Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
150
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6002630da72768601a5cf7c0/sebelum-corona-inilah-5-penemuan-vaksin-terpenting-dalam-sejarah-manusia
Saat ini vaksinasi untuk mencegah Covid-19 mulai dilakukan di berbagai negara termasuk Indonesia. Dunia berharap dengan adanya vaksin ini, pandemi bisa teratasi walaupun nantinya kebiasaan protokol kesehatan harus tetap dilakukan.
Lapor Hansip
16-01-2021 10:52

Sebelum Corona, Inilah 5 Penemuan Vaksin Terpenting Dalam Sejarah Manusia

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Saat ini vaksinasi untuk mencegah Covid-19 mulai dilakukan di berbagai negara termasuk Indonesia. Dunia berharap dengan adanya vaksin ini, pandemi bisa teratasi walaupun nantinya kebiasaan protokol kesehatan harus tetap dilakukan.

Menurut Wikipedia, vaksin adalah bahan antigenik untuk menghasilkan kekebalan tubuh pada suatu penyakit. Sedangkan pemberian vaksin disebut imunisasi.

Berbagai pro kontra terus bermunculan terhadap vaksin Covid-19 walaupun pada akhirnya vaksinasi adalah upaya untuk mengakhiri pandemi di seluruh dunia.

Nah, sebelum ada vaksin Covid-19 yang jenis vaksinnya berbeda-beda, ada beberapa penemuan vaksin yang dianggap sebagai penemuan terpenting karena telah menyelamatkan banyak nyawa dari penyakit yang mematikan. Berikut ini adalah ulasan singkatnya.

Quote:1. Vaksin Cacar
Sebelum Corona, Inilah 5 Penemuan Vaksin Terpenting Dalam Sejarah Manusia
Jauh sebelum virus Corona menjadu pandemi, cacar adalah penyakit yang ditakuti masyarakat dunia karena mematikan. Gejalanya mirip flu dan muncul nanah dalam kulit. Penyakit ini telah merenggut jutaan nyawa umat manusia. Vaksin cacar dikembangkan oleh Edward Jenner pada 1796. Nama Edward Jenner sendiri dimasukan dalam 100 orang paling berpengaruh di dunia dalam buku yang ditulis oleh Michael H. Heart. Dengan ditemukannya vaksin cacar, penyakit ini bisa diberantas.


Quote:2. Vaksin MMR
Sebelum Corona, Inilah 5 Penemuan Vaksin Terpenting Dalam Sejarah Manusia

Kemunculan vaksin MMR termasuk dalam penemuan vaksin yang paling berpengaruh. Vaksin ini berguna untuk membentuk kekebalan tubuh terhadap campak, gondongan, dan rubella. Vaksin ini mulai digunakan sejak 1963 dan diberikan kepada bayi berusia bulanan. Berkat penemuan vaksin MMR yang terus digencarkan program imunisasi di seluruh dunia, angka kasus penyakit campak dan rubella dapat ditekan secara efektif.


Quote:3. Vaksin Polio
Sebelum Corona, Inilah 5 Penemuan Vaksin Terpenting Dalam Sejarah Manusia

Mungkin inilah vaksin yang paling terkenal di seluruh dunia karena vaksin ini terus digunakan hingga sekarang agar anak-anak terhindar dari penyakit polio yang bisa menyebabkan kelumpuhan permanen. Vaksin Polio berhasil ditemukan oleh Jonas Salk pada 1953.

Imunisasi polio terus digalakan sehingga penyakit polio termasuk penyakit yang sudah terberantas. Di Indonesia imunisasi polio pada anak dikenal dengan Pekan Imunisasi Nasional (PIN).


