News
Batal
KATEGORI
link has been copied
78
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f032a300577a90a3f25fb87/edhy-prabowo-seekor-lobster-bisa-bertelur-hingga-1-juta
JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP), Edhy Prabowo, menyebut dibukanya kembali ekspor benih lobster dilakukan semata demi menyejahterakan rakyat. Padahal, ekspor benur merupakan aktivitas terlarang di era Menteri KKP, Susi Pudjiastuti. Politisi Partai Gerindra ini menampik jika dibukanya ekspor benih lobster bisa mengancam keberlangsungan ekosistem. Sebaliknya, pelegalan eksp
Lapor Hansip
06-07-2020 20:42

Edhy Prabowo: Seekor Lobster Bisa Bertelur Hingga 1 Juta

Edhy Prabowo: Seekor Lobster Bisa Bertelur Hingga 1 Juta

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP), Edhy Prabowo, menyebut dibukanya kembali ekspor benih lobster dilakukan semata demi menyejahterakan rakyat. Padahal, ekspor benur merupakan aktivitas terlarang di era Menteri KKP, Susi Pudjiastuti.

Politisi Partai Gerindra ini menampik jika dibukanya ekspor benih lobster bisa mengancam keberlangsungan ekosistem. Sebaliknya, pelegalan ekspor bisa menutup celah penyelundupan.

"Satu ekor lobster bisa bertelur hingga satu juta," kata Edhy Prabowo dalam Rapat Kerja dengan Komisi IV DPR RI seperti dikutip dari Antara, Senin (6/7/2020).

Edhy memaparkan seandainya lobster ditinggalkan di alam, maka diperkirakan jumlah telur yang bisa mencapai dewasa hanya sekitar 0,2 persen.

Namun, lanjutnya, bila dibudidayakan, maka telur lobster dapat mencapai dewasa hingga sekitar 30 persen.

"Wilayah kita terlalu luas, saya sangat yakin akan menghasilkan nilai ekonomi," kata Edhy.

Kebijakan yang kembali menginzinkan ekspor benih lobster tertuang dalam Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 12 Tahun 2020.

Regulasi ini mengatur pengelolaan hasil perikanan seperti lobster (Panulirus spp.), kepiting (Scylla spp.), dan rajunfan (Portunus spp.).

Aturan ini sekaligus merevisi aturan larangan ekspor benih lobster yang dibuat di era Susi yakni Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 56 Tahun 2016.

Edhy menegaskan, kebijakan pembukaan ekspor benur dilakukan untuk nelayan yang menggantungkan hidup dari menangkap benih lobster.

Selain itu, kebijakan tersebut juga ditujukan untuk membangkitkan geliat pembudidayaan lobster di berbagai daerah. Pemerintah juga terus meningkatkan akses permodalan lewat Kredit Usaha Rakyat (KUR) di sektor perikanan.

Demi kesejahteraan nelayan
Edhy menginginkan publik dapat melihat kebijakan itu secara utuh dengan mengingat arah kebijakan pembangunan kelautan dan perikanan meliputi perlindungan dan pemberdayaan serta peningkatan pendapatan nelayan.

"Yang paling penting, izin itu dibuat untuk kesejahteraan, manfaat atau tidak ke masyarakat," ujar Edhy.

Dia juga mengemukakan berbagai kekurangan yang ada akan disempurnakan dan seluruh saran serta masukan bakal menjadi bahan acuan perbaikan ke depannya.

Dia menegaskan bahwa prioritas utama pemerintah adalah mengembangkan budi daya lobster dan bukan ekspor, karena ada berbagai persyaratan yang harus dipenuhi agar bisa mengekspor benih lobster.

"Prioritas pertama itu budi daya, kita ajak siapa saja, mau koperasi, korporasi, perorangan silahkan, yang penting ada aturannya. Pertama harus punya kemampuan budi daya. Jangan tergiur hanya karena ekspor mudah, untungnya banyak," kata dia.

Ia mengemukakan, bahwa eksportir harus membeli benih lobster dari nelayan dengan harga di atas Rp 5.000 per ekor. Harga itu lebih tinggi dibanding ketika masih berlakunya aturan larangan pengambilan benih lobster.

KKP juga mewajibkan eksportir menggandeng nelayan dalam menjalankan usaha budi daya lobster.

Edhy ingin nelayan tidak hanya mendapat keuntungan ekonomis dari menjual benih lobster, tapi juga mendapat pengetahuan tentang berbudi daya.

"Selain kemampuan budi daya, berkomitmen ramah lingkungan tidak merusak, dan yang paling penting berkomitmen dengan nelayannya sendiri. Dia harus satu garis dan dia harus membina nelayannya sendiri," ujarnya.

Edhy memastikan proses seleksi untuk menjadi eksportir benih lobster terbuka untuk siapa saja baik perusahaan maupun koperasi berbadan hukum.

Diungkapkannya, perusahaan mana pun yang ingin menjadi eksportir benih lobster sangat terbuka. Namun ia memastikan pihaknya melakukan verifikasi.

"Masalah perusahaan, masalah siapa yang diajak, kami tidak membatasi dia harus perusahaan, koperasi boleh. Tapi kami tidak bisa menentukan siapa. Siapa yang mendaftar, kami terima, dan terus diverifikasi," kata Edhy.

Edhy menyebut, para calon eksportir itu telah mendaftar sebagai calon eksportir dan data-datanya telah diverifikasi oleh tim KKP. Bila mereka telah memenuhi beberapa persyaratan yang ditentukan, praktis ekspor boleh dilakukan.

Adapun hingga kini, KKP telah memverifikasi 31 perusahaan calon eksportir. Sedangkan yang diumumkan ada 26 perusahaan, yang belum lama ini dibeberkan oleh mantan Menteri KP, Susi Pudjiastuti.

"Sampai hari ini, sudah ada 31 perusahaan yang diverifikasi, 26 yang diumumkan. Laut kita terlalu luas, dan sektor ini akan menghasilkan nilai ekonomi untuk masyarakat yang tadinya bergantung bisa hidup kembali. Jadi ini yang kami matangkan," kata Edhy.

sumber
profile-picture
profile-picture
profile-picture
istijabah dan 4 lainnya memberi reputasi
5
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 4
Edhy Prabowo: Seekor Lobster Bisa Bertelur Hingga 1 Juta
06-07-2020 20:45
terus lo kira, dari 1 juta kagak ada yang mati apa emoticon-Gila
profile-picture
profile-picture
profile-picture
supersignalgsm dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Edhy Prabowo: Seekor Lobster Bisa Bertelur Hingga 1 Juta
06-07-2020 20:50
Ya yang 30% tadi ditingkatkan lah tol0l, bukan malah jualin benihnya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
supersignalgsm dan 9 lainnya memberi reputasi
10 0
10
Edhy Prabowo: Seekor Lobster Bisa Bertelur Hingga 1 Juta
06-07-2020 20:50
harusnya dibatesin ekspor benihnye, sisanya dibudidaya ampe gede (sukur2 siap ngendok)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
supersignalgsm dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Edhy Prabowo: Seekor Lobster Bisa Bertelur Hingga 1 Juta
06-07-2020 20:51
suka2 lo aja lah..tar juga anak cucu indo import lobster kok..tenang aja
profile-picture
profile-picture
profile-picture
supersignalgsm dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Edhy Prabowo: Seekor Lobster Bisa Bertelur Hingga 1 Juta
06-07-2020 20:55
Pertanyaan saya, apa nelayan kita tidak ada yang bisa budidaya lobster? Atau ada (banyak) yang bisa tapi ngga ada dana dan atau sarananya?
profile-picture
profile-picture
supersignalgsm dan gabener.edan memberi reputasi
2 0
2
Lihat 6 balasan
Memuat data ..
Edhy Prabowo: Seekor Lobster Bisa Bertelur Hingga 1 Juta
06-07-2020 20:57
Ya kalau diambil semua nanti yang bertelur lagi siapa?
Nenek lu?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
knoopy dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Edhy Prabowo: Seekor Lobster Bisa Bertelur Hingga 1 Juta
06-07-2020 20:59
Ekonomi penting, kesejahteraan rakyat nelayan penting, syukurlah udah ngak ada demo dari para nelayan kepada pemerintah. KKP ane yakin banyak orang² pinter, semua ngak lepas dari kinerja Susi, terima kasih buat Susi sudah mencari Dirjen² yang pinter, Edhy pernah mengatakan hal itu. Soal kebijakan ekpor lobster pasti sudah dikaji dengan baik oleh orang² cerdas di KKP. Ngak ada visi misi menteri, yang ada visi misi Presiden. KKP berada dibawah koordinasi Menkomaritim. Garuda emas bener² total jadi bemper dan benteng pemerintah, moncong putih pastinya makin senang.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Nibrashilmy2 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Edhy Prabowo: Seekor Lobster Bisa Bertelur Hingga 1 Juta
06-07-2020 20:59
Ane sih kalau ikut logika ni orang, bagusnya pegawai & pejabat pemerintahan Indonesia import dari jepang atau singapura atau dr negara skandinavia.
Krn itu lebih menguntungkan drpd pake SDM WNI, buat apa ngabisin duit utk pendidikan/riset? Blm lg mental pemalas, ABS, korup, gak disiplin.
Mending APBN dipakai untuk gaji SDM WNA yg siap pakai + etos kerja bagus.
Kalau bisa bayar orang, kenapa harus kita sendiri yg kerja?

Kita yg WNI? Diberdayakan sbg buruh kasar, bagian CS, atau FO krn manusia Indonesia itu ramah suka basa basi - manis di depan busuk di belakang.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
wakakasyp dan 11 lainnya memberi reputasi
12 0
12
Edhy Prabowo: Seekor Lobster Bisa Bertelur Hingga 1 Juta
06-07-2020 21:05
Dia menegaskan bahwa prioritas utama pemerintah adalah mengembangkan budi daya lobster dan bukan ekspor, karena ada berbagai persyaratan yang harus dipenuhi agar bisa mengekspor benih lobster.

profile-picture
profile-picture
profile-picture
Rico_99 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Edhy Prabowo: Seekor Lobster Bisa Bertelur Hingga 1 Juta
06-07-2020 21:18
gini amat yak emoticon-Hammer

profile-picture
galuhsuda memberi reputasi
1 0
1
Edhy Prabowo: Seekor Lobster Bisa Bertelur Hingga 1 Juta
06-07-2020 21:23
yang bener?
terus, 1 juta telurnya netas semua gak?

emoticon-Ngakak
0 0
0
Edhy Prabowo: Seekor Lobster Bisa Bertelur Hingga 1 Juta
06-07-2020 21:24
Ente bingung? sama, ane juga 😂😂😂
0 0
0
Edhy Prabowo: Seekor Lobster Bisa Bertelur Hingga 1 Juta
06-07-2020 21:25
dikira lobster cuma bisa dimakan
0 0
0
Edhy Prabowo: Seekor Lobster Bisa Bertelur Hingga 1 Juta
06-07-2020 21:26
Edhy Prabowo: Seekor Lobster Bisa Bertelur Hingga 1 Juta

Edhy Prabowo: Seekor Lobster Bisa Bertelur Hingga 1 Juta
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Edhy Prabowo: Seekor Lobster Bisa Bertelur Hingga 1 Juta
06-07-2020 21:31
Goblog emoticon-Angkat Beer
profile-picture
supersignalgsm memberi reputasi
1 0
1
Edhy Prabowo: Seekor Lobster Bisa Bertelur Hingga 1 Juta
06-07-2020 21:44
Kalau dari 1 juta, idup semua mah gpp..


Padahal dia udah jawab sendiri dari 1jt yg idup cuma berapa persen emoticon-Ngakak
profile-picture
supersignalgsm memberi reputasi
1 0
1
Edhy Prabowo: Seekor Lobster Bisa Bertelur Hingga 1 Juta
06-07-2020 21:46
Pejuh loe aje mpret, kampret emoticon-Marah dijual ke sana sapa taw laku.
profile-picture
supersignalgsm memberi reputasi
1 0
1
Edhy Prabowo: Seekor Lobster Bisa Bertelur Hingga 1 Juta
06-07-2020 21:48
kyaknya si eddy ini fokus mw mengencot keuntungan dripada budidaya atau penyelamtan.

mngkin krena kkp termasuk kecil keuntungan jmanya bu susi krena pengetatan, jdi dipegang dia, y keran ekspor dibuka lagi biar bnyak dapat untungnya mw lobster keq, kepiting dan hasil laut lainya
0 0
0
Edhy Prabowo: Seekor Lobster Bisa Bertelur Hingga 1 Juta
06-07-2020 21:53
Logikanya kalau lobster bisa bertelur 1 juta butir kenapa Vietnam dan negara lain masih harus impor dari Indonesia ? emoticon-Bingung Harusnya Vietnam yang sukses budidaya lobster malah yang ekspor benur dong emoticon-Big Grin

1 lagi pernyataan lawak dari tuh orang. Ada 10 juta pekerja yang terlibat dalam budidaya benur. Kuota ekspor benur saat ini 139,47 juta ekor. Kasarannya 1 pekerja jatahnya dibayar 14 benur yg harga jual ekspornya sekarang 50-70 ribu. Mana ada cuk pekerja yang mau dibayar 700k - 1jt setahun, itupun belum dipotong biaya produksi (pakan dll).
profile-picture
profile-picture
NecroTorture dan cskebo memberi reputasi
1 1
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Edhy Prabowo: Seekor Lobster Bisa Bertelur Hingga 1 Juta
06-07-2020 21:53
tolong ini orang dipecat aja, bacot prioritas budidaya tapi benih buat budidayanya dikasih ke luar....ini bukannya nembakin peluru ke kaki sendiri? orang awam juga tau lobster dewasa bisa ngalahin 1 juta benih soal harga mah , logika ekonomi juga, kalau benih bisa ngalahin lobster dewasanya di profit, di eksportir luar orang ga bakal jualan lobster tapi jualan benihnya....kok goblok ya bang sat! emoticon-Gila
Diubah oleh hhendryz
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Halaman 1 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia