News
Batal
KATEGORI
link has been copied
254
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6035cc886007cc363e25ee85/dugaan-quotmark-upquot-dana-quothand-sanitizerquot-sumbar-49-m-harga-9-rb---botol-dibeli-35-rb
Akibatnya uang tersebut terpaksa dikembalikan oleh rekanan atau penyedia jasa ke kas negara. "Ada temuan di Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) BPK RI sekitar Rp 4,9 miliar atas indikasi kemahalan harga barang," kata Kalaksa BPBD Sumbar Erman Rahman yang dihubungi Kompas.com, Selasa (23/2/2021).
Lapor Hansip
24-02-2021 10:48

Dugaan "Mark Up" Dana "Hand Sanitizer" Sumbar 4,9 M, Harga 9 rb / Botol, Dibeli 35 rb

Past Hot Thread
Dugaan "Mark Up" Dana "Hand Sanitizer" Sumbar 4,9 M, Harga 9 rb / Botol, Dibeli 35 rb

Dugaan "Mark Up" Dana "Hand Sanitizer" Sumbar Rp 4,9 M, Pansus DPRD: Harga 9.000 Per Botol, Dibeli Rp 35.000

PADANG, KOMPAS.com -;Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI menemukan adanya indikasi penyelewengan dana Covid-19 Sumatera Barat berupa kemahalan harga barang senilai Rp 4,9 miliar.

Akibatnya uang tersebut terpaksa dikembalikan oleh rekanan atau penyedia jasa ke kas negara.

"Ada temuan di Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) BPK RI sekitar Rp 4,9 miliar atas indikasi kemahalan harga barang," kata Kalaksa BPBD Sumbar Erman Rahman yang dihubungi Kompas.com, Selasa (23/2/2021).

Erman menyebutkan barang yang dibeli tersebut adalah hand sanitizer untuk kebutuhan penanganan Covid-19 di Sumbar.

Akibat temuan tersebut, rekanan harus mengembalikan harga yang kemahalan itu dengan total Rp 4,9 miliar.

"Sekitar Rp 4,3 miliar sudah dikembalikan. Sedangkan sisanya dalam minggu ini dibayarkan," kata Erman.

Pansus DPRD Sumbar duga ada penyelewengan

Sementara Wakil Ketua Pansus DPRD Sumbar tentang LHP BPK RI terkait Covid-19, Nofrizon menyebutkan dalam LHP BPK RI ditemukan adanya indikasi penyelewengan dana untuk pembelian hand sanitizer tersebut.

Hasil penyelidikan Pansus sementara ditemukan bahwa pembelian hand sanitizer itu diduga di mark up dari harga sebenarnya.

"Harga sebenarnya Rp 9.000 per botol, namun dibeli Rp 35.000. Kemudian perusahaan atau rekanannya tidak bergerak di bidang pengadaan alat kesehatan," jelas Nofrizon.


Nofrizon menyebutkan rekanan yang menyediakan hand sanitizer tersebut bergerak di bidang batik tanah liat, bukan alat kesehatan.

"Ini yang akan kita selidiki di Pansus," kata Nofrizon. 

Dua temuan LHP BPK RI di Sumbar

Temuan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI soal dana hand sanitizer merupakan salah satu dari dua temuan indikasi penyelewengan dana Covid-19 Sumbar.

Temuan sebelumnya, ada indikasi dana Rp 49 miliar yang belum dapat dipertanggungjawabkan.

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumatera Barat pun menyelidiki dugaan penyelewengan dana Covid-19 dengan membentuk Panitia Khusus (Pansus).

"DPRD Sumbar bentuk Pansus untuk menindaklanjuti LHP BPK RI tersebut. Ada Rp 49 miliar dana Covid-19 Sumbar yang belum bisa dipertanggungjawabkan," kata Wakil Ketua Pansus DPRD Sumbar, Nofrizon yang dihubungi Kompas.com, Selasa (23/2/2021).

Politisi Partai Demokrat itu menyebutkan temuan BPK RI itu berupa adanya pembelian barang yang dibayar tunai.