Quote:4. Vaksin Tdap
Sebelum Corona, Inilah 5 Penemuan Vaksin Terpenting Dalam Sejarah Manusia
Berikutnya ada vaksin Tdap yang merupakan vaksin untuk menangkal beberapa penyakit. Tdap merupakan singkatan dari tetanus, difteri, dan aselular pertusis, sedangkan Td adalah singkatan dari tetanus dan difteri. Vaksin ini mulai tersedia pada 2005. Tetanus sendiri adalah penyakit yang cukup berbahaya dan disebabkan oleh infeksi bakteri Clostridium tetani. Bakteri ini banyak terdapat di tanah, lumpur, dan kotoran hewan atau manusia. Bakteri bisa masuk ke dalam luka terbuka seperti benda tajam yang kotor. Itulah sebabnya jika seseorang tertusuk paku, maka dianjurkan dilarikan ke rumah sakit.


Quote:5. Vaksin Hepatitis B
Sebelum Corona, Inilah 5 Penemuan Vaksin Terpenting Dalam Sejarah Manusia
Hepatitis B adalah penyakit berupa infeksi pada hati dan menyebabkan sejumlah gejala. Penyakit ini paling sering disebarkan melalui paparan cairan tubuh orang yang terinfeksi. Vaksin ini pertama kali disetujui di Amerika Serikat pada tahun 1981. Pengembangannya mulai dipasarkan pada tahun 1986. Vaksin ini termasuk ke dalam Daftar Obat Esensial WHO, obat-obatan paling efektif dan aman yang dibutuhkan dalam sistem kekebalan terhadap hepatitis B.


Nah, itu dia gan. Pembahasannya. Apakah nantinya vaksin Covid-19 akan menjadi salah satu penemuan paling penting dalam sejarah umat manusia dan mengakhiri pandemi? Semoga saja demikian. emoticon-cystg

Quote:Referensi:
https://www.alodokter.com/ini-yang-p...munisasi-polio

https://www.alodokter.com/pentingnya...-air-pada-anak

https://www.alodokter.com/kenali-apa...itu-vaksin-mmr
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fc88 dan 42 lainnya memberi reputasi
43
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 4
Sebelum Corona, Inilah 5 Penemuan Vaksin Terpenting Dalam Sejarah Manusia
16-01-2021 13:02
Wah nice inpo
profile-picture
meooong memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Sebelum Corona, Inilah 5 Penemuan Vaksin Terpenting Dalam Sejarah Manusia
16-01-2021 19:25
sayangnya dulu pengembangan vaksin SARS mandeg gara2 tuh pandemi ilang sendiri.coba kalo lanjut, pasti vaksin Covid udah diciptakan kemaren2 mengingat SARS dan Covid satu varian. emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
Sebelum Corona, Inilah 5 Penemuan Vaksin Terpenting Dalam Sejarah Manusia
17-01-2021 00:11
Vaksin polio kalo belom ditemukan, nggak kebayang itu mewabahnya kayak gimana. Smallpox aja bisa kayak gitu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Sebelum Corona, Inilah 5 Penemuan Vaksin Terpenting Dalam Sejarah Manusia
24-01-2021 11:02
Bisa gk sih vaksin berupa cairan sirup gitu, takut jarum suntik 😅😅
profile-picture
profile-picture
risdiant77 dan meooong memberi reputasi
2 0
2
Lihat 13 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 13 balasan
Sebelum Corona, Inilah 5 Penemuan Vaksin Terpenting Dalam Sejarah Manusia
24-01-2021 11:03
nice info
profile-picture
meooong memberi reputasi
1 0
1
Sebelum Corona, Inilah 5 Penemuan Vaksin Terpenting Dalam Sejarah Manusia
24-01-2021 11:03
Vaksin polio tuh keren banget emoticon-2 Jempol

Tapi semuanya keren deh emoticon-2 Jempol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lunarmooner dan 2 lainnya memberi reputasi
2 1
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Sebelum Corona, Inilah 5 Penemuan Vaksin Terpenting Dalam Sejarah Manusia
24-01-2021 11:04
Nomor 6 vaksin covid nih gan 😁
profile-picture
meooong memberi reputasi
1 0
1
Sebelum Corona, Inilah 5 Penemuan Vaksin Terpenting Dalam Sejarah Manusia
24-01-2021 11:05
Manusia bisa melawan penyakit jadi patuhi protokol kesehatan aja sekarang sampai saatnya kembali normal
profile-picture
meooong memberi reputasi
1 0
1
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Sebelum Corona, Inilah 5 Penemuan Vaksin Terpenting Dalam Sejarah Manusia
24-01-2021 11:06
Cakep bener ini infonye...
Lanjutkan dengan vaksin yg lainnye gan.
Ane ambil gorengan dulu
profile-picture
meooong memberi reputasi
1 0
1
Sebelum Corona, Inilah 5 Penemuan Vaksin Terpenting Dalam Sejarah Manusia
24-01-2021 11:12
ga kebayang kalo cacar belum ada obatnya
soalnya waktu kecil ane sempet kena cacar air
profile-picture
meooong memberi reputasi
1 0
1
Sebelum Corona, Inilah 5 Penemuan Vaksin Terpenting Dalam Sejarah Manusia
24-01-2021 11:16
Penemuan yg penting bgt, kalo gak ada vaksin mungkin penyakit2 ngeri itu gampang menyerang manusia ya
profile-picture
meooong memberi reputasi
1 0
1
Sebelum Corona, Inilah 5 Penemuan Vaksin Terpenting Dalam Sejarah Manusia
24-01-2021 11:18
Dan masih ada aja yg koar2 vaksin itu hoax dan konspirasi elit global? Sungguh yg koar2 tsb adalah org yg paling pinter dan ilmunya jauuuh lebih tinggi daripada ilmuwan yg berjasa membuat vaksin.. yg buat vaksin hanya apa atuh dikatain bodoh2emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak



Cc : mardig* sontoloyok.. ada bahan baru ni buat bikin konspirasi elit global, tinggal pilih konspirasi dari siapa ni? Rotschild, rockefeller? Wahyudi? Remason? KKK? Kuminis??emoticon-Leh Uga
Diubah oleh azn1234
profile-picture
profile-picture
profile-picture
estilo.com dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Sebelum Corona, Inilah 5 Penemuan Vaksin Terpenting Dalam Sejarah Manusia
24-01-2021 11:19
polio yg serem, kyak sehat tpi gak terjadi pertumbuhan, malah penyusutan otot emoticon-Takut
Diubah oleh arshp
profile-picture
meooong memberi reputasi
1 0
1
Sebelum Corona, Inilah 5 Penemuan Vaksin Terpenting Dalam Sejarah Manusia
24-01-2021 11:27
Cacar polio itu pasti dapet waktu kecil
profile-picture
meooong memberi reputasi
1 0
1
Sebelum Corona, Inilah 5 Penemuan Vaksin Terpenting Dalam Sejarah Manusia
24-01-2021 11:30
waktu kita suntik jaman sd itu suntik apa ya?
profile-picture
meooong memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Post ini telah dihapus oleh KS06
Sebelum Corona, Inilah 5 Penemuan Vaksin Terpenting Dalam Sejarah Manusia
24-01-2021 11:40
Dulu waktu sd sering disuntik di sekolah kaga tau dah vaksin apa yang masuk ke badan ane. Mungkin yang dijabarin ts kali yak
0 0
0
Sebelum Corona, Inilah 5 Penemuan Vaksin Terpenting Dalam Sejarah Manusia
24-01-2021 11:40
Meningitis penting juga bre emoticon-Malu (S)
Kalo kaga disuntik ini kaga boleh umroh emoticon-Ngakak (S)
0 0
0
Sebelum Corona, Inilah 5 Penemuan Vaksin Terpenting Dalam Sejarah Manusia
24-01-2021 11:56
Penting banget ini untuk menambah pengetahuan.

Ane bantu jadikan hot thread dulu deh, biar makin banyak yang tahu.






Processing. . .



Hot thread done!
0 0
0
Sebelum Corona, Inilah 5 Penemuan Vaksin Terpenting Dalam Sejarah Manusia
24-01-2021 11:57
Jangan lupa, tetap jaga kesehatan ya..
profile-picture
tontop memberi reputasi
1 0
1
Halaman 1 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia