Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
131
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/603440850144b7486031adb4/awas-bahaya-telur-lalat-saat-menempel-dimakanan-penyebab-penyakit-pencernaan
sumber gambar Awasi dan jaga makanan sebelum menjadi sarang telur lalat yang mengerikan! Hallo, selamat pagi Agan dan Sista Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga sehat selalu ya, karena sehat itu adalah berkah terbesar yang diberikan oleh Tuhan untuk selalu dijaga! Musim penghujan, di tempat Agan dan Sista pasti saat ini juga sedang mengalami musim ini bukan? Di musim penghujan memang muncul banyak
Lapor Hansip
23-02-2021 06:38

Awas Bahaya Telur Lalat Saat Menempel Dimakanan, Penyebab Penyakit Pencernaan!

icon-verified-thread
Quote:
Awas Bahaya Telur Lalat Saat Menempel Dimakanan, Penyebab Penyakit Pencernaan!

Awasi dan jaga makanan sebelum menjadi sarang telur lalat yang mengerikan!


Hallo, selamat pagi Agan dan Sista
Bagaimana kabarnya hari ini?
Semoga sehat selalu ya, karena sehat itu adalah berkah terbesar yang diberikan oleh Tuhan untuk selalu dijaga!

Musim penghujan, di tempat Agan dan Sista pasti saat ini juga sedang mengalami musim ini bukan?
Di musim penghujan memang muncul banyak permasalahan-permasalahan baru. Mulai dari masalah banjir, kekurangan air bersih, susah untuk beraktifitas di luar rumah, sakit dan masalah-masalah lainnya.
Namun di antara banyak masalah yang muncul di musim hujan, ada masalah yang tidak kalah penting untuk diwaspadai GanSis. Yaitu masalah Lalat!

Lalat memang bukan hewan yang muncul hanya di musim penghujan ya GanSis.
Setiap hari hewan serangga kecil terbang ini memang kerap muncul dan hinggap di tempat-tempat kotor dan lembab. Namun karena di musim penghujan ini banyak tempat kotor dan lembab, maka lalat muncul dimana-mana dan meninggalkan bibit-bibit penyakit di berbagai tempat.

Tempat paling di sukai lalat selain tempat sampah sejauh ini ane amati mereka lebih suka hinggap di makanan manusia. Baik itu di meja makan, dapur, atau tempat makan yang memang tidak didesain tertutup dari jangkauan lalat.


Quote:
Awas Bahaya Telur Lalat Saat Menempel Dimakanan, Penyebab Penyakit Pencernaan!


Melihat seringnya lalat hinggap di makanan, ane pun merasa penasaran GanSis, apa yang dilakukan oleh lalat-lalat tersebut dan apakah bahaya jika makanan yang telah dihinggapi lalat dimakan oleh manusia.
Ternyata, ane menemukan beberapa fakta tentang bahayanya makanan yang telah dihinggapi lalat jika dimakan oleh manusia, di bawah ini penjelasannya!


Bahaya Makanan Dihinggapi Lalat


1. Mempercepat Pembusukan Makanan
Lalat yang hinggap ke sebuah makanan atau buah-buahan, ternyata membuat makanan dapat mengalami percepatan pembusukan. Hal itu disebabkan lalat membawa berbagai macam bakteri dan diantaranya membuat makanan mengalami proses percepatan pembusukan.

2. Menyebabkan Berbagai Macam Penyakit
Bahaya makanan yang telah dihinggapi lalat juga dapat berdampak pada seseorang yang memakan makanan tersebut.
Bagi orang-orang yang tidak mengetahui bahwa makanannya telah dihinggapi lalat, maka mereka tidak akan memperhatikan kebersihan makanannya.
Dan lalat hinggap di makanan cenderung tidak meninggalkan jejak, padahal makanan tersebut telah tercemar berbagai macam bakteri di antaranya bakteri Salmonella E Colly, Noro Virus, Shigella, Bacillus Cereus, dan macam-macam bakteri lainnya.
Bakteri-bakteri ini menjadi penyebab berbagai macam penyakit yang juga berbeda-beda. Mulai dari diare, disentri, kolera, antraks, dan juga tifoid.
Penyakit ini menyerang pencernaan dan kekebalan tubuh manusia!

3. Telur Lalat Menjadi Benalu Jika Termakan
Lalat yang hinggap di makanan selain meninggalkan bakteri juga terkadang meninggalkan telur-telurnya.
Dan ternyata GanSis, telur lalat ini tidak kalah bahaya dari bakteri yang dibawa oleh lalat.
Bahaya telur lalat jika termakan oleh manusia, dapat mengakibatkan Miasis, yaitu masuknya larva lalat ke dalam sistem pencernaan manusia dan hidup sementara dengan memakan jaringan hidup atau mati yang ada di dalam pencernaan manusia. Tidak hanya itu, larva lalat juga dapat memakan makanan yang masuk ke dalam pencernaan manusia.
Dampak dari larva yang memakan jaringan hidup atau mati di dalam sistem pencernaan manusia ini dapat mengakibatkan nyeri perut, diare, muntaber dan berbagai gejala sakit pencernaan lainnya!


Quote:
Awas Bahaya Telur Lalat Saat Menempel Dimakanan, Penyebab Penyakit Pencernaan!


Nah, ternyata hal yang sering kita anggap sepele sama sekali tidak dapat dianggap sepele ya GanSis.
Banyak penyakit yang dapat diakibatkan oleh kenakalan lalat yang sering hinggap di makanan manusia!

Lantas apa sih yang dapat kita lakukan agar terhindar dari berbagai macam penyakit yang diakibatkan oleh lalat di atas?
Tenang GanSis, ada ada beberapa tips untuk menjaga makanan agar terhindar dari jangkauan lalat!
Di bawah ini caranya:


1. Tutup Makanan dengan Tudung Saji
Makanan yang telah masak dan siap untuk dimakan, sebaiknya letakan pada tempat yang bersih dan ditutup rapat-rapat GanSis. Salah satunya dengan menggunakan tudung saji!
Dengan menggunakan tudung saji yang rapat, lalat tidak dapat hinggap ke makanan apa lagi sampai meninggalkan jejak kotoran, bakteri ataupun larvanya.

2. Memasukkan ke Dalam Lemari Pendingin
Meletakkan makanan ke kulkas atau lemari pendingin juga menjadi salah satu cara untuk menghindari makanan dihinggapi lalat GanSis.
Selain itu, meletakkan makanan ke lemari pendingin juga dapat mengawetkan makanan serta mematikan bakteri yang terbawa sebelum makanan tersebut dimasukkan ke dalam kulkas.

3. Menutup Rapat Kemasan Makanan atau Minuman
Untuk makanan kemasan, Agan dan Sista dapat menutupnya kembali rapat-rapat setelah memakannya.
Biasanya makanan kemasan didesain agar tahan lama sehingga memiliki berbagai kelebihan pada kemasannya.

4. Tidak Jajan Sembarangan
Jajan di pinggir jalan memang sangat menyenangkan. Selain harga makanan yang cenderung lebih murah, makanan pinggir jalan juga memiliki rasa yang enak.
Namun kita juga tidak boleh sembarangan jajan di pinggir jalan GanSis. Harus benar-benar memastikan bahwa tempat kita jajan itu bersih, higienis dan tidak ada lalat yang mengerubuti makanan yang dijual.
Jika Agan dan Sista tidak dapat menemukan yang sesuai kriteria kesehatan tersebut, maka lebih baik untuk makan makanan rumahan ya GanSis!


Quote:
Awas Bahaya Telur Lalat Saat Menempel Dimakanan, Penyebab Penyakit Pencernaan!


Wah bertambah ya GanSis pengetahuan kita seputar bahaya lalat saat menghinggapi makanan.
Semoga dengan adanya thread ini bisa menjadi pengingat kewaspadaan kita untuk selalu menjaga kebersihan dengan memperhatikan beberapa hal yang telah ane sampaikan di atas!

Memang sering kali kita menyepelekan hal-hal kecil yang terlihat biasa saja GanSis. Padahal jika dilihat lebih jauh memiliki dampak yang juga berbahaya, seperti efek lalat hinggap di makanan tersebut!


Awas Bahaya Telur Lalat Saat Menempel Dimakanan, Penyebab Penyakit Pencernaan!


Penulis: @masnukho©2021
Narasi: Opini pribadi
Referensi: Klik Klik
Diubah oleh masnukho
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 18 lainnya memberi reputasi
19
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 4
Awas Bahaya Telur Lalat Saat Menempel Dimakanan, Penyebab Penyakit Pencernaan!
23-02-2021 06:39
emoticon-Matabelo nah hati-hati ya gansis
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Awas Bahaya Telur Lalat Saat Menempel Dimakanan, Penyebab Penyakit Pencernaan!
23-02-2021 06:39
emoticon-Cape d... kecil-kecil tapi nakal
0 0
0
Awas Bahaya Telur Lalat Saat Menempel Dimakanan, Penyebab Penyakit Pencernaan!
23-02-2021 06:50
kalo lalat ini emang bikin sakit. tp kalo lalatX dulu menjadi pemersatu bangsa.. emoticon-Leh Uga entahlah skrg apa masih ada atau tiada emoticon-Hammer2 emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Sexbomb dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 18 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 18 balasan
Awas Bahaya Telur Lalat Saat Menempel Dimakanan, Penyebab Penyakit Pencernaan!
23-02-2021 06:55
Quote:Original Posted By masnukho
Awas Bahaya Telur Lalat Saat Menempel Dimakanan, Penyebab Penyakit Pencernaan!


Awas Bahaya Telur Lalat Saat Menempel Dimakanan, Penyebab Penyakit Pencernaan!

kalo boleh jujur, mulustrasi kedua gambar ini sangat menjijikan emoticon-Busa

nih lalet ijo biasanya nempel di usus atau ati ayam, was was juga makan pecel di pinggir jalan

emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
panadolxtra dan masnukho memberi reputasi
1 1
0
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Awas Bahaya Telur Lalat Saat Menempel Dimakanan, Penyebab Penyakit Pencernaan!
23-02-2021 07:02
hiiiiiiiiiiiii serem...
emoticon-Takut

apalagi kalau pas lagi masak yang berbau-bau asin (Ikan Teri dll.)
lalat tiba-tiba muncul
emoticon-Cape d...
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Awas Bahaya Telur Lalat Saat Menempel Dimakanan, Penyebab Penyakit Pencernaan!
23-02-2021 07:06
Serem ya kalau makanna udah dihinggapin sama laler tuh emoticon-Takut ga kalau kita tau bisa lngsung dibuang susahnya itu kalau kita enggak tau makanan yang kita makan sudah habis dihinggapin sama lalat
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Awas Bahaya Telur Lalat Saat Menempel Dimakanan, Penyebab Penyakit Pencernaan!
23-02-2021 07:08
Ternyata begitu ya penampakan telur lalat hampir kaya beras tapi kecil kecil
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Awas Bahaya Telur Lalat Saat Menempel Dimakanan, Penyebab Penyakit Pencernaan!
23-02-2021 07:18
Quote:Original Posted By matahari728
Serem ya kalau makanna udah dihinggapin sama laler tuh emoticon-Takut ga kalau kita tau bisa lngsung dibuang susahnya itu kalau kita enggak tau makanan yang kita makan sudah habis dihinggapin sama lalat

emoticon-Matabelo iya gab, makanya cuma bisa nyegah dengan cara masukin makanan ke lemari makan atau lemari pendingin

Quote:Original Posted By matahari728
Ternyata begitu ya penampakan telur lalat hampir kaya beras tapi kecil kecil

emoticon-Cape d... iya, serem bentuknya
0 0
0
Awas Bahaya Telur Lalat Saat Menempel Dimakanan, Penyebab Penyakit Pencernaan!
23-02-2021 07:24
Padahal kalo ke pasar gitu biasanya juga banyak laletnya gitu
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Awas Bahaya Telur Lalat Saat Menempel Dimakanan, Penyebab Penyakit Pencernaan!
23-02-2021 07:25
hiyeeek gilani
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Awas Bahaya Telur Lalat Saat Menempel Dimakanan, Penyebab Penyakit Pencernaan!
23-02-2021 08:03
dadi ngeri nyong Gan, kudu ati2 nek tuku panganan neng njaba emoticon-Cape d...
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Awas Bahaya Telur Lalat Saat Menempel Dimakanan, Penyebab Penyakit Pencernaan!
23-02-2021 08:04
Quote:Original Posted By ahlifosil
Padahal kalo ke pasar gitu biasanya juga banyak laletnya gitu

emoticon-Cape d... iya gan, makanya itu penting banget buat nyuci bahan pangan yang dibeli dari pasar sebelum memasaknya

Quote:Original Posted By yuki26
hiyeeek gilani

emoticon-Matabelo iya, parah banget mbak.
Eehh mbak Yuki kan ini?
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Awas Bahaya Telur Lalat Saat Menempel Dimakanan, Penyebab Penyakit Pencernaan!
23-02-2021 08:16
kadang suka liat telor lalat ini di warteg brrti warteg ny kotor
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Awas Bahaya Telur Lalat Saat Menempel Dimakanan, Penyebab Penyakit Pencernaan!
23-02-2021 08:18
Sering nih nemu di makanan yg gk ditutup, menjijikkan emang nih telur lalat. Ngeri ngebayangin kl tuh belatung idup di usus ya emoticon-Takut
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Awas Bahaya Telur Lalat Saat Menempel Dimakanan, Penyebab Penyakit Pencernaan!
23-02-2021 08:38
pernah sih di toko makanan lihat makananya ada telur lalatnya....jadi infil buat beli.....
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Awas Bahaya Telur Lalat Saat Menempel Dimakanan, Penyebab Penyakit Pencernaan!
23-02-2021 08:52
Makan mie instan aja gan sudah jelas 😁😂
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Awas Bahaya Telur Lalat Saat Menempel Dimakanan, Penyebab Penyakit Pencernaan!
23-02-2021 08:54
Wahhh sangat berbahaya banget ya dampaknya. Memang harus dilindungi makanan nih biar ga dihinggapi lalat
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Awas Bahaya Telur Lalat Saat Menempel Dimakanan, Penyebab Penyakit Pencernaan!
23-02-2021 08:55
Gue lg makan nih...

Ngeliad pic di atas bikin napsu makan jd ilang aj...

emoticon-Mewek
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Awas Bahaya Telur Lalat Saat Menempel Dimakanan, Penyebab Penyakit Pencernaan!
23-02-2021 09:32
Quote:Original Posted By newkris
pernah sih di toko makanan lihat makananya ada telur lalatnya....jadi infil buat beli.....

emoticon-Cape d... iya gan, jijik lah pasti

Quote:Original Posted By toni.syuara
Makan mie instan aja gan sudah jelas 😁😂

emoticon-Ngakak sama-sama gak sehat tapi mending mie instan

Quote:Original Posted By cimeng2000
Wahhh sangat berbahaya banget ya dampaknya. Memang harus dilindungi makanan nih biar ga dihinggapi lalat

emoticon-Matabelo bener banget gan

Quote:Original Posted By rottentomz
Gue lg makan nih...

Ngeliad pic di atas bikin napsu makan jd ilang aj...

emoticon-Mewek

emoticon-Cape d... sorry gan, kagak sengaja
0 0
0
Awas Bahaya Telur Lalat Saat Menempel Dimakanan, Penyebab Penyakit Pencernaan!
23-02-2021 09:59
Kayak beras telurnya

Klo telur lalatX kayak apa ya ? emoticon-Betty
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Halaman 1 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia