Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
244
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f8fdd44f0bdb2141218b083/kental-dengan-hal-mistis-inilah-jenis-jenis-sesaji-di-tanah-jawa-serta-maknanya
Hallo gan/sis,selamat datang di thread ane lagi. Kali ini ane mau bahas yang agak-agak mistis dari budaya tanah jawa(kejawen), lebih tepatnya tentang jenis-jenis sesaji dan makna nya. Karena ane adalah orang jawa dan embah ane keyakinan nya kejawen jadi ane paham dikit-dikit tentang apa sih sesaji langgsung aja otw ke TKP
Lapor Hansip
21-10-2020 14:03

Kental dengan Hal Mistis! Inilah Jenis-Jenis Sesaji di Tanah Jawa, Serta Maknanya

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Hallo gan/sis,selamat datang di thread ane lagi. Kali ini ane mau bahas yang agak-agak mistis dari budaya tanah jawa(kejawen), lebih tepatnya tentang jenis-jenis sesaji dan makna nya. Karena ane adalah orang jawa dan embah ane keyakinan nya kejawen jadi ane paham dikit-dikit tentang apa sih sesaji langgsung aja otw ke TKP:


Quote:1. Cok Bakal

Kental dengan Hal Mistis! Inilah Jenis-Jenis Sesaji di Tanah Jawa, Serta Maknanya

Yang pertama tu nama nya cok bakak jadi dalam keyakinan kejawen itu cok bakl merupakan simbol "berawal dari ketiadaan menjadi ada" bisa dikaitan hubungan antara hyang widhi(tuhan) dengan manusia. Nah persembahan ini biasanya bakal dibuat pas, Awal tanam & panen padi, 
Pernikahan, Pembangunan rumah baru( dikubur di tengah-tengah rumah), Pitonan (Tujuh Bulanan) Bayi, dll. 

Cok bakal tu biasanya ada telur, bunga 7 rupa, buah-buahan, jajan-jajanan pasar, rempah-rempah  kayak jahe, kencur, temulawak, kunyit, temu giring, daun sirih yang ditaruh dalam satu wadah dari daun pisang.


Quote:2.Sesajen

Nah kalu sesajen tu bakal ada pas ada ritual gitu gan. biasane dalam sesanjen tu pasti ada misalnya bunga setaman  jajannan pasar, kemenyan, kopi dan sebagainya. ini juga ada 3 jenis:

-Bancakan

Kental dengan Hal Mistis! Inilah Jenis-Jenis Sesaji di Tanah Jawa, Serta Maknanya

Bancakan biasanya tu kayak nasi tumpeng gitu, lauk pauk, sayur sayuran,krupuk yang warna-warni, jajanan pasar, dan buah-buahan yang dibuat untuk dibagikan ke tetangga sekitar ada juga yang di makan bareng-bareng. Tujuan nya tu sebagai wujud rasa syukur sama tuhan yang maha esa.

-Bebono

Kental dengan Hal Mistis! Inilah Jenis-Jenis Sesaji di Tanah Jawa, Serta Maknanya

Kalu yang bebono nggak bisa dimakan gan/sis, cs bahan-bahan tu kayak kembang setaman, minyak wangi misik, kemenyan, dupa, kunyit mentah, dlingo dan bengle. Tujuannya tu, buat bersedekah ama mahluk lain yang ada di seluruh bumi(bisa di bilang mahluk astral gitu gan).

-Pisungsung

Kental dengan Hal Mistis! Inilah Jenis-Jenis Sesaji di Tanah Jawa, Serta Maknanya

Nah kalu yang ini untuk bahan nya kurang lebih sama dengan bebono. Tapi tujuannya beda, pisungsung tu emank sengaja di persembain buat penunggu tempat-tempat sakral gitu gan( bisa di bilang tempat angker).


Nah yang di atas itu setahu ane gan/sis, karena embah ane dulu juga sering nyiapin begituan buat ritual. Jadi singkat certita itu alesane ane tahu jenis-jenis sesaji. Semoga bisa menambah wawasanya gan/sis.


sumber


profile-picture
profile-picture
profile-picture
LemonJr dan 40 lainnya memberi reputasi
41
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 5
Kental dengan Hal Mistis! Inilah Jenis-Jenis Sesaji di Tanah Jawa, Serta Maknanya
21-10-2020 19:27
Kental dengan hal yang mistis tapi ada yang bisa-bisanya malah mukbang sesajen wkwkwk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rinandya dan 10 lainnya memberi reputasi
11 0
11
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Kental dengan Hal Mistis! Inilah Jenis-Jenis Sesaji di Tanah Jawa, Serta Maknanya
22-10-2020 01:20
Sebagai bentuk menghargai tradisi leluhur. Tp jangan sampai lemah iman
emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rinandya dan 7 lainnya memberi reputasi
7 1
6
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Kental dengan Hal Mistis! Inilah Jenis-Jenis Sesaji di Tanah Jawa, Serta Maknanya
22-10-2020 21:49
Baru tau ternyata ada tipe-tipenya sendiri ya sesajen tuh, kirain semua sama aja
profile-picture
profile-picture
profile-picture
B.a.d.b.o.Y dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 14 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 14 balasan
Kental dengan Hal Mistis! Inilah Jenis-Jenis Sesaji di Tanah Jawa, Serta Maknanya
24-10-2020 18:00
Kalo sesajen yang masih banyak banget tuh ya di bali, hampir di setiap sisi lokasi selalu ada sesajennya, walaupun emang terkesan mistis tapi kalo di Bali rasanya malah jadi hal yang unik
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Tonozz dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Kental dengan Hal Mistis! Inilah Jenis-Jenis Sesaji di Tanah Jawa, Serta Maknanya
30-10-2020 15:01
Kental dengan Hal Mistis! Inilah Jenis-Jenis Sesaji di Tanah Jawa, Serta Maknanya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Tonozz dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Kental dengan Hal Mistis! Inilah Jenis-Jenis Sesaji di Tanah Jawa, Serta Maknanya
30-10-2020 15:02
Bubur bodas bubur bereum emoticon-Big Grin
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kental dengan Hal Mistis! Inilah Jenis-Jenis Sesaji di Tanah Jawa, Serta Maknanya
30-10-2020 15:03
Kental dengan Hal Mistis! Inilah Jenis-Jenis Sesaji di Tanah Jawa, Serta Maknanya

emoticon-Takut (S) emoticon-Takut emoticon-Takut (S)
Diubah oleh gikogaza
0 0
0
Kental dengan Hal Mistis! Inilah Jenis-Jenis Sesaji di Tanah Jawa, Serta Maknanya
30-10-2020 15:04
Ane beli yg pertama pas ane mo nguburin ari2 anak emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
madjoeki dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 13 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 13 balasan
Kental dengan Hal Mistis! Inilah Jenis-Jenis Sesaji di Tanah Jawa, Serta Maknanya
30-10-2020 15:07
cuma tau bancakan doang. Ternyata ada nama namanya dan beda beda ya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rinandya dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Kental dengan Hal Mistis! Inilah Jenis-Jenis Sesaji di Tanah Jawa, Serta Maknanya
30-10-2020 15:11
Gak cocok sama dosanya
0 0
0
Kental dengan Hal Mistis! Inilah Jenis-Jenis Sesaji di Tanah Jawa, Serta Maknanya
30-10-2020 15:12
sesajen di tempat ane masih sering pada ngelakuin tuh gan
profile-picture
B.a.d.b.o.Y memberi reputasi
1 0
1
Kental dengan Hal Mistis! Inilah Jenis-Jenis Sesaji di Tanah Jawa, Serta Maknanya
30-10-2020 15:14
Kalo tempat ane bancakan beda arti sama sesajen gan
emoticon-Angkat Beer
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rinandya dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Post ini telah dihapus oleh KS06
Kental dengan Hal Mistis! Inilah Jenis-Jenis Sesaji di Tanah Jawa, Serta Maknanya
30-10-2020 15:17
emoticon-Leh Uga

Kental dengan Hal Mistis! Inilah Jenis-Jenis Sesaji di Tanah Jawa, Serta Maknanya
Diubah oleh Betjanda
0 0
0
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Kental dengan Hal Mistis! Inilah Jenis-Jenis Sesaji di Tanah Jawa, Serta Maknanya
30-10-2020 15:18
Ane ga paham gitu2an gan, nyimak aja
profile-picture
B.a.d.b.o.Y memberi reputasi
1 0
1
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Kental dengan Hal Mistis! Inilah Jenis-Jenis Sesaji di Tanah Jawa, Serta Maknanya
30-10-2020 15:22
Ane pernah makan kue2 dr hasil sesajen dan sebagainya. Percaya ga percaya pas nyobain ko kya udah ga ada sari nya ya anyep aja gt. Ada yg bilang klo sari2 makanannya udah disedot emoticon-Malu
0 0
0
Lihat 12 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 12 balasan
Kental dengan Hal Mistis! Inilah Jenis-Jenis Sesaji di Tanah Jawa, Serta Maknanya
30-10-2020 15:32
Nyimak aja bre emoticon-Smilie
profile-picture
B.a.d.b.o.Y memberi reputasi
1 0
1
Kental dengan Hal Mistis! Inilah Jenis-Jenis Sesaji di Tanah Jawa, Serta Maknanya
30-10-2020 15:44
cok bakal, itu temen ane yang orang bali hindu juga pake kayak gitu gan.. maknya nya juga sama
0 0
0
Kental dengan Hal Mistis! Inilah Jenis-Jenis Sesaji di Tanah Jawa, Serta Maknanya
30-10-2020 15:45
Baru tau ada beberapa jenis sesajen, kirain gitu2an doang
profile-picture
B.a.d.b.o.Y memberi reputasi
1 0
1
Kental dengan Hal Mistis! Inilah Jenis-Jenis Sesaji di Tanah Jawa, Serta Maknanya
30-10-2020 15:45
Serem TS nya.. Pengalaman pribadi.. Berarti ikut serta atau mungkin pengusaha nya emoticon-2 Jempol
profile-picture
B.a.d.b.o.Y memberi reputasi
1 0
1
Halaman 1 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia