Story
Batal
KATEGORI
link has been copied
33
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5fc67a27c0cad755501c80fa/hubungan-antara-cinta-dan-kesehatan
Cinta adalah suatu emosi dari kasih sayang yang kuat dan ketertarikan pribadi. Cinta juga dapat diartikan sebagai suatu perasaan dalam diri seseorang akibat faktor pembentuknya. Dalam konteks filosofi cinta merupakan sifat baik yang mewarisi semua kebaikan, perasaan belas kasih dan kasih sayang. Cinta juga bisa diartikan sebagai perasaan yang muncul akibat rasa ketertarikan dan kecocokan hingga ik
Lapor Hansip
02-12-2020 00:15

Hubungan Antara Cinta Dan Kesehatan

Hubungan Antara Cinta Dan Kesehatan

Hubungan Antara Cinta Dan KesehatanHubungan Antara Cinta Dan Kesehatan

Cinta adalah suatu emosi dari kasih sayang yang kuat dan ketertarikan pribadi. Cinta juga dapat diartikan sebagai suatu perasaan dalam diri seseorang akibat faktor pembentuknya. Dalam konteks filosofi cinta merupakan sifat baik yang mewarisi semua kebaikan, perasaan belas kasih dan kasih sayang.

Cinta juga bisa diartikan sebagai perasaan yang muncul akibat rasa ketertarikan dan kecocokan hingga ikatan batin dan hubungan. Seperti ibu dan anak, kaka dan adik, sahabat, pasangan, teman, dll.


Tapi tau gak gan? Kalau ternyata, perasaan cinta punya manfaat loh buat kesehatan. Kenapa? Alasannya saat seseorang jatuh cinta, otak akan merangsang tubuh untuk menghasilkan hormon lebih banyak, seperti testosteron, dopamin, estrogen, eksitosin dan serotonin. Makanya kadang ketika jatuh cinta, tubuh kita akan bereaksi seperti gugup, berdebar, bahagia, dll.
Quote:
Meningkatkan kekebalan tubuh.

Hubungan Antara Cinta Dan KesehatanHubungan Antara Cinta Dan Kesehatan
Beberapa penelitian, menemukan fakta bahwa orang yang sedang jatuh cinta, memiliki imun tubuh yang lebih kuat.
Berkat penurunan kadar stres, cemas, dan risiko depresi, jatuh cinta dapat bantu mengoptimalkan fungsi sistem kekebalan tubuh.

Dengan adanya manfaat jatuh cinta yang satu ini, agan akan terhindar dari risiko terkena penyakit infeksi seperti flu, virus, atau psikosomatik.

Secara ilmiah jatuh cinta pada seseorang menyebabkan gen memproduksi interferon-protein yang biasanya digunakan untuk melawan virus.
Para ilmuwan juga melihat bagaimana tingkat interferon berubah selama jatuh cinta dan menemukan penurunan interferon pada mereka yang akhirnya putus cinta. Jika melihat pengurangan ekspresi gen yang terkait dengan interferon tersebut, padat disimpulan jatuh cinta bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh belipat-lipat.

Quote:
Meminimalisir gangguan sikis

Hubungan Antara Cinta Dan KesehatanHubungan Antara Cinta Dan Kesehatan
Yah, perasaan cinta dan kasih sayang sangat berperan untuk kesehatan sikis seseorang. Faktanya orang yang harinya dipenuhi oleh cinta, sangat kecil kemungkinannya untuk mengalami depresi atau stress. Kenapa? Hal ini tidak jauh dari peran hormon serotonin, Serotonin merupakan senyawa kimia yang dihasilkan oleh sel saraf di otak. Selain itu, serotonin juga bisa didapat dari makanan yang kaya asam amino triptofan seperti kacang, susu, keju, dan daging sapi. Zat ini sering disebut dengan natural mood stabilizer, karena fungsinya dalam menjaga suasana hati agar tetap tenang dan bahagia. Sehingga seseorang akan mudah mengendalikan suasana hatinya.

Selain bermanfaat untuk mencegah depresi, mengurangi stres dan kecemasan. Serotonin juga mampu menjaga kesehatan tulang dan mempercepat penyembuhan luka fisik loh gan.

Quote:
Mengoptimalkan kualitas jantung

Hubungan Antara Cinta Dan KesehatanHubungan Antara Cinta Dan Kesehatan
Orang yang menikah memiliki risiko kematian akibat penyakit jantung lebih rendah dibandingkan yang tidak menikah atau telah bercerai.

Hal ini diduga berkat kinerja saraf otonom yang lebih optimal saat seseorang sedang jatuh cinta.

Selain itu, jatuh cinta juga membuat saraf simpatis bekerja lebih optimal sehingga respons tubuh terhadap stres lebih kecil. Hal ini pada akhirnya dapat menurunkan frekuensi denyut nadi dan tekanan darah yang beresiko.

Quote:
Mempercepat Perbaikan Jaringan Tubuh

Hubungan Antara Cinta Dan KesehatanHubungan Antara Cinta Dan Kesehatan
Percintaan yang dilandasi perasaan positif dan saling mendukung satu sama lain dapat membantu mengoptimalkan fungsi tubuh untuk beregenerasi.

Oleh karena itu, luka yang terdapat di tubuh juga lebih cepat sembuh pada orang-orang yang sedang jatuh cinta dan memiliki hubungan yang baik.

Secara ilmiah hal ini terjadi karna pada saat jatuh cinta, seseorang akan menghasilkan hormon serotonin. Serotonin merupakan senyawa kimia yang dihasilkan oleh sel saraf di otak. Selain itu, serotonin juga bisa didapat dari makanan yang kaya asam amino triptofan seperti kacang, susu, keju, dan daging sapi. Zat ini sering disebut dengan natural mood stabilizer, karena fungsinya dalam menjaga suasana hati agar tetap tenang dan bahagia.

Serotonin bermanfaat untuk mencegah depresi, mengurangi stres dan kecemasan, serta menjaga kesehatan tulang dan mempercepat penyembuhan luka.

Quote:
Meredakan rasa sakit

Hubungan Antara Cinta Dan KesehatanHubungan Antara Cinta Dan Kesehatan
Jatuh cinta ternyata dapat mengontrol rasa sakit. Hal ini didukung dengan hasil pemeriksaan magnetic resonance imaging (MRI) otak.

Disebutkan, seseorang yang menikah memiliki risiko lebih rendah mengalami sakit kepala dan sakit punggung. Manfaat jatuh cinta yang satu ini bisa dirasakan karena otak dapat mengontrol rasa nyeri.


Jadi sekarang udah paham yah? Alasan kenapa para survivor kanker harus selalu dipenuhi cinta, tidak hanya soal pasangan, tapi keluarga, teman dan sahabat. Karna cintasangat berperan pada kesehatan seseorang.
Alasan lain kenapa suami harus menemani istri saat melahirkan? Karna ikatan cinta ternyata mampu menjadi anastesis alami untuk istri.

Ingat, cinta itu bukan soal apa yang bisa dilihat oleh kasat mata, tapi hanya bisa dirasakan oleh hati dan perasaan. So selama orang yang kalian cintai masih berada disekelilingmu, maka secara tidak langsung agan sudah memperbaiki kualitas hidup agan.


Kayanya udah dulu gan, lanjut lagi di thread kesehatan yang lain. See you next thread emoticon-Blue Guy Cendol (S)

Sumber
Gambar: www.google.com
Materi: halodoc, klik dokter, D2D, PPDGJ, dan google.com
Tulisan: tulisan ane sendiri 👌🏻
Diubah oleh little.sirius
profile-picture
profile-picture
profile-picture
axcelcrypto dan 6 lainnya memberi reputasi
7
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Hubungan Antara Cinta Dan Kesehatan
02-12-2020 00:15
Untuk yang pingin gabung di group H2H bisa klik link nya.

https://chat.whatsapp.com/CJavJHmFj6f5F0jasO33in

Buat sekedar sharing dan berbagi cerita disana.
Diubah oleh little.sirius
0 0
0
Hubungan Antara Cinta Dan Kesehatan
02-12-2020 07:57
Yoi, tapi ketika putus cinta deritanya kebalika seperti apa yang ada di tulisan lo gan emoticon-Ngakak
profile-picture
mysweetlord memberi reputasi
1 0
1
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Hubungan Antara Cinta Dan Kesehatan
02-12-2020 16:49


Cinta, ya nggak cuman itu aja (terkait antara pria-wanita), walau mungkin itu menjadi sesuatu yang berkesan, dan membuat kita mengenali rasa cinta itu sendiri ...

...

Thanks to some1 ...

profile-picture
little.sirius memberi reputasi
1 0
1
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Hubungan Antara Cinta Dan Kesehatan
02-12-2020 18:51
Ok beb
profile-picture
little.sirius memberi reputasi
1 0
1
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 8 balasan
Hubungan Antara Cinta Dan Kesehatan
02-12-2020 22:42
Bagus sekali tulisan ini
Salah satu Thread terbaik yang pernah ada di dunia
profile-picture
little.sirius memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Hubungan Antara Cinta Dan Kesehatan
03-12-2020 18:59
bener tu bagian meredakan sakit kepala, ane ngerasain sendiri hahaha emoticon-Ngakak
profile-picture
little.sirius memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Hubungan Antara Cinta Dan Kesehatan
03-12-2020 19:00
tapi atas nama cinta juga bisa dateng penyakit penyakit aneh apalagi kalo sakit hati, bisa ngefek juga ke tubuh emoticon-Ngakak
profile-picture
little.sirius memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Hubungan Antara Cinta Dan Kesehatan
05-12-2020 07:42
Semakin sering bercinta semakin sehat dan awet muda.

Karena bercinta bisa dibilang olahraga juga
profile-picture
little.sirius memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
Stories from the Heart
senja-di-asakusa-tokyo
Stories from the Heart
hunter-pemburu-fantasy
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
B-Log Collections
Heart to Heart
Stories from the Heart
darah-haid-makanan-makhluk-gaib
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia