Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • UKM
  • Trik Psikologi Email Marketing untuk Bisnis UMKM

krimcoklatAvatar border
TS
krimcoklat
Trik Psikologi Email Marketing untuk Bisnis UMKM



Psikologi Email Marketing - Setiap marketer, pastinya menginginkan hasil yang terbaik untuk campaign yang dibuatnya. Hasil yang umumnya diharapkan oleh para pelaku marketing biasanya meliputi open rate email dan juga click rate email yang tinggi serta menghasilkan tingkat konversi yang tinggi.

Salah satu Ilmu yang paling sering digunakan dan diterapkan dalam campaign email marketing adalah ilmu psikologi manusia. Ilmu psikologi manusia adalah sebuah ilmu yang mempelajari tentang perilaku dan pikiran manusia. Dengan mempelajari ilmu psikologi tersebut, para pelaku marketing dapat melihat “isi atau sisi lain” dari seorang manusia yang dalam hal ini adalah konsumen. Para marketer dapat mengetahui apa yang konsumen inginkan, apa yang tidak disukai oleh konsumen serta bagaimana cara mereka untuk merespon setiap tindakan atau peristiwa yang mereka alami. 

Sehingga para marketer dapat mengetahui berbagai macam informasi yang mereka butuhkan untuk kegiatan campaign email blast marketing mereka yang selanjunya. Dibawah ini adalah teknik Psikologi Manusia yang sering diaplikasikan atau digunakan dalam suatu campaign email blast marketing. Teknik-teknik tersebut antara lain seperti:
 
Personalisasi

Teknik personalisasi adalah sebuah teknik yang sangat umum digunakan dalam kegiatan campaign email blast marketing. Salah satu contohnya adalah, dengan menyebutkan nama penerima email pada bagian subjek email serta pada body email. Teknik personalisasi ini merupakan bagian dari salah satu teknik psikologi manusia yang sering digunakan dalam campaign email blast marketing untuk menaikan tingkat keberhasilan campaign tersebut.

Teknik personalisasi ini tentunya akan membuat konsumen yang membuka dan membaca email dari Anda, akan merasa sangat istimewa. Hal itu terjadi karena Anda menyebutkan nama mereka dengan benar dan tepat, jadi mereka berpikir seolah-olah email tersebut memang dikirim dan ditunjukan hanya kepada mereka saja. Dengan begitu, maka peluang terjadinya tingkat konversi akan semakin tinggi, dan hal tersebut tentunya sangat baik untuk bisnis UMKM Anda bukan?
 
Konsistensi

Teknik psikologi kedua yang juga sering digunakan adalah konsistensi.
Konsistensi adalah sebuah teknik tentang bagaimana Anda menyampaikan ide yang ada dipikiran Anda seperti gambar, kata-kata atau video, yang dalam hal ini Anda bungkus menjadi satu kedalam sebuah “konten”, yang secara konsisten Anda kirimkan dari waktu ke waktu kepada para subscribers Anda. Sehingga, para subscribers Anda secara tidak sadar terus menerus mengingat gaya pesan yang Anda kirimkan. Subscribers atau dalam hal ini adalah konsumen bisnis UMKM Anda, pastinya akan terus mengingat dengan jelas gaya pengiriman email Anda, mulai dari format isi email, gaya gambar atau ilustrasi yang digunakan sebagai pendukung, hingga format layout dari email yang Anda kirim. 
Sehingga ketika konsumen Anda melihat logo brand milik bisnis UMKM Anda di suatu tempat, mereka akan dengan cepat mengenali jika brand tersebut adalah brand milik bisnis UMKM Anda.
 
Storytelling

Manusia merupakan makhluk yang sangat menyukai cerita. Dengan cerita yang menarik, Anda dapat meningkatkan rasa antusiasme konsumen terhadap produk ataupun penawaran yang Anda miliki. Saat ini, sudah ada banyak sekali para marketer yang mengaplikasikan teknik storytelling ini kedalam iklan ataupun campaign yang mereka buat, untuk masuk kedalam pikiran para audiensnya.
Teknik storytelling ini juga dapat Anda gunakan dalam campaign email blast marketing, Anda dapat menawarkan produk ataupun penawaran menarik yang lainnya dengan cara membuatnya menjadi sebuah cerita yang menarik. Jadi, jika biasanya Anda hanya mengirimkan email yang berisi penawaran ataupun promosi produk yang lainnya, Anda dapat mencoba untuk mengubah format tersebut menjadi sebuah cerita yang menarik. Hal ini sangat berguna, untuk menarik minat dari subscribers atau konsumen bisnis UMKM Anda, serta menanamkan brand bisnis UMKM Anda kedalam pikiran mereka melalui storytelling yang Anda buat. 

 
Hadiah

Hadiah adalah sebuah teknik psikologi yang bersifat persuasi. Teknik ini dinilai sangat efektif untuk meningkatkan penjualan dalam suatu bisnis. Tujuan dari teknik hadiah ini adalah untuk membujuk calon konsumen dengan menawarkan keuntungan sebagai imbalan atas sesuatu yang telah mereka lakukan. Dalam kegiatan email marketing sendiri, biasanya sogokan berupa sesuatu yang bersifat ekstra atau gratis. Hadiah yang paling umum digunakan dalam kegiatan email marketing antara lain seperti:
1. Kupon Hadiah.
2. Diskon atau potongan harga.
3. Undian berhadiah.
4. Penawaran khusus.

Selain hal-hal diatas, biasanya sogokan dapat berupa konten gratis yang dapat diakses oleh konsumen ataupun calon konsumen. Konten yang diberikan bisa berbagai macam jenisnya, bisa berupa artikel, video, gambar, ataupun podcast yang saat ini sedang hype. 

Itulah teknik Psikologi Manusia yang umum dan sering sekali digunakan dalam kegiatan campaign email blast marketing. Terlepas dari berbagai teknik psikologi diatas, kegiatan campaign email blast marketing ini tidak akan dapat berjalan jika Anda tidak menggunakan platform Email Blast yang tepat. Oleh karena itu, OCA Indonesia menawarkan platform Email Blast yang dapat Anda gunakan untuk membantu Anda dalam menjalankan campaign email blast marketing. 

[url=https://dtpx1.ocatelkom.co.idS E N S O Redit/ocaindonesia.co.id/umkm]OCA Indonesia[/url] juga menawarkan platform Email Blast Gratis yang dapat Anda coba secara trial, hanya dengan melakukan registrasi saja. Jadi tunggu apalagi, ayo coba praktikan cara ini untuk meningkatkan kesuksesan campaign email marketingmu sekarang juga!
 

0
475
0
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
UKM
UKMKASKUS Official
14.8KThread3.3KAnggota
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.