Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kartu.prakerjaAvatar border
TS
kartu.prakerja
Adhi Karya (ADHI): Progres Proyek LRT Jabodebek Sepanjang 44 Km Sudah Capai 80 Persen


    
ADHI.Co.IdU-Shape Girder merupakan pondasi struktur bangunan LRT Jabodebek dengan cetakan beton berbentuk huruf "U". Untuk pertama kalinya U- Shape Girder digunakan di Indonesia dan lahir di pabrik beton pracetak milik ADHI. Teknologi ini diadopsi dari Prancis.

Bisnis.com, JAKARTA - PT Adhi Karya (Persero) Tbk mencatat progres pembangunan proyek Light Rapid Transit (LRT) Jakarta-Bogor-Depok-Bekasi atau Jabodebek sudah mencapai 80 persen.

Direktur Utama Adhi Karya Entus Asnawi Mukhson menjelaskan progres tersebut adalah perkembangan terakhir sampai dengan akhir November 2020.

Baca Juga : Didorong Erick Thohir, Adhi Karya (ADHI) Bidik Proyek Kereta di Luar Negeri

"Sampai akhir November 2020 progres pembangunan proyek LRT Jabodebek Fase I sudah mencapai 80 persen, dimana ushaped girdernya sudah terpasang 100 persen," ujarnya dalam materi paparan publik yang diterima Bisnis Selasa (15/12/2020).

Dia menjelaskan proyek LRT memiliki total panjang lintasan mencapai 44 kilometer, dengan lintasan pelayanan dibagi 3 dan satu depo.

Baca Juga : Ekspor Lokomotif, Ini Prestasi INKA Lainnya

Secara rinci, progres pembangunan LRT Jabodebek oleh Adhi Karya sebagai berikut:

1. Lintas Pelayanan 1 Cawang – Cibubur 92,4 persen.

Baca Juga : Sektor Konstruksi Tersengat Omnibus Law, Begini Prospek Saham BUMN Karya

2. Lintas Pelayanan 2 Cawang – Kuningan – Dukuh Atas 76,6 persen.

3. Lintas Pelayanan 3 Cawang – Bekasi Timur 88,7 persen.

4. Depo 31,4 persen, dengan pembebasan lahan Depo yang sudah tuntas 100 persen.

Progres total proyek LRT ini tercatat mengalami kenaikan dibandingkan Oktober 2020 lalu yang berada di kisaran 77 persen.

Adapun pada proyek ini, ADHI berhasil mempersembahkan dedikasi tinggi melalui inovasi, berupa jalur kereta dengan bentang lengkung terpanjang dan pertama di Indonesia, serta penggunaan struktur U-Shaped Girder pertama dan terpanjang di Indonesia.

Bentang lengkung terpanjang ini terletak di Kuningan, Jakarta Selatan dan telah tercatat pada Rekor Museum Indonesia pada November 2019, yaitu pertama, rekor Jembatan Kereta Box Beton Lengkung dengan Bentang Terpanjang dan Radius Terkecil di Indonesia; kedua, rekor Pengujian Axial Statistic Loading Test pada Pondasi Bored Pile dengan Beban Terbesar di Indonesia.

U-shaped girder atau gelagar berbentuk huruf u merupakan struktur konstruksi yang diadopsi dari Prancis. Teknologi ini dipilih karena desainnya ramping, sesuai dengan ketersediaan ruang pada kota-kota yang padat, seperti di Jakarta.

Selain ramping, desain ini memiliki berbagai keunggulan, antara lain memiliki kelebihan tahan gempa dan mampu meredam kebisingan. Struktur ini juga menyediakan walkway atau ruang untuk berjalan. Di samping penggunaan “U” Shaped, LRT Jabodebek menggunakan teknologi third rail untuk mendistribusikan pasokan listriknya, sehingga tidak ada kabel melintang di atas jalur yang akan menambah estetika dan ramah dengan arsitektur kota Jakarta.

https://m.bisnis.com/amp/read/202012...apai-80-persen



emoticon-Cendol Gan
Diubah oleh kartu.prakerja 24-12-2020 13:53
gmc.yukonAvatar border
tien212700Avatar border
muhamad.hanif.2Avatar border
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
601
7
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.1KThread41KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.