Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
233
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f95ff55b8408870cc549548/benarkah-meminjamkan-uang-membuat-miskin
Saya yakin, ada dari pembaca yang ragu mau meminjamkan uang ke saudara atau tetangga. Khawatir uangnya tidak kembali saat kebutuhan kita sendiri menuntut untuk dipenuhi. Maka dari itu, tulisan ini saya buat, berdasarkan kisah nyata yang saya alami.
Lapor Hansip
26-10-2020 05:42

Benarkah Meminjamkan Uang Membuat Miskin?

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Benarkah Meminjamkan Uang Membuat Miskin?

Saya yakin, ada dari pembaca yang ragu mau meminjamkan uang ke saudara atau tetangga. Khawatir uangnya tidak kembali saat kebutuhan kita sendiri menuntut untuk dipenuhi. Maka dari itu, tulisan ini saya buat, berdasarkan kisah nyata yang saya alami.

Bulan November 2019, saya dapat pesanan kue resepsi. Jumlahnya ratusan kardus. Uang ditransfer ke rekening saya hari itu juga. Awalnya, saya bingung mau saya belikan apa sebagian keuntungannya. Oven baru atau alat masak yang lainnya? Maklum, untuk pedagang kecil seperti saya membeli peralatan sekaligus terasa berat. Hanya bisa nyicil satu-satu kalau pas ada untung lebih.

Belum sempat saya memutuskan membeli apa, keponakan bapak datang. Dia bilang mau pinjam uang karena suaminya yang bekerja sebagai penjual tahu keliling sedang sepi pendapatan. Ada tujuh orang anggota keluarganya, termasuk menantu dan cucu-cucu yang masih kecil. Dia bilang akan mengembalikan dalam waktu dua minggu. Saya pun langsung meminjamkan uang yang ingin saya belikan peralatan masak itu. Saya pikir tak apalah saya beli alat masak dua minggu lagi, toh yang lama juga masih ada, sedang untuk membeli bahan pokok sisa uangnya masih cukup.

Dua minggu berlalu, uang tersebut belum juga dikembalikan. Saya tidak menanyakan. Barangkali memang belum ada. Sebutuh-butuhnya saya, saudara saya yang punya dua cucu itu lebih butuh.

Minggu ketiga, saya kena musibah. Kue-kue pesanan yang jumlahnya ratusan kardus hancur. Saya harus ganti rugi. Ganti rugi berupa duit? Tentu saja pemesan tidak mau. Berarti saya harus pesankan kue ke tempat catering lain karena saya masih shock dan belum bisa mengerjakan ulang. Itu artinya saya harus nombok. Itu pun belum tentu mereka bersedia menerima pesanan mendadak. Kami melakukan negosiasi sesaat sebelum azan maghrib berkumandang. Akhirnya, mereka bersedia menyelesaikan pesanan itu besok jam dua belas siang. Mungkin karena teman sendiri jadi mereka bersedia membantu.

Masalahnya, uang untuk mengganti rugi itu saya dapat dari mana? Sedangkan, di dompet tinggal dua ratus ribu. Saya cuma punya waktu delapan belas jam nyari pinjaman untuk membayar kue di tempat catering tersebut. Kakak yang tahu kerepotan saya, bersedia membantu dengan menjual antingnya. Itu pun masih kurang. Mau meminjami uang, dia sendiri sedang tidak pegang. Usahanya juga baru saja mengalami kerugian.

Sebenarnya kalau nagih ke sepupu, masalahnya beres. Namun, saya tidak bisa. Mulut saya tidak bisa terbuka. Lewat inbox juga tetap saja, tak kuasa jariku mengetiknya. Saya teringat mendiang ibu. Teringat bagaimana dulu susahnya beliau mengembalikan uang yang ia pinjam. Lebih susah lagi kalau yang meminjami sudah menanyakan. Bisa-bisa kami tidak makan demi untuk membayar utang.

Di tengah kebingungan itu, bukannya ngetik nagih utang, saya malah curhat ke teman. Teman saya merasa kasihan dan menawarkan pinjaman, tanpa bunga pastinya, karena dia bukan rentenir. Bahkan dia bilang terserah kapan saya mau mengembalikan uangnya. Saya sampai menangis karena haru.

Ok, masalah saya selesai.Sebulan berlalu. Uang saya belum juga dikembalikan oleh sepupu. Saya sudah ikhlas. Dikembalikan syukur, kalau tidak ya biarkan saja. Eh, sekitar dua minggu kemudian, saya mendapat rezeki dari arah yang tidak disangka sebelumnya. Ada uang datang pada saya jumlahnya hampir dua puluh tiga kali dari yang saya pinjamkan ke sepupu. Uang tersebut bukan warisan, melainkan hasil jualan buku. Kita tahu betapa susahnya mendapat uang dari menulis. Menulis itu hanya cocok dijadikan hobi. Namun, saya dengan sangat mudah mendapatkannya kali ini. Benar-benar tak disangka.

Saya pernah menulis kisah ini di wall Facebook, waktu itu saya bilang sepuluh kali lipat. Ternyata kurang tepat. Jumlah keseluruhan hampir mencapai dua pilih tiga kali dari uang yang dipinjam sepupu itu. Akhirnya, saya tidak jadi beli peralatan masak, tapi beli material untuk memperindah rumah karena jumlah uang yang saya miliki jauh lebih besar. Sayang sisanya kalau cuma dibelikan oven.

Jadi, setelah mengetahui pengalaman saya, masihkah ragu untuk mengurangi beban sesama? Saya yakin peristiwa di atas bukan kebetulan. Bukankah Allah akan memudahkan urusan orang yang memudahkan urusan orang lain?


Sumber: pengalaman pribadi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
chewygum29 dan 34 lainnya memberi reputasi
35
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 7
Benarkah Meminjamkan Uang Membuat Miskin?
26-10-2020 06:34
emoticon-Cool nyimak ane
0 0
0
Benarkah Meminjamkan Uang Membuat Miskin?
26-10-2020 12:20
Kalo utang gak dibayar bayar anggap aja sedekah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
verify dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 8 balasan
Benarkah Meminjamkan Uang Membuat Miskin?
26-10-2020 15:03
yang penting untuk menata niat itu diperlukan gan. soalnya emg kalo ngutangin orang itu otomatis harus rela bila uang itu gak kembali tepat waktu. dari awal harus emang dialokasikan sih maksimal brp persen dari cash kita biar ga kesulitan sendiri
profile-picture
profile-picture
profile-picture
erlakh dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Benarkah Meminjamkan Uang Membuat Miskin?
28-10-2020 03:31
kalo orangnya bisa dipercaya sih gak masalah ya. kalo tuman itu yang jadi masalah~
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jamban.bocor dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Benarkah Meminjamkan Uang Membuat Miskin?
31-10-2020 18:39
Menurut saya meminjamkan uang tetap harus sesuai hitungan uang pribadi, namun jika tidak dikembalikan, anggap saja sebagai sedekah.
profile-picture
profile-picture
shotgunBlues dan B.a.d.b.o.Y memberi reputasi
2 0
2
Benarkah Meminjamkan Uang Membuat Miskin?
02-11-2020 23:02
Pengalaman yg pinjem lebih sadis saat ditagih
Wkwkwkwk
profile-picture
profile-picture
jamban.bocor dan B.a.d.b.o.Y memberi reputasi
2 0
2
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Benarkah Meminjamkan Uang Membuat Miskin?
02-11-2020 23:05
Script tulisan yang bagus, wajar sih jualan buku
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Melodica.offici dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Benarkah Meminjamkan Uang Membuat Miskin?
02-11-2020 23:07
Rentenir kayaknya engga gitu gan. emoticon-Ngacir
profile-picture
B.a.d.b.o.Y memberi reputasi
1 0
1
Benarkah Meminjamkan Uang Membuat Miskin?
02-11-2020 23:08
Gw sekarang udah jadi orang tegaan, kalau dipinjam i duit udah ogah ngasih, kecuali le orang yang bisa dipercaya, udah 50 jt an duit gw yang dipinjem temen ama saudara kagak balik, kalau ditagih malah ngata2in emoticon-Najis
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Koropockle dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
Benarkah Meminjamkan Uang Membuat Miskin?
02-11-2020 23:08
Mungkin fakta
Jika yg dipinjam ga punya akal pikiran


Di tagih galak
Di tagih pura2 amnesia
emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jamban.bocor dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Benarkah Meminjamkan Uang Membuat Miskin?
02-11-2020 23:08
Klo dr awal ga pinjemin duit ke si ponakan bapak juga, tetep aja nanti bakal dpt untung 23 lipat itu sih sebenernya.. emoticon-Cool
Diubah oleh babangkodok
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Koropockle dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Benarkah Meminjamkan Uang Membuat Miskin?
02-11-2020 23:09
kaga pernah happy ending ane urusan begini..
hilang kontak, bubar pertemanan, mendadak amnesia dll..
lebih baik tutup mata dah kalo ada yg minjem.
kalo memang gak bisa di tolak, ane kurangin jumlah bya ke batas minimal, dan bilang ini bantuan bukan pinjaman.. Clear tenang hidup.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
elor68 dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Benarkah Meminjamkan Uang Membuat Miskin?
02-11-2020 23:10
Hiya hiya hiya tulisan bgini ini yg membuat orang meminjam uang dengan pikiran mudah ,, padahal hutang itu merupakan kewajiban yg harus dibayar bahkan sampai di akhirat sekalipun (kalau menurut pemahaman salah 1 agama sih bgitu)

emoticon-Cape deeehh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Koropockle dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Benarkah Meminjamkan Uang Membuat Miskin?
02-11-2020 23:11
Kl kita emang niat bantu dg ikhlas, Allah pasti akan memberi rejeki kepada kita dr arah yg tak disangka2.. nice thread
Tp kl memang berhutang harusnya kita jg mengingatkan tp kl emang mengikhlaskan lain cerita, krn hutang itu berat sekali.. jaman rasulullah aja kl ada yg meninggal, sblm di kubur pasti ditnya dulu masalah utang piutangnya, krn diakhrt tdk ada dinar n dirham/uang.. berat banget
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ambarawan dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Benarkah Meminjamkan Uang Membuat Miskin?
02-11-2020 23:12
Ya itu udah ketauan bukan kebetulan. Emang betul bukan, Itu rejeki hasil kerja agan menulis & jualan buku.
profile-picture
B.a.d.b.o.Y memberi reputasi
1 0
1
Benarkah Meminjamkan Uang Membuat Miskin?
02-11-2020 23:14
Setuju bre. Tetangga gw noh contohnya. Berawal dari meminjamkan uang ke tetangga2, sekarang dia udah punya kontrakan 10 pintu dan bbrp motor.
😋
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kinclong007 dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
Benarkah Meminjamkan Uang Membuat Miskin?
02-11-2020 23:21
Kalo pake bunga malah bikin cuan bre emoticon-Big Grin
0 0
0
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Benarkah Meminjamkan Uang Membuat Miskin?
02-11-2020 23:22
Menurut wa sih siap ngutangin = siap ngikhlasin.. Klo gk siap ngikhlasin mending gk usa ngutangin.. Krn itu sma aj ngebantu.. Msa lu ngebantu mnta balik d bntuin emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jamban.bocor dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Benarkah Meminjamkan Uang Membuat Miskin?
02-11-2020 23:23
Intinya permudah urusan orang lain, jangan persulit selama itu dalam hal yang benar.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tcaadz dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Benarkah Meminjamkan Uang Membuat Miskin?
02-11-2020 23:23
emoticon-Menang

Aku paling nggak percaya cerita stensilan ginian cuy. Ketemunya cuma berharap ada rejeki dari jalan lain kan, bukan dari bayaran hutang dari orang yg kamu pinjamin uang.

Fakta di lapangan, orang yg minjamin uang babak belur karena uangnya nggak balik plus musuhan dengan orang yg dihutanginnya.

Kalau ada beberapa oknum yg akhirnya ikhlas lalu dapat rejeki dari jalan lain, itu bisa dihitung dg jari cuy. Itupun juga dibantu saudara lain yg lebih kaya. Sudahlah cuy, jangan pembodohan begini.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kinclong007 dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 9 balasan
Halaman 1 dari 7
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia