Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
9
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f0a3f8fe83c7277995f4ee9/cts-penyakit-berbahaya-yang-sering-menyerang-gamer-waspada-gansist
Assalamualaikum warohmatullah wabarokatu. Selamat menjelang siang GanSist! Kali ini ane mau berbagi cerita dikit ajeh. Kejadian akhir tahun lalu, penyakit lama ane kumat. Rasa nyeri, kebas, kesemutan jadi satu dari mulai pergelangan sampai ujung jari tiba-tiba menyerang. Penyebabnya karena ane rada nge-push ngetik ketika mood lagi membaik kala itu, sampe sekarang masih dikit kerasa sih kalo kelama
Lapor Hansip
12-07-2020 05:39

CTS, Penyakit Berbahaya yang Sering Menyerang Gamer. Waspada GanSist!

icon-verified-thread
CTS, Penyakit Berbahaya yang Sering Menyerang Gamer. Waspada GanSist!
CTS, Penyakit Berbahaya yang Sering Menyerang Gamer. Waspada GanSist!

Assalamualaikum warohmatullah wabarokatu.
Selamat menjelang siang GanSist!

Kali ini ane mau berbagi cerita dikit ajeh. Kejadian akhir tahun lalu, penyakit lama ane kumat. Rasa nyeri, kebas, kesemutan jadi satu dari mulai pergelangan sampai ujung jari tiba-tiba menyerang. Penyebabnya karena ane rada nge-push ngetik ketika mood lagi membaik kala itu, sampe sekarang masih dikit kerasa sih kalo kelamaan ngetik atau melakukan aktivitas tangan yang berat. Penyakit ini sempet bikin horror ane tahun 2005. Tanggal 23 April 2005 tepatnya, ane masih inget banget ... soalnya waktu itu mau ke acara ulang tahun temen ane. Karena acaranya sore, paginya ane sempetin ke warnet dulu tuh sampe jam 1an kalo ga salah, di warnet sih udah berasa banget pergelangan tangan rada nyeri cuma masih di tahan. Sampe rumah sepanjang tangan ga bisa digerakin, bukan satu ... tapi dua-duanya berasa sakit banget sampe gerak dikit ajah berasa nusuknya sampai ke tulang. Ane panik luar biasa dan cuma bisa nangis, akhirnya sama emak langsung di bawa ke klinik ... dokternya bingung juga, ga mau asal maen diagnosa ... di suruh lah cek darah ke RS. Jujur ane tuh paling takut sama jarum suntik (waktu itu), akhirnya dengan sedikit bujukan ke emak bilang mungkin cuma pegel biasa akhirnya ane berhasil mangkir dari saran si dokter untuk cek darah dan cuma dirawat di rumah dengan obat-obatan herbal dan penghilang rasa nyeri yang dikasih tante ane yang perawat. Hampir tiga harian lebih tangan ane ga bisa di gerakin, bener2 dipaksa istirahat total dari kegiatan berat yang menggunakan otot tangan. Mandi juga jadi jarang tiga harian itu. Horor ga sih, coba bayangin badan GanSist aktif tapi kedua tangan ga bisa digerakin. Ane yang kala itu masih duduk di SMA kelas dua, udah macem-macem ajah mikirnya. Yah, jangan-jangan aku lumpuh. Hikz!Pokoknya segala pikiran jelek merasuki kepala ane. Untung emak ane telaten, thanks emak!

Dua hari kemarin juga udah mulai lagi ane ngerasain gejalanya, karena ane mulai porsir lagi pergelangan tangan ane untuk kegiatan menulis. Tapi untungnya langsung ane istirahatin total, sekarang udah mendingan.

Nah ane bingung pada akhirnya, sebenernya ane sakit apaan sih?.

Akhirnya ane baru tahu setelah beberapa tahun belakangan ini, ane tuh kena gejala CTS (Carpal Tunnel Syndrome).

CTS, Penyakit Berbahaya yang Sering Menyerang Gamer. Waspada GanSist!


Apaan sih Carpal Tunnel Syndrome?

Carpal Tunnel Syndrome yaitu suatu kondisi umum yang menyebabkan rasa sakit, mati rasa, dan kesemutan yang terjadi di tangan dan lengan. Kondisi ini kerap terjadi ketika salah satu saraf utama ke tangan yaitu saraf median, dipaksa bekerja berat atau di-push saat bergerak melalui pergelangan tangan. 

Carpal Tunnel Syndrome dapat menjadi semakin buruk jika tidak mendapatkan penanganan yang tepat. Sebenarnya, gejalanya dapat dihilangkan dengan tindakan sederhana seperti menggunakan penyangga pada pergelangan tangan atau mengistirahatkan aktivitas yang melibatkan kerja berat pada pergelangan tangan.

Namun, jika tekanan pada saraf median di pergelangan tetap berlanjut, maka disinyalir dapat menyebabkan kerusakan saraf dan gejala yang semakin memburuk. Jika hal itu sudab terjadi, maka operasi lah solusi satu-satunya yang harus ditempuh untuk mengambil tekanan dari saraf median.

Quote:
Animasi dibawah ini akan menjelaskan tentang Carpal Tunnel Syndrome, suatu kondisi di mana tekanan pada saraf median di pergelangan tangan menyebabkan mati rasa, kelemahan, dan rasa sakit di tangan dan pergelangan tangan yang amat sangat. 



So, hati-hati ya GanSist. Awalnya sih sepele, cuma kebas di pergelangan tangan. Tapi kalo gak ditangani dengan cepat bisa jadi sangat berbahaya. Penyakit ini sering menyerang para gamer karena aktivitas ataupun cara memegang mouse yang salah.


CTS, Penyakit Berbahaya yang Sering Menyerang Gamer. Waspada GanSist!


Sumber : Opini Pribadi TS dan CTS
profile-picture
profile-picture
profile-picture
uni214 dan 6 lainnya memberi reputasi
7
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
CTS, Penyakit Berbahaya yang Sering Menyerang Gamer. Waspada GanSist!
12-07-2020 05:39
Horor kalo udah kumat bikin parno
profile-picture
anna1812 memberi reputasi
1 0
1
CTS, Penyakit Berbahaya yang Sering Menyerang Gamer. Waspada GanSist!
12-07-2020 08:24
Untung saja ane ngga gt
profile-picture
anna1812 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
CTS, Penyakit Berbahaya yang Sering Menyerang Gamer. Waspada GanSist!
12-07-2020 08:56
Bukan cuma game nih kayaknya yg kudu ati2. Yg graphic design ama programmer bisa aja kena jg kl kebanyakan kerja lembur.
profile-picture
cattleyaonly memberi reputasi
1 0
1
CTS, Penyakit Berbahaya yang Sering Menyerang Gamer. Waspada GanSist!
12-07-2020 09:48
Pernah sakit tp gak sampai parah sih.
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
CTS, Penyakit Berbahaya yang Sering Menyerang Gamer. Waspada GanSist!
12-07-2020 11:34
Kalo ane seringnya kaya kebas aja di bagian kelingking, itu kalo main game di hape sih. Kalo ngegame di pc atau ngetik gitu pergelangan tangan suka sakit juga
0 0
0
CTS, Penyakit Berbahaya yang Sering Menyerang Gamer. Waspada GanSist!
12-07-2020 19:51
biasa daerah lengan sana sakit kalau abis maen FPS , Moba.. haha kalau gamer biasa kyanya belm tentu
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia