News
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
103
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5fa01a51977513615d2eea59/apakah-manusia-bisa-hidup-abadi
Entah kenapa gue mau bahas topik beginian. Tadi siang ketika asik browsing di internet dan menemukan sebuah topik mengenai, “Ditemukan bakteri yang berusia 3,5 juta tahun bernama Bacillus F.” Katanya bisa membuat seseorang menjadi berumur panjang. Oke, kita bahas secara ringkas saja.
Lapor Hansip
02-11-2020 21:40

Apakah Manusia Bisa Hidup Abadi?

Past Hot Thread
icon-verified-thread

Hai apa kabar?

Entah kenapa gue mau bahas topik beginian. Tadi siang ketika asik browsing di internet dan menemukan sebuah topik mengenai, “Ditemukan bakteri yang berusia 3,5 juta tahun bernama Bacillus F.” Katanya bisa membuat seseorang menjadi berumur panjang. Oke, kita bahas secara ringkas saja.

 

Coba simak penjelasan berikut.

Pada awalnya bakteri ini temukan dibawah lapisan es di Seberia. Penemu bakteri ini adalah  Dr. Anatoli Brouchkov, kepala Departemen Geokriologidi Moscow State University. Bakteri tersebut tertanam di permafrost kuno yang dikenal sebagai Gunung Mammoth di Republik Sakha, juga dikenal sebagai Yakutia, wilayah terbesar di Siberia.

Apakah Manusia Bisa Hidup Abadi?



Bakteri serupa pernah ditemukan oleh ilmuwan Siberia Vladimir Repin di otak mammoth berbulu yang telah punah dan terawetkan oleh lapisan es.


Bakteri ini bahkan disebut-sebut sebagai, “Ramuan kehidupan.” Oleh Dr. Viktor Chernyavsky, seorang ahli epidemiologi Rusia. Dikarenakan bakteri ini bisa membuat apa yang disekitarnya menjadi hidup lebih lama.

Pada uji coba terhadap tikus, mendapatkan hasil yang menakjubkan. Dimana ketika di uji-kan kepada tikus-tikus tersebut, mereka bisa hidup lebih lama, dan kepada tikus yang sudah tua, masih bisa bereproduksi.




Dimasa depan, mungkin bakteri ini bisa menyebuhkan manusia dari kerusakan sel, karena bakteri ini mampu melakukan hal tersebut.


Apakah manusia bisa hidup abadi?


Oke disini gue mulai ngayal apakah manusia bisa hidup abadi dengan bantuan bakteri tersebut? Karena ada seorang ilmuan bernama  Dr. Brouchkov, ia menyuntikkan dirinya dengan bakteri, dan melihat apa yang terjadi. Dia bilang, kalo dia merasa lebih baik dari sebelumnya . Pada 2015, dia mengatakan dia tidak pilek atau flu dalam dua tahun sejak dia menyuntik dirinya sendiri. Dia juga melaporkan tingkat energi yang lebih tinggi.

Apakah Manusia Bisa Hidup Abadi?



Akhirnya gue nyoba cari-cari lagi apakah bakteri ini bisa bikin manusia hidup abadi, ya memang kematian tidak bisa dihindari. "Apakah bisa?" Jawabannya adalah tidak bisaemoticon-Ngakak, mungkin bakteri bisa menghambat kerusakan sel atau menyembuhnya. Tetapi tidak bisa menghentikan mutasi genetik. Telomer kromosom kita secara alami membusuk dan bermutasi lebih banyak saat mereka rusak seiring bertambahnya usia.


Quote:Telomer adalah bentangan DNA dan protein di ujung kromosom kita. Setiap kali sel membelah, peregangan ini secara alami menjadi lebih pendek. Begitu panjang telomer mencapai titik potong tertentu, sel menjadi tua, artinya tidak bisa lagi membelah dan kemudian akan mati.  


Apakah Manusia Bisa Hidup Abadi?


Jika kita berandai-andai ingin hidup abadi, kita harus mencegah  namanya mutasi genetik pada Telomer kromosom. Jadi, sebenarnya kita tidak bisa hidup abadi. Namun dengan perkembangan teknologi dan research mengenai bakteri ini, mungkin bisa berguna untuk menghambat mutasi genetik pada Telomer dan membuat manusia mendekati namanya keabadian.

Kesimpulan


Untuk saat ini tidak mungkin bisa menciptakan obat yang mampu membuat seseorang menjadi abadi. Namun, tidak menutup kemungkinan dengan perkembangan teknologi, bakteri ini mampu menyembuhkan sel yang rusak dan mampu menghambat mutasi pada Telomer, sehingga manusia bisa mendekati namanya keabadian.



 

Sekian terimakasih…



Diubah oleh trikunprayoga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
andihidayah36 dan 20 lainnya memberi reputasi
19
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 5
Apakah Manusia Bisa Hidup Abadi?
02-11-2020 21:45
Yang bisa abadi hanya keabadian
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan 2 lainnya memberi reputasi
2 1
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Apakah Manusia Bisa Hidup Abadi?
03-11-2020 12:59
the old guard emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan indrastrid memberi reputasi
2 0
2
Apakah Manusia Bisa Hidup Abadi?
04-11-2020 18:49
Baca di Wiki, lobster abadi.
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan ushirota memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Apakah Manusia Bisa Hidup Abadi?
07-11-2020 20:03
bisa tapi ga di kehidupan iniemoticon-Wakaka
profile-picture
nomorelies memberi reputasi
1 0
1
Apakah Manusia Bisa Hidup Abadi?
07-11-2020 20:06
kalopun bisa, orang biasa gakan dapet
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Apakah Manusia Bisa Hidup Abadi?
07-11-2020 20:06
Yang abadi cuma toko bangunan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mang.tap dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Apakah Manusia Bisa Hidup Abadi?
07-11-2020 20:07
Gk bisa
0 0
0
Apakah Manusia Bisa Hidup Abadi?
07-11-2020 20:07
Di dunia ini tak ada yang abadi
Semua yang bernyawa akan merasakan mati
emoticon-Cool
profile-picture
pendekarmp memberi reputasi
1 0
1
Apakah Manusia Bisa Hidup Abadi?
07-11-2020 20:09
Nunggu nano tech
profile-picture
netizen62 memberi reputasi
1 0
1
Apakah Manusia Bisa Hidup Abadi?
07-11-2020 20:12
Manusia abadi itu menurut ane sih yg namanya dikenang sepanjang masa, contonya soekarno, beliau sudah tiadapun tp tetap abadi dihati rakyatnya.
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Apakah Manusia Bisa Hidup Abadi?
07-11-2020 20:15
Kematian seseorang ga cuma karena usia tp jg nasib entah kecelakaan atau apa, biasanya ada berita seseorang yg hidup seratus thn lebih dgn misalnya konsumsi sesuatu secara rutin tp ketika org lain mencontoh hal tsb, w sanksi umurnya bakal sama panjangnya emoticon-Ngakak
profile-picture
bintangfairing memberi reputasi
1 0
1
Apakah Manusia Bisa Hidup Abadi?
07-11-2020 20:18
Tdk ad yg abadi. Klo di film goblin atau gumiho bisa hidup abadi itu fiksi. Di kenyataan setiap ciptaan tuhan akan mendapat akhir. Hanya saja apakah akhirnya itu cepat/lambat hanya takdir yg tau
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Apakah Manusia Bisa Hidup Abadi?
07-11-2020 20:23
Ane sih gak kepincut dengan iming2 ''abadi''nya, tapi lebih penasaran ke cara kerja spesifik dari bakterinya itu sendiri, sama pengaplikasian bakteri itu utk pengobatan masa depan.
0 0
0
Apakah Manusia Bisa Hidup Abadi?
07-11-2020 20:23
Bs jd kiamat klo manusia hdp abadi, penuh sesak bumi ini
0 0
0
Apakah Manusia Bisa Hidup Abadi?
07-11-2020 20:24
secara teori bisa2 aja tapi realitanya sih kagak ye, karena yang bisa buktikan keabadian itu ga ada cok.....1000 taun hidup dianggap abadi? 10000 tahun? 1 juta? sejarah manusia modern aja ga lewat itu angka sejuta mau buktikan keabadian gimana caranya? emoticon-Big Grin
0 0
0
Apakah Manusia Bisa Hidup Abadi?
07-11-2020 20:24
kalopun di dunia FANA ini abadi mau ngapain, ga pengen emang ngerasain dunia setelah nya
0 0
0
Apakah Manusia Bisa Hidup Abadi?
07-11-2020 20:24
Ga perlu abadi, sesuatu yang kurang / berlebih itu mau bagaimanapun tidak enak.

Balik lagi kalo mau abadi itu mustahil, tapi kalo mau hidup lama mungkin..
tapi manusia sendiri adalah makhluk yang mudah bosan, jadi hidup terlalu lama juga tidak ada untungnya
0 0
0
Apakah Manusia Bisa Hidup Abadi?
07-11-2020 20:25
jadi ky duncan mc.cloud di highlander yakemoticon-Hammer2
0 0
0
Apakah Manusia Bisa Hidup Abadi?
07-11-2020 20:27
Semua yg bernyawa ada ajalnya ganemoticon-Malu
0 0
0
Apakah Manusia Bisa Hidup Abadi?
07-11-2020 20:32
denger denger kemungkinan ada virus juga yg terkubur lama disana dan bisa menyebabkan kematian masal. karena bisa jadi virus ini juga penyebab kepunahan masal di masa lampau lalu terkurung dilapisan es dan masih hidup. emoticon-Takut
Diubah oleh wisnup451r
0 0
0
Halaman 1 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia