudian menjadi buah.

Bunga anggrek yang sudah siap untuk dikimpoikan biasanya adalah bunga anggrek yang sudah berusia 2 sampai 3 hari atau bunga anggrek yang sudah mekar sempurna.

3. Mengawinkan Bunga Anggrek Bulan

Cara Mudah Mengawinkan Anggrek Bulan, Mampir Gan-Sist!
Serbuk Sari

Cara Mudah Mengawinkan Anggrek Bulan, Mampir Gan-Sist!
Meletakkan Serbuk Sari pada Putik

Caranya cukup mudah, kita tinggal mengambil serbuk sari dari bagian benang sarinya, kemudian meletakkan serbuk sari tersebut pada kelapa putik yang terletak tepat di bawah benang sari. Pada kepala putik atau rongga yang tepat berada di bagian bawah dari benang sari ini juga terdapat cairan lengket yang mana akan menjadi tempat melekatnya serbuk sari.

4. Setelah 3 Hari Sampai 1 Minggu

Cara Mudah Mengawinkan Anggrek Bulan, Mampir Gan-Sist!
3 Hari Setelah Dikimpoikan

Dalam waktu tiga hari, bunga anggrek bulan yang sudah dikimpoikan akan mengalami layu.

Cara Mudah Mengawinkan Anggrek Bulan, Mampir Gan-Sist!
Satu Minggu Setelah Dikimpoikan

Satu minggu kemudian pada bagian batang bunga yang telah dikimpoikan akan mengalami penggelembungan atau membersar. Ini menandakan proses pengawinan yang kita lakukan sudah berhasil.

5. Setelah 5 Bulan

Cara Mudah Mengawinkan Anggrek Bulan, Mampir Gan-Sist!
Buah Anggrek Bulan

Nah, setelah 5 bulan hasilnya seperti gambar di bawah ini Gan-Sist, buah dari bunga anggrek bulan yang kita kimpoikan sudah kelihatan jelas. Kita tinggal menunggunya sampai matang dan terpecah sendiri sampai kelihatan bagian dalam dari buah itu yang merupakan bibit tanaman anggrek bulan.

Untuk mensiasati supaya buah yang telah pecah dan bijinya siap di semai pada media tanam, supaya tidak busuk terkena air hujan, atau pun berhamburan terbawa angin, ane sarankan supaya Gan-Sist membungkusnya dengan plastik seperti gambar di bawah ini.

Cara Mudah Mengawinkan Anggrek Bulan, Mampir Gan-Sist!

Pembungkusan dapat dilakukan apabila buah anggrek bulan sudah terlihat berwarna agak kuning yang menandakan beberapa waktu lagi akan pecah.

video lengkap cara mengawinkan anggrek bulan


Terima kasih sudah membaca thread ane kali ini sampai akhir ya, mohon maaf apabila ada salah kata, sampai jumpa lagi pada thread ane selanjutnya.

Penulis : DeYudi69


Sumber referensi : opini pribadi
Sumber gambar : dokumen pribadi
Diubah oleh DeYudi69
profile-picture
profile-picture
profile-picture
srinami dan 8 lainnya memberi reputasi
9
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Cara Mudah Mengawinkan Anggrek Bulan, Mampir Gan-Sist!
01-03-2021 02:52
Cara Mudah Mengawinkan Anggrek Bulan, Mampir Gan-Sist!
Diubah oleh DeYudi69
profile-picture
andrerain5 memberi reputasi
1 0
1
Cara Mudah Mengawinkan Anggrek Bulan, Mampir Gan-Sist!
01-03-2021 02:53
Pejwan
profile-picture
andrerain5 memberi reputasi
1 0
1
Cara Mudah Mengawinkan Anggrek Bulan, Mampir Gan-Sist!
01-03-2021 04:10
Pake resepsi kagak tuh Bli?
profile-picture
DeYudi69 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Cara Mudah Mengawinkan Anggrek Bulan, Mampir Gan-Sist!
01-03-2021 05:39
Tar ane inpoin ke mak emoticon-Ngacir2
profile-picture
DeYudi69 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Cara Mudah Mengawinkan Anggrek Bulan, Mampir Gan-Sist!
01-03-2021 07:16

emoticon-Kaskus Radio
0 0
0
Cara Mudah Mengawinkan Anggrek Bulan, Mampir Gan-Sist!
03-03-2021 22:09
Nice inpoh nih sis bagi yang suka dengan dunia cocok tanam tips ini bisa banget dicoba ya sis semoga bisa berhasio dan sesuai hrapan
profile-picture
DeYudi69 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Cara Mudah Mengawinkan Anggrek Bulan, Mampir Gan-Sist!
04-03-2021 14:40
baru tau ada acara perkimpoian anggrek
profile-picture
DeYudi69 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Cara Mudah Mengawinkan Anggrek Bulan, Mampir Gan-Sist!
25-03-2021 17:09
Ga ada mudah2nya ini gan haha
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia