News
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Mau Saldo GoPay? Yuk ikutan Survei ini GanSis!
72
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f09e23ff4d69572e0422ae5/anies-reklamasi-terdahulu-menghasilkan-banjir-reklamasi-ancol-mengendalikan-banjir
JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, reklamasi 17 pulau yang dilakukan pada pemerintahan sebelumnya menghasilkan banjir di Jakarta. Pasalnya, pantai reklamasi kala itu berhadapan dengan Cengkareng Drain dan Muara Sungai Angke. Keduanya dianggap menggangu aliran sungai ke laut lepas dan berpotensi membuat Jakarta banjir. "Lalu (pantai reklamasi) ini juga berhad
Lapor Hansip
11-07-2020 23:01

Anies: Reklamasi Terdahulu Menghasilkan Banjir, Reklamasi Ancol Mengendalikan Banjir

Anies: Reklamasi Terdahulu Menghasilkan Banjir, Reklamasi Ancol Mengendalikan Banjir

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, reklamasi 17 pulau yang dilakukan pada pemerintahan sebelumnya menghasilkan banjir di Jakarta.

Pasalnya, pantai reklamasi kala itu berhadapan dengan Cengkareng Drain dan Muara Sungai Angke.

Keduanya dianggap menggangu aliran sungai ke laut lepas dan berpotensi membuat Jakarta banjir.

"Lalu (pantai reklamasi) ini juga berhadapan dengan kawasan Cengkareng Drain dan muara sungai Angke. Cengkareng Drain dan muara Sungai Angke efeknya mengganggu aliran sungai ke laut lepas," ucap Anies dalam video yang diunggah di Akun Youtube Pemprov DKI, Sabtu (10/7/2020).

"Jadi bukan membantu mengendalikan banjir, tapi malah berpotensi menghasilkan banjir," imbuhnya.

Sedangkan untuk proyek reklamasi Ancol dan Dunia Fantasi (Dufan) seluas 155 hektar yang dikerjakan saat ini diklaim dapat mengurangi banjir bagi warga Ibu Kota.

Alasannya karena penambahan lahan yang dilakukan memanfaatkan hasil kerukan dari waduk dan sungai.

"Sementara di Ancol ini adalah proyek pemerintah untuk melindungi warga Jakarta dari banjir. Lalu dilakukan pengerukan sungai, waduk, yang kemudian menghasilkan lumpur di situ kemudian muncul yang biasa disebut tanah timbul karena penimbunan lumpur di sana," kata dia.

Ia menambahkan, pengerukan dilakukan oleh pemerintah, pengelolaan lahannya juga oleh pemerintah melalui PT Pembangunan Jaya Ancol.

"Pemanfaatannya untuk seluruh rakyat apalagi program ini tidak mengganggu kegiatan nelayan tidak menghalangi aliran sungai mana pun menuju laut dan ini sudah berlangsung selama 11 tahun," tambahnya.

Untuk diketahui, Anies Baswedan menerbitkan izin reklamasi untuk perluasan kawasan Taman Impian Jaya Ancol dan Dunia Fantasi.

Di dalam kepgub tersebut, Anies menyebutkan bahwa yang dilakukan di Ancol dan Dufan adalah perluasan kawasan.

Izin ini tercantum dalam surat Keputusan Gubernur (Kepgub) Nomor 237 Tahun 2020. Kepgub tersebut berisikan tentang izin pelaksanaan perluasan kawasan rekreasi Dufan seluas lebih kurang 35 hektar (ha) dan kawasan rekreasi Taman Impian Jaya Ancol seluas lebih kurang 120 hektar.

Anies meneken Kepgub ini pada 24 Februari 2020 lalu.

"Memberikan izin pelaksanaan perluasan kawasan rekreasi dunia fantasi (Dufan) seluas lebih kurang 35 hektar dan kawasan rekreasi Taman Impian Ancol Timur seluas lebih kurang 120 hektar," tulis Anies dalam Kepgub itu yang diterima Kompas.com.

Kepgub ini juga menyebutkan, pelaksanaan perluasan kawasan terbatas pada pembangunan tanggul penahan, pengurugan material, dan pematangan lahan hasil perluasan kawasan.

Pembangunan di atas lahan perluasan kawasan harus mengacu pada Rencana Tata Ruang Masterplan dan Panduan Rancang Kota (Urban Design Guidelines/UDGL) serta ketentuan peraturan perundang-undangan.

"Hasil pelaksanaan perluasan kawasan sebagaimana dimaksud pada diktum harus disertifikatkan Hak Pengelolaan Lahan (HPL) atas nama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan menjadi beban biaya PT Pembangunan Jaya Ancol, Tbk," tulis Kepgub itu.

Reklamasi ini pun mendapat kritikan dari Koalisi Rakyat untuk Keadilan Perikanan (KIARA) hingga Anggota DPRD DKI.

sumber
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 4 lainnya memberi reputasi
5
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 3
Anies: Reklamasi Terdahulu Menghasilkan Banjir, Reklamasi Ancol Mengendalikan Banjir
11-07-2020 23:03
Bukanya air hujan kalo dialirkan ke laut melawan sunatanmasal Tod?emoticon-fuck


Bat@!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
albi00 dan 5 lainnya memberi reputasi
1 5
-4
Anies: Reklamasi Terdahulu Menghasilkan Banjir, Reklamasi Ancol Mengendalikan Banjir
11-07-2020 23:12
Reklamasi dulu kafir, reklamasi sekarang seiman. Auto halal gitu?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Anies: Reklamasi Terdahulu Menghasilkan Banjir, Reklamasi Ancol Mengendalikan Banjir
11-07-2020 23:12
Menurut bualannya anies proyek ini bisa mengendalikan banjir. Goblog saja kalau masih ada yg percaya bualannya setelah mendengar janji2nya wkt kampanye dl kyk oke oce dimodalin, rumah tapak bagi warga berpenghasilan rendah.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 11 lainnya memberi reputasi
12 0
12
Anies: Reklamasi Terdahulu Menghasilkan Banjir, Reklamasi Ancol Mengendalikan Banjir
11-07-2020 23:17
kentut situ bau, kalau kentut ana wangi bermanfaat menyegarkan ruangan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Anies: Reklamasi Terdahulu Menghasilkan Banjir, Reklamasi Ancol Mengendalikan Banjir
11-07-2020 23:18
itu teteknya anies makin gede aja..siape yg nyedot?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Anies: Reklamasi Terdahulu Menghasilkan Banjir, Reklamasi Ancol Mengendalikan Banjir
11-07-2020 23:19
Memanfaatkan kerukan waduk dan sungai? Waduk sama sungai mana di jakarta yang dikeruk sampe bisa bikin pulau? Kayanya jaman anies jarang ngeruk sungai sama danau
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 9 lainnya memberi reputasi
10 0
10
Lihat 3 balasan
Memuat data ..
Anies: Reklamasi Terdahulu Menghasilkan Banjir, Reklamasi Ancol Mengendalikan Banjir
11-07-2020 23:25
Ahok idiot reklamasi nya bikin banjir
Ini Ancol modif by wan bonbon, mengatasi banjir. Tidak perlu naturalisasi sepanjang sungai, cukup bikin museum nabik. Semwa nya beres emoticon-Cool pegimane..
Dah paham klean ?!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gentho.dalan dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Lihat 3 balasan
Memuat data ..
Anies: Reklamasi Terdahulu Menghasilkan Banjir, Reklamasi Ancol Mengendalikan Banjir
11-07-2020 23:30
biji. masih ada yg percaya kah? emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Anies: Reklamasi Terdahulu Menghasilkan Banjir, Reklamasi Ancol Mengendalikan Banjir
11-07-2020 23:31
bangkek bener ni orang bikin muakemoticon-Najis
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Anies: Reklamasi Terdahulu Menghasilkan Banjir, Reklamasi Ancol Mengendalikan Banjir
11-07-2020 23:52
{thread_title}
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Anies: Reklamasi Terdahulu Menghasilkan Banjir, Reklamasi Ancol Mengendalikan Banjir
11-07-2020 23:56
manusia munafik, sama halnya dengan 7 juta umat babuemoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Anies: Reklamasi Terdahulu Menghasilkan Banjir, Reklamasi Ancol Mengendalikan Banjir
11-07-2020 23:56
uda malem tapi berita si bloon ini muncul terusemoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 9 lainnya memberi reputasi
10 0
10
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Anies: Reklamasi Terdahulu Menghasilkan Banjir, Reklamasi Ancol Mengendalikan Banjir
11-07-2020 23:58
Trus klo tetap banjir bijimane wan? Jelas jelas yg jaman ahok ngk banjir sekarang malah jadi banjir kok emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Anies: Reklamasi Terdahulu Menghasilkan Banjir, Reklamasi Ancol Mengendalikan Banjir
12-07-2020 00:06
Bagi Anies reklamasi Ancol membantu mengendalikan banjir, alasannya dengan penambahan lahan yang memanfaatkan hasil kerukan dari waduk dan sungai. Jadi beda emang reklamasi dahulu pakai material pasir laut, kalau reklamasi Ancol pakai material lumpur, wah pinter Anies, layak jadi insinyur. Ya udah tinggal dibuktikan aja nanti omongan Anies.

btw Semua sudah pada tau kok bahwa permukaan tanah di Jakarta lebih rendah dari permukaan air laut, maka kalau Jakarta kebanjiran itu wajar.

Nah untuk mengatasi penurunan permukaan tanah dan masuknya air laut ke daratan, Pemprov DKI era Ahok kalau ngak keliru punya rencana membangun tanggul, disebut tanggul A, ada pula tanggul B yang nantinya dibangun di depan pulau-pulau reklamasi. Kemudian tanggul C sebagai bagian dari 'Garuda' NCICD, akan di bangun di masa depan nanti. 

Bangun waduk, bangun tanggul, normalisasi sungai, edukasi ke warga dalam memelihara kebersihan sungai, kemudian kerja sama dengan Pemprov Jabar itu lah yang perlu dilakukan dalam mencegah banjir.
Diubah oleh 54m5u4d183
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gentho.dalan dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 3 balasan
Memuat data ..
Anies: Reklamasi Terdahulu Menghasilkan Banjir, Reklamasi Ancol Mengendalikan Banjir
12-07-2020 00:13
reklamasi anies tidak menghasilkan banjir karena menggunakan lumpur hasil kerukan sungai, dari situ akan muncul tanah timbul emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Anies: Reklamasi Terdahulu Menghasilkan Banjir, Reklamasi Ancol Mengendalikan Banjir
12-07-2020 00:14
TOLONG CARI PANDJI PRAGIWARSONO DAN TANYAKAN TANGGAPAN NETRALNYA TTG GACOAN DIA
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Anies: Reklamasi Terdahulu Menghasilkan Banjir, Reklamasi Ancol Mengendalikan Banjir
12-07-2020 00:16
Gak kebayang kalo nanti nih orang bisa jadi presiden..., Indonesia bisa autopilot lagi.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 4 balasan
Memuat data ..
Anies: Reklamasi Terdahulu Menghasilkan Banjir, Reklamasi Ancol Mengendalikan Banjir
12-07-2020 00:20
loh kok jadi reklamasi lagi? kata lu perluasan lahan nus? emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan Cosmoflip memberi reputasi
2 0
2
Anies: Reklamasi Terdahulu Menghasilkan Banjir, Reklamasi Ancol Mengendalikan Banjir
12-07-2020 00:22
sekarang menghasilkan pujian.. emoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan Cosmoflip memberi reputasi
2 0
2
Anies: Reklamasi Terdahulu Menghasilkan Banjir, Reklamasi Ancol Mengendalikan Banjir
12-07-2020 00:32
ada mangrove nya enih pasti!


emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan Cosmoflip memberi reputasi
2 0
2
Halaman 1 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia