Female
Batal
KATEGORI
link has been copied
58
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f2aca6b9775131d1c47e8f0/gara-gara-salah-diagnosa-bayi-lahir-sungsang-dan-nyawa-hampir-melayang
Melahirkan adalah proses awal suatu kehidupan. Setiap wanita hamil pasti merasakan sakitnya kontraksi menuju kelahiran si jabang bayi. Begitupun dengan TS yang berjuang mempertaruhkan nyawa demi si buah hati di tengah pandemi. Pentingnya USG di usia kandungan delapan atau sebulan sebelum HPL dirasakan sendiri oleh TS.
Lapor Hansip
05-08-2020 22:04

Gara-gara Salah Diagnosa Bayi Lahir Sungsang Dan Nyawa Hampir Melayang

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Hampir meregang nyawa akibat bidan salah diagnosa

Melahirkan adalah proses awal suatu kehidupan. Setiap wanita hamil pasti merasakan sakitnya kontraksi menuju kelahiran si jabang bayi.
Gara-gara Salah Diagnosa Bayi Lahir Sungsang Dan Nyawa Hampir Melayang
Begitupun dengan TS yang berjuang mempertaruhkan nyawa demi si buah hati di tengah pandemi. Pentingnya USG di usia kandungan delapan atau sebulan sebelum HPL dirasakan sendiri oleh TS.

Kehamilan anak ke empat, TS rutin memeriksakan kandungannya ke posyandu atau bidan terdekat. Di usia kandungan empat bulan TS mengeluarkan bercak darah, kemudian memeriksakan kandungannya ke klinik terdekat.
Gara-gara Salah Diagnosa Bayi Lahir Sungsang Dan Nyawa Hampir Melayang
Melalui USG TS didiagnosa Plasenta Previa atau plasenta berada di bawah dan menutup jalan lahir. Namun, karena usia kandungan masih relatif muda. Dokter menyarankan untuk menunggu sampai usia kandungan tujuh atau delapan bulan.

Usia kandungan tujuh bulan TS kembali memeriksakan kandungan ke doktor SPOG di Rumah sakit yang diinginkan. berbekal diagnosa sebelumnya dengan menggunakan fasilitas BPJS.

Setelah di periksa, posisi kepala bayi sudah mulai di bawah dan plasenta naik ke atas. Dokter menyarankan untuk melahirkan di bidan atau klinik terdekat yang bekerja sama dengan BPJS  karena posisi bayi normal.

Setelah mendapatkan klinik terdekat yang bekerja sama dengan BPJS, TS rutin periksa kandungan dan semua dinyatakan normal. Bahkan seminggu sebelum melahirkan sempat diperiksa dan dinyatakan posisi bayi normal.

Tanggal 8 April pagi, perut TS sudah mengalami kontraksi yang teratur. Sekitar pukul 10.00 pagi, TS dibawa ke klinik dan dilakukan pemeriksaan dalam. Kandungan TS sudah pembukaan empat.

Bidan klinik menyarankan TS untuk berjalan- jalan di sekitar klinik agar pembukaan berjalan cepat. Pukul tiga sore TS merasakan keram perut yang semakin kuat.

Bidan kembali memeriksa bagian dalam TS. Namun, tiba-tiba sang bidan menyatakan bahwa posisi bayi sungsang sesaat setelah pembukaan enam.

Seisi klinik panik dan segera menghubungi ambulance. TS dibawa ke RS terdekat saat pembukaan sudah lengkap ditemani dua petugas klinik.
Gara-gara Salah Diagnosa Bayi Lahir Sungsang Dan Nyawa Hampir Melayang
Bayangkan betapa takut dan sakitnya TS yang harus menahan mengejan di dalam ambulance.

Setelah sampai di RS, petugas mencecar rentetan pertanyaan seputar covid 19 kepada suami dan keluarga yang mengantar. TS yang sudah kesakitan di dalam ambulance harus menunggu beberapa menit sebelum akhirnya diperbolehkan memasuki ruang IGD.

Ranjang RS yang dinaiki TS di dorong dari satu ruangan ke ruangan yang lain. Hingga akhirnya berada di ruang persalinan khusus posisi bayi sungsang.

Di sana TS memperjuangkan kelahiran Si jabang bayi dengan sisa-sisa tenaga yang ada. Dua dokter dan empat bidan turut membantu proses kelahiran.

Karena posisi bayi sungsang dan berat bayi yang lumayan besar 3,5 kg. TS harus rela jalan lahir digunting hingga ke dubur tanpa suntikan anastesia maupun alkohol untuk mengurangi rasa sakit.

Di sisa tenaga, TS mengalami kendala di proses mengejan. Setelah mengejan enam kali baru kaki dan tubuh bayi yang berhasil keluar. Kepala bayi masih terjepit di dalam. Namun, rasa mulas nendadak hilang. Dokter dan bidan sontak panik dan menyuruh TS untuk mengejan lagi. Satu dokter memasukkan sebagian tangan untuk mendorong kepala bayi. Dokter yang lainnya mendorong dari atas perut.   Setelah sepersekian detik akhirnya TS berhasil mengejan dan lahirlah Dede bayi yang lucu.

Perjuangan TS tidak berhenti sampai di situ. Plasenta bayi ternyata tertinggal sebagian di dalam rahim. Dokter kembali mengaduk-aduk isi perut TS hingga TS tidak sadarkan diri.

Setelah beberapa jam tidak sadarkan diri akhirnya TS membuka mata.

Yang saya sayangkan di sini adalah Bidan yang memeriksa di klinik terlalu ceroboh dan tidak teliti. Bahkan terkesan asal saat melayani pasien BPJS.

Padahal TS memakai BPJS mandiri kelas 1. Namun, pelayanan dari paskes tidak sesuai dengan iuran yang dibayar tiap bulannya. Jauh dari kata memuaskan.

Apakah pemerintah memiliki solusi untuk ini kasus TS ini? Apakah pelayanan terhadap pasien BPJS selalu dipandang sebelah mata?

Saya berharap pemerintah maupun pihak BPJS bisa menemukan solusinya.

Sumber berita : Pengalaman pribadi

Foto : Dokumen pribadi


Diubah oleh ymulyanig3
profile-picture
profile-picture
profile-picture
satyagilang dan 13 lainnya memberi reputasi
14
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
Gara-gara Salah Diagnosa Bayi Lahir Sungsang Dan Nyawa Hampir Melayang
05-08-2020 22:05
Kesel juga sama tuh bidan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Gara-gara Salah Diagnosa Bayi Lahir Sungsang Dan Nyawa Hampir Melayang
05-08-2020 22:05
Kemarin2 meriksa sambil ngehalu kayaknya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Gara-gara Salah Diagnosa Bayi Lahir Sungsang Dan Nyawa Hampir Melayang
05-08-2020 23:16
mbyangin bacanya aja ikut deg-degan, syukurlah selamat semuanya, sehat selalu :tepuktangan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
miniadila dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Gara-gara Salah Diagnosa Bayi Lahir Sungsang Dan Nyawa Hampir Melayang
06-08-2020 07:24
2 kali ndanpingi istri melahirkan, hal yang paling ngilu itu ketika pembersihan rahim setelah melahirkan
Tangan si bidan masuk kerahim sambil ngambilin sisa2 ari2,

Anak kedua sempet posisi sungsang, mulai bulab ke7, Tapi alhamdulillah 1 minggu sebelum hpl udah normal posisinya

Oia sist, kliniknya itu ga ada fasilitas USGnya kah?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
miniadila dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Gara-gara Salah Diagnosa Bayi Lahir Sungsang Dan Nyawa Hampir Melayang
06-08-2020 20:18
ane pasien bpjs juga gaan dan ane pernah ngerasain dr kelas 3 dan ke 2 jg gaada dibeda2in, TAPI tergantung kliniknya itu emg iyaaaa bgt! ane gapaham jg sih knp biasamya klinik2 faskes 1 BPJS tuh aneh2.. ada yg ngata2in ane ktnya gaya lah sakit ini itu gabisa di rujuk ke rs besar, diagnosanya salah, tp ya gimana yak namanya yg begituan tuh ada aja. tp pengalaman ane di 3 provinsi dgn beragam rs yg berbeda, tiap pelayanan kesehatan itu emg berbeda2. mungkin ts lagi ga bejo aja nemu org begitu dan ane tau bgt rasanya diagnosa salah begitu apalagi ga teliti huhu untungnya babynya selamat ya dan sista jg sehat2 terusss hihi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
miniadila dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Gara-gara Salah Diagnosa Bayi Lahir Sungsang Dan Nyawa Hampir Melayang
07-08-2020 22:40
Baca aja, ikutan ngilu...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
miniadila dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Gara-gara Salah Diagnosa Bayi Lahir Sungsang Dan Nyawa Hampir Melayang
07-08-2020 23:09
Saya ngeri, sekip yaa. Langsung scrol bawah aja
profile-picture
profile-picture
profile-picture
miniadila dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Gara-gara Salah Diagnosa Bayi Lahir Sungsang Dan Nyawa Hampir Melayang
08-08-2020 05:22
Subhanallah, perjuangan seorang ibu untuk buah hatinya. Tidak mampu dilukiskan dengan kata-kata. Alhamdulillah semuanya berjalan lancar ya, Mbak. Pengalaman melahirkan memang berbeda-beda antara anak ke 1 sp anak berikutnya. Aku Alhamdulillah anak 1 walaupun hamilnya luar biasa, sampai proses mau keguguran, betrest, berbulan-bulan proses lairan lancar di rumah sama bidan, menceritakan itu menjadi kenangan terindah.
profile-picture
profile-picture
ymulyanig3 dan miniadila memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Gara-gara Salah Diagnosa Bayi Lahir Sungsang Dan Nyawa Hampir Melayang
08-08-2020 05:39
Alhamdulillah Bunda akhirnya lahir dengan selamat
profile-picture
ymulyanig3 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Gara-gara Salah Diagnosa Bayi Lahir Sungsang Dan Nyawa Hampir Melayang
08-08-2020 05:40
Perjuangan seorang ibu benar-benar mempertaruhkan nyawa pada proses melahirkan.
profile-picture
ymulyanig3 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Gara-gara Salah Diagnosa Bayi Lahir Sungsang Dan Nyawa Hampir Melayang
08-08-2020 06:35
Wahhh. Bikin deg2an, pdhl cm bc apalagi klw di TKP
profile-picture
ymulyanig3 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Gara-gara Salah Diagnosa Bayi Lahir Sungsang Dan Nyawa Hampir Melayang
08-08-2020 06:58
Ud biasa, sis. Makany di rs ad tempat terpisah utk pembayaran pribadi, asuransi dan bpjs. Bs ditebak antrian terpanjang adlh bpjs
profile-picture
ymulyanig3 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Gara-gara Salah Diagnosa Bayi Lahir Sungsang Dan Nyawa Hampir Melayang
08-08-2020 09:54
Ya Allah ....
Ngilu euy, baca tulisan gunting-menggunting 🙈🙉🙊

Ibu ane pernah ngalamin kejadian seperti ini. Si jabang bayi sungsang, tapi si dokter ga tau. Setiap kali periksa, dokter selalu mengatakan si anak baik & sehat.

Pas waktunya lahiran, ibu ane ga langsung ditangani. Si dokter katanya lagi rapat atau seminar, gitu. Ga ada yg berani menangani krn ga ada instruksi apa2.
Hingga akhirnya, ada dokter lain yg liat dan lsg marah2 karena 1 kaki si bayi sudah keluar.

Kakak ane lahir dan hidup hanya dalam hitungan menit. Karena di bagian lehernya, ada spt belas tercekik. Baru belakangan diketahui kalo posisi bayi itu sungsang.

Sejak ibu ane datang sampai akhirnya ditangani, beliau harus menunggu berjam2. Sendiri, tanpa ditemani 1 orang pun. Bapak ga boleh masuk, suster juga ga ada yg nengokin. Jangankan makanan, air minum pun ga ada yg nawarin. Kalo cerita ini, ibu ane sll nangis 😭😭

Padahal, beberapa tahun stlh itu, si dokter itu cukup terkenal. Untungnya ortu ga kepikiran untuk menuntut.
Diubah oleh rainydwi
profile-picture
ymulyanig3 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Gara-gara Salah Diagnosa Bayi Lahir Sungsang Dan Nyawa Hampir Melayang
08-08-2020 22:54
alhamdulillah.....lhir dg selamat dan sehat smua anak dan ibu. selamat ya sis, hebat.👍👍👍
profile-picture
ymulyanig3 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Gara-gara Salah Diagnosa Bayi Lahir Sungsang Dan Nyawa Hampir Melayang
09-08-2020 15:41
alhamdulillah selamat
profile-picture
ymulyanig3 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Gara-gara Salah Diagnosa Bayi Lahir Sungsang Dan Nyawa Hampir Melayang
10-08-2020 01:19
Alhamdulillah masih di berikan keselamatan, tp emang salah diagnosa gini sering terjadi si, kebanyakan si awalnya dari usg atau bisa jadi karna emang sudah tau tapi tidak ada persiapan dan masih menganggap "masih bisa normal ga apa, dlu si A bayinya bisa normal"

Gitulah deh

_______________________________________________________

Yg kasi cendol mudah²an dipertemukan jodohnya dan yang udah ada jodohnya semoga di permudah ke pelaminan


emoticon-Cendol (S)emoticon-Cendol (S)emoticon-Cendol (S)

emoticon-Toastemoticon-Toastemoticon-Toast
profile-picture
ymulyanig3 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Gara-gara Salah Diagnosa Bayi Lahir Sungsang Dan Nyawa Hampir Melayang
11-08-2020 10:12
wah kasihan bgt, semoga ke deoan salah diagnosa spt ini semakin ga ada ya gan karena dokter dan bidan kan juga manusia
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Gara-gara Salah Diagnosa Bayi Lahir Sungsang Dan Nyawa Hampir Melayang
12-08-2020 13:11
Kalau ane dulu heran juga sis, pagi hari ane periksa ke dokter dan di USG, kondisi bayi dan posisinya sudah bagus tinggal nunggu kontraksi aja.. malamnya udah kerasa kontraksi 2 hari itu pembukaan baru 9, karena ane udah nggak kuat menahan ngejan (karena sebelum pembukaan lengkap belum boleh ngejan) tapi ane pengen ngejan terus dan kasihan nanti bayi ane gimana akhirnya ane minta di operasi aja.. dan ternyata kepala bayi ane kelilit tapi pusar.. apa iya kalau bayi kelilit tali pusar itu nggak terlihat di USG.. tapi gpp lah yang penting ane dan bayi ane selamat dan sehat.
profile-picture
ymulyanig3 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Gara-gara Salah Diagnosa Bayi Lahir Sungsang Dan Nyawa Hampir Melayang
12-08-2020 18:46
Aku juga salah diagnosa katanya bayinya udh besar tkt tmbh besar jd baiknya di induksi aja. Ehhh ternyata si bayi pak diinduksi gak mau keluar smp ketuban abis, mau gak mau jd sc krn takut si bayi terkontaminasi sm ketubannya. Padahal perkiraan hpl tu tggl 1 mggu lg. Krn salah diagnosa jd lahir sc untung ane selamet 😭 pas lahir pun ternyata cm 3 kg dongs. Udh gitu pke bpjs pun diminta biaya 3.5jt krn transferan dr bidan. Kadang kesel juga klo ane inget2 sm bidannya emoticon-Marah
profile-picture
ymulyanig3 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Gara-gara Salah Diagnosa Bayi Lahir Sungsang Dan Nyawa Hampir Melayang
12-08-2020 18:59
2 kakak ane meninggal seperti kasus aganwati 30 dan 32 tahun yg lalu. Awalnya normal kepala baby di bawah. Pas mau lahir berubah pantatnya jadi bawah...
Tp sayangnya 2 kakak ane meninggal...
profile-picture
ymulyanig3 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia