Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

PaPi.GaGaAvatar border
TS
PaPi.GaGa
Cara membuat kesan terbaik ke rekan kerja saat hari pertama ngantor
Seringkali memulai hari pertama kerja terasa mendebarkan bagi karyawan, apalagi untuk kamu yang baru masuk ke dunia kerja. 

Semua mata tertuju padamu saat kamu berkeliling di sekitar kantor mempelajari nama-nama orang dan lokasi penting seperti ruang istirahat. Rasanya seperti orang-orang menilaimu berdasarkan pilihan pakaian, namun kamu tersenyum dan tetap mencoba percaya diri.

Lalu, bagaimana cara agar membuat kesan terbaik di mata rekan kerja saat hari pertama ngantor? Biar nggak salah, ikuti cara berikut dan bersiaplah membuat rekan kerja terkesan denganmu.

1. Berangkat lebih awal

 


Hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah jam kedatanganmu di hari pertama ngantor. Cobalah untuk bangun 30-60 menit lebih awal di hari pertama, sehingga kamu memiliki cukup waktu untuk mempersiapkan diri dan berangkat ke tempat kerja tanpa tergesa-gesa. 

Waktu perjalanan singkat mungkin tidak memotivasimu untuk bangun lebih awal daripada biasanya, namun siapa yang tahu berapa lama waktu yang diperlukan dengan lalu lintas pagi, ditambah waktu yang akan kamu habiskan untuk mencari tempat parkir.

2. Pastikan pakaianmu nyaman dan sesuai

 


Berpakaianlah secara rapi untuk menghindari kesan negatif dari rekan kerja di hari pertama ngantor.  

Meskipun karyawan di kantor tersebut berpakaian secara kasual, tidak ada salahnya berpakaian kasual secara cerdas untuk membuat kesan baik.

3. Pelajari nama anggota tim

 


Kamu akan bertemu banyak orang, beberapa di antaranya bahkan bukan anggota tim yang akan menjadi rekan kerja. Karena tidak mungkin menghafal nama setiap orang secara langsung, cukup fokuskan dalam mengingat nama anggota tim. 

Kamu akan menghabiskan kebanyakan waktumu dengan mereka, jadi semakin cepat kamu mengenal namanya semakin awal kamu akan merasa nyaman di tempat kerja baru.

4. Bersosialisasi saat istirahat makan

 


Rekan kerja dalam divisimu mungkin makan siang bersama jika mereka memiliki jadwal yang sama. Tunggu seseorang mengumumkan 'mari makan' ke kelompok kamu tanyakan apakah kamu bisa bergabung. 

Jika anggota timmu tidak makan siang bersama, tanyakan siapapun di sebelahmu atau orang yang kamu bayangi apakah mereka ingin bergabung makan siang denganmu. Gunakan waktu ini untuk bertanya mengenai pekerjaan mereka, atau berbicara tentang hal-hal yang tidak terkait pekerjaan.

5. Tawarkan bantuan ke rekan kerja 

 

Di hari pertama bekerja atau bahkan minggu pertama, kamu mungkin masih  dalam pelatihan dan atasanmu belum memiliki banyak tugas untukmu. Jangan sia-siakan waktu ini dengan menunggu seseorang menyerahkan tugas kepadamu. 

Bantu anggota timmu dalam apapun yang sedang mereka kerjakan untuk menunjukkan inisiatifmu. Dengan menawarkan bantuan ke rekan kerja satu tim memungkinkanmu melihat cara kerja sesuatu, dan memberikanmu kesempatan untuk mendapatkan kepercayaan mereka.


Nah, dengan mengikuti cara ini kamu bahkan tidak hanya membuat rekan kerja terkesan tetapi atasanmu juga akan merasa senang. Selain itu, kamu juga perlu mempelajari budaya di lingkungan kantormu sehingga akan mempermudahmu dalam bersosialisasi ya. 


**Thread diambil dari artikel EKRUT berikut
0
239
0
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Dunia Kerja & Profesi
Dunia Kerja & ProfesiKASKUS Official
37KThread8.6KAnggota
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.