Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Bisnis
  • Peluang Bisnis Perhiasan Tembaga Sidoarjo yang Diekspor ke Eropa

helviafebrizalAvatar border
TS
helviafebrizal
Peluang Bisnis Perhiasan Tembaga Sidoarjo yang Diekspor ke Eropa
Siapa saja bisa memanfaatkan peluang bisnis perhiasan tembaga. Salah satunya adalah seorang ibu rumah tangga asal Sidoarjo, Jawa Timur, ini. Hasil karyanya bahkan berhasil menembus pasar Eropa.
 
Lidya Waskita adalah nama ibu rumah tangga tersebut. Beliau kini tinggal di kawasan Pondok Candra, Sidoarjo. Dari rumah sederhana inilah ia menorehkan prestasi bisnis yang tidak main-main. Lidya membuat beragam perhiasan cantik dari tembaga dengan nilai seni tinggi sejak 2011. 
 
Ia menangkap peluang bisnis perhiasan tembaga dengan mengubah lempengan tembaga dan kabel tembaga. Keduanya menjadi bahan dasar untuk membuat anting, kalung, mahkota, hingga cincin. Ia membuat kesemuanya secara manual menurut rancangan yang ia buat sendiri. Dalam memproduksinya, Lidya memperhatikan selera pembeli. Hasil produksinya sukses meluluhkan hati pembeli yang berasal dari dalam dan luar negeri.
 
Baca juga : Jenis Pembukuan Khusus UMKM yang Harus Anda Kuasai

Sempat terkendala pandemi COVID-19
 
Peluang bisnis perhiasan tembaga Lidya sempat meredup akibat pandemi COVID-19. Akibat kondisi darurat tersebut, volume penjualan perhiasannya terjun bebas. Akibatnya, Lidya terpaksa memutus hubungan kerja dengan tiga karyawannya.
 
Semangat Lidya tidak putus sampai di situ saja. Ia tetap membuat karya perhiasan menarik lalu ia pasarkan melalui media sosial. Ia mengatakan medium promosinya mencakup Instagram dan Facebook.
 
Ia membanderol perhiasannya mulai dari Rp150 ribu hingga Rp12 juga mengikuti tingkat kerumitan pembuatannya. Ia menambahkan bahwa media promosi secara tatap muka tetap mempunyai kelebihan dibandingkan secara daring. Ia mengaku pameran lebih tepat dalam menawarkan produk-produknya sebab ada jenis perhiasan tertentu yang membutuhkan penjelasan secara langsung ke pengunjung.
 
Lidya membuktikan mengubah strategi penjualan dari offline ke daring membuat bisnisnya tetap hidup saat calon konsumen lebih banyak menghabiskan waktu di rumah. Peluang bisnis perhiasan tembaga tetap ia poles agar tetap kinclong dengan mengubah haluan cara pemasaran.  Semoga hasil berbagi dari Lidya bisa membantu #mitrasukses KITADIGI yang ingin memulai bisnis ini.
 
Baca juga : Kisah Sukses Brodo, UMKM yang Sukses Karena Go Digital


0
296
0
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Bisnis
BisnisKASKUS Official
69.9KThread11.6KAnggota
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.