Padahal dalam aturan tidak diperbolehkan pembayaran dilakukan secara tunai.

Nofrizon mengatakan Pansus sudah bekerja sejak 17 Februari 2021 lalu.

https://regional.kompas.com/read/202...page=all#page2

35.000 - 9000 = 26.000.. emoticon-Malu (S)

Akankah d hukum mati??.. emoticon-Malu (S)


emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 52 lainnya memberi reputasi
53
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 9
Dugaan "Mark Up" Dana "Hand Sanitizer" Sumbar 4,9 M, Harga 9 rb / Botol, Dibeli 35 rb
24-02-2021 10:50
Dugaan "Mark Up" Dana "Hand Sanitizer" Sumbar 4,9 M, Harga 9 rb / Botol, Dibeli 35 rb

propinsi kacung arap. emoticon-Angkat Beer
profile-picture
profile-picture
profile-picture
langitnyabiru dan 65 lainnya memberi reputasi
61 5
56
Lihat 13 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 13 balasan
Dugaan "Mark Up" Dana "Hand Sanitizer" Sumbar 4,9 M, Harga 9 rb / Botol, Dibeli 35 rb
24-02-2021 10:50
mesti liat kasus juliari batubara-nya pdip
kalo itu kena hukuman mati, yang lain bisa nyusul buat korupsi bansos
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rinandya dan 13 lainnya memberi reputasi
14 0
14
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
Dugaan "Mark Up" Dana "Hand Sanitizer" Sumbar 4,9 M, Harga 9 rb / Botol, Dibeli 35 rb
24-02-2021 10:52
padahal ni daerah ce2nya gak pernah di gigit nyamuk loh emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sarivan123 dan 24 lainnya memberi reputasi
25 0
25
Dugaan "Mark Up" Dana "Hand Sanitizer" Sumbar 4,9 M, Harga 9 rb / Botol, Dibeli 35 rb
24-02-2021 10:54
pasti bakal bnyk yg bela nih kasus, mirip kaya pelakor Nissa sabian
.emoticon-Wakakaemoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pekek dan 21 lainnya memberi reputasi
22 0
22
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Dugaan "Mark Up" Dana "Hand Sanitizer" Sumbar 4,9 M, Harga 9 rb / Botol, Dibeli 35 rb
24-02-2021 10:56
WAJIB DIHUKUM MATI !!!!
Btw, beli dimana hand sanitizer 9000 per botol?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
marpaung72 dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Lihat 13 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 13 balasan
Dugaan "Mark Up" Dana "Hand Sanitizer" Sumbar 4,9 M, Harga 9 rb / Botol, Dibeli 35 rb
24-02-2021 10:56
Sumbarnistan...emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
narukustation dan 10 lainnya memberi reputasi
10 1
9
Dugaan "Mark Up" Dana "Hand Sanitizer" Sumbar 4,9 M, Harga 9 rb / Botol, Dibeli 35 rb
24-02-2021 11:00
emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Hi

Bau amis soalnya pihak ketiganya bukan penyedia alat kesehatan........



------
tapi memang sih di awal2 pandemi
masker sama handsanitizer pada kosong, kalaupun ada harganya melambung tinggi
nah ini tentu bikin bingung yang mau belanja
dibeli kemahalan, disemprit BPK
gak dibeli tapi butuh
emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
amatjadoel dan 13 lainnya memberi reputasi
13 1
12
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Dugaan "Mark Up" Dana "Hand Sanitizer" Sumbar 4,9 M, Harga 9 rb / Botol, Dibeli 35 rb
24-02-2021 11:01
9000 per botol. Berapa ml? emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
madjoeki dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Dugaan "Mark Up" Dana "Hand Sanitizer" Sumbar 4,9 M, Harga 9 rb / Botol, Dibeli 35 rb
24-02-2021 11:02
9000? ukuran mini?
profile-picture
profile-picture
madjoeki dan valkyr1 memberi reputasi
2 0
2
Dugaan "Mark Up" Dana "Hand Sanitizer" Sumbar 4,9 M, Harga 9 rb / Botol, Dibeli 35 rb
24-02-2021 11:15
Ini kayak yang WC sekolah di bekasi itu
Buat yang punya bendera sekian persen
Buat yang kasih info sekian persen
Buat orang dalem sekian persen

Semoga pada sadar dan segera berubah kelakuannya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pein666 dan 10 lainnya memberi reputasi
11 0
11
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Dugaan "Mark Up" Dana "Hand Sanitizer" Sumbar 4,9 M, Harga 9 rb / Botol, Dibeli 35 rb
24-02-2021 11:15
Ga boleh negatif thinking dulu, ini provinsi suci soalnya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
narukustation dan 12 lainnya memberi reputasi
12 1
11
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Dugaan "Mark Up" Dana "Hand Sanitizer" Sumbar 4,9 M, Harga 9 rb / Botol, Dibeli 35 rb
24-02-2021 11:18
Sumbar profinsi radikal
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pradanto17 dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Dugaan "Mark Up" Dana "Hand Sanitizer" Sumbar 4,9 M, Harga 9 rb / Botol, Dibeli 35 rb
24-02-2021 11:19
beli borongan harga 9000/botol?
paling banyak sebotol isi 100mili
samabanyak sama isi kepala nastaik buzeRp
emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ARShecca dan 3 lainnya memberi reputasi
3 1
2
Dugaan "Mark Up" Dana "Hand Sanitizer" Sumbar 4,9 M, Harga 9 rb / Botol, Dibeli 35 rb
24-02-2021 11:23
Provinsi padang pasir

Ckckck
profile-picture
profile-picture
profile-picture
caerbannogrbbt dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Dugaan "Mark Up" Dana "Hand Sanitizer" Sumbar 4,9 M, Harga 9 rb / Botol, Dibeli 35 rb
24-02-2021 11:46
tumben nastak percaya BPK
katanya BPK itu gak kredible...

kalau kredible sih, nabinya nastak udah dipenjara karena kasus korupsi.


wkwkwkkwk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
marpaung72 dan 5 lainnya memberi reputasi
4 2
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Dugaan "Mark Up" Dana "Hand Sanitizer" Sumbar 4,9 M, Harga 9 rb / Botol, Dibeli 35 rb
24-02-2021 11:57
Provisi yang ngebacod "Kami tidak Makan infrastruktur" Giliran jembatan putus gara-gara bencana alam malah mewek ke Pusatemoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pekek dan 21 lainnya memberi reputasi
22 0
22
Dugaan "Mark Up" Dana "Hand Sanitizer" Sumbar 4,9 M, Harga 9 rb / Botol, Dibeli 35 rb
24-02-2021 12:00
hukum mati yg markup
emoticon-Recommended Seller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ARShecca dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Dugaan "Mark Up" Dana "Hand Sanitizer" Sumbar 4,9 M, Harga 9 rb / Botol, Dibeli 35 rb
24-02-2021 12:03
udah kebiasaan pegawai plat merah. malah kalau mereka belanja, mereka meminta faktur kosong selain faktur yg telah ditulis orang toko. ntar harganya diisi mahal2 emoticon-Ngakak (S)
Diubah oleh must.cod.ok
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Kranevitter dan 11 lainnya memberi reputasi
12 0
12
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 8 balasan
Dugaan "Mark Up" Dana "Hand Sanitizer" Sumbar 4,9 M, Harga 9 rb / Botol, Dibeli 35 rb
24-02-2021 12:22
profile-picture
profile-picture
profile-picture
marpaung72 dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Dugaan "Mark Up" Dana "Hand Sanitizer" Sumbar 4,9 M, Harga 9 rb / Botol, Dibeli 35 rb
24-02-2021 13:26
Kalau misalnya elu beli borongan banyak di perusahaan tertentu kan dpt istilahnya harga grosir bukan ecer.

Dilaporan keuangan yg tercantum harusnya harga grosir lagian patnernya bukan dr pt bidang kesehatan arau kimia.emoticon-Betty
profile-picture
profile-picture
profile-picture
marpaung72 dan 8 lainnya memberi reputasi
8 1
7
Halaman 1 dari 9
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia