Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

herimarianto062Avatar border
TS
herimarianto062
Cara Memperbaiki Stang Seher Motor Rusak
https://www.teknik-otomotif.co.id/  – Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai bagaimana cara paling simpel mengetahui stang seher motor rusak, nah agar lebih dapat memahami dan di mengerti simak saja ulasannya di bawah ini.

Mesin ialah penghasil tenaga pada suatu kendaraan bermotor, termasuk sepeda motor. Mesin memiliki komponen utama berupa silinder blok, silinder kop dan karter “khusus motor 4 tak”. Yang masing-masing komponen tersebut, terutama pada komponen pertama dan kedua masih dapat dirinci lagi menjadi beberapa sub-komponen. Di samping itu, masing-masing komponen tersebut diatas memiliki fungsi tertentu, sesuai dengan cara kerja suatu motor “4 tak atau 2 tak”.

Cara Memperbaiki Stang Seher Motor Rusak
Yang dimaksud dengan komponen bergerak ialah komponen mesin yang bergerak jika mesin hidup baik itu gerak lurus maupun gerak putar. Komponen yang bergerak tersebut ialah yang tidak termasuk ke dalam sistem pendingin, pelumasan dan bahan bakar.

Conecting Rod (Batang Piston/Stang Seher)

Batang piston sering juga disebut dengan stang piston, berfungsi menghubungkan piston dengan poros engkol. Jadi batang piston meneruskan gerakan piston ke poros engkol. Dimana gerak bolak-balik piston dalam ruang silinder diteruskan oleh batang piston menjadi gerak putaran “rotary” pada poros engkol. Ini berarti jika piston bergerak naik turun, poros engkol akan berputar.


Ujung sebelah atas dimana ada pena piston dinamakan ujung kecil batang piston dan ujung bagian bawahnya disebut ujung besar. Di ujung kecil batang piston ada yang dilengkapi dengan memakai bantalan peluru dan dilengkapi lagi dengan logam perunggu atau bush bearing “namanya dalam istilah di toko penjualan komponen kendaraan bermotor”.

Ujung besarnya dihubungkan dengan penyeimbang poros engkol melalui king pin dan bantalan peluru. Dan pada umumnya panjang batang penggerak kira-kira sebesar dua kali langkah gerak torak.
Tugas setang piston “seher” sangat berat, selain mendapatkan tekanan yang berasal dari piston, batang torak juga mendapatkan pembebanan regangan pada saat langkah hisap dan tekukan pada saat merubah gerak lurus menjadi gerak putar.

Fungsi Conecting Rod (Batang Piston/Stang Seher)
Adapun untuk fungsi batang piston antara lain yaitu:
Menghubungkan piston dan poros engkol “kruk-as”
Merubah gerak lurus piston menjadi gerak pada poros engkol “kruk-as”
Memindahkan gaya piston ke poros engkol dan membangkitkan momen putar pada poros engkol “kruk-as”

Bahan Pembuatan Stang Seher
Bahan pembuatan piston sendiri terbuat dari baja dengan perbaikan mutu, contoh 34 CR MO 4 atau besi tuang. Untuk motor balap stang piston biasanya terbuat dari titanium, karena bersifat ringan dan mempunyai kekuatan lebih. Dan untuk motor-motor kecil, batang piston terbuat dari paduan alumunium untuk memperingan bobot setang piston.

Bagi sebagian pemilik motor pastinya sudah pernah mengalami motornya rusak pada komponen stang seher. Nah sebenarnya pada dasarnya setiap komponen motor yang mempunyai jangka waktu pemakaian atau penggunaannya. Jadi dikala batas pemakaiannya tiba maka sebaiknya bagi pemilik motor tersebut dianjurkan agar segera men-servis motornya dengan cara mengembalikan performa mesin seperti semula yakni servis rutin dan jikalau keadaan mesin motor sudah parah maka langkah yang perlu diambil yakni mengganti komponen yang aus/rusak dengan komponen yang baru.



Salah satu komponen yang vital dalam sepeda motor yakni stang seher atau kruk as, apabila komponen ini sudah mengalami kerusakan atau aus maka disarankan untuk segera menggantinya agar motor kembali optimal kembali. Sebuah stang seher yang berfungsi sebagai tempat dudukan piston ini mempunyai fungsi yang sangat vital dalam mesin motor. Lalu bagaiman caranya untuk mengetahui stang seher yang bermasalah atau sudah mengalami aus/rusak!!!
Penyebab Stang Seher Motor Yang Rusak

Berikut ini merupakan beberapa pertanda bahwa stang seher telah rusak dan aus dan harus segera diperbaiki atau diganti antara lain yaitu:



Saat mesin dalam kondisi yang langsam, maka mesin motor akan mengeluarkan suara yang asing, tepat di bagian mesin di tengah. Misalnya saja seperti suara “bluk bluk bluk” sebagai tanda bahwa seher telah aus.
Getaran mesin menjadi lebih terasa dilihat dari getaran spionnya.
Getaran di bagian stang seher terasa kencang, bahkan masih di bawah 6000 rpm pun getaran mesin sudah terasa sangat kuat.

Sedangkan pemicu terjadinya kerusakan dan aus pada stang seher ialah sebagai berikut:

Suka sekali memaksa motor berjalan di lintasan yang berat terus-menerus tepatnya di area lintasan yang ekstrim dan memiliki sudut kemiringan sampai melebihi 30 derajat.
Kerap sekali menarik tuas dan kemudian melepasnya secara tiba-tiba.
Menggunakan oli yang jelek dengan alasan lebih murah ternyata juga membawa dampak buruk.
Sering sekali bore-up mesin dengan tidak tepat, yang sehingga hal ini membuat seher menjadi rusak.

Cara Memperbaiki Stang Seher Motor Rusak

Untuk bagaimana mengetahui + memperbaiki komponen ini sudah aus atau belum sangatlah mudah ada tiga cara yakni:



Cara Tanpa Membongkar Mesin Motor

Yang pertama adalah dengan cara tanpa membongkar mesin motor, pertama-tama hidupkan mesin terlebih dahulu kemudian psosisikan gas dalam keadaan langsam apabila mesin motor mengeluarkan suara atau bunyi yang aneh atau asing dari bagian mesin tengah seperti bluk,,bluk,,bluk itu tandanya komponen tersebut sudah mengalami aus atau sudah rusak.


Untuk mengetahui ulasan selengkapnya simak disini: https://www.teknik-otomotif.co.id/ca...getahui-stang/
0
661
0
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Kendaraan Roda 2
Kendaraan Roda 2KASKUS Official
19.1KThread9.4KAnggota
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.