Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
17
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f66e03c2637724595638286/berbagi-cara-simple-menanam-tanaman-bonsai-nih
Disini saya mempunyai tanaman bonsai yang biasa didaerah saya disebut ileng-ileng atau bahasa latinnya (Phyllanthus reticulatus). Di daerah saya tanaman bonsai ini sangat mudah di temukan dimana saja , namun tidak semua tanaman ini bagus untuk di jadikan bonsai , kita harus memilih bentuk dan karakter bonsai terlebih dahulu untuk bisa kita jadikan tanaman bonsai yang nantinya mempunyai nilai seni
Lapor Hansip
20-09-2020 11:53

Berbagi Cara Simple Menanam Tanaman Bonsai Nih !

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Quote:Berbagi Cara Simple Menanam Tanaman Bonsai Nih !
Hallo gan sist bagaimana kabar gan sist semua nih ? Semoga tetap sehat dan dilindungi oleh Allah.


Quote:
Berbicara mengenai tanaman , apa sih itu tanaman ? Nah disini saya akan sedikit menjelaskan terlebih dahulu tentang tanaman. Tanaman merupakan bagian organisme yang di budidayakan dalam ruangan maupun media yang kemudian bisa kita panen. Begitulah penjelasan singkat saya mengenai tanaman. Mari kita masuk kepembahasan tanaman menurut pengalaman saya nih gan sist.


Quote:
Disini saya mempunyai tanaman bonsai yang biasa didaerah saya disebut ileng-ileng atau bahasa latinnya (Phyllanthus reticulatus). Di daerah saya tanaman bonsai ini sangat mudah di temukan dimana saja , namun tidak semua tanaman ini bagus untuk di jadikan bonsai , kita harus memilih bentuk dan karakter bonsai terlebih dahulu untuk bisa kita jadikan tanaman bonsai yang nantinya mempunyai nilai seni yang tinggi. Disini saya akan menjelaskan bagaimana memilih karakter tanaman bonsai yang bagus , hingga cara merawatnya.

1. Kita harus memilih bentuk akar yang bagus dan kokoh. Biasanya saya menyebutnya akar segitiga , karena bentuk akar yang menyerupai segitiga. Akar merupakan nilai utama dalam pemilihan tanaman bonsai ini.

2. Memilih batang dan ranting tanaman bonsai. Bagaimana caranya ? Yakni melihat ukuran batang dan ranting yang sesuai dengan akar yang telah kita pilih sebelumnya. Biasanya tanaman sejatinya bentuknya besar dari akar hingga ke pucuk semakin kecil. Nah begitu juga dengan pemilihan batang dan rantint , jangan sampai dari akar besar dan kokoh namun batangnya kecil ataupun besar melebihi ukuran akarnya.

3. Pemilihan media tanam. Media tanam banyak sekali macamnya , dari tanah , pasir , sekam , hingga arang dan batu bata yang ditumbuk hingga halus. Tapi media tanam yang biasa saya pakai yaitu hanya campuran tanah , pasir dan sedikit pupuk organik. Kenapa saya memilih tanah dan pasir ? Selain mudah mencarinya tanaman bonsai ileng-ileng ini memang cocok dengan media tanam tanah dan pasir.

4. Setelah di beri media tanam , maka tahap berikutnya ialah menyiram dengan air lalu di sungkup dengan menggunakan plastik. Mengapa demikian ? Supaya kelembapan media tanamnya terjaga dan upayakan taruh di tempat yang teduh. Penyungkupan ini biasanya dilakukan cukup lama sampai tanaman bonsai ini tumbuh tunas dan kuat untuk terkena paparan sinar matahari. Pasti gan sist bertanya , jadi masa penyungkupan tersebut tidak boleh disiram ? Bukan seperti itu , masa penyungkupan tanaman bonsai ini juga butuh air sebagai makanan utama , jadi sebaiknya penyiraman di lakukan 3 hari sekali saja.


Quote:Nah gimana gan sist tips dan trik dari pengalaman saya tersebut ? Mungkin gan sist yang suka tanaman bonsai bisa menerapkannya di rumah.
Semoga bermanfaat ya gan sist.
Diubah oleh alamsyah2704
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bedypop dan 6 lainnya memberi reputasi
7
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Berbagi Cara Simple Menanam Tanaman Bonsai Nih !
20-09-2020 11:58
Noob Noob
0 0
0
Berbagi Cara Simple Menanam Tanaman Bonsai Nih !
22-09-2020 21:25
Berbagi Cara Simple Menanam Tanaman Bonsai Nih !
Ini terlalu hot gan bonsai nya emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Wkwkwk
profile-picture
nayeontwice memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Berbagi Cara Simple Menanam Tanaman Bonsai Nih !
23-09-2020 14:46
Aww pohon favorit ane.. unik uniik niih gaan..
0 0
0
Berbagi Cara Simple Menanam Tanaman Bonsai Nih !
24-09-2020 00:42
I like it
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gangster.desa dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Berbagi Cara Simple Menanam Tanaman Bonsai Nih !
24-09-2020 08:57
Makasih gan masukannya
0 0
0
Berbagi Cara Simple Menanam Tanaman Bonsai Nih !
24-09-2020 16:15
Ane sbenernya masih penasaran dan ga habis pikir apa yg menarik dr bonsai, ada yg mau jelaskan
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Berbagi Cara Simple Menanam Tanaman Bonsai Nih !
25-09-2020 19:36
yang lagi ngehits yang dipasang di aquascape gan keren keren
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Berbagi Cara Simple Menanam Tanaman Bonsai Nih !
27-09-2020 12:33
suka banget sih sama bonsai, tapi tetep keliatan ribet kalo gua yang bikin sendiri wkwk
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Berbagi Cara Simple Menanam Tanaman Bonsai Nih !
30-09-2020 23:15
agak ribet tapi kalo serius lasti hasilnya bagus gituu, unik juga diliatnya kyk pohon versi mini
0 0
0
Berbagi Cara Simple Menanam Tanaman Bonsai Nih !
30-09-2020 23:15
Terimakasih infonya!
semoga bisa bermanfaat ke pembaca pembaca lainnya yaaaa.
nice thread gan!
.
.
#DirumahAja


0 0
0
Berbagi Cara Simple Menanam Tanaman Bonsai Nih !
30-09-2020 23:41
taneman bonsai salah satu taneman kesukaan ane nih, selain unik juga punya ketertarikan tersendiri bagi pecinta taneman maupun yang gasuka taneman. yang liat pasti langsung tertarik..
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Hewan Peliharaan
hewan-peiharaanku
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia