Games
Batal
KATEGORI
link has been copied
43
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f1c69a582d4953d1d0d67f4/ulasanv4-victory-for
Baru-baru ini udah muncul lagi gan permainan RPG namanya V4 udah pada tau lah ya, permainan ini untuk skala global masih terbilang masih seger hanya baru beberapa hari, tapi kalau diliat dari ratingnya ternyata bisa anjlok banget kayak kasus World of Dragon Nest.
Lapor Hansip
26-07-2020 00:19

[Ulasan]V4: Victory For

Past Hot Thread
[Ulasan]V4: Victory For

[Ulasan]V4: Victory For
Ulasan & Kesan: VICTORY FORV4
Platform: PC/Mobile

Semoga ulasan ini bisa nambah info seputar seluk-beluk permainannya, kalau liat logo doang rasanya kurang sreg lah entar malah dilema dan pensi dadakan mending liat bos mengulas dulu emoticon-Ngakak (S)

Baru-baru ini udah muncul lagi gan permainan RPG namanya V4 udah pada tau lah ya, permainan ini untuk skala global masih terbilang masih seger hanya baru beberapa hari, tapi kalau diliat dari ratingnya ternyata bisa anjlok banget kayak kasus World of Dragon Nest

Ane prediksi kalau permainan RPG kedepannya bakalan pada trauma kalau mau rilis takutnya kena rating error ujung-ujungnya waktu rilis jadi tambah lama emoticon-Berduka (S) dan menurut ane disini industri permainan memang harus hati-hati nyari momentum, karna kalau yang namanya pemain udah kecewa pasti pelampiasannya lewat rating

Apalagi posisi rating sendiri sangat krusial karna selalu jadi tolak ukur pemain memilih permainan menarik terutama pemain profesional & independen (bukan fanboy). Simak ulasan fiturnya juragan

Kreasi Karakter

[Ulasan]V4: Victory For
Kalau pernah kenal RPG sudah pasti pernah main RPG lah ya, dan salah satu bonus di permainan ini kita bisa kreasi karakter sendiri sesuai keinginan

Kalau masih ada yang penasaran di V4 bisa kreasi karakter atau gk sudah pasti bisa gan, bahkan lebih simpel dan tidak terlalu rumit semuanya menggunakan pengaturan tombol volume virtual

Misal kalau mau mengatur panjang hidung, kalau volume nya terlalu tinggi hidungnya bisa kepanjangan seperti Pinokio


Menu Minimalis & Lengkap

[Ulasan]V4: Victory For
Ada yang bilang menu di permainan RPG rumit memang bener sih emoticon-Big Grinapalagi mempelajari fungsi masing-masing menu-nya

Yang belum paham malah lebih lama liat petunjuk ketimbang mainnya tapi jangan salah ane juga gitu loh gan, itu bagian dari proses menjadi pemain jago emoticon-Metal

Coba perhatiin penampakan menu di atas ternyata daftar menu-nya sangat enak dilihat, termasuk komposisi warna dan latar belakangnya hanya berbalut hitam putih

Ditambah kombinasi ukuran menu yang kecil-kecil dan imut, disini menandakan pengembang V4 memang sudah paham menata menu yang minimalis dan sederhana di tengah dunia RPG yang sibuk dan detail


Dunia Terbuka

[Ulasan]V4: Victory For
Sebagai penikmat dan pemerhati kompleksitas sebuah permainan, bagian inilah yang paling ane perhatiin gan

Sebagai penjelasan sedikit ane mendapat perspektif ini karna menjajal dunia KKND series, SKYRIM sampai FARCRY disitu ane mulai paham ternyata kalau permainan bersinggungan dengan alam/dunia maka "dunia terbuka/open world" lah jawabannya, tapi ternyata gk serta merta pengembang permainan menerapkan syarat ini dengan alasan perbedaan sudut pandang

Bahkan salah seorang kritikus permainan yang lupa lagi siapa namanya menyebut bahwa permainan dunia terbuka cenderung membosankan, karna seluruh misi di dunia terbuka tidak akan bisa di selesaikan semuanya

Ya kira-kira seperti itulah sekilas kutipan yang ane inget, kalau agan sepaham dengan ane sebenernya dunia yang di sediakan oleh V4 ini memang cukup realistis dan sesuai ekspektasi seperti contoh lain:
  • Rise of Nowlin
  • World of Dragon Nest
Berhubung permainan dengan klaim dunia terbuka ternyata banyak di batasi oleh beberapa konsep penerapan seperti:
  1. Dunia terbuka di dalam peta di bentuk spot-spot sempit dan jarak eksplorasi cenderung di batasi gunung, sehingga luas tempat yang di jajal seorang pemain seperti mengikuti mercu tanda/jalan setapak saking sempitnya

  2. Luas dunia terbuka yang umumnya relatif ternyata banyak di manfaatkan dalam bentuk portal, kalau agan pernah ke pojok sebuah tempat pasti nemu portal yang akan terhubung dengan potongan-potongan dunia yang di buat bersambung

    Bagian ini memang gk mustahil di terapkan tapi setidaknya dunia terbuka skalanya sesuai dengan ciri-ciri dunia terbuka, seperti luas lapangan bola harus termasuk luas di luar lapangan bola baru disini di batasi portal, tapi yang setengah lapangan bola sepertinya banyak dan langganan
-yang ini kepanjangan bersambung kebawah X


Mount & Pet (tunggangan dan peliharaan)

[Ulasan]V4: Victory For
Salah satu komponen yang gk mungkin hilang dari permainan RPG adalah yang satu ini gan, fungsi mount/tunggangan seperti kuda, naga sampai seperti pada gambar di atas yaitu penguin obesitas

Kalau dari gambar keliatan seperti boneka salju tapi sebenernya bukan, di V4 ternyata menempatkan fitur ini di bagi dua sistem:
  1. Sistem mount = Tunggangan (kuda, naga dll)
    Fungsinya sebagai efisiensi waktu perjalanan antar tempat karna luas dunia V4 memang gede

  2. Sistem pet: Peliharaan (Berbagai jenis hewan di dunia V4)
    Fungsinya sebagai penambah CP dan yang menarik agan bisa ajak peliharaan ini berpetualang
Nah udah kebayang belum pemahaman ulasan bagian yang ini, ane harap sudah emoticon-Ngacir


Currency (mata uang)

[Ulasan]V4: Victory For
Dalam penjelasan sederhananya bagian ini disebut "mata uang dalam permainan"mata uang virtual yang hanya berlaku di dalam permaian ini bisa di isi melalui uang sungguhan

Tapi tergantung dev-nya mau berapa banyak yang pakai cara itu, tapi biasanya hanya satu atau dua aja selebihnya di dapat lewat jalan permainan misal melawan bos, menjual barang dst

Dan ternyata di V4 ada sampe 14 mata uang emoticon-Ngakak (S) ini menandakan memang dunia V4 petualangannya luas banget dan penuh transaksi/pemakaian uang sana-sini


Transformation/Rage Mode (transformasi/mode murka)

[Ulasan]V4: Victory For
Kalau agan pernah nonton Dragon Ball pasti kenal karakter Goku pas lagi transformasi jadi GPS (Genji Perfect Seiya) apa hubungannya ya emoticon-Big Grin

Nah di V4 ternyata menerapkan sistem ini gan, pasti keren banget kalau melihat transformasi masing-masing dari 6 jenis karakter/class di bawah ini:
  1. Knight
  2. Magician
  3. Blader
  4. Warlord
  5. Axler
  6. Gunslinger (tranformasi di atas)
Gambaran lainnya kalau melihat gambar di atas sudah pasti tau kan karakter Naruto pas berubah jadi rubah super kira-kira seperti itulah


Luas 1 Daratan ±400m²

[Ulasan]V4: Victory For
XKelanjutan dari yang tadi kepanjangan

Peta di V4 di desain mirip seperti konsep battle royal yang sampai luas ±1km², itulah kenapa fungsi mount/tunggangan di terapkan disini sebagai pelengkap sekaligus mempermudah petualangan

Ini baru satu contoh peta yang panjangnya ±400m belum termasuk peta lainnya kemungkinan ukurannya lebih gede gan


Informasi Jatuhan Item Dari Bos Monster

[Ulasan]V4: Victory For
Di RPG sudah pasti ciri khas lainnya ada sosok seperti antagonis yaitu bos monster

Informasi bos beserta daftar jatuhan item yang bisa di dapat saat menang tersusun rapih di dalam informasi peta, alternatif lain agan bisa cari di pasar atau tempat jual beli segala jenis barang di dunia V4


Skill (kemampuan/jurus)

[Ulasan]V4: Victory For
Tampilan jendela di menu skill/jurus di V4 sama minimalisnya dengan tampilan menu utama

Disini terlihat posisinya di susun rapih dan info tidak di buat rumit yang biasanya tersisip segala kerumetan, seperti contoh daftar jurus di buat kelompok pasif lagi yang di ambil dari tiap jenisnya sudah pasti itu akan menambah penuh tampilan

Kalau agan perhatikan di gambar itu seperti ada 3 gugus/baris:
  1. Baris pertama: Dari kiri di bentuk sebuah tabel jurus yang di pisah dengan tab "aktif & pasif" lengkap dengan penampakan ikon karakteristik jurusnya

  2. Informasi jurus yang ada di dalam daftar hanya di fokuskan di posisi tengah alasannya pasti udah pada tau kan! Itu supaya mempermudah pandangan pemain, mirip-mirip seperti heboh tampilan Kaskus dulu di kiri jadi ke kanan emoticon-Big Grin

  3. Yang terakhir paling kanan yaitu slot jurus yang di pakai, bagian ini ibaratnya bagian krusial karna berpengaruh langsung terhadap kekuatan karakter agan, biasanya di bagian ini harus hati-hati jangan sampe salah menempatkan jurus bisa-bisa karakter agan jadi kurang greget


Research (penelitian/koleksi monster)

[Ulasan]V4: Victory For
Sebelumnya udah di singgung pasti ada peta yang luasnya lebih besar, nah disini agan bisa lihat di tampilan daftar paling kiri disana terpangpang jelas lokasi-lokasi baru

Tiap tempat jumlah monster/mob nya banyak jadi penelitian disini fungsinya seperti benefit saat mengalahkan banyak monster supaya gk mubazir emoticon-Big Grin jadi agan bakal dapet tambahan CP (combat power) sama halnya seperti yang di terapin permainan Lineage II Revolution


Companions (teman/pendamping npc)

[Ulasan]V4: Victory For
Fungsinya sama seperti penelitian jadi disini tugasnya mencari dan mengumpulkan daftar objek, dalam kasus ini "Teman NPC (not playable character)"

Selain bisa menambah stat, npc ini juga bisa mebantu urusan kita di dunia V4 seperti mencari material dst jadi jangan sampe kelewat nyari kelompok npc ini


Trading (tempat jual beli/pasar)

[Ulasan]V4: Victory For
Sama seperti fitur penting lainnya trading pos juga sudah menjadi langganan di dunia permainan RPG

Selain menambah keseruan bermain, tempat berdagang ini juga mempermudah pemain dalam mencari berbagai jenis barang seperti contohnya jenis-jenis material, zirah, ramuan/potion dst


Chat Display (tampilan obrolan)

[Ulasan]V4: Victory For
Sama seperti posisi fitur pasar, obrolan di dunia permainan juga gk mungkin bisa lepas karna pengaruhnya yang besar dalam lintas interaksi antar pemain

Disini agan bisa buat kreasi tab obrolan tergantung keinginan, misal kalau lagi lawan monster cuma pengen liat informasi dps doang (damage per second) cukup buat tab khususnya jadi kesannya lebih inovatif

Berbeda seperti contohnya Clash of Clan yang membatasi obrolan umum menjadi hanya obrolan gilda/guild yang cenderung sosialisasi antar pemain menjadi terbatas


Channel (saluran/kanal)

[Ulasan]V4: Victory For
Siapa yang pernah main RPG di PC sudah pasti tidak asing dengan yang namanya channel/saluran, saluran ini fungsinya untuk membagi lalu lintas pemain di satu lokasi/zona supaya kualitas ping (ms) stabil

Jadi kalau agan khawatir dengan yang namanya lag/jaringan patah² sudah pasti gk perlu khawatir lagi karna saluran ini bagian dari komponen cara mengatasinya


TERAKHIR


Awaiting/Entry List (daftar tunggu/antri) emoticon-Big Grin

[Ulasan]V4: Victory For
Daftar tunggu ±400orang

Mungkin ini bisa disebut salah satu keunikan V4 agan harus ngantri dulu sebelum bisa masuk dan bermain di server V4, sistem antrian ini ane sendiri masih bingung kenapa bisa ada!

Tapi dari pemantauan kecil-kecilan ane ternyata hal ini ada pengaruhnya dari antusiasme pemain lintas platform terutama pemain loyal pc, apalagi yang merangkap sebagai kreator konten permainan sudah pasti mereka ikut meramaikan

Disatu sisi pemain RPG PC sudah paham betul bagaimana permainan yang khususnya di peruntukan untuk PC tidak selalu bertahan lama alias tutup server, dengan adanya V4 yang mengusung lintas platform ini sudah di pastikan ini akan menjadi satu daya tarik tersendiri bagi para gamer pc, karna hal inilah lalu lintas pemain antar platform berpotensi membludak sehingga muncul sistem antrian
emoticon-Traveller[Ulasan]V4: Victory Foremoticon-Traveller

Nah segitu aja ulasan yang bisa ane terangkan mengenai seluk-beluk permaian VICTORY FORyang baru rilis global baru-baru ini, meskipun fitur yang di sediakan di tampilan menu sangat banyak tapi maaf ane gk bisa jabarkan semuanya

Semoga agan yang lagi nyari refrensi sekaligus pengalaman baru dalam mencari permaian menarik berdasarkan kategori bisa sedikit terinformasikan

Terima Kasih

emoticon-Pawgamingear
emoticon-pencetemoticon-terimakasihemoticon-Keep Posting Gan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
over.power dan 2 lainnya memberi reputasi
3
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
[Ulasan]V4: Victory For
26-07-2020 00:19
Oh tidak bisa....
emoticon-pencetemoticon-Keep Posting Gan
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh KS06
[Ulasan]V4: Victory For
26-07-2020 09:35
UI nya mirip black desert
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[Ulasan]V4: Victory For
26-07-2020 10:54
Lebih enak maen ini daripada Black Desert. Yang jadi masalah itu publishernya: NEXON.
profile-picture
profile-picture
romperstomper dan cipakcipok memberi reputasi
2 0
2
[Ulasan]V4: Victory For
28-07-2020 21:05
Ngebosenin gameplaynya..terlalu repetitive questnya..gachanya tipikal nexon ratenya 0,0005
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[Ulasan]V4: Victory For
30-07-2020 07:04
P2W kerasa banget gan...gue sih sebenernya ngga masalah sama istilah P2W...cuma kekurangan dari game MMORPG jaman sekarang adalah ngga adanya sistem trade antar player...bukan soal bisa jualan item atau engga...melainkan klo kita hunt bareng sama temen jadi ngga bisa saling tuker item...
0 0
0
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
[Ulasan]V4: Victory For
30-07-2020 17:16
Minusnya si ini gim ga bs ngindar/dodge -_- , sama terlalu byk misi afk kdg bikin ketiduran :v
0 0
0
[Ulasan]V4: Victory For
30-07-2020 18:23
yang jadi masalah itu developernya: Nexon

banyak yg langsung batal main cuma gara2 reputasi dev yang bersangkutan



emoticon-Wakaka
profile-picture
felixivan memberi reputasi
1 0
1
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
[Ulasan]V4: Victory For
31-07-2020 06:50
Quote:Original Posted By gamingear
Aura P2W bener ada gan bisa keliatan di V4 Shop biasanya ada beberapa set paket material gitu seperti weapon scroll enhancement dll pastinya pembelian di batas emoticon-Ngakak (S)

Tapi disini ane liatnya lebih ke P2F (pay to fast) karna nyari scroll seperti contoh di atas F2P juga bisa, tapi butuh waktu lama banget agan bisa cari via jatuhan item dari daftar monster di Research atau via misi

Bahkan beberapa monster di antaranya ada di menu Abyss (zona PvP) tapi nyari bahan/loot jenis ini persentasinya dikit alias wajib pake potion drop rate (+%), potion ini bisa di cari lewat misi juga atau kalau gk salah beli di NPC
[Ulasan]V4: Victory For[Ulasan]V4: Victory For
Gambar ini contoh kalau senjata/EQ bisa bikin/crafting sendiri pastinya butuh perjuangan nyari bahan-bahan nya

Jadi menurut ane V4 ini seru dan adil/fair gan karna naikin CP sama-sama butuh usaha ekstra dan sibuk sana-sini jadi P2W disini gk terlalu signifikan

Pengamatan keseimbangan P2W & F2P:
  1. P2W: Pay to Win
  2. P2F: Pay to Fast ±70% : 100%
  3. F2P: Free to Play ±35% : 100%
% pengaruh keCP | P2W gk masuk karna CP F2P bisa
bersaing meskipun lambat & lama

:terimakasihemoticon-Keep Posting Gan


Wow kyknya ente serius banget, apa jgn2 cp ente dah sampe 100k ? emoticon-Matabelo
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[Ulasan]V4: Victory For
31-07-2020 08:21
pertanyaannya, kenapa ada autonya emoticon-Frown
0 0
0
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
[Ulasan]V4: Victory For
31-07-2020 17:04
Quote:Original Posted By gamingear
Bukan serius gan tapi udah paham seluk-beluk RPG kayak pengamat bola, soal RPG ane malah F2P kok emoticon-Ngakak (S)
:terimakasihemoticon-Keep Posting Gan


Quote:Original Posted By gamingear
Auto di RPG banyak dan punya fungsi dan alasannya masing-masing sis dan tujuannnya hanya sebatas bantuan berhubung di V4 gaya bertarungnya solo/single target ksks
1. Auto Battle= Ini bisa disebut yang paling terkenal di RPG, alasannya sudah jelas supaya mempermudah pemain berburu, karna basik permainan RPG lebih ke:
1. Koleksi/collecting
2. Penguatan/build
3. PvP
4. PvE/berburu monster:

100 monster
500
1000
2500 monster dst
Coba bayangin bunuh banyak monster pake cara manual atau dari misi ke misidari material ke material di jumlah sudah pasti masing-masing bisa ratusan s/d ribuan pasti bikin jempol kriting emoticon-Big Grin

Kalau gk ada peran auto sudah pasti bikin dilema di tambah dunia V4 yang luas banget, seperti contoh battle royal jalan manual dari pojok ke pojok hanya nyari perlengkapan pasti permainan jadi sulit dan berat

Meskipun basik permainan battle royal hanya sebatas nyari perlengkapan dan perang jadi gk perlu pake auto (auto moving, auto battle) beda lagi dengan RPG yang basik permainannya seperti di atas, belum lagi persoalan jenis item/materialnya yang bisa bikin migrain alias di situasi tertentu harus di koleksi semuanya


2. Auto Moving = Balik lagi ke basik permainan RPG di bagian ini ane ngebahas koleksi material dsb, disini sudah terbayang kalau pemain bakalan bolak-balik ke tempat sama hanya nyari material alias gather, miner dst

Kalau auto bagian ini di hapus sudah pasti mirip konsep permainan battle royal, kita pindah-pindah tempat secara manual tapi bukan segampang battle royal yang nyari perlengkapan lalu perang (PvP)

Melainkan di RPG lebih ke nyari item/material dan peningkatan CP dulu baru PvE lalu PvP kira-kira urutannya gitu kan kalau langsung PvP seperti battle royal bisa-bisa kalah telak emoticon-Big Grin


3. Auto Gather = Contohnya kalau di World of DragonNest setau ane gk ada auto gather tapi gather dan miner ada, artinya setiap jenis permainan punya alasan sendiri kenapa pake dan gk pake auto, penjelasan no.3 ada di no.1


4. ....


Jadi penerapan auto ini ada pengaruh di skala dunia dan pekerjaan karakter/class-nya, misal di misi skala bunuh monsternya bisa sampe kalkulasi ribuan sudah pasti ada autonya

Tapi ada juga yang gk pake! Ada, berarti pertarungannya bukan solo target seperti yang di singgung di awal, misal satu jurus bisa bunuh 5 s/d 7 monster artinya gk perlu pake auto battle, ada juga yang pake! Pasti ada intinya tergantung pengembangnya mau pake atau 100% polos tanpa auto seperti LifeAfter ksks
:terimakasihemoticon-Keep Posting Gan


Guild ente paan gan ? Apa jangan2 ente si Yunche ya ? emoticon-Betty

++++++++++++++

Auto moving pling diterima trutama buat quest klo gk bener2 gila x jln2 sendiri

Auto battle sebaiknya gk perlu krna mematikan kreatifitas pemain

Auto gather sebaiknya juga jgn krna klo ini juga aktif bersamaan auto battle otomatis ni game kyk managing character cuma bertema real time mmorpg
profile-picture
PrinScrup memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
[Ulasan]V4: Victory For
03-08-2020 17:31
Download ah ane hahahah buat gantian mainnya sama BDM emoticon-Jempol
Diubah oleh vitznoya
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[Ulasan]V4: Victory For
04-08-2020 05:40
Mirip sama bdo tapi ane malah miris sama gamers rpg sekarang apalagi yang komentarnya basi

Klo kegampangan minta yang jangan auto, di kasih yang susah ribut juga emoticon-Ngakak (S)
Apalagi yang ribut monoton, rpg mana ada yang engga monoton emoticon-Leh Uga
profile-picture
tikripiw memberi reputasi
1 0
1
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
[Ulasan]V4: Victory For
04-08-2020 14:49
Komentar dalam peninjauan hansip
emoticon-pencetemoticon-Keep Posting Gan
Diubah oleh gamingear
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh KS06
[Ulasan]V4: Victory For
05-08-2020 14:41
daripada onlen mending bikin oplen yg bisa ane beli. mayan grafik kayak gitu jd arpg dengan alur dan misi yg spesifik dan ga diubah ubah. size gede ga masalah. emoticon-Ngacir

sayang juga asset sama waktu buat bikinnya yg lama, tau2 berhenti dan diapus gamenya bikin sedih. emoticon-Mewek
0 0
0
[Ulasan]V4: Victory For
06-08-2020 08:11
Quote:Original Posted By schottkytheory
@causechooser
Ente main juga ya gan? Kirain bener-bener berpedoman teguh sama game anti auto play.

emoticon-Ngakak


@gamingear
Nice thread gan.

emoticon-Toast:


Karena dagangnya mntap jdi ya lanjut ja dah emoticon-Betty

[Ulasan]V4: Victory For
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[Ulasan]V4: Victory For
12-08-2020 07:05
abis kena bomb rating ini game ya?
gue liat di playstore ratingnya cuma 3.1


miris sih, graphic bagus tapi di tangan developer yg salah




emoticon-Turut Berduka
profile-picture
gamingear memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
[Ulasan]V4: Victory For
19-08-2020 11:41
Mirip dragon raja ya fitur2 nya
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia