Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
5
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5fc3b826eaab25516e7c10dd/coc-review-sepotong-senja-untuk-pacarku-karya-seno-gumira-ajidarma
Senja dan Seno Gumira Aji Darma, dua frasa yang tidak dapat dipisahkan. Rasanya tak terhitung berapa banyak senja yang Seno sebutkan dalam karya-karyanya,termasuk dalam buku Sepotong Senja Untuk Pacarku. Dari judulnya pun kita sudah bisa menghitung senja pertama yang Seno Gumira sebutkan. Kecintaan Seno Gumira terhadap senja dituangkan ke dalam berbagai pendekatan.
Lapor Hansip
29-11-2020 22:03

[COC] Review Sepotong Senja Untuk Pacarku Karya Seno Gumira Ajidarma

Past Hot Thread
icon-verified-thread
[COC] Review Sepotong Senja Untuk Pacarku Karya Seno Gumira Ajidarma


Hallo Gan Sis semuanya! Balik lagi sama ane, inase301 emoticon-Big Grin Kali ini ane mau ikutan meramaikan COC Forum Buku 2020, nih. Tanpa ba bi bu lagi langsung aja simak nih, review salah satu buku lokal favorit ane. Kuy!

tampilan buku




Quote:Judul : Sepotong Senja Untuk Pacarku
Penulis : Seno Gumira Aji Darma
Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta
Tahun terbit : 2002(terbitan pertama)
Tahun Cetakan : 2016 (cetakan pertama dengan cover baru), edisi kedua
Jumlah halaman : 218 
Harga dan Keberadaan : Rp 85.000 (dapat dibeli di toko buku online dan offline)
ISBN : 978-602-03-1903-02




Ringkasan Buku

Senja dan Seno Gumira Aji Darma, dua frasa yang tidak dapat dipisahkan. Rasanya tak terhitung berapa banyak senja yang Seno sebutkan dalam karya-karyanya,termasuk dalam buku Sepotong Senja Untuk Pacarku. Dari judulnya pun kita sudah bisa menghitung senja pertama yang Seno Gumira sebutkan. Kecintaan Seno Gumira terhadap senja dituangkan ke dalam berbagai pendekatan. Mulai dari senja secara gejala alam yang kasat mata sampai pada konstruksi sosial dan tematik dalam ada di dalam kehidupan sehari-hari.

Sebenarnya, Sepotong Senja Untuk Pacarku merupakan salah satu cerita pendek (cerpen) karya Seno Gumira. Cerpen tersebut dimuat pertama kali di Harian Kompas pada Minggu, 9 Februari 1991. Namun rasanya tak lengkap jika membaca karya Seno Gumira yang itu saja. Maka dari itu, membaca buku ini dapat dijadikan pengantar untuk mengetahui karya-karya dari Seno Gumira.

Dalam pengantar buku ini, Seno Gumira menyebutkan bahwa buku ini bak pizza yang di dalamnya berisi berbagai macam variasi. Buku ini terbagi ke dalam tiga bagian yang berisikan 16 variasi cerita pendek. Dalam Sepotong Senja Untuk Pacarku, tiga cerpen di antaranya berasal dari kumpulan Linguae (2007), buku kumpulan cerpen Seno Gumira lainnya yang kini sudah tidak dicetak ulang lagi.

Pada bagian pertama buku ini yaitu Trilogi Alina, dengan cerpen Sepotong Senja Untuk Pacarku sebagai cerita pengantar untuk memasuki cerita selanjutnya. Dua bagian lainnya yaitu Peselancar Agungyang memiliki sepuluh cerita dan Atas Nama Senja dengan tiga cerita. Alur yang dibuat dari ketiga bagian tersebut jika dibaca secara cermat akan membentuk suatu susunan tertentu. Ya barangkali itulah pizza yang Seno Gumira maksud.  Jika pembaca menikmatinya dengan sungguh-sungguh maka akan terasa bagaimana rasa dari tiap bagian tersebut dapat menyatu dalam satu komposisi yang utuh.

Informasi Tambahan Mengenai Buku

Buku ini memiliki cover dengan warna yang cukup menarik, dengan latar belakang laut di saat senja. Tampak seorang wanita – yang mungkin saja itu tokoh Alina – sebagai penghiasnya. Warna oranye dan matahari tenggelam yang ditampilkan secara tidak langsung menunjukkan bahwa sebagian besar buku ini banyak berbicara soal senja. 

Buku ini dilengkapi pula dengan sepucuk surat yang isinya merupakan Sepotong Senja Untuk Pacarku dengan setiap nama Alina yang dikosongkan, dan bisa diisi secara bebas oleh pembaca. Selain itu, Setiap awal cerita diawali dengan rangkaian kalimat singkat yang ditulis menggunakan Ejaan Lama (Ejaan van Ophuysen). Gaya penceritaannya santai juga serius. Pada setiap dicerita dilengkapi pula dengan ilustrasi gambar yang akan membuat imajinasi pembaca semakin terbangun. Hal inilah yang membuat buku ini memiliki nilai lebih dan unik dari yang lainnya.

Tentang Penulis

Seno Gumira Ajidarma seorang cerpenis, esais, wartawan, dan pekerja teater. Dia lahir di Boston, Amerika Serikat pada tanggal 19 Juni 1958. Proses kreatifnya ia mulai di tahun 1975, saat itu ia berusia 17 tahun. Awal  mula Seno Gumira berkutat di dunia seni  yaitu dengan menjadi anggota rombongan sandiwara Teater Alam pimpinan Azwar. A.N. Dunia teater itulah yang kemudian mengantarkan Seno Gumira untuk terbit lebih lanjut ke dunia Sastra. Hingga saat ini, karyanya tidak hanya berupa cerpen saja. Karya lainnya antara lain berbentuk kumpulan puisi, cerpen, novel dan esai. Karyanya pun hingga saat ini diakui baik dalam dan luar negeri. Beberapa karyanya sudah ada yang diterbitkan ke dalam bahasa Inggris dan meraih beberapa penghargaan bergengsi. 


Kesan Membaca
 
Setelah membaca buku ini, timbul ketertarikan ane untuk mengulik lebih dalam karya-karya Seno Gumira Ajidarma. Seno Gumira telah menjadikan senja sebagai ciri dari seluruh karya kreatifnya. Gaya kepenulisan Seno Gumira pun memiliki ciri khas tersendiri sehingga akan mudah dikenali. Meskipun senja sebagai objek terkesan menye-menye bagi sebagian orang, tapi bagi ane Dari Seno Gumira ane belajar bahwa senja tak melulu soal cinta, seperti kata anak-anak remaja sekarang.


[COC] Review Sepotong Senja Untuk Pacarku Karya Seno Gumira Ajidarma



Ya kira-kira begitu lah review salah satu buku favorit ane. Gimana Gan Sis tertarik buat baca bukunya juga? Atau, sebelum baca bukunya kuy ikut share juga buku favorit Gan Sis untuk direview pada event COC Buku 2020 emoticon-nulisah


Diubah oleh inase301
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 3 lainnya memberi reputasi
4
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
[COC] Review Sepotong Senja Untuk Pacarku Karya Seno Gumira Ajidarma
29-11-2020 22:05
reserved
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh KS06
[COC] Review Sepotong Senja Untuk Pacarku Karya Seno Gumira Ajidarma
03-12-2020 20:04
pacar nya yg mana tuh ? emoticon-Malu
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[COC] Review Sepotong Senja Untuk Pacarku Karya Seno Gumira Ajidarma
04-12-2020 09:38
senja, hujan, kopi, tiga kata generasi gabuk lapok rapuh mellow menye-menye...
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Manga, Manhua, & Manhwa
eleceed-manhwa
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia