Automotive
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Mau Saldo GoPay? Yuk ikutan Survei ini GanSis!
9
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f0462628d9b17435f46dc10/perbedaan-aki-kering-dan-basah-agan-pilih-yang-mana
Aki sendiri sebenarnya ada dua jenis yang beredar di pasaran, yakni aki kering dan aki basah. Kedua jenis aki ini sama – sama menggunakan cairan elektroda atau biasa kita sebut air aki.
Lapor Hansip
07-07-2020 18:54

Perbedaan Aki Kering dan Basah, Agan Pilih yang Mana?

Past Hot Thread

Aki menjadi salah satu komponen kendaraan yang cukup penting. Pada mobil, jika aki nya udah gak bisa ngalirin arus, otomatis mobil gak nyala. Karena penting, makanya disarankan untuk pengguna rajin merawatnya. Nah, aki sendiri sebenarnya ada dua jenis yang beredar di pasaran, yakni aki kering dan aki basah. Kedua jenis aki ini sama – sama menggunakan cairan elektroda atau biasa kita sebut air aki. So, apa perbedaan dari kedua jenis aki ini?
Perbedaan Aki Kering dan Basah, Agan Pilih yang Mana?

Dari sisi usia pakai, umumnya aki kering memiliki durasi pakai yang lebih lama. Aki basah biasanya cuma bertahan sampai satu tahun GanSis. Tapi meskipun demikian, usia pakai ini juga tergantung dari cara memperlakukan kendaraan. Jika pengguna jarang manasin mobil, padahal tu mobil jarang dipake, maka aki akan cepat soak, ini berlaku untuk aki basah dan kering GanSis.

Untuk perawatan, aki basah membutuhkan perawatan yang rutin untuk menjaga peformanya. Salah satu langkah perawatannya adalah dengan rutin memerikasa kadar air di dalam aki. Selain itu, aki basah juga butuh perawatan berupak pembersihan kutup positif dan negatif. Sementara aki kering, pengguna hanya tinggal pake tanpa harus repot – repot melakukan perawatan.

Nah, karena usia pakenya relatif lebih lama dan gak perlu adanya perawatan, makanya gak heran kalau aki kering memiliki harga yang jauh lebih mahal dari aki basah. Sebagai contoh, harga aki basah untuk mobil keluarga biasanya Rp 700 ribu – Rp 1 juta. Sementara untuk aki kering dengan tipe mobil yang sama, dijual dengan harga Rp 1,5 juta.



profile-picture
jlamp memberi reputasi
1
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Perbedaan Aki Kering dan Basah, Agan Pilih yang Mana?
08-07-2020 13:20
standar LMPV ane sih aki basyah... kalo misalnya soak ntar mo nyoba yang kering ah.. kali aja awet.

soale males ngisi aer aki nya..
emoticon-Sundul Up
0 0
0
Perbedaan Aki Kering dan Basah, Agan Pilih yang Mana?
08-07-2020 13:27
setahu saya akinkering dengan aki basah lebih awet aki basah..tp semua itu juga tergantung pemakaian.jika agan semua memakai kendaraan agan setiap hari maka lebih baik pakai aki basah
profile-picture
vincentzero memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Perbedaan Aki Kering dan Basah, Agan Pilih yang Mana?
08-07-2020 14:24
mobil2 tertentu kayak jazz gitu aki basah lebih awet. makanya garansinya kalau misal di GS punya, itu aki kering buat jazz cuman 6 bulan. rata-rata 12-24 bulan mobil
0 0
0
Perbedaan Aki Kering dan Basah, Agan Pilih yang Mana?
08-07-2020 14:39
Ane pernah pake jazz boros banget akinya, saat itu pake kering. semenjak itu sampe sekarang ane pake basah. Repot dikit tapi usia lebih panjang.

Menurut analisa ane, kalo pemakaian apik antara kering dan basah umurnya tetep panjang Aki basah emoticon-Toast
0 0
0
Perbedaan Aki Kering dan Basah, Agan Pilih yang Mana?
08-07-2020 18:56
setau ane usia aki basah lebih lama dr pd aki kering gan. asal dirawat dg baik. kita harus sering kontrol air aki nya.

klo usia aki kering itu sktr 2 tahunan tp kita ga usah bingung perawatan, makanya dikasih nama MF atau Maintenance Free.

tp pengalaman ane pake aki kering nih gan bisa hampir 6 thn baru ganti. karena mmg tiap hari motor ane pake kerja dijalan gan.

apa klo sering dipake maka arus listrik sering jg terisi, jadi bikin awet gt?
0 0
0
Perbedaan Aki Kering dan Basah, Agan Pilih yang Mana?
09-07-2020 17:11
aki kering sih, karena free maintenis
0 0
0
Perbedaan Aki Kering dan Basah, Agan Pilih yang Mana?
09-07-2020 19:19
Setau ane pemakai aki basah dulu, aki merah pengisian sekali seumur hidup aki, aki biru, diperlukan, ya untuk cek rutin biar starter nyala,
dan isi, emoticon-Big Grin
0 0
0
Perbedaan Aki Kering dan Basah, Agan Pilih yang Mana?
10-07-2020 10:33
emoticon-Jempol
profile-picture
manusabukit memberi reputasi
1 0
1
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia