News
Batal
KATEGORI
link has been copied
114
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f9982acaf7e930b8c011372/pihak-sekolah-sman-58-bakal-panggil-siswa-yang-sebarkan-wa-guru-rasis
Pihak Sekolah SMAN 58 Bakal Panggil Siswa yang Sebarkan WA Guru Rasis Suara.com - Kepala Sekolah SMAN 58 Ciracas, Jakarta Timur, Dwi Sasono, menyatakan guru berinisial TS sudah meminta maaf dan tindakannya yang membuat pernyataan rasis sudah diproses Dinas Pendidikan (Disdik). Namun, kasus ini masih berlanjut karena pihak sekolah akan memanggil siswa yang menyebarkan percakapan rasis itu. Dwi meng
Lapor Hansip
28-10-2020 21:39

Pihak Sekolah SMAN 58 Bakal Panggil Siswa yang Sebarkan WA Guru Rasis

Quote:Pihak Sekolah SMAN 58 Bakal Panggil Siswa yang Sebarkan WA Guru Rasis

 Pihak Sekolah SMAN 58 Bakal Panggil Siswa yang Sebarkan WA Guru Rasis

Suara.com - Kepala Sekolah SMAN 58 Ciracas, Jakarta Timur, Dwi Sasono, menyatakan guru berinisial TS sudah meminta maaf dan tindakannya yang membuat pernyataan rasis sudah diproses Dinas Pendidikan (Disdik). Namun, kasus ini masih berlanjut karena pihak sekolah akan memanggil siswa yang menyebarkan percakapan rasis itu.

Dwi mengatakan pemanggilan ini tidak bertujuan memberikan hukuman pada siswa penyebar foto itu. Ia hanya ingin memberikan pendidikan soal penggunaan media sosial yang diatur dalam Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Namun pemanggilan siswa itu harus ditunda sementara waktu. Sebab saat ini sekolah masih belum dibuka dan siswa belajar secara daring atau online.

"Saat ini belum masih PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh). Nanti bakal dipanggil untuk pembinaan juga. Karena kan dalam UU ITE dijelaskan agar menggunakan medsos dengan bijak," ujar Dwi saat dihubungi Suara.com, Selasa (27/10/2020).

Dwi menjelaskan, awalnya TS hanya berniat menyampaikan pernyataan bernada rasis itu kepada 44 siswa SMAN 58 yang tergabung dalam ekstrakulikuler Rohis lewat pesan singkat di WhatsApp. Namun salah seorang siswa memberitahukannya kepada pelajar lain.

"Dia punya teman berkelompok tujuh orang, dia sampaikan ke teman-temannya saja. Dijapri ke temannya yang beragama kristen," jelasnya.

Setelah itu, temannya itu menyebarkannya ke media sosial begitu mendapatkan foto tangkapan layar tersebut. Akhirnya unggahannya itu belakangan menjadi viral.

"Terus temennya yang menyebarkan ke medsos. Justru yang di internal sekolah tidak tahu," tuturnya.

Dwi mengaku tak mau memperpanjang masalah ini. Ia memahami siswa SMA memang suka bertindak tanpa berpikir panjang.

"Tapi kan kita tak mau mempermasalahkan. Namanya juga anak-anak tidak berpikiran matang," pungkasnya.

Sebelumnya beredar di media sosial tangkapan layar mengenai seorang guru di SMAN 58 Jakarta Timur melakukan tindakan rasis. Ia melarang siswanya memilih calon non muslim saat pemilihan Ketua OSIS.

Dari tangkapan layar yang diterima, guru tersebut berinisial TS. Ia menyampaikan instruksi rasis itu dalam sebuah grup WhatsApp bernama Rohis 58.

Kepada anggota grup itu, Tini meminta para siswa tidak memilih pasangan nomor urut 1 dan 2 karena agamanya.

"Assalamualaikum hati-hati memilih Paslon 1 dan 2 calon non islam," kata Tini dalam percakapan grup itu yang dikutip Suara.com, Selasa (27/10/2020).


Komeng TS =
Apa salahnya siswa yg viralkan sampai harus dipanggil ?

profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 24 lainnya memberi reputasi
25
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 5
Pihak Sekolah SMAN 58 Bakal Panggil Siswa yang Sebarkan WA Guru Rasis
28-10-2020 21:43
Lah gurunya gak dipanggil dinas? Gak dipanggil nganis?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 11 lainnya memberi reputasi
12 0
12
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Pihak Sekolah SMAN 58 Bakal Panggil Siswa yang Sebarkan WA Guru Rasis
28-10-2020 21:44
mending pindah sekolah , calon abis di gencet
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Pihak Sekolah SMAN 58 Bakal Panggil Siswa yang Sebarkan WA Guru Rasis
28-10-2020 21:48
Siapa yg nyebarkan, itu yang dicari....kagak beda dengan video tank yg nabrak motor emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
yoseful dan gabener.edan memberi reputasi
2 0
2
Pihak Sekolah SMAN 58 Bakal Panggil Siswa yang Sebarkan WA Guru Rasis
28-10-2020 21:49
Guru Go Blog.emoticon-Ngacir


 Pihak Sekolah SMAN 58 Bakal Panggil Siswa yang Sebarkan WA Guru Rasis
profile-picture
profile-picture
profile-picture
caerbannogrbbt dan 21 lainnya memberi reputasi
22 0
22
Pihak Sekolah SMAN 58 Bakal Panggil Siswa yang Sebarkan WA Guru Rasis
28-10-2020 21:50
sudah tidak heran...
kaum ini selalu merasa terjolimih
meski sudah bakar tempat ibadah orang
penggal/gorok leher orang
merusak tempat orang
persekusi orang
dll
tetap aja merasa terjolimih
emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
caerbannogrbbt dan 29 lainnya memberi reputasi
29 1
28
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Pihak Sekolah SMAN 58 Bakal Panggil Siswa yang Sebarkan WA Guru Rasis
28-10-2020 21:53
Dah ketebak kalau rasis/SARA dah jd budaya di sekolahnya.
Skrg giliran siswa yg kena.

Emang perlu dipecat semua gurunya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 11 lainnya memberi reputasi
12 0
12
Pihak Sekolah SMAN 58 Bakal Panggil Siswa yang Sebarkan WA Guru Rasis
28-10-2020 21:57
Pesan moralnya daripada sara mending zaenab..emoticon-Traveller

 Pihak Sekolah SMAN 58 Bakal Panggil Siswa yang Sebarkan WA Guru Rasis
profile-picture
profile-picture
profile-picture
llloolll dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Pihak Sekolah SMAN 58 Bakal Panggil Siswa yang Sebarkan WA Guru Rasis
28-10-2020 21:58
Muridnya dipanggil gurunya dipecat, itu baru fair
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Pihak Sekolah SMAN 58 Bakal Panggil Siswa yang Sebarkan WA Guru Rasis
28-10-2020 22:02
Dwi mengatakan pemanggilan ini tidak bertujuan memberikan hukuman pada siswa penyebar foto itu. Ia hanya ingin memberikan pendidikan soal penggunaan media sosial yang diatur dalam Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).
---------------------------------------
mungkin niatnya si siswa mau membantu bu Tini menghimbau untuk hati hati memilih calon 1 dan 2 emoticon-Embarrassment
jangan siswanya doang pak, bu Tini juga diberi pendidikan soal penggunaan media sosial emoticon-Smilie
Diubah oleh devi.jon
profile-picture
profile-picture
profile-picture
snoopze dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Pihak Sekolah SMAN 58 Bakal Panggil Siswa yang Sebarkan WA Guru Rasis
28-10-2020 22:03
Lebay amat sih..

Udah sering banyak ajakan jangan pilih si nganu...dia alumni ITB..pilih yg UGM aja..
Atau ada WA jangan pilih si ini..dia bukan orang jawa..
Pilih aja si B dia orang sekampung.

Tiap ada pemilihan pasti ada gitu...

Kenapa lo gak bilang itu SARA..ketika ada yg bilang presiden harus orang jawir?

Wkwkwkw
profile-picture
twiratmoko memberi reputasi
0 1
-1
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Pihak Sekolah SMAN 58 Bakal Panggil Siswa yang Sebarkan WA Guru Rasis
28-10-2020 22:04
Lucu sekali emoticon-Turut Berduka
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
1 0
1
Pihak Sekolah SMAN 58 Bakal Panggil Siswa yang Sebarkan WA Guru Rasis
28-10-2020 22:05
Quote:Original Posted By kakidal27
Lah gurunya gak dipanggil dinas? Gak dipanggil nganis?


Quote:Original Posted By coens1982
Muridnya dipanggil gurunya dipecat, itu baru fair


Seperti biasa, video minta maaf + surat pernyataan bermaterai

https://www.suara.com/news/2020/10/2...rnyataan-rasis

Quote:Kepala Sekolah SMAN 58 Ciracas, Jakarta Timur, Dwi Arsono mengatakan guru berinisial TS yang membuat pernyataan rasis sudah menyesal. Bahkan guru itu sudah diminta membuat permintaan maaf lewat video yang disebar ke lingkungan sekolah.

Dwi mengatakan pihaknya sudah memanggil TS begitu pernyataan bernada rasisme menyebar di media sosial. TS juga diminta membuat permintaan maaf yang ditandatangani di atas materai.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakidal27 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Pihak Sekolah SMAN 58 Bakal Panggil Siswa yang Sebarkan WA Guru Rasis
28-10-2020 22:12
wah bakal dihukum
Diubah oleh kampret.strez
profile-picture
profile-picture
putudodi dan gabener.edan memberi reputasi
2 0
2
Pihak Sekolah SMAN 58 Bakal Panggil Siswa yang Sebarkan WA Guru Rasis
28-10-2020 22:13
GW SARANKAN ORTU SI MURID SEGERA LAPOR POLISI KALAU SAMPAI ANAKNYA MENDAPAT PERLAKUAN YG TIDAK ADIL. BUAT LAPORAN DENGAN DALIL TINDAKAN TIDAK MENYENANGKAN emoticon-shakehand
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Pihak Sekolah SMAN 58 Bakal Panggil Siswa yang Sebarkan WA Guru Rasis
28-10-2020 22:18
Kalo di Indonesia sekolah pada bener enggak ada lagi tawuran pelajar bre. Sekolah gue dulu kepsek nya konon bertato, gak tau sekarang gimana.
profile-picture
profile-picture
putudodi dan gabener.edan memberi reputasi
2 0
2
Pihak Sekolah SMAN 58 Bakal Panggil Siswa yang Sebarkan WA Guru Rasis
28-10-2020 22:18
@wiskey31apakah yg dikatakan ibu guru itu adalah suatu bentuk pengamalan perintah kelemah lembutan ? emoticon-Big Grin



Diubah oleh mariyah.66.1.11
0 0
0
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Pihak Sekolah SMAN 58 Bakal Panggil Siswa yang Sebarkan WA Guru Rasis
28-10-2020 22:19
Bawa ke ranah hukum aja kalo dipanggil pihak sekolah.. Bibit SARA dipiara.. Guru pula posisinya..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Pihak Sekolah SMAN 58 Bakal Panggil Siswa yang Sebarkan WA Guru Rasis
28-10-2020 22:25
Kegoblokan hakiki dari UU ITE adalah, yg dihukum sebatas yg menyebarkan. Tidak secara substansial menindak pelaku yg menjadi subjek utama dari berita viral.
emoticon-Ngakak UU bloon
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 9 lainnya memberi reputasi
10 0
10
Pihak Sekolah SMAN 58 Bakal Panggil Siswa yang Sebarkan WA Guru Rasis
28-10-2020 22:27
kepala sekolahnya artis cuy..coba loe cek namanya...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ambarawan dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Pihak Sekolah SMAN 58 Bakal Panggil Siswa yang Sebarkan WA Guru Rasis
28-10-2020 22:28
weh mana nih KPAI
ada anak dibawah umur mau diancam-ancam nih
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Halaman 1 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia