others
Batal
link has been copied
89
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6029e33d75ae162933247c12/4-langkah-perawatan-motor-yamaha-r15-biar-performa-semakin-di-depan-penasaran
Produsen motor seakan berlomba untuk mengeluarkan produk-produk andalannya. Yamaha yang memiliki jargon 'Semakin di Depan' pun tidak mau ketinggalan. Yamaha mengeluarkan motor sport yang mempunyai penampilan gagah dan maskulin. Yahama R15, motor sport yang elegan dan laki banget.
Lapor Hansip
15-02-2021 09:58

4 Langkah Perawatan Motor Yamaha R15 Biar Performa Semakin di Depan, Penasaran?

Past Hot Thread
icon-verified-thread


4 Langkah Perawatan Motor Yamaha R15 Biar Performa Semakin di Depan, Penasaran?

Motor merupakan salah satu kendaraan yang cukup praktis. Hampir seluruh masyarakat punya kendaraan yang satu ini. Berbagai jenis dan varian motor baru pun bermunculan agar dilirik konsumen.

Produsen motor seakan berlomba untuk mengeluarkan produk-produk andalannya. Yamaha yang memiliki jargon 'Semakin di Depan' pun tidak mau ketinggalan. Yamaha mengeluarkan motor sport yang mempunyai penampilan gagah dan maskulin. Yahama R15, motor sport yang elegan dan laki banget.

Agar motor berpenampilan menawan dan performanya maksimal, berikut akan ane berikat sedikit tips agar performa motor Gansist, Yahama R15 selalu tampil prima. Ane di sini akan memilah menjadi dua kategori perawatan motor Yamaha R15 agar performanya semakin maksimal yakni perawatan dari dalam dan dari luar.

4 Langkah Perawatan Motor Yamaha R15 Biar Performa Semakin di Depan, Penasaran?

Adapun perawatan motor Yamaha R15 dari dalam sebagi berikut:

1. Mesin rutin dipanasi, dihidupkan

Memanasi motor sebelum dipakai sangatlah penting Gansist. Seperti Gansist melakukan olahraga pastinya ada masa pemanasan, kan? Agar otot-otot lemas dan tidak kaku sehingga tidak terjadi kram otot. Begitu pula dengan motor, dengan dipanasi terlebih dahulu oli di dalam mesin motor akan berputar dan melumasi mesin. Sehingga mesin tidak kaget bila untuk dijalankan. Memanasi motor tidak lama hanya sekitar 5-15 menit. Oh, iya, meskipun motor tidak dipakai usahakan setiap hari untuk dipanasi ya, Gansist! Ini bertujuan agar akku biar awet dalam menyimpan daya kelistrikan.

2. Pakai bahan bakar yang baik

Menggunakan bahan bakar yang baik. BBM yang bagus yang berkadar oktannya tinggi. Motor Yamaha R15 tidak dianjurkan menggunakan premium sebaiknya menggunakan Pertamax atau Pertamax plus. Harganya sedikit mahal, tetapi untuk menjaga performa mesin motor kesayangan Gansist, ane rasa tidak masalah.

3. Rutin mengganti oli

Oli merupakan hal sangat vital dalam hal permesinan. Oli disarankan untuk rutin diganti dengan yang baru kira-kira pemakaian perjalanan 2.000 Km oli harus diganti. Oli akan memelihara kinerja mesin motor menjadi lebih baik, dengan oli yang rutin diganti pelumasan oli di setiap onderdil pun akan sempurna. Sehingga mesin pun akan awet dan daya kerjanya sempurna.

4. Melakukan servis secara berkala

Untuk menjaga performa mesin, servis secara rutin pun sangat ane anjurkan. Kenapa? Sebab, dalam pemakaian motor pastinya setiap berkala harus dilakukan pengecekan pada mesin motor. Barangkali ada onderdil yang kinerja sudah tidak maksimal sehingga harus diganti dengan yang baru supaya tidak mempengaruhi kinerja onderdil yang lain.

4 Langkah Perawatan Motor Yamaha R15 Biar Performa Semakin di Depan, Penasaran?

Nah, itu tadi ada 4 perawatan motor kesayangan Gansist agar performanya tetap maksimal dan mumpuni. Di samping perawatan dari dalam ada juga perawatan dari luar. Berikut perawatan dari luar menurut ane agar motor kesayangan Gansist makin kinclong.

1. Memilih tempat parkir

Penting dalam hal memilih tempat parkir. Pilihlah tempat parkir yang teduh atau tidak langsung terpapar sinar matahari secara langsung. Ini bertujuan untuk menjaga bodi motor Gansist tetap kinclong. Keseringan kena panas matahari mengakibatkan cat pada bodi motor menjadi kusam dan tidak cemerlang.

2. Dicuci secara rutin dan berkala

Melakukan pencucian motor juga sangat dibutuhkan. Motor yang buluk dan kotor tentunya akan mengurangi nilai penampilannya. Ane sarankan agar mencuci motor Gansist gunakan shampo khusus motor. Ini bertujuan untuk menjaga bodi dan cat pada motor tetap terjaga dan awet. Atau malah ebih baik dibawa ke salon motor langganan Gansist.

3. Dikasih cairan poles bodi motor

Setelah mencuci jangan lupa dikasih cairan poles agar tetap kinclong catnya. Namun, jangan terlalu keseimbangan dipoles. Poles untuk melindungi cat pada bodi motor juga agar terlihat mengkilat.

4 Langkah Perawatan Motor Yamaha R15 Biar Performa Semakin di Depan, Penasaran?

4. Bila kena hujan segera dicuci

Bila habis dikendarai pada saat hujan sebaiknya setelah sampai di rumah, untuk dicuci. Dengan alasan air hujan bersifat asam dan bisa mengakibatkan karatan pada sebuah logam. Ane sarankan saat mencuci motor diusahakan setelah mesin ya dingin. Tidak baik mesin dalam keadaan panas langsung kena air. Gansist, tentunya setelah beraktifitas tidak langsung mandi, kan? Begitu pula motor biar mesin tetap terjaga baik.

Nah, itu tadi beberapa tips dalam merawat motor kesayangan Gansist yang bisa ane sampaikan. Tentu saja banyak kekurangan yang ane sampaikan, Gansist bisa menambahkan di kolom komentar.

Dengan perawatan yang rutin dan berkala niscaya motor kesayangan Gansist akan selalu tampil dan performanya tetap maksimal. Memelihara sesuatu memang membutuhkan ketelatenan dan kedisiplinan. Seperti cinta, jika dipelihara dan diraway dengan baik akan selalu tumbuh dan berbunga di dada.

Sekian thread dari ane, semoga mampu memberikan manfaat. Terima kasih atas atensinya.

Referensi: 1 2 3
Gambar: 1 dan 4 no.2 no.3
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 25 lainnya memberi reputasi
22
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 3
4 Langkah Perawatan Motor Yamaha R15 Biar Performa Semakin di Depan, Penasaran?
15-02-2021 09:58
Reserved1
profile-picture
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
4 Langkah Perawatan Motor Yamaha R15 Biar Performa Semakin di Depan, Penasaran?
15-02-2021 09:58
Rest area 2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
4 Langkah Perawatan Motor Yamaha R15 Biar Performa Semakin di Depan, Penasaran?
15-02-2021 10:38
Quote:Original Posted By dalledalminto
Reserved1


Quote:Original Posted By dalledalminto
Rest area 2


Keren sudah posting aja, saya masih cari info ke adik dulu nih, secara dia yg punya
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
4 Langkah Perawatan Motor Yamaha R15 Biar Performa Semakin di Depan, Penasaran?
15-02-2021 10:50
Udah curi star aja sodara kita satu ini. Mantaplah!
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan mamaproduktif memberi reputasi
2 0
2
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
4 Langkah Perawatan Motor Yamaha R15 Biar Performa Semakin di Depan, Penasaran?
15-02-2021 15:12
Wah keren dah jadi aja nih Mas Dalle
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
4 Langkah Perawatan Motor Yamaha R15 Biar Performa Semakin di Depan, Penasaran?
15-02-2021 15:43
Yang terakir rutin ganti motir gans, kalau mau bener-bener enak wakakka. Ane cukup jarang melakukan perawatan ke kendaraan, paling ya pakai bahan bakar yang bagus dan servis rutin doang
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Post ini telah dihapus oleh KS06
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
4 Langkah Perawatan Motor Yamaha R15 Biar Performa Semakin di Depan, Penasaran?
15-02-2021 21:43
Waaaah... Gercep nih si om
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
4 Langkah Perawatan Motor Yamaha R15 Biar Performa Semakin di Depan, Penasaran?
16-02-2021 14:57
Perawatan rutin biasa aja ini mahemoticon-Ngacir2
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
4 Langkah Perawatan Motor Yamaha R15 Biar Performa Semakin di Depan, Penasaran?
16-02-2021 22:12
kawan ane udah rawat baik2 itu r15, eh malah ilang di kosan emoticon-Mewek
0 0
0
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
4 Langkah Perawatan Motor Yamaha R15 Biar Performa Semakin di Depan, Penasaran?
17-02-2021 17:06
Biar kaya slogannya ya gan, yamaha selalu di depan haha mantaaap nih
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
4 Langkah Perawatan Motor Yamaha R15 Biar Performa Semakin di Depan, Penasaran?
17-02-2021 22:06
TS beneran pny motor R15??
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
4 Langkah Perawatan Motor Yamaha R15 Biar Performa Semakin di Depan, Penasaran?
17-02-2021 22:10
Keren bang! 👍👍 Semoga menang
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
4 Langkah Perawatan Motor Yamaha R15 Biar Performa Semakin di Depan, Penasaran?
17-02-2021 22:11
Dah pernah nyoba, emang keren dah motor ini
emoticon-Cool
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
4 Langkah Perawatan Motor Yamaha R15 Biar Performa Semakin di Depan, Penasaran?
17-02-2021 22:16
ntu motor kalo di kredit kena berapa bg
0 0
0
4 Langkah Perawatan Motor Yamaha R15 Biar Performa Semakin di Depan, Penasaran?
17-02-2021 22:30
kayaknya kalo gak R15 juga bisa pake tips ini hehehe emoticon-Shakehand2
0 0
0
4 Langkah Perawatan Motor Yamaha R15 Biar Performa Semakin di Depan, Penasaran?
17-02-2021 22:35
Lg nabung ER 6N
Udh males motor 150an
emoticon-Cool emoticon-Angkat Beer
profile-picture
EriksaRizkiM memberi reputasi
1 0
1
4 Langkah Perawatan Motor Yamaha R15 Biar Performa Semakin di Depan, Penasaran?
17-02-2021 22:39
sama aja tips nya sama ngerawat beat
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
4 Langkah Perawatan Motor Yamaha R15 Biar Performa Semakin di Depan, Penasaran?
17-02-2021 22:41
sampe detik ini gan, masih belum punya r15, tapi abis baca thread jadi bisa ngingetin orang yang punya r15 emoticon-Hammer (S)emoticon-Hammer (S)
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Halaman 1 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
Kaskus Bandung Tourism Community
coc-hotel-unik-di-bandung
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
B-Log Collections
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia