Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

cilokmayoAvatar border
TS
cilokmayo
7 Tips Ganti Knalpot Mobil yang Aman dan Tahan Lama
Penggantian knalpot mobil sering kali dipilih seseorang yang ingin melakukan modifikasi kendaraannya. Komponen knalpot adalah salah satu komponen yang paling sering dan mudah diganti. Meski begitu, sahabat perlu memastikan bahwa knalpot mobil yang dipilih bukan saja keren, tapi juga berfungsi baik untuk mobil dan aman dipakai untuk waktu lama.
Tips ganti knalpot mobil adalah cara sederhana yang bisa sahabat perhatikan untuk dapat memastikan komponen knalpot berfungsi baik pada mobil. Hal ini akan menjaga fungsi kendaraan tetap optimal meski ada komponen yang dimodifikasi. Nah, berikut ini tips ganti knalpot mobil yang perlu sahabat perhatikan agar fungsinya tetap aman dan awet.


Memperhatikan saluran gas buang pada mobil

Boleh saja kalau sahabat ingin melakukan modifikasi dengan mengganti knalpot, tapi tetap prioritaskan fungsi knalpot sebagai saluran pembuangan gas sisa pembakaran. Oleh karena itu, jangan sampai mengesampingkan fungsi gas buang dan hanya memperhatikan desain dan tampilan knalpot saja, ya.

Memilih struktur knalpot yang sesuai

Sahabat juga harus memastikan struktur header gas buang knalpot, resonator, pipa knalpot, dan muffler. Jika mengganti di bengkel knalpot custom, seluruh komponen tersebut akan dibuat secara manual sehingga ada kemungkinan hasilnya kurang presisi. Oleh karena itu, pastikan ukurannya sesuai sehingga struktur knalpot tetap berfungsi dengan presisi.

Tekanan balik knalpot harus stabil

Fungsi knalpot juga bisa mendukung proses pembakaran di dalam mesin mobil. Knalpot yang bagus akan memberikan tekanan balik yang tepat untuk mesin kendaraan. Proses pembakaran di dalam mesin akan mendapatkan suntrikan udara yang stabil sehingga tenaga yang dihasilkan juga optimal. Sahabat perlu berhati-hati karena bahan bakar yang tidak terbakar optimal akan menyebabkan asap knalpot hitam.

Perhatikan header dan desain pipa

Setelan header knalpot kendaraan akan melalui beberapa saluran sebelum akhirnya bermuara di satu saluran yang sama. Saluran yang diatur dari bagian header biasanya dialirkan ke saluran yang lebih sedikit dengan pengaturan 4-2-1 atau 4-1. Pengaturan saluran ini biasanya terdapat pada mobil dengan empat silinder mesin. Pengaturan 4-2-1 akan membawa gas buang dari blok mesin ke empat saluran, dua, dan ke satu saluran akhir.

Menghitung kombinasi komponen knalpot

Saat ingin melakukan penggantian knalpot modifikasi, sebaiknya sahabat datang ke bengkel modifikasi knalpot. Biasanya, sudah ada teknisi ahli yang bisa menghitung kombinasi komponen karburator, posisi mesin, dan intake manifold yang tepat. Hal ini akan menjaga knalpot tetap dapat berfungsi secara optimal dengan aliran gas buang yang lancar.

Sesuaikan knalpot dengan pabrikan kendaraan

Setiap pabrikan kendaraan memiliki kombinasi pasangan komponen yang berbeda. Karena itulah, sahabat perlu memastikan bahwa ukuran, desain, dan fungsi knalpot sudah disesuaikan dengan pabrikan kendaraan. Jika semua kombinasi komponennya sudah tepat, tenaga mobil akan tetap beroperasi optimal dan tidak boros bahan bakar.

Sesuaikan knalpot dengan jenis transmisi

Hal terakhir yang perlu sahabat perhatikan ketika mengganti fungsi knalpot adalah menyesuaikan komponen dengan jenis transmisi. Mobil dengan transmisi manual biasanya memerlukan penggantian header, resonator, dan muffler. Untuk transmisi mobil otomatis, cukup ganti header kendaraan dengan konfigurasi 4-2-1 dengan menambah diameter pipa yang tidak terlalu besar.

Nah, itulah beberapa tips untuk mengganti knalpot mobil yang bisa dilakukan agar kendaraan tetap berfungsi optimal. Jangan lupa untuk berkonsultasi kepada teknisi di bengkel agar fungsi kendaraan tidak rusak, ya.

Penulis : Rizkita Darajat

Sumber :

https://www.daihatsupurwakarta.id/7-...dan-tahan-lama/

Diubah oleh cilokmayo 21-10-2021 19:05
0
1.1K
8
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
OtomotifKASKUS Official
27.7KThread15.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.