News
Batal
KATEGORI
link has been copied
172
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f952e227414f529a72d8722/ngenes-komodo-vs-truk-proyek-di-taman-nasional
Pemandangan tak biasa terjadi di salah satu pulau di Taman Nasional Komodo, Pulau Rinca, bikin warganet terluka. Komodo berhadap-hadapan dengan truk. Di tengah pro dan kontra, pembangunan Taman Nasional Komodo untuk mendukung status destinasi superprioritas RI terus berjalan. Termasuk, saat pandemi virus Corona.
Lapor Hansip
25-10-2020 14:49

Ngenes! Komodo Vs Truk Proyek di Taman Nasional

Past Hot Thread
Quote:
Ngenes! Komodo Vs Truk Proyek di Taman Nasional


Pemandangan tak biasa terjadi di salah satu pulau di Taman Nasional Komodo, Pulau Rinca, bikin warganet terluka. Komodo berhadap-hadapan dengan truk.

Di tengah pro dan kontra, pembangunan Taman Nasional Komodo untuk mendukung status destinasi superprioritas RI terus berjalan. Termasuk, saat pandemi virus Corona.

Belakangan, muncul foto komodo di taman nasional itu berhadap-hadapan dengan truk. Foto itu diunggah di media sosial Instagram @gregoriusafioma pada Sabtu (24/10/2020).






Hingga saat ini, unggahan itu mendapatkan respons dari 12 ribuan akun lain. Mereka juga berkomentar beragam.

"Dapat kiriman foto tentang situasi pembangunan "jurassic park" ini dr seorang teman.⁣ Komodo "hadang" Truck pembangunan Jurassic Park di Rinca. ⁣

Ini benar-benar "gila", tak pernah dibayangkan sebelumnya bisa terjadi. ⁣

Truk masuk ke dalam kawasan konservasi yang dijaga ketat selama puluhan tahun dan telah secara sistematik meminggirkan masyarakat dari akses terhadap pembangunan yg layak demi konservasi. ⁣

Ini barangkali truk pertama yang masuk ke dalam kawasan konservasi komodo sejak komodo menjadi perhatian dunia tahun 1912.⁣

Dengan santuy, orang menyaksikan dari atas truk, tanpa mereka menyadari bahwa kawasan ini telah melewati sejarah yang sangat panjang dan melibatkan narasi-narasi pengorbanan dari berbagai pihak. ⁣

Semua cara untuk menentang rencana ini sudah dilakukan dan dilakukan secara terhomat sebagaimana pemuja rejim ini kehendaki baik di jalanan maupun di kantor-kantor pemerintahan, namun nyatanya memang tidak didengarkan. ⁣

Ngenes! Komodo Vs Truk Proyek di Taman Nasional


Pembangunan ini berawal dari kunjungan presiden Jokowi pada Juli 2019. Dalam kunjungan itu, ia mengumumkan rencana pembangunan tersebut. KLHK yang menjadi pengelolah TNK, hanya "nurut" saja kemauan presiden. ⁣

Padahal tahun sebelumnya, beramai-ramai orang membongkar pengaplingan PT. Segara Komodo Lestari, milik David Makes (adiknya, Josua Makes, pemilik plataran komodo) di kawasan yang sama dan KLHK berkomitmen meninjau kembali ijin pembangunan dalam kawasan. ⁣

Saya sendiri skeptis apakah pembangunan ini benar-benar suatu keputusan yang terencana atau rencana yang impulsif karena momentum saja. Jokowi sendiri mungkin tak banyak paham tentang konservasi komodo jika hanya mengandalkan satu-dua kali kunjungan saja. ⁣

Dalam kunjungan kedua itu, kita mudah melihat siapa yang memfasilitasi Jokowi saat itu (bdk, kapal, tempat nginap, dan orang-orang yang mendampingi). ⁣ Presiden yang terobsesi dengan investasi apalagi yg menjual "kesejahteraan" masyarakat, tentu sangat antusias dg rencana itu. Padahal konsekuensinya banyak.⁣

Melihat foto ini, dalih zona pemanfaatan hanyalah alibi semata. tahapan proses pembangunan ini saja, sdh jelas mengabaikan prinsip konservasi, apalagi bangunan dan model pengelolaan.


SUMBER







NGENES BANGET BRAY emoticon-Hammer2 emoticon-Hammer2 emoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
agusrezapratam4 dan 35 lainnya memberi reputasi
32
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 6
Ngenes! Komodo Vs Truk Proyek di Taman Nasional
25-10-2020 14:50
Muka gile bray emoticon-Turut Berduka


REKBER BLACKPANDA
TERPERCAYA DUNIA - AKHIRAT


Ngenes! Komodo Vs Truk Proyek di Taman Nasional
Diubah oleh josh.ganteng.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
skull18 dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 9 balasan
Ngenes! Komodo Vs Truk Proyek di Taman Nasional
25-10-2020 14:51
Tu komodo mau makan beton cor kali
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan 2 lainnya memberi reputasi
2 1
1
Ngenes! Komodo Vs Truk Proyek di Taman Nasional
25-10-2020 14:56
Selamat datang dua periode emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
db84x3 dan 13 lainnya memberi reputasi
13 1
12
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Ngenes! Komodo Vs Truk Proyek di Taman Nasional
25-10-2020 15:06
ampun dah..ini solidaritas sesama kadal, yg satu kadal purba bernama komodo, satu lagi kadal goblog beraroma gurun yaitu kadrun emoticon-Imlek
profile-picture
profile-picture
profile-picture
candidat.master dan 34 lainnya memberi reputasi
12 23
-11
Lihat 14 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 14 balasan
Ngenes! Komodo Vs Truk Proyek di Taman Nasional
25-10-2020 15:18
Ya begitulah
Hanya melihat dari satu sisi

Padahal tuh mau dibuat tempat yang nyaman buat komodo
Nanti akan dibuat hutan , sungai, danau, baru dilepas kambing dan rusa sebagai makanan alami komodo

Lihat nanti akhirnya gan

emoticon-Wow
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ijobanter dan 8 lainnya memberi reputasi
6 3
3
Lihat 21 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 21 balasan
Post ini telah dihapus oleh KS06
Ngenes! Komodo Vs Truk Proyek di Taman Nasional
25-10-2020 15:31
Dibangun silahkan saja.
Asal jgn melanggar Undang Undang.

Mau apapun itu hasil akhirnya, prosesnya juga harus diperhatikan.

Tidak asal bangun sana sini dan mengganggu habitat.

Ngenes! Komodo Vs Truk Proyek di Taman NasionalNgenes! Komodo Vs Truk Proyek di Taman Nasional
profile-picture
profile-picture
profile-picture
candidat.master dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Ngenes! Komodo Vs Truk Proyek di Taman Nasional
25-10-2020 15:45
Org tua lu banyak ngecrot bikin anak aja udah bikin sesak dunia






emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
reid2 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Ngenes! Komodo Vs Truk Proyek di Taman Nasional
25-10-2020 15:46
kan jadiin industri wisata. . bkn pemukiman massal atau perkebunan yg bisa menghilangkan habitat . ..

kalau 100% alami ya susah .. .
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Ngenes! Komodo Vs Truk Proyek di Taman Nasional
25-10-2020 15:47
Lawan naga emoticon-Takut
profile-picture
profile-picture
ANAKqutu dan eyefirst2 memberi reputasi
2 0
2
Ngenes! Komodo Vs Truk Proyek di Taman Nasional
25-10-2020 16:30
Mungkin habis ini bakalan ada yg piara komodo di rumah rumah
profile-picture
eyefirst2 memberi reputasi
1 0
1
Ngenes! Komodo Vs Truk Proyek di Taman Nasional
25-10-2020 16:59
Gede bgt y.. ama orang hmpir sma
profile-picture
eyefirst2 memberi reputasi
1 0
1
Ngenes! Komodo Vs Truk Proyek di Taman Nasional
25-10-2020 17:02
Laga kambing ... eee laga komodoemoticon-Leh Uga
profile-picture
eyefirst2 memberi reputasi
1 0
1
Ngenes! Komodo Vs Truk Proyek di Taman Nasional
25-10-2020 17:05
komodo ga makan infrastuktur butuh nya alam bebas tanpa manusia perusakemoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lupis.manis. dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Ngenes! Komodo Vs Truk Proyek di Taman Nasional
25-10-2020 17:06
mungkin harus pakai helikopter angkut materialnya
profile-picture
eyefirst2 memberi reputasi
1 0
1
Ngenes! Komodo Vs Truk Proyek di Taman Nasional
25-10-2020 17:14
Dikasih pager dlu bisa gk sih di sekitaran proyek jd komodonya mindah ke sisi lain pulau sementara taro hewan makanan dia.
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Ngenes! Komodo Vs Truk Proyek di Taman Nasional
25-10-2020 18:05
Suruh kodok berhadap-hadapan vs Komodo aja
profile-picture
profile-picture
profile-picture
adamyvon dan 6 lainnya memberi reputasi
6 1
5
Ngenes! Komodo Vs Truk Proyek di Taman Nasional
25-10-2020 18:06
Powerful pic. Komodo yg ngalangin kayak gak rela tanahnya diambil sama orang lain. Kasian liatnya emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
adamyvon dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Ngenes! Komodo Vs Truk Proyek di Taman Nasional
25-10-2020 18:22
Ada yang mendadak peduli komodo.Padahal kalau proyek ini sudah jadi ukhuwah mereka juga ikutan cari makan sama seperti Bali.Dulu nenek moyang mereka ngotot nyerang Bali eh sekarang cucunya cari makan di Bali.Arab yang dipuja nenek moyang mereka cuma mau buang taik naga doangemoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
adamyvon dan 11 lainnya memberi reputasi
7 5
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Ngenes! Komodo Vs Truk Proyek di Taman Nasional
25-10-2020 18:32
Miris banget sih baca berita ini gan, semoga deh pembangunan gak mengganggu ekosistem pulau komodo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia