News
Batal
KATEGORI
link has been copied
40
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f5b6f889a972e5cc77d20c0/ketika-saxe-coburg-gotha-menjadi-windsor
Sentimen anti Jerman membuat keluarga kerajaan Inggris dimasa perang dunia ke 2 mengganti nama Wangsanya, Wangsa awal yang ke Jerman-Jermanan akhirnya diganti menjadi lebih Inggris karena tekanan publik,
Lapor Hansip
11-09-2020 19:37

Ketika Saxe-Coburg-Gotha menjadi Windsor

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Ketika Saxe Coburg Gotha menjadi Windsor
Sentimen anti Jerman membuat keluarga kerajaan Inggris dimasa perang dunia ke 2 mengganti nama Wangsanya, Wangsa awal yang ke Jerman-Jermanan akhirnya diganti menjadi lebih Inggris karena tekanan publik, apalagi setelah kota Inggris di bom oleh Kerajaan Jerman, makin besarlah tekanan, sehingga George V pun mengubah nama keluarga kerajaan dari Saxe-Coburg-Gotha menjadi Windsor.

Quote:Latar belakang
Dari tahun 1901 Hingga tahun 1917, keluarga kerajaan Inggris berwangsa house of Saxe-Coburg-Gotha, buah hasil dari pernikahan Ratu Victoria dengan Pangeran Albert dari Saxe-Coburg and Gotha dari Jerman, saat Ratu Victoria masih menjabat sebagai Ratu, wangsa penguasa masih dianggap wangsa Hanover namun saat ratu Victoria mangkat, anaknya Edward VII yang mewarisi tahta Inggris dan menggunakan nama keluarga dari ayahnya.

Ketika Saxe Coburg Gotha menjadi Windsor
Pasangan Ratu Victoria dan pangeran Albert

Di waktu awal, hal itu bukanlah sebuah masalah, baru pada tahun 1910-an nama itu menjadi masalah bagi monarki, karena ketegangan yang meningkat di Eropa akibat dari dimulainya perang dunia pertama yang pada akhirnya membuat Inggris dan Jerman berperang satu sama lain. Perang Dunia I, yang disebut sebagai 'Perang dari segala perang', menghasilkan kematian jutaan tentara di kedua belah pihak. Di Inggris sendiri, sentimen anti-Jerman mulai terjadi saat itu.


Quote:Menjadi Masalah
Ketika Saxe Coburg Gotha menjadi Windsor
Raja George V

Memiliki seorang penguasa dengan nama keluarga Jerman secara eksplisit merupakan masalah bagi banyak orang Inggris, dan juga Kaiser Wilhelm II, penguasa Jerman saat itu, juga sebenarnya masih sepupu Raja Inggris. Keadaan menjadi lebih buruk ketika pasukan Jerman mulai melakukan pengemboman terhadap Inggris dengan pesawat pengeboman yang diberi nama Gotha G-IV. Tidak ada yang mau dibom dengan pesawat yang dinamai dengan nama Raja mereka. Pada tahun 1917 Raja George melihat ada gejolak dimasyarakat memilih sepakat dengan tekanan yang meningkat serta memutuskan untuk mengubah nama keluarganya.

Ketika Saxe Coburg Gotha menjadi Windsor
Pesawat Gotha

Dia melepaskan semua atribut Jermannya, membuang nama keluarga Jermannya, dan memilih nama baru yang lebih terdengar ke Inggris2an untuk nama baru keluarga kerajaan Inggris.

Raja bersama dengan sekretaris pribadinya, Lord Stamfordham berdiskusi mengenai penggantian nama keluarga kerajaan, beberapa saran yang didapat adalah nama-nama wangsa lama Inggris diantaranya Tudor, Plantagenet, dan Stuart, tetapi semuanya ditolak oleh Raja. Menurut Raja George, semua nama itu sudah memiliki warisannya sendiri, dan Raja George membutuhkan sesuatu yang baru yang akan meningkatkan moral masyarakat Inggris.

Ketika Saxe Coburg Gotha menjadi Windsor
Kastil Windsor hari ini

Akhirnya dia memilih nama Windsor, alasannya? karena kebetulan saat dia sedang membandingkan antara satu nama dengan nama lainnya, lokasinya ada di kastil Windsor. Kastil ini telah digunakan oleh para bangsawan sejak abad ke - 11 dan terus digunakan hingga saat itu dan seringkali menjadi pokok study sejarah kerajaan Inggris.

Ketika Saxe Coburg Gotha menjadi Windsor
Karikatur propaganda Raja membuang identitas Jermannya

Pada 17 Juli 1917, Raja George memproklamasikan bahwa "Selanjutnya Rumah dan Keluarga Kami akan ditata dan dikenal sebagai Keluarga Windsor", dan sejak saat itu keluarga kerajaan Inggris berwangsa Windsor dan tetap digunakan hingga saat ini.

Sumber
Diubah oleh liamonters
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jazzcoustic dan 21 lainnya memberi reputasi
22
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
Ketika Saxe Coburg Gotha menjadi Windsor
12-09-2020 06:49
hmm, pasangan ratu victoria dgn pangeran albert, kok tampang ratu UK yg itu, dlm lukisan nya, bs gak secantik seperti artis2 holiwud era pasca WW I ya, gan......
profile-picture
profile-picture
liamonters dan comrade.frias memberi reputasi
2 0
2
Ketika Saxe Coburg Gotha menjadi Windsor
12-09-2020 10:07
Quote:Original Posted By yoseful
hmm, pasangan ratu victoria dgn pangeran albert, kok tampang ratu UK yg itu, dlm lukisan nya, bs gak secantik seperti artis2 holiwud era pasca WW I ya, gan......


standard kecantikan dan ketampanan orang kan beda, nih contoh ya, kalo w bilang, di Inggris itu Pangeran William dizaman sekarang kaga tampan loh, lebih gagah George V malah.
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan comrade.frias memberi reputasi
2 0
2
Ketika Saxe Coburg Gotha menjadi Windsor
12-09-2020 14:32
Menarik nih konflik" di eropa sblm perang dunia 1 & 2
Juga katanya george v, nikolas ii, n wilhelm masih sepupuan ya
Saxe itu sachsen = saxon bukan ya
profile-picture
profile-picture
liamonters dan comrade.frias memberi reputasi
2 0
2
Ketika Saxe Coburg Gotha menjadi Windsor
12-09-2020 15:18
Ribet juga ternyata perihal namanya saja, masalah yang di akibatkannya jadi begitu kompleks.
profile-picture
profile-picture
okeey dan liamonters memberi reputasi
2 0
2
Ketika Saxe Coburg Gotha menjadi Windsor
12-09-2020 18:23
God save Georgie G
profile-picture
profile-picture
liamonters dan comrade.frias memberi reputasi
2 0
2
Ketika Saxe Coburg Gotha menjadi Windsor
13-09-2020 00:40
Quote:Original Posted By falacontol
Menarik nih konflik" di eropa sblm perang dunia 1 & 2
Juga katanya george v, nikolas ii, n wilhelm masih sepupuan ya
Saxe itu sachsen = saxon bukan ya


saxe itu dari Saxon, Saxon itu sndrii penyebutan org2 di daerah Anglia untuk suku2 Jermanik, dan memang org inggris itu ancestornya org Jermanik sejak awal selain Celt

Quote:Original Posted By comrade.frias
Ribet juga ternyata perihal namanya saja, masalah yang di akibatkannya jadi begitu kompleks.


hha ia, mirip kyk orang indonesia, walopun sesama rumpun Austronesia, gabakal mau disebut org malaysia, begitupun sbaliknya, masalah nasionalisme saja sih
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan comrade.frias memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Ketika Saxe Coburg Gotha menjadi Windsor
13-09-2020 17:15
Dan seterusnya s/d sekarang mau pewaris utamanya cw pun nama tetap Windsor...

Monarki enggres mah emang campur2 darahnya, turunan scotish, franks, german ampe spanyol
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan liamonters memberi reputasi
2 0
2
Ketika Saxe Coburg Gotha menjadi Windsor
17-09-2020 00:10
Ada trit khusus ngebahas keturunan kerajaan di eropa kg?
profile-picture
nowbitool memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Ketika Saxe Coburg Gotha menjadi Windsor
17-09-2020 23:21
Raja George V merupakan cucu Ratu Victoria, dia memiliki hubungan sepupu dengan Kaiser Wilhelm II yang juga merupakan cucu Ratu Victoria, karena ibu dari Kaiser Wilhelm merupakan anak perempuan tertua dari Ratu Victoria. Sedangkan Tsar Nicholas II merupakan sepupu jauh dari Kaiser Wilhelm II dan Raja George V karena ibu dari istri Tsar Nicholas II juga merupakan anak dari Ratu Victoria. Jadi sebenarnya perang dunia I ini adalah perang antar saudara. emoticon-Roll Eyes (Sarcastic)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jicho22 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Ketika Saxe Coburg Gotha menjadi Windsor
17-09-2020 23:25
Quote:Original Posted By madjezzt
Ada trit khusus ngebahas keturunan kerajaan di eropa kg?


gatau kayaknya belum ada mau bikin? emoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By Gojira1998
Raja George V merupakan cucu Ratu Victoria, dia memiliki hubungan sepupu dengan Kaiser Wilhelm II yang juga merupakan cucu Ratu Victoria, karena ibu dari Kaiser Wilhelm merupakan anak perempuan tertua dari Ratu Victoria. Sedangkan Tsar Nicholas II merupakan sepupu jauh dari Kaiser Wilhelm II dan Raja George V karena ibu dari istri Tsar Nicholas II juga merupakan anak dari Ratu Victoria. Jadi sebenarnya perang dunia I ini adalah perang antar saudara. emoticon-Roll Eyes (Sarcastic)


iya, dr dulu monarki eropa emang deket2 koq, dlu malah HRE mau bikin anak hasil silang monarki eropa emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan Gojira1998 memberi reputasi
2 0
2
Ketika Saxe Coburg Gotha menjadi Windsor
19-09-2020 06:14
Quote:Original Posted By Gojira1998
Raja George V merupakan cucu Ratu Victoria, dia memiliki hubungan sepupu dengan Kaiser Wilhelm II yang juga merupakan cucu Ratu Victoria, karena ibu dari Kaiser Wilhelm merupakan anak perempuan tertua dari Ratu Victoria. Sedangkan Tsar Nicholas II merupakan sepupu jauh dari Kaiser Wilhelm II dan Raja George V karena ibu dari istri Tsar Nicholas II juga merupakan anak dari Ratu Victoria. Jadi sebenarnya perang dunia I ini adalah perang antar saudara. emoticon-Roll Eyes (Sarcastic)


Perang antar keturunan Nuh emoticon-Big Grin
Diubah oleh gembaladomba666
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Ketika Saxe Coburg Gotha menjadi Windsor
19-09-2020 06:22
lady Diana juga masih keturunan Windsor ya kalo membaca biodatanya
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Ketika Saxe Coburg Gotha menjadi Windsor
19-09-2020 07:00
Jadi inget ada yang bilang sebenarnya great war 1 atau perang dunia pertama itu adalah perang saudara. karena raja2 eropa itu masih banyak punya ikatan keturunan daerah lain,meskipun jatuhnya saudara jauh...
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Ketika Saxe Coburg Gotha menjadi Windsor
19-09-2020 07:19
dulu pernah liat meme-meme soal penguasa Eropa pas Perang Dunia 1 yang masih berhubungan darah, tapi ane baru tahu kalau penguasa Inggris mengganti nama wangsanya emoticon-Big Grin, nice info gan
0 0
0
Ketika Saxe Coburg Gotha menjadi Windsor
19-09-2020 08:20
Yang penting rukun
0 0
0
Ketika Saxe Coburg Gotha menjadi Windsor
19-09-2020 08:24
Indah beud yah kastilnya
0 0
0
Ketika Saxe Coburg Gotha menjadi Windsor
19-09-2020 08:32
Drama orang dibalik istana emoticon-Traveller
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh KS06
Post ini telah dihapus oleh KS06
Ketika Saxe Coburg Gotha menjadi Windsor
19-09-2020 09:09
Anglo-Saxon padahal masih Jermanik jg emoticon-Ngakak (S)
0 0
0
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia