Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

littledeasyAvatar border
TS
littledeasy
Bingung Bikin Proposal Usaha? Ini Contoh Lengkapnya

Idealnya proposal sangat dibutuhkan bagi sebuah usaha atau bisnis, alasannya karena Anda bisa mengetahui apa saja kebutuhan untuk menjalankan bisnis, seperti bahan baku, biaya yang dibutuhkan, proses produksi dan lainnya secara detail.  Setiap usaha idealnya memiliki proposal usaha yang baik, namun masih banyak pelaku usaha yang bingung bagaimana cara membuat proposal usaha. Disini kami akan memberikan beberapa contoh proposal usaha yang pasti bermanfaat bagi Anda. 

 

Proposal usaha memiliki beberapa faktor seperti analisis SWOT, modal, detail produk atau jasa yang akan dijual. Dalam bisnis, proposal memiliki beberapa jenis yang dibedakan berdasarkan bidang usaha yang dipilih.

 

Jika Anda masih bingung untuk membuat proposal usaha, di dalam artikel ini kami akan membantu Anda dengan memberikan contoh proposal usaha secara lengkap, maka dari itu simak artikel ini hingga akhir. 

 

Contoh Proposal Usaha Minuman

 

Ibu Tejo berencana untuk membuat usaha minuman kekinian dengan bahan dasar cendol. Namun beliau tidak ingin produknya sama dengan produk pasaran sehingga, Ibu Tejo berencana untuk memberikan sedikit inovasi dengan menambahkan bahan tambahan baru yang sedang hype seperti boba.

 

Es Cendol LalaLili

 

1. Ringkasan

 

– Konsep

 

Meskipun mengusung konsep minuman tradisional, pemilik usaha ingin membuat minuman tradisional yang tidak kalah dengan minuman modern. Untuk itu, pemilik usaha berinisiatif mencampurkannya dengan bahan-bahan yang sedang hype seperti boba, potongan buah, dan juga bahan-bahan tambahan lainnya.

 

– Manajemen

 

Usaha ini digawangi oleh satu pemilik modal yang dilengkapi dengan tiga orang karyawan yang membantu operasional penjualan.

 

2. Deskripsi Usaha

 

– Deskripsi Produk

 

Produk ini memasang cendol sebagai bahan komoditi utama untuk penjualan. Bedanya, cendol akan dikombinasikan dengan bahan-bahan lainnya mulai dari jus buah, susu, boba, dan juga lainnya.

 

– Strategi Produk

 

Dengan menyatukan kombinasi yang unik dan belum pernah dilakukan, minuman ini  diharapkan dapat memikat banyak orang serta memberikan sensasi minuman yang unik dan belum pernah dirasakan orang-orang sebelumnya.

 

– Harga

 

Produk akan dijual dengan harga Rp. 15.000 dengan konsep drink-to-go dimana, orang-orang dapat menikmati minuman tanpa harus minum di tempat.

 

– Promosi

 

Promosi akan dilakukan melalui website, khususnya sosial media dan offline berupa pemasangan iklan di majalah kuliner dan pemberian brosur.

 

– Target Pasar

 

Yang dikenal sebagai konsumen utama pasar adalah kaum milenial, dimana mereka gemar jajan minuman drink-to-go.

 

3. Analisa SWOT

 

– Kompetitor

 

Usaha minuman drink-to-go yang sedang populer memunculkan banyak produk serupa.

 

– Kelebihan

 

Hingga saat ini, belum ada yang pernah menjual cendol dengan variasi bahan-bahan lainnya.

 

– Kelemahan

 

Belum sepopuler minuman drink-to-go lainnya.

 

– Opportunity

 

Variasi minuman yang unik sehingga berpeluang lebih banyak disukai orang-orang.

 


 

Contoh Proposal Usaha Makanan

 

Ayam Geprek Tralala

 

Pak Bagus ingin memulai usaha ayam geprek, namun ia tidak ingin terpaku dengan satu menu saja, ia akan membuat beberapa menu yang menarik agar orang-orang yang berkunjung ke tokonya tidak bosan dengan menu yang itu-itu saja.

 

1. Ringkasan

 

– Konsep

 

Ayam geprek ini merupakan makanan berbahan dasar ayam goreng tepung yang dibalut dengan berbagai macam sambal nusantara. Produk ini dapat menjadi pilihan makanan bagi orang-orang yang ingin menyantap ayam geprek dengan harga yang murah dan rasa yang menawan.

 

– Manajemen

 

Usaha ini dinaungi oleh pengusaha yang berpengalaman bekerja di restoran, yang akhirnya memutuskan untuk berinovasi dengan produk sendiri.

 

2. Deskripsi Usaha

 

– Deskripsi produk

 

Ayam geprek ini  memilih konsep makanan ayam geprek yang murah yang dilengkapi dengan pelengkap yang sering ditemui seperti tahu, tempe, dan lainnya. Sambelnya dibuat variatif mulai dari dabu-dabu, sambal matah, dan lainnya.

 

– Strategi Produk

 

Keunggulan ayam geprek ini terletak pada penyajian sambelnya yang sangat unik karena mengambil varian sambal yang jarang ditemukan pada ayam dan berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

 

– Harga

 

Makanan ini akan dijual dengan harga mulai Rp 20.000 yang berisi ayam, sayuran lalapan, nasi dan sambal.

 

– Promosi

 

Promosi akan dilakukan lewat website, khususnya sosial media dan media offline berupa spanduk dan brosur.

 

– Target Pasar

 

Target pasar menjangkau semua kalangan mulai dari anak kecil hingga dewasa serta berbagai profesi dan kelas sosial.

 

 3. Analisa SWOT

 

– Kompetitor

 

Ada banyak penjual yang juga menjual ayam geprek. Karena itu, ayam geprek tralala fokus dalam penyajian ayam yang renyah dan dibalut sambal yang beragam.

 

– Kelebihan

 

Untuk saat ini, tidak ada penjual ayam geprek yang menyajikan banyak sambal sehingga, ayam geprek tralala masih unggul.

 

– Kelemahan

 

Kesamaan jenis produk yang dijual

 

– Opportunity

 

Peluang produk yang berbeda sehingga bisa disukai banyak orang.

 

Pada intinya proposal akan sangat membantu Anda dalam membangun usaha, maka dari itu dianjurkan bagi Anda yang sedang membangun bisnis untuk mempertimbangkan membuat proposal. Demikian yang dapat kami sampaikan semoga contoh proposal tersebut dapat bermanfaat bagi Anda. 

 

0
453
0
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Entrepreneur Corner
Entrepreneur CornerKASKUS Official
22KThread4.5KAnggota
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.