News
Batal
KATEGORI
link has been copied
225
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f28fb8b8d94d02c6802369d/video-keris-dihancurkan-tuai-banyak-kecaman-kolektor-teliti-besinya
Beredar video penghancuran keris di suatu tempat. Siapa yang menghancurkannya, belum diketahui pasti. Tapi video itu sudah banyak ditanggapi dan dibuatkan tagar #SaveKeris di Twitter. Dari pandangan orang Islam tertentu, keris dianggap sebagai benda yang memancing munculnya musyrik. Maka, adanya keris, wajib dijauhkan dari pribadi seseorang agar tidak terjebak dengan dosa seperti itu. Di sisi lain
Lapor Hansip
04-08-2020 13:09

Video Keris Dihancurkan Tuai Banyak Kecaman, Kolektor: Teliti Besinya

Video Keris Dihancurkan Tuai Banyak Kecaman, Kolektor: Teliti Besinya

Beredar video penghancuran keris di suatu tempat. Siapa yang menghancurkannya, belum diketahui pasti. Tapi video itu sudah banyak ditanggapi dan dibuatkan tagar #SaveKeris di Twitter.

Dari pandangan orang Islam tertentu, keris dianggap sebagai benda yang memancing munculnya musyrik. Maka, adanya keris, wajib dijauhkan dari pribadi seseorang agar tidak terjebak dengan dosa seperti itu.

Di sisi lain, keris malah dianggap sebagai warisan budaya yang harus dijaga. Sebab, Pangeran Diponegoro dan raja-raja Nusantara dulunya, yang Islam, banyak memakai keris untuk pegangan, hiasana baju tradisional dan alat tempur. Meski tak luput, keris sendiri dipakai untuk hal-hal berbau klenik.

Video Keris Dihancurkan Tuai Banyak Kecaman, Kolektor: Teliti Besinya



Pengoleksi badik dan keris, Nor Sidin, dalam suatu kesempatan bersama Era pernah berujar bahwa keris jangan dilihat sebagai benda bertuah melulu. Barang itu bisa dijangkau nalar ilmiah sebab pendidikan sudah makin maju sekarang.

Saya tonton sampai habis..
Meskipun tidak ada mandau..
Manusia-manusia ini semestinya tidak layak berada di Indonesia...

Gais, mari kita lambungkan #SaveKeris sebagai bentuk kecintaan kita kepada budaya warisan nenek moyang kita 😇 pic.twitter.com/oL6oS83BcO
— Pakat Dayak (@PakatDayak) August 3, 2020

"Banyak orang yang sudah meneliti keris, sejarahnya, dan kandungan besi atau meteoritnya. Itu kan peradaban. Dari sana bisa ketahuan, soal asalnya, mineral dari bahan baku keris itu sendiri dan lain-lain. Jadi, kita bisa melacak kekayaan alam kita serta khasanah budaya Nusantara."

Video Keris Dihancurkan Tuai Banyak Kecaman, Kolektor: Teliti Besinya

Ia memberi contoh, bahwa ada keris yang jika mengiris orang, maka orang yang teriris badannya bisa membiru dan keracunan. Di masyarakat awam, hal itu dianggap magis dan klenik. Nor Sidin punya pendapat berbeda.


"Coba teliti besi keris itu. Dari mana asalnya, apa kandungannya, apakah memang beracun atau tidak. Jadi berpikir jernih itu, jangan selalu diidentikkan dengan hal-hal di luar nalar. Pendidikan sudah modern kok, masa tidak paham penelitian."

Sekadar diketahui, dalam sejarah Islam juga dikenal senjata yang dipakai untuk berperang. Seperti pedang Zulfikar milik Rasulullah Muhammad, yang diberi ke Ali Bin Abi Thalib. Kekuatannya diceritakan sungguh dahsyat.

Menghubungkan hal itu, banyak warganet yang bertanya, kenapa penghancur keris dalam video itu tidak menghancurkan pusaka peninggalan Rasul? Sebab, itu sama-sama senjata dan punya tafsir magis sendiri.

Warangan

Ana males komen gaes

Keris itu mbuatnya rumit ada brbg pamor2, selain sbg senjata, ada filosofi, ilmu metalurgi dan seni tinggi, jngn dilihat hitam putih doang

emoticon-Kalah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ebureg dan 29 lainnya memberi reputasi
30
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 7
Video Keris Dihancurkan Tuai Banyak Kecaman, Kolektor: Teliti Besinya
04-08-2020 13:12
Musyrik !!!!

Goyang bree....!!!!

GIF
profile-picture
profile-picture
profile-picture
serapionleo dan 22 lainnya memberi reputasi
23 0
23
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Video Keris Dihancurkan Tuai Banyak Kecaman, Kolektor: Teliti Besinya
04-08-2020 13:12
emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Hi

Mudah2an mereka rutin menghancurkan keris supaya perajin keris dapet order terus.


emoticon-Angkat Beer
profile-picture
profile-picture
profile-picture
blacksweet01 dan 19 lainnya memberi reputasi
18 2
16
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Video Keris Dihancurkan Tuai Banyak Kecaman, Kolektor: Teliti Besinya
04-08-2020 13:13
Keris...indentik dengan budaya dan mistik...budaya indonesia yg harus dilestarikan.emoticon-thumbsup

Bentar lagi ada grombolan mabok kencing onta yg bilang....HARAM..emoticon-Betty
Diubah oleh jurumudi75
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ableseaman dan 13 lainnya memberi reputasi
14 0
14
Lihat 15 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 15 balasan
Video Keris Dihancurkan Tuai Banyak Kecaman, Kolektor: Teliti Besinya
04-08-2020 13:13
Video Keris Dihancurkan Tuai Banyak Kecaman, Kolektor: Teliti Besinya

Video Keris Dihancurkan Tuai Banyak Kecaman, Kolektor: Teliti Besinya

Video Keris Dihancurkan Tuai Banyak Kecaman, Kolektor: Teliti Besinya

Video Keris Dihancurkan Tuai Banyak Kecaman, Kolektor: Teliti Besinya

emoticon-Kolombia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ebureg dan 32 lainnya memberi reputasi
33 0
33
Lihat 10 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 10 balasan
Video Keris Dihancurkan Tuai Banyak Kecaman, Kolektor: Teliti Besinya
04-08-2020 13:14
Salah satu hal yg bikin sempalan FPI/PKS ga laku di beberapa daerah di Jateng, semacam Solo misalnya.

emoticon-Wkwkwk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
serapionleo dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 8 balasan
Video Keris Dihancurkan Tuai Banyak Kecaman, Kolektor: Teliti Besinya
04-08-2020 13:14
kalo ngomong soal penelitian maka,silakan diteliti ada gak yang namanya batu dari surga bisa nyangsang kebumiemoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
serapionleo dan 8 lainnya memberi reputasi
8 1
7
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Video Keris Dihancurkan Tuai Banyak Kecaman, Kolektor: Teliti Besinya
04-08-2020 13:15
bikinnya enga bisa masal lho.

musti puasa dulu, nunggu empunya dapat wangsit. emoticon-Roll Eyes (Sarcastic)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
daimond25 dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Video Keris Dihancurkan Tuai Banyak Kecaman, Kolektor: Teliti Besinya
04-08-2020 13:15
Keris doang yg dihancurin??
Piso,golok,pedang,parang,silet,paku payung ga dihancurin sekalian??

Mbok ya jangan keblinger thoo..emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
servesiwi dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Video Keris Dihancurkan Tuai Banyak Kecaman, Kolektor: Teliti Besinya
04-08-2020 13:18
Video Keris Dihancurkan Tuai Banyak Kecaman, Kolektor: Teliti Besinya

emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
anggrekbulan dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Video Keris Dihancurkan Tuai Banyak Kecaman, Kolektor: Teliti Besinya
04-08-2020 13:19
Quote:Original Posted By 37sanchi
Musyrik !!!!

Goyang bree....!!!!

GIF


wuaasuuuu emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Video Keris Dihancurkan Tuai Banyak Kecaman, Kolektor: Teliti Besinya
04-08-2020 13:20
Paham2 wahabi radikal tradisional kyk gini hrs di basmi...sebelom gerombolan onta cengeng yg tergabung dlm demo bersilit2 itu indonesia msh adem ayem..kyknya perlu di up lg nih petrus, cm targetnya ya yg radikal & separatis macem bgni hrs dihilangkan, cm kondisi adem ayem lg
profile-picture
profile-picture
profile-picture
anu.ku.l dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Video Keris Dihancurkan Tuai Banyak Kecaman, Kolektor: Teliti Besinya
04-08-2020 13:22
dulu ane temasuk yg gumun (heran) kok keris bisa muncul pamornya, pasti empu yg bikin sakti mandraguna dan pny kuasa ghoib. Apalagi ada org yg bilang makin sakti si empu mk makin rumit pamornya

ternyata ane dibohongi ... bikin pamor itu ada tekniknya, ndak perlu kesaktian ndak perlu puasa ... cukup pake sabar dan tenaga kuda wkwkwk

oh ya mungkin kalo istilah "pamor" diganti istilah "damascus' bs jd lebih barokah emoticon-Smilie
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 10 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 10 balasan
Video Keris Dihancurkan Tuai Banyak Kecaman, Kolektor: Teliti Besinya
04-08-2020 13:23
Kalo dulu buat apa si keris
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yanka555 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Video Keris Dihancurkan Tuai Banyak Kecaman, Kolektor: Teliti Besinya
04-08-2020 13:24
biasanya disebut klenik karena belum diteliti secara ilmiah, kalau diteliti biasanya bisa dijelasin dengan ilmu pengetahuan...

tapi ada juga hal2 yang berbau klenik yang sampai sekarang belum terjelaskan secara ilmiah, misal orang kebal sajam macam debus, ada yang bisa jelaskan?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sav.grezza dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 10 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 10 balasan
Post ini telah dihapus oleh KS06
Video Keris Dihancurkan Tuai Banyak Kecaman, Kolektor: Teliti Besinya
04-08-2020 13:28
golongan wahabi tolol, benda apapun bisa diisi jin bukan cuma keris
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gikogaza dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Video Keris Dihancurkan Tuai Banyak Kecaman, Kolektor: Teliti Besinya
04-08-2020 13:37
batu item di ngarab juga wajib dihancurkan
karena sering diciumin kek nyium sesembahan emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kannnn dan 10 lainnya memberi reputasi
10 1
9
Video Keris Dihancurkan Tuai Banyak Kecaman, Kolektor: Teliti Besinya
04-08-2020 13:37
padahal keris kan merupakan salah satu warisan dunia, apa mereka ga bangga ya yg ngehancurin???
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gigbuupz dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Video Keris Dihancurkan Tuai Banyak Kecaman, Kolektor: Teliti Besinya
04-08-2020 13:38
emoticon-Leh Uga

ngaku2 pribumi, tp mengagung2kan ajaran arab
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Video Keris Dihancurkan Tuai Banyak Kecaman, Kolektor: Teliti Besinya
04-08-2020 13:41
dulu di jajah asing
sekarang di jajah asong

ngak belajar dari sejarah kita?

di adu terus kita ama mereka...
apakah ada aseng nyuruh berbuat kaya gitu? ada?
apakah ada aseng nyuruh ribut? ada?

yang ada nyuruh kerja biar dapat uang dan hidup enak.
sudah saat nya kita bangkit pribumi dan aseng bersatu mereka kalangkabut pasti
profile-picture
profile-picture
profile-picture
johanbaikatos dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Halaman 1 dari 7
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia