Automotive
Batal
KATEGORI
link has been copied
131
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f06d2bc365c4f2bd108b935/mengenang-kiprah-kijang-buaya-mobil-angkutan-niaga-dan-penumpang-yang-melegenda
Nama asli Kijang Buaya adalah Toyota KF10. Kendaraan ini memiliki wujud kotak Dimana pada lampu depannya mengusung lampu dengan desain bulat, yang unik lampu sein depan berada disebelah lampu utama, dengan tambahan grill ditengahnya. Desain lampu belakang juga sama, yakni mengusung lampu kotak juga.
Lapor Hansip
09-07-2020 15:18

Mengenang Kiprah Kijang Buaya, Mobil Angkutan Niaga Dan Penumpang yang Melegenda

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Berjumpa lagi diforum otomotif, kali ini TS kembali hadir dengan pembahasan mobil klasik. Pasti pada betanya-tanya, kenapa judul kali ini TS menulis nama buaya lagi ? Mungkin gan sist, yang sudah pernaha baca tulisan ane, tidak asing dengan nama buaya. Ini adalah tulisan ke 3 TS yang membahas buaya, memang produk Toyota dulu identik dengan buaya. Kalian pasti makin bingung dengan tambahan Kijang didepannya, apakah ada perselingkuhan anatara Kijang dengan Buaya ?, sehingga mobil ini dinamakan Kijang Buaya ? Biar gak penasaran langsung saja kita ke pembahasannya.



Sejarah Kijang Buaya


Mengenang Kiprah Kijang Buaya, Mobil Angkutan Niaga Dan Penumpang yang Melegenda

Kijang Buaya.

Sumber



Ts akan mengajak gan sist semuanya menjadi penjelajah waktu, kita akan kembali ke era 1970-an. Dimana pada tahun itu terjadi kerjasama dibidang otomotif antara Indonesia dan Jepang. Waktu itu Bapak Jusuf Kalla berperan penting dalam masuknya Toyota Buaya ke Indonesia, waktu itu Pak JK menjabat CEO NV Hadji Kalla yang bergerak dibidang ekspor dan impor berbagai jenis barang (CMIIW). Untuk menunjang pertumbuhan ekonomi Indonesia yang semakin meningkat, maka dihadirkan kendaraan yang bisa menunjang berbagai kebutuhan masyarakat tersebut. Pak JK juga yang memberi saran nama Kijang untuk pertama kalinya.


Nama Kijang sendiri sebenarnya bukan berasal dari nama hewan gan sist, tapi asal nama Kijang itu berasal dari singkatan 'Kerjasama Indonesia Jepang' (Kijang). Setelah itu namanya disingkat menjadi Kijang, hasil usulan Pak JK, dan pihak Toyota setuju menamai produknya sesuai dengan nama hewan berkaki empat itu. Sementara nama buaya sendiri terinspirasi dari bentuk moncong mobil ini yang panjang, dan ketika kap mesin dibuka, maka mobil ini akan terlihat seperti mulut buaya yang menganga. Dimana nama buaya juga melekat pada produk bus dan truknya, dimana mereka memiliki moncong yang panjang dan dijuluki buaya juga.


Waktu itu Toyota menghadirkan jenis mobil pick up, mobil ini bentuknya full kotak. Terlihat seperti kotak buah yang hanya ditempeli 4 roda, menjadi ciri khasnya waktu itu. Mobil ini pertama kali diperkenalkan tahun 1975 pada Pekan Raya Jakarta, disaksikan oleh Presiden Soeharto dan Gubernur DKI Ali Sadikin. Mulai diproduksi dan dipasarkan tahun 1975-1981, tahun pertama, Kijang Buaya memproduksi 1.168 unit. Tiga tahun kemudian di tahun 1978, Toyota menambah produksi mencapai 4.624 unit dan terus meningkat pada tahun berikutnya. Mobil ini sukses menjadi pilihan utama masayarakat waktu itu, padahal saat itu ada Mitsubishi Colt T120 yang menjadi saingan utamanya, tapi Kijang Buaya berhasil memikat hati masyarakat Indonesia untuk ikut memilihnya.



Toyota KF 10


Nama asli Kijang Buaya adalah Toyota KF10, kita bahas eksterior dulu gan sist. Seperti yang TS bahas diatas, kendaraan ini memiliki wujud kotak. Dimana pada lampu depannya mengusung lampu dengan desain bulat, yang unik lampu sein depan berada disebelah lampu utama, dengan tambahan grill ditengahnya. Desain lampu belakang juga sama, yakni mengusung lampu kotak juga.


Yang unik lagi dari produk pick up Toyota ini, adalah bagain kedua jendela pintunya yang tidak dipasangi kaca. Sebagai ganti kaca, dikedua sisi pintunya diberi penutup berupa terpal dan plastik yang didesain sesuai ukuran lubang pintu tersebut. Entah mengapa Toyota tidak memberi kaca jendela pada desain pick upnya, pasti akan repot jika hujan turun dan kita tidak sempat menutup bagian jendelanya. Kalau pas hujan kita tinggal menarik penutup berupa terpal plastik kebawah, pas sudah reda, terpal bisa kita gulung kembali ke atas.


Yang nyleneh dari desain pick up ini pada pintunya gan sist, pada era 70-an mobil ini gak punya sistem keamanan yang mumpuni. Yap mobil ini tidak dilengkapi kunci pada pintunya, terbesit pertanyaan dalam benak TS. Apakah gak takut dicuri ya mobilnya ? Tapi mengingat mobil ini hadir diera Si Mbah, untuk kasus pencurian sepertinya gak terlalu banyak ya (cmiiw). Satu lagi yang unik, untuk membuka pintunya, dibuatkan daun pintu seukuran engsel pintu rumah. Setipa kali membuka pintu pasti terdengar suara dencitannya, untuk ukuran mobil jadul. Toyota Kijang Buaya termasuk mobil yang nyleneh menurut TS.


Mengenang Kiprah Kijang Buaya, Mobil Angkutan Niaga Dan Penumpang yang Melegenda

Mengenang Kiprah Kijang Buaya, Mobil Angkutan Niaga Dan Penumpang yang Melegenda

Tampak depan dam belakangnya.

Sumber Foto di Atas




Mengenang Kiprah Kijang Buaya, Mobil Angkutan Niaga Dan Penumpang yang Melegenda

Kalau pas hujan begini cara nutup jendelanya, jangan harap ada kaca emoticon-Hammer (S).

Sumber



Belum cukup hal nyleneh dari sisi luar, dibagian dalamnya juga gak kalah nyleneh. Dimana posisi untuk pengemudi terlalu ke tengah, lazimnya posisi pengemudi tepat ke pinggir disamping pintu. Untuk lebih jelasnya TS akan berikan fotonya dibawah. Untuk Kijang Buaya memang posisi bagi pengemudi agak digeser sedikit ke tengah, masalah juga muncul saat tuas transmisinya sendiri juga sulit dijangkau. Untuk interior terkesan sederhana mulai dari dashboard dan speedometernya, gak begitu istimewa menurut TS.


Mengenang Kiprah Kijang Buaya, Mobil Angkutan Niaga Dan Penumpang yang Melegenda

Interior Si Kijang Buaya. Ada yang bisa menemukan keanehannya ? emoticon-Big Grin

Sumber



Mengenang Kiprah Kijang Buaya, Mobil Angkutan Niaga Dan Penumpang yang Melegenda

Lihat setir yang TS maksud agak ke tengah, sudah ane lingkari warna merah.

Sumber Foto




Kita masuk ke sektor mesin Kijang Buaya ini memiliki mesin yang sama dengan milik sedan Toyota Corolla tipe KE20 pada masanya, mengusung mesin bensin dengan kode 3K berkapasitas 1.200 cc. Dengan 4 silinder segaris, tenaga maksimum mencapai 55 HP pada 6000 Rpm sedangkan torsi maksimum mencapai 93 Nm pada 3800 rpm. Tenaga mesin kemudian disalurkan pada transmisi manual 4 kecepatan.


Mesinnya juga lumayan tangguh dan bandel pada masanya, karena waktu kecil dulu tetangga TS ada yang punya versi pick upnya dan digunakan untuk mengangkut hasil pertanian dan peternakan. Kalau ada yang mau menambahkan soal mesinnya bisa dishare dibawah ya gan.


Selain dijadikan pick up, Kijang Buaya juga dikaroserikan dan dibuat mobil penumpang. Karena dari pabrikan Toyota belum menghadirkan versi mobil penumpang kala itu, maka pembeli mengirimnya ke karoseri untuk dibuatkan body, dengan dibekali 5 pintu serta memiliki body yang panjang. Ciri khas unik dari mobil versi penumpangnya adalah pemasangan rak atau wadah barang diatas atapnya, untuk tempat barang. Bisa dilihat foto dibawah ini.


Mengenang Kiprah Kijang Buaya, Mobil Angkutan Niaga Dan Penumpang yang Melegenda

Versi pick up Kijang Buaya.

Sumber


Mengenang Kiprah Kijang Buaya, Mobil Angkutan Niaga Dan Penumpang yang Melegenda

Rak diatas atap yang TS maksud.


Mengenang Kiprah Kijang Buaya, Mobil Angkutan Niaga Dan Penumpang yang Melegenda


Kijang Buaya versi mobil penumpang.

Sumber Foto





Berhenti Produksi Tahun 1981


Toyota Kijang generasi pertama ini berhenti diproduksi tahun 1981, diteruskan generasi ke dua yang sama-sama bernama Kijang. Kijang ke 2 ini diberi nama Doyok oleh orang Indonesia. Dan kemudian varian terbaru Kijang sampai saat ini diteruskan oleh Toyota Kijang Inova yang memiliki fitur dan body lebih modern.


Toyota Kijang pick up generasi pertama dijual dengan harga Rp 1.300.000. Toyota Kijang Buaya lebih murah Rp 50.000 daripada pick up Suzuki dan lebih murah Rp 350.000 dari legemda pick up Mitsubishi, yaitu seri Colt T120. Cukup terjangkau ya gan sist kalau kita bandingkan harganya pada zaman sekarang, tapi memang angka segitu termasuk mahal pada masanya. Dan terhitung murah pada masa sekarang.


Mengenang Kiprah Kijang Buaya, Mobil Angkutan Niaga Dan Penumpang yang Melegenda

Generasi terbaru Kijang.

Sumber



Tak terasa Toyota Kijang sudah menemani perjalanan orang Indonesia lebih dari 40 tahun, tepatnya sudah 45 tahun lamanya. Dan harus kita akui, Jepang menjadi kiblat otomotif sekaligus produknya menjadi andalan masyarakat Indonesia hingga saat ini. Digarasi rumah kita pasti pernah dan mungkin masih ada mobil atau motor buatan Jepang.


Sekian dulu ulasan mobil klasiknya, bagi yang mau mengkoreksi atau menambahkan ulasan kali ini, TS mengundang kalian untuk hadir dikolom komentar. Bagi yang masih punya unit Kijang Buaya digarasi rumahnya boleh banget kalau mau share foto atau pengalamannya merawat Si Kijang Buaya disini, sampai jumpa lagi. Enjoy Kaskus emoticon-Angkat Beer


Mengenang Kiprah Kijang Buaya, Mobil Angkutan Niaga Dan Penumpang yang Melegenda

In Memory, Kijang Buaya

Sumber




Referensi: 1.2.3.4.5
Ilustrasi: blog otomotif dan google image
Diubah oleh si.matamalaikat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yuki26 dan 49 lainnya memberi reputasi
50
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 5
Mengenang Kiprah Kijang Buaya, Mobil Angkutan Niaga Dan Penumpang yang Melegenda
09-07-2020 15:18
Cendol untuk semua yang udah berbagi pengalaman dan komen dilapak ini emoticon-Blue Guy Cendol (L)

Quote:Original Posted By jagotorpedo
ternyata si Doyok tuh generasi 2...
kirain varian awal..

di tempat gw masi ada kijang punya polisi, yg terbuka tempat duduknya hadap luar...emoticon-Big Grin (tp gak tau masi operasional apa nggak)

kalo gak salah jd kendaraan inventarisnya TNI-AL jg dulu (gw sering diajak alm babe keliling naik kijang jadul ini akhir 80anemoticon-Big Grin)


Quote:Original Posted By Gailham
Ane soal mesin masih sangat awam nih, gak paham apa itu torsi, tarikan, dsb emoticon-Hammer2

BTW ane punya kenangan masa kecil ama nih kendaraan. Sempet dimiliki alm. kakek ane buat menunjang usaha beliau dari era 1980-an hingga akhirnya dijual di tahun 2000-an awal setelah perannya digantikan Carry. Warnanya ijo sehingga kami menjulukinya mobil ijo emoticon-Big Grin

Interiornya persis seperti dokumentasi TS, sederhana dan kursinya loss menyatu supir-penumpang. Tongkat transmisinya unik soalnya memanjang langsung ke bawah. Dan handrem.nya disisi paling kanan, tersembunyi dibalik kursi supir. Dulu ane suka heran nih mobil kenapa kotak, padahal yang lainnya udah mulus melengkung. Belum kenal istilah aerodinamis dulu hahaha emoticon-Big Grin


Quote:Original Posted By jlamp
Baru tau ternyata Kijang itu singkatan kerjasama Indonesia-Jepang..
Pernah nyetir yang versi doyok Om.. buset deh, kopling keras, setir oleng, rem gak pakem.. Pokoknya menakutkan lah.
emoticon-Takut


Quote:Original Posted By indrag057
Nah, ini. pertama kali belajar nyetir dulu pake mobil jenis ini. tempat kursusnya di sebelah terminal wonogiri. setirnya berat bnget coy, cz blom kenal yg namanya power sterring, klw mo oper gigi injek pedal kopling sampai keluar urat, dan tongkat persnellingnya panjang banget kaya stick golfemoticon-Ngakak


Quote:Original Posted By nowbitool
Katanya masih baja yah, pelat bodinya?
Terus karena keterbatasan kemampuan produksi itu pelat-pelat bodi cuman di las...

Udah sangat jarang liat nih mobil, biasanya mobil tua bangkotan begini berakhir jadi pengangkut bahan bangunan...


Quote:Original Posted By kuciank
Pantas aja bapak ane terpaksa Jual kijang ini
dah reot mobil niaga pickupnya,
mungkin pembeli dijadiin Pimp my Car,
ya mungkin jaman dulu orang mimpi punya mobil ini, tapi dah banyak uang direstorasi emoticon-Big Grin
Walau boros mesinnya cukup awet gan, ga ngeyel, krn mesinnya tipe karbu dan sederhana,
klo mesin skarang ane gak ngerti pake ECU,
Vitec, vvti wkwkwk emoticon-Hammer (S)
Ribet ane blajar lagi emoticon-Big Grin


Quote:Original Posted By ardian76
Tidak bisa dipungkiri kalo mesin langsiran Toyota tipe K adalah mesin tahan banting dan mudah dalam perawatan.

Mengenang Kiprah Kijang Buaya, Mobil Angkutan Niaga Dan Penumpang yang Melegenda

Seperti yang Om TS tulis, Toyota Kijang Buaya atau KF10 menggendong mesin Toyota tipe 3K dengan mekanisme katup Over Head Valve (OHV).

Mengenang Kiprah Kijang Buaya, Mobil Angkutan Niaga Dan Penumpang yang Melegenda

Di daerah ane, dulu Kijang KF10 versi minibus banyak yg dijadikan angkot.
Saat ini sudah tidak pernah lagi tampak si Buaya merayap dijalanan.

tekape 1


Quote:Original Posted By coens1982
Ceritanya nih sibuaya tak lepas dari dorongan pemerintah pada tahun 70an untuk mengembangkan mobnas dengan tujuan membuat kendaraan serbaguna yang harganya terjangkau.

Tapi menurut sebagian cerita nama Kijang sendiri digunakan karena kendaraan ini di Filipina telah dulu menggunakan nama Tamaraw yang berarti kerbau. Maka kemudian dipilih nama Kijang dan mungkin bila pakai teori cocokologi dengan akronim Kerjasama Indonesia Jepang pas juga emoticon-Leh Uga


Quote:Original Posted By uwiwi
udah pada di jadiin odong2 kereta


Quote:Original Posted By davecchio
Dulu sering ke peternakan om saya, naek versi yg uda pakai kaca di pintunya, trus ada terpal dari dalam, kalau kacanya diturunin, terpalnya dikibas keluar buat senderan tangan..
Dashboardnya itu loh, terbuat dari besi... Kalau taro barang, lewatin jalan rusak, barangnya loncat2, good old days...
Diubah oleh si.matamalaikat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Tonozz dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Mengenang Kiprah Kijang Buaya, Mobil Angkutan Niaga Dan Penumpang yang Melegenda
09-07-2020 15:49
ternyata si Doyok tuh generasi 2...
kirain varian awal..

di tempat gw masi ada kijang punya polisi, yg terbuka tempat duduknya hadap luar...emoticon-Big Grin (tp gak tau masi operasional apa nggak)

kalo gak salah jd kendaraan inventarisnya TNI-AL jg dulu (gw sering diajak alm babe keliling naik kijang jadul ini akhir 80anemoticon-Big Grin)
Diubah oleh jagotorpedo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Mengenang Kiprah Kijang Buaya, Mobil Angkutan Niaga Dan Penumpang yang Melegenda
09-07-2020 16:00
abis ini kijang betina apa kijang jantan?emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 3 balasan
Memuat data ..
Mengenang Kiprah Kijang Buaya, Mobil Angkutan Niaga Dan Penumpang yang Melegenda
09-07-2020 16:03
Ane soal mesin masih sangat awam nih, gak paham apa itu torsi, tarikan, dsb emoticon-Hammer2

BTW ane punya kenangan masa kecil ama nih kendaraan. Sempet dimiliki alm. kakek ane buat menunjang usaha beliau dari era 1980-an hingga akhirnya dijual di tahun 2000-an awal setelah perannya digantikan Carry. Warnanya ijo sehingga kami menjulukinya mobil ijo emoticon-Big Grin

Interiornya persis seperti dokumentasi TS, sederhana dan kursinya loss menyatu supir-penumpang. Tongkat transmisinya unik soalnya memanjang langsung ke bawah. Dan handrem.nya disisi paling kanan, tersembunyi dibalik kursi supir. Dulu ane suka heran nih mobil kenapa kotak, padahal yang lainnya udah mulus melengkung. Belum kenal istilah aerodinamis dulu hahaha emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Mengenang Kiprah Kijang Buaya, Mobil Angkutan Niaga Dan Penumpang yang Melegenda
09-07-2020 16:46
Alesannya apa ya nggak ngasih kaca jendela samping? Heran deh ane ganemoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 5 balasan
Memuat data ..
Mengenang Kiprah Kijang Buaya, Mobil Angkutan Niaga Dan Penumpang yang Melegenda
09-07-2020 16:51
Baru tau ternyata Kijang itu singkatan kerjasama Indonesia-Jepang..
Pernah nyetir yang versi doyok Om.. buset deh, kopling keras, setir oleng, rem gak pakem.. Pokoknya menakutkan lah.
emoticon-Takut
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Mengenang Kiprah Kijang Buaya, Mobil Angkutan Niaga Dan Penumpang yang Melegenda
09-07-2020 17:44
Nah, ini. pertama kali belajar nyetir dulu pake mobil jenis ini. tempat kursusnya di sebelah terminal wonogiri. setirnya berat bnget coy, cz blom kenal yg namanya power sterring, klw mo oper gigi injek pedal kopling sampai keluar urat, dan tongkat persnellingnya panjang banget kaya stick golfemoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 3 balasan
Memuat data ..
Mengenang Kiprah Kijang Buaya, Mobil Angkutan Niaga Dan Penumpang yang Melegenda
09-07-2020 18:13
Quote:Original Posted By jlamp
coba kalo mobil kursus sekarang pake kijang ini.. dijamin lulus siap bawa angkot.. emoticon-Big Grin


Hahaha, bisa jd gan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
qoni77 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Mengenang Kiprah Kijang Buaya, Mobil Angkutan Niaga Dan Penumpang yang Melegenda
09-07-2020 18:20
Katanya masih baja yah, pelat bodinya?
Terus karena keterbatasan kemampuan produksi itu pelat-pelat bodi cuman di las...

Udah sangat jarang liat nih mobil, biasanya mobil tua bangkotan begini berakhir jadi pengangkut bahan bangunan...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
qoni77 dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Mengenang Kiprah Kijang Buaya, Mobil Angkutan Niaga Dan Penumpang yang Melegenda
09-07-2020 18:23
Pantas aja bapak ane terpaksa Jual kijang ini
dah reot mobil niaga pickupnya,
mungkin pembeli dijadiin Pimp my Car,
ya mungkin jaman dulu orang mimpi punya mobil ini, tapi dah banyak uang direstorasi emoticon-Big Grin
Walau boros mesinnya cukup awet gan, ga ngeyel, krn mesinnya tipe karbu dan sederhana,
klo mesin skarang ane gak ngerti pake ECU,
Vitec, vvti wkwkwk emoticon-Hammer (S)
Ribet ane blajar lagi emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Mengenang Kiprah Kijang Buaya, Mobil Angkutan Niaga Dan Penumpang yang Melegenda
09-07-2020 18:50
Tidak bisa dipungkiri kalo mesin langsiran Toyota tipe K adalah mesin tahan banting dan mudah dalam perawatan.

Mengenang Kiprah Kijang Buaya, Mobil Angkutan Niaga Dan Penumpang yang Melegenda

Seperti yang Om TS tulis, Toyota Kijang Buaya atau KF10 menggendong mesin Toyota tipe 3K dengan mekanisme katup Over Head Valve (OHV).

Mengenang Kiprah Kijang Buaya, Mobil Angkutan Niaga Dan Penumpang yang Melegenda

Di daerah ane, dulu Kijang KF10 versi minibus banyak yg dijadikan angkot.
Saat ini sudah tidak pernah lagi tampak si Buaya merayap dijalanan.

tekape 1
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Mengenang Kiprah Kijang Buaya, Mobil Angkutan Niaga Dan Penumpang yang Melegenda
09-07-2020 18:52
Quote:Original Posted By jagotorpedo
serba keras/berat, anggep aja fitness..
kelar nyetir udah jd binaraga..emoticon-Leh Uga


Hehe, iya gan, kursus nyetir dapat bonus fitnessemoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Mengenang Kiprah Kijang Buaya, Mobil Angkutan Niaga Dan Penumpang yang Melegenda
09-07-2020 18:56
Quote:Original Posted By kuciank
Mayan Gan
lengan gede dibuatnya
emoticon-Leh Uga


Bukan cma lengan gan, betisnya jgemoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
qoni77 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Mengenang Kiprah Kijang Buaya, Mobil Angkutan Niaga Dan Penumpang yang Melegenda
09-07-2020 19:00
Ceritanya nih sibuaya tak lepas dari dorongan pemerintah pada tahun 70an untuk mengembangkan mobnas dengan tujuan membuat kendaraan serbaguna yang harganya terjangkau.

Tapi menurut sebagian cerita nama Kijang sendiri digunakan karena kendaraan ini di Filipina telah dulu menggunakan nama Tamaraw yang berarti kerbau. Maka kemudian dipilih nama Kijang dan mungkin bila pakai teori cocokologi dengan akronim Kerjasama Indonesia Jepang pas juga emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan jagotorpedo memberi reputasi
2 0
2
Mengenang Kiprah Kijang Buaya, Mobil Angkutan Niaga Dan Penumpang yang Melegenda
09-07-2020 19:14
udah pada di jadiin odong2 kereta
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan indrag057 memberi reputasi
2 0
2
Mengenang Kiprah Kijang Buaya, Mobil Angkutan Niaga Dan Penumpang yang Melegenda
09-07-2020 19:19
Quote:Original Posted By kuciank
Iya,
Gak butuh lagi deh nembak sim klo dah ngerti bawa ini emoticon-Malu


Iya gan, tapi dlu sempet ngulang jg pas ujian praktek, gegara grogi
profile-picture
si.matamalaikat memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Mengenang Kiprah Kijang Buaya, Mobil Angkutan Niaga Dan Penumpang yang Melegenda
09-07-2020 20:00
t120 itu awal keluar taun brp gan? dulu bokap gw jg punya itu t120 minibus, bandelnya bukan main dah, bawa full penumpang + barang lewat bukit2 terjal ngga pernah masalah...
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan jagotorpedo memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Mengenang Kiprah Kijang Buaya, Mobil Angkutan Niaga Dan Penumpang yang Melegenda
09-07-2020 21:38
Quote:Original Posted By kuciank
Orang grogi itu baik kok,
pelan pelan nyetir,
peratiin kiri kanan,
mo belok mikir mikir juga pindah pindah gigi,
nanti klo dah terbiasa gak ada lagi grogi emoticon-Big Grin
kadang body lecet karna parkir kegores pagar
buat diri hrus lebih baik lagi mengemudi emoticon-Big Grin
ya lebih baik rata rata orang kayak gitu nanti hasilnya, klo ga mampu lewat jalan sempit,
Misalnya di tepi jurang minta bantuan profesional,
ya ane org yg ga mau ambil resiko gan emoticon-Big Grin
krn keselamatan ane utama emoticon-Big Grin


Iya gan, betul tuh. Awal awal grogi tuh dah biasa. Yang penting dibiasain, belajar tiap hari. Tar lama lama juga lancar. Dan namanya di jalan, keselamatan memang nomor satu
profile-picture
si.matamalaikat memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Mengenang Kiprah Kijang Buaya, Mobil Angkutan Niaga Dan Penumpang yang Melegenda
09-07-2020 21:40
Quote:Original Posted By ardian76
Mana setirnya kurus, licin pulak emoticon-Frown
Kalo nginjek pedal kopling kudu pake tenaga dalam emoticon-Big Grin


Betul gan. Mangkanya rata2 setirnya tuh dibungkus pake kain atau kulit gtu ma yg punya
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan ardian76 memberi reputasi
2 0
2
Mengenang Kiprah Kijang Buaya, Mobil Angkutan Niaga Dan Penumpang yang Melegenda
09-07-2020 22:32
Quote:Original Posted By kuciank
Iya Gan,
lagian klo ada kemampuan nyetir,
Berguna, emoticon-Big Grin
Misalnya keadaan mendadak ato mendesak,
gak punya mobil pun ga masalah,
misalnya, ngantar org sakit krumah sakit
Tetangga punya mobil, g ada yg pandai bawa,
ya membantu yg pandai nyetir emoticon-Big Grin


Betul gan, skill, kemampuan, keahlian, apapun itu, pasti akan berguna. Semakin banyak skill seseorang, makin berguna jg dia bwt lingkungan sekitar. Ane sndri jg skrng dah jarang bnget bawa mobil, lebih sering pake motor. Lebih simple
profile-picture
profile-picture
qoni77 dan si.matamalaikat memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Halaman 1 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia