others
Batal
link has been copied
1
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f936a5582d49526d1331ac3/tahapan-audit-laporan-keuangan-di-era-globalisasi
 Nama : Eka Saputri ( 31401900047 )  kelas  : Pengauditan I A3E1  Fakultas : Ekonomi (S-1 Akuntansi)  Dosen Pengampu : Sri Dewi Wahyundaru  Email : sridewi@unissula.ac.id  UNISULLA       Auditing adalah suatu proses untuk memperoleh bukti secara objektif tentang asersi – asersi kegiatan dan peristiwa Ekonomi , dengan tujuan untuk menentuan suatu derajat kesesuaian asersi – asersi te
Lapor Hansip
24-10-2020 06:42

Tahapan Audit Laporan Keuangan di Era Globalisasi

 Nama : Eka Saputri ( 31401900047 )
 kelas  : Pengauditan I A3E1
 Fakultas : Ekonomi (S-1 Akuntansi)
 Dosen Pengampu : Sri Dewi Wahyundaru
 Email : sridewi@unissula.ac.id
 UNISULLA



      Auditing adalah suatu proses untuk memperoleh bukti secara objektif tentang asersi – asersi kegiatan dan peristiwa Ekonomi , dengan tujuan untuk menentuan suatu derajat kesesuaian asersi – asersi tersebut sesuai dengan kriteria yang telah di tetapkan sebelumnya. Di era globalisasi yang sangat maju ini setiap perusahaan sangat membutuhkan audit dimana suatu audit akan menemukan tantangan baru  di setiap kemajuan globalisasinya . Menjadi seorang audit laporan keuangan dituntut untuk bekerja sama dengan perusahaan - perusahaan besar yang memiliki begitu banyak transaksi disetiap bulannya.

        Hal itu membuat seorang audit laporan keuangan harus memiliki pemikiran yang sangat maju agar mereka tidak ketinggalan jauh oleh kemajuan jaman yang sangat cepat dan pesat. Dari tahun ke tahun ilmu pengetahuan dan teknologi yang ada saat ini memiliki kontribusi yang besar bagi pelaksanaan audit laporan keuangan. Pelaksanaan audit laporan keuangan dapat dilakukan ketika kliennya telah mengirimkan data – datanya kepada tim analisis disuatu perusahaan tersebut. Kemudian data yang telah dikirimkan itu akan  dianalisis terlebih dahulu untuk diolah menjadi berbagai grafik interaktif agar lebih mudah di interpretasikan.

      Menjadi seorang audit laporan keuangan harus memiliki sikap yang ramah akan setiap kliennya , mampu memberikan arahan dan penjelasan akan hasil auditnya dengan baik dan benar ,seorang audit dapat menjelaskannya dengan hal – hal baru yang berkembang seiring dengan kemajuan globalisasi,mampu menyelesaikan hasil audit dengan cepat dan teliti serta mengerjakannya dengan rapih semua hal tersebut akan mebuat klien tetap stay kepada kita. Dengan pekerjaan yang rapih tersebut klien akan merasa nyaman dan berfikir bahwa kita dapan diandalkan sehinga bulan – bulan selanjutnya klien tersebut akan mempercayakan audit laporan keuangan dari perusahaan tersebut kepada kita lagi.

      Dalam melakukan kegiatan audit laporan keuangan ada beberapa tahapan – tahapan tertentu yang harus kita pahami terlebih dahulu , tahapan tersebut harus dilakukan secara berurutan agar hasil audit nantinya tidak ada kekeliruan di akhir pengauditannya. Tahapan – tahapan audit laporan keuangan di era globalisasi tersebut diantara lain adalah sebagai berikut ini :

1.     Menerima dan mempertahankan klien.

Tahapan ini adalah tahapan awal dalam melakukan proses audit laporan keuangan yang melibatkan beberapa keputusan yang harus diambil dimana kita akan tetap bersama dengan klien yang lama atau bersama klien yang baru. Sebab menjadi seorang audit harus paham benar tentang seluk beluk klienna tersebut. Menerima klien tersebut memiliki elemen elemen peting mengenai resiko kedepannya, pemahaman industri dan perusahaan klien tersebut , memahami sikap klien tersebut , material yang ada serta pertimbangan jasa untuk kedepannya. Dari beberapa elemen tersebut seorang audit dapat menentukan apakah audit akan bersama klien lama ataukah klien yang baru.

2.     Merencanakan audit 

Tahapan kedua setelah kita menentukan klien mana yang akan kita ambil lalu kita harus menyusun strategi untuk melakukan kegiatan audit laporan keuangan. Perencanaan tersebut harus mencakup realistis perusahaan, resiko yang ada, tingkat kesulitan yang ada ,arsensi – arsensi yang ada serta bukti yang telah dikumpulkan tersebut. Perencanaan tersebut biasanya dilakukan berbulan – bulan bahkan bisa enam bulan lamanya agar mendapatkan hasil audit yang maksimal dan memperkecil resiko yang ada saat melakukan kegiatan audit laporan keuangan tersebut.

 3.     Melaksanakan pengujian audit.

Tahapan ketiga adalah melaksanakan pengujian audit laporan keuangan. Pelaksanaan tersebut dilakukan sesuai dengan rencana awal yang sudah ditetapkan. Tahapan ini sering juga disebut dengan “ kerja Lapangan “ . Seorang audit laporan keuangan harus terjun langsung melakukan penelitian terhadap berkas – berkas yang telah diberikan dari pihak klien kepada pihak audit laporan keuangan. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengetahui bukti tentang kondisi ekonomi klien yang sebenarnya ,efektifitas pengendalian intern di perusahaan tersebut, dan laporan keuangan dari tahun ke tahun perusahaan tersebut. Dalam melaksanakan pengujian audit laporan keuangan tersebut biasanya dilakukan tiga sampai empat bulan lamanya sebelum tahun fiskal dari perusahaan tersebut berakhir. Pengujian audit tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan kemajuan iptek yang ada di era globalisasi ini sehingga pengujian tersebut akan lebih mudah dilakukan.

 4.     Melaporkan temuan 

Tahap terakhir ini adalah melaporkan hasil penemuannya kepada management latter berupa temuan hasil audit yang telah dilaksanakan ketika melakukan pengujian audit laporan keuangan dari hasil tersebut tidak boleh ada kekeliruan , kecurangan dan kecerobohan yang dapat menyebabkan hasil audit laporan keuangan tersebut salah. Kemudian audit laporan keuangan akan memberikan saran – saran dan masukan kepada management leter mengenai hasil audit laporan keuangan dari perusaaan tersebut berdasarkan draft opini yang ada , laporan audit serta pendapat dari audit tentang “ WDP “ dan “WTP”. Laporan audit laporan keuangan ini merupakan bagian yang sangat penting bagi suatu perusahaan. Laporan tersebut bisa berupa laporan perikatan yang nantinya dapat dijadikan bukti ketika para investor menanyakan hasil dari perusahaan tersebut. Audit laporan keuangan tersebut akan menjadi sebuah laporan kepada manajemen dan dewan direksi beserta temuan temuannya yang telah ia dapatkan saat melakukan pengujian audit selama tiga sampai empat lamannya. Temuan tersebut berdasarkan kondisi ekonomi klien, pengendaalian intern perusahaan tersebut serta lap keuangan perusahaan tersebut. Laporan audit laporan keuangan  tersebut biasanya dapat diselesaikan lebih cepat dari pada perencanaan audit dan pengujian audit sekitar tiga minggu saja. Hasil dari laporan tersebut akan di buat menjadi sebuah kertas kerja dimana kertas kerja tersebut nantinya akan diserahkan kepada pihak manajement dari perusahaan klien tersebut. Kita dapat mengirimkannya melalui via wa atau mengirimkannya langsung kepada manajer perusahaan tersebut dan kita juga bisa menjelaskan hasil audit laporan keuangan tersebut melalui via zoom atau video call apabila menejer tersebut sibuk dan tidak memiliki waktu luang sebab sekarang adalah jaman yang canggih dengan adanya kemajuan globalisasi maka kemajuan iptekpun akan terus maju.

 

      Oleh karena itu agar menjadi seorang audit laporan keuangan yang handal ,profesianal dan terkenal mereka harus mengikuti semua tahapan yang ada secara baik, seorang audit laporan keuangan juga harus memahami semua tahapan tersebut sepaham pahamnya agar nantinya tidak terjadi sebuah kesalahan saat melakukan pengujian atau memberikan hasil temuannya. Menjadi seorang audit laporan keuangan tidak hanya mementingkan keahliannya tetapi juga memperhatikan kejujuran dan sikap yang amanah , sebab menjadi seorang audit yang jujur dan amanah akan membuat para kliennya menjadi percaya kepada kita. Jangan pernah bersikap curang karna semua kecurangan yang disembunyikan lama kelamaan akan terlihat juga dan apabila kepercayaan dari klien tersebut hancur maka akan sangat sulit untuk kembali lagi. Usaha yang kamu dirikan dan karir yang kamu punya juga akan hancur begitu saja apabila kamu melakukan kecurangan tersebut. Bersikaplah profesional dan terus berfikir kedepan jangan sampai kita ketinggalan informasi dan ilmu yang semakin maju dari tahun ketahun seiring dengan berkembangnya globalisasi  . Dari ilmu  tersebut kalian mampu mengembangkan cara dalam melakukan audit dengan cara yang lebih efesien kedepannya.

 

Daftar pustaka :




 

0
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Tahapan Audit Laporan Keuangan di Era Globalisasi
24-10-2020 07:04
Ga ada bedanya audit ekonom sama laporan akhir keuangan dari bendahara
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia