Tech
Batal
KATEGORI
link has been copied
2
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f895c748d9b17651e766e71/review-logitech-g733-lightspeed
Sangat ringan dan minimalis. Itulah impresi pertama kami saat berjumpa dengan headset Logitech G733 Lightspeed. Satu-satunya fitur yang menonjolkan aura gamingnya hanyalah lampu LED RGB yang ada di ear cup.
Lapor Hansip
16-10-2020 15:40

Review Logitech G733 Lightspeed

Past Hot Thread
Keyboard, mouse dan headset gaming yang nyaman digunakan sangat penting. Apalagi bagi gamer yang sering bermain game dalam jangka waktu yang lama. Nah, di review kali ini meja redaksi kami kedatangan headset gaming teranyar Logitech yakni G733 Lightspeed. Kenyamanan menjadi salah fitur yang paling diunggulkannya. Lalu bagaimana dengan fitur lain dan kualitas audionya? Simak ulasan kami berikut ini.
Review Logitech G733 Lightspeed

Quote:Desain Logitech G733 Lightspeed

Sangat ringan dan minimalis. Itulah impresi pertama kami saat berjumpa dengan headset gaming ini. Satu-satunya fitur yang menonjolkan aura gamingnya hanyalah lampu LED RGB yang ada di ear cup.
Bobot total Logitech G733 Lightspeed hanya 278 gram. Tidak ada unsur material logam atau besi di headset ini. Bodinya yang ringan karena seluruhnya terbuat dari plastik.

Material plastiknya tersebut sangat kokoh. Di area head band material plastiknya juga lentur dan cukup kuat. Untuk menyesuaikan ukuran kepala pengguna terdapat strap berbahan karet di bagian head band yang bisa dilepas pasang dan diatur tinggi rendahnya.
Review Logitech G733 Lightspeed

Didukung ear cup yang juga bisa diatur tinggi rendahnya, trik ini berhasil membuat Logitech G733 Lightspeed bisa terpasang dengan nyaman dan sempurna di kepala.
Review Logitech G733 Lightspeed
Bergeser ke bagian ear cup, rancangan ear cup Logitech G733 Lightspeed tidak bisa dilipat atau diputar. Jadi, akan memakan ruang lebih saat dimasukkan ke dalam tas.
Busa pada ear pad cukup tebal dan empuk. Cukup efektif menangkal suara bising dari luar. Busa pada bagia ear pad tersebut juga dilapisi material kain yang lembut.
Review Logitech G733 Lightspeed
Rancangan mikrofon juga fleksibel dengan gaya modular yang bisa dilepas pasang. Nilai positifnya mikrofon ini bisa digunakan sesuai kebutuhan. Tapi, pengguna jelas wajib menyimpannya dengan benar agar tidak hilang. Untuk mikrofon kami tetap lebih menyukai model lipat yang lebih praktis seperti di Logitech G633s.
Secara keseluruhan desain Logitech G733 Lightspeed ini memang nyaman digunakan. Kami gunakan untuk bermain game dengan durasi sekitar 5 jam telinga tidak terasa panas dan tidak membuat leher atau kepala pegal.



Quote:Tombol dan port konektivitas Logitech G733 Lightspeed

Untuk tombol navigasi dan port konektivitas di Logitech G733 Lightspeed ada di bagian earpad sebelah kiri. Tombol dan port konektivitas yang dibawanya tidak banyak. Hanya ada tombol untuk menonaktifkan mikrofon, roda pengaturan volume dan tombol power. Tombol-tombolnya ini cukup nyaman ditekan.

Review Logitech G733 Lightspeed
Saat terhubung dan menekan tombol power, gamer juga bisa langsung mendengarkan suara yang menginfokan sisa persentase dari baterainya. Cukup fungsional jadi tidak perlu lagi melihat dari aplikasi Logitech G Hub.
Sementara, di sektor konektivitas hanya ada satu port USB-C untuk isi ulang baterai. Mengusung konektivitas nirkabel port audio jack 3.5mm absen di headset gaming ini. Memang cukup disayangkan dan menjadikannya terbatas hanya bisa terpasang ke PC, laptop ataupun konsol Playstation 4 saja. Jika baterai habis gamer juga tidak bisa beralih ke kabel audio jack 3.5mm, jadi baterainya harus selalu terisi agar bisa digunakan.



Quote:Fitur Logitech G733 Lightspeed

Membahas fitur Logitech G733 Lightspeed tidak akan lepas dari dua teknologi ekslusif Logitech di headset ini yaitu Lightspeed dan Lightsync RGB.

Mengusung konektivitas nirkabel Lightspeed headset gaming ini mampu terhubung secara nirkabel hingga jarak 20 meter. Kemampuannya terhubung ke receiver USB-A yang wajib ditancapkan ke PC juga relatif cepat.
Sebagai headphone nirkabel tingkat latensinya pun sangat rendah. Nyaris kami tidak merasakan delay saat bermain game atau menikmati konten multimedia. Konektivitas Lightspeed juga sangat hemat daya. Menurut Logitech baterainya ini bisa digunakan hingga sekitar 29 jam dan hingga 20 jam dengan pencahayaan Lightsync RGB aktif. Sangat tahan lama dan bisa menemani Anda bermain game seharian.
Review Logitech G733 Lightspeed
Sementara, Lightsync RGB adalah sistem pencahayaannya. Lewat aplikasi Logitech G Hub, Lightsync RGB dengan dua zona yang dibawanya ini bisa diatur output warnanya sesuai selera. LightSync RGB juga mendukung beragam efek, preset, dan bisa sinkron dengan keyboard atau mouse Logitech yang dilengkapi fitur LightSync RGB.
Review Logitech G733 Lightspeed
Review Logitech G733 Lightspeed
Review Logitech G733 Lightspeed
Review Logitech G733 Lightspeed
Review Logitech G733 Lightspeed
Untuk pengaturan suara di Logitech G Hub juga sangat lengkap. Tersedia fitur EQ untuk mengatur output suara. Dukungan opsi suara surround 7.1 dari DTS X v2.0 juga didukungnya untuk mendongkrak performa suara. Mikrofon yang dibawanya pun bisa diatur dengan dukungan fitur pengaturan mikrofon dari Blue Voice lewat beragam opsi preset yang tersedia.

Quote:Kualitas suara Logitech G733 Lightspeed

Untuk menghasilkan suara Logitech G733 Lightspeed membawa driver PRO-G dari Logitech yang berukuran 40mm. Untuk mencobanya kami menggunakan headset ini untuk bermain game Shadow of Tomb Raider dan CS:GO. Pengaturan EQ di opsi flat dan mengaktifkan fitur DTS Surround Sound dengan opsi Gaming.
Hasilnya, kualitas suaranya wajib diacungi jempol. Fitur surround dari DTS X 2.0 berhasil mendongkrak kualitas suaranya dengan memberikan efek suara 3D surround yang sangat nyata dan cukup detil. Sementara, saat digunakan untuk bermain game CS:GO langkah kaki musuh juga bisa terdengar dengan jelas dari berbagai arah. Kualitas mikrofon yang dibawanya juga cukup baik. Sangat optimal saat digunakan untuk komunikasi saat sesi gaming online.

Untuk menikmati konten multimedia seperti mendengarkan musik atau bermain game, Logitech G733 Lightspeed juga masih bisa diandalkan. Untuk mendengarkan musik tanpa menyalakan opsi EQ dan DTS Surround pengaturan suaranya tergolong flat. Komposisi suara vokal, bass dan treble seimbang. Sangat nyaman digunakan untuk mendengarkan beragam genre musik. Sektor bass cukup terasa bertenaga, walau mungkin bagi sebagaian orang akan terasa kurang. Kembali lagi ke selera masing-masing, dari pengujian kami opsi suara surround yang tersedia juga kurang pas untuk mendengarkan musik. Opsi Surround Sound yang dibawanya lebih cocok untuk gaming dan menonton film.

Quote:Kesimpulan

Logitech G733 Ligthspeed memang nyaris sempurna. Rancangan yang ringan, nyaman digunakan dalam jangka waktu lama, dukungan pencahayaan RGB dan kualitas suara yang jempolan menjadi sederetan keunggulannya. Cukup disayangkan memang Logitech menghilangkan port audio jack 3,5mm di headset gaming ini. Walau begitu, konektivitas nirkabel Lightspeed yang dibawanya jelas sangat andal dengan kemampuan terhubung yang sangat cepat, tingkat latensi yang rendah dan hemat daya. Dengan harga jual 2.399 Juta Rupiah Logitech G733 Lightspeed sangat kami rekomendasikan untuk gamer yang membutuhkan headset gaming dengan kualitas audio yang oke, fitur audio lengkap dan nyaman digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Yang Canggih
+ Bobot sangat ringan
+ Desain minimalis dengan pencahayaan RGB
+ Nyaman digunakan dalam jangka waktu lama
+ Koneksi nirkabel dengan latensi sangat rendah
+ Kualitas suara oke
+ Fitur pengaturan audio sangat lengkap
+ Didukung DTS X Surround 7.1
+ Daya tahan baterai tahan lama

Yang Kurang
– Tidak dilengkapi jack 3.5mm
– Mikrofon model lepas pasang rawan hilang





Review Logitech G733 Lightspeed

YANGCANGGIH.COM juga menerbitkan majalah gadget digital bulanan, Y Magazine yang dapat diunduh secara gratis melalui Magzter dan Pressreader. Untuk versi PDF, bisa diunduh gratis di yangcanggih.com/y-magazine

FB:YANGCANGGIH

Twitter:@YANGCANGGIHCOM


Instagram:@YANGCANGGIH



0
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Review Logitech G733 Lightspeed
19-10-2020 18:16
Gw masih pake H111emoticon-Ngakak
0 0
0
Review Logitech G733 Lightspeed
20-10-2020 16:09
Bener2 kecepatan cahaya ga ya gan ini kalau dipakai haha
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh KS06
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia