• Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Fiat Irfan Hakim Yang Di Roasting Om Mobi Ternyata Kendaraan Pasca Perang Dunia Ke 2.

pujanggasenjaAvatar border
TS
pujanggasenja
Fiat Irfan Hakim Yang Di Roasting Om Mobi Ternyata Kendaraan Pasca Perang Dunia Ke 2.

Instagram//@irfanhakim75

***


Hello Agan Sista Kaskus yang berbahagia..

Kali ini dalam thread buatan ane, ane mau bahas soal mobil jadul alias klasik. Beres ane nonton tayangan youtube deHakims channel bersama OmMotoMobi, yang me-roasting mobil Fiat Tarantula atau Fiat 1100 tahun 1963 ane langsung berniat mencari tahu sejarah dibalik mobil itu.

Setelah ane berhasil menelusuri, ane takjub sebenarnya dengan mobil ini, etah mobil yang pantas dikoleksi atau tidak. Pastinya mobil ini memiliki sejarah panjang sejak jaman dahulu.

Pabrik pertama Fiat dibuka pada 1900 di Corso Dante. Sekitar 150 karyawan dipekerjakan, menghasilkan 24 mobil yang diantaranya memiliki 3/12 HP tetapi belum dilengkapi dengan gigi mundur.

Fiat selain memproduksi kendaraan roda empat, fiat juga menjajal industri baja, begitu juga dengan rel kereta api, listrik, dan jalur transportasi umum. Fiat Lubrificanti berdiri dan anak perusahaan Italia pertama dibuka di Rusia. Ketika pecah perang, produksi perusahaan hampir seluruhnya difokuskan pada menyuplai pihak militer.

Perusahaan menyaksikan terjadinya transformasi bahkan krisis setelah perang. Namun berkat kebijakan kontrol biaya yang efektif, perusahaan kembali bangkit pada awal 1923. Giovanni Agnelli menjadi CEO. Berbagai model mobil diluncurkan di antaranya 509 yakni mobil pertama dengan empat jok.

Pada tahun 1934 dan 1936, dua mobil diluncurkan ke masyarakat luas: “Balilla” yang juga disebut “Tariffa minima” karena konsumsi bahan bakarnya yang rendah, serta “Topolino” mobil utilitarian terkecil di dunia yang diproduksi hingga 1955.

Tapi kali ini ane mau bahasan ini menjadi spesifik, yaitu Fiat "Balilla" seri 508 atau yang nantinya dikenal sebagai Fiat 1100 generasi pertama. 1100 sebenarnya adalah pembaharuan dari seri 508, dan untuk seri 508 yang digunakan adalah seri yang paling terakhir, yang kemudian 1100 dibangun dalam seri berkelanjutnya yaitu 1100, 1100 B, hingga 1100 E DLL yang kemudian setelah itu dilakukan lagi pembaharuan dengan menggunakan chassis yang benar-benar baru hingga akhirnya semua digantikan oleh Fiat 128 pada tahun 1969.



Walaupun ada juga serangkaian versi komersial ringan 1100 dibangun, dengan model kemudian disebut Fiat 1100T , yang tetap dalam produksi sampai tahun 1971. Fiat 1100 D juga menemukan umur panjang di India, di mana Premier Automobiles terus membangun mobil hingga akhir tahun 2000.

Fiat 1100 adalah salah satu mobil keluarga ukuran kecil yang diproduksi oleh perusahaan Fiat. Mobil jadul ini pertama kali diproduksi pada tahun 1937 oleh seorang desainer ternama, bernama Dante Giacosa. Berkat tangan dingin dan kejeniusannya, mobil Fiat 1100 mampu bertahan hingga tahun 1969.

Mobil ini nyaris sama dengan jenis Fiat 500 Topolino yang pernah diproduksi pada tahun sebelumnya dengan grille berbentuk hati yang sangat unik, disertai dua lampu bulat di sebelah kiri dan kanannya.

Desain dari Fiat 1100 sebenarnya masih mengusung mobil-mobil era perang dunia yang sedikit membulat dan kecil. Tapi, desainer dari mobil ini terus memberikan sentuhan-sentuhan baru pada bagian bodi hingga mesin. Akhirnya, Fiat 1100 bertransformasi menjadi salah satu mobil Fiat klasik paling populer di dunia kala itu.



Mobil Fiat 1100 yang pertama kali diperkenalkan pada publik di tahun 1957 berjenis 508 Balila. Mobil ini memiliki bentuk muka yang agak membulat dan warna bodi cenderung gelap. Pada versi pertama ini, Fiat mempersenjatai mobil ini dengan mesin 1089 cc four cylincer dan overhead valve. Seiring dengan berjalannya waktu, beberapa bagian bodi mobil seperti jendela, dimodifikasi, hingga akhirnya Fiat 1100 jenis pertama ini dinamai dengan 1100B, atau sering dikenal dengan sebutan 1100 Musone.

Setelah perang dunia ke-II di Eropa usai, Fiat kembali mendesain ulang bodi dari Fiat 1100 dengan bodi yang lebih curvy pada tahun 1948. Mereka memberi nama jenis ini dengan
sebutan 1100E.

Pada tahun 1953, Fiat 1100 mengalami banyak perubahan besar pada desain bodinya. Pada jenis sedan 4 pintu, Fiat mendesainnya lebih modern dengan monocoque yang terintegrasi langsung dengan lampu depan. Fiat 1100 jenis ini diberi nama 1100/103 dan dijual dalam versi economica dan normale. Untuk versi mobil sport (1100TV), Fiat memberikan beberapa desain unik pada bodi station-wagon. Mereka memberikan lima pintu dan tiga lampu yang terletak mengelilingi grille.



Perubahan dan transformasi dari Fiat 1100 kembali terjadi pada tahun 1956-1960. Fiat mengubah bagian grille. Bodi mobil yang awalnya curvy diubah agak bersiku. Warna pada mobil Fiat dibuat dengan dua nada warna. Pada tahun 1959, Fiat 1100 membuat versi khusus dari Fiat 1100 dengan nama 1100 Graluce. Versi khusus ini memiliki jendela yang lebar dan mesin di-upgrade menjadi 1.200 cc.


Spoiler for Kumpulan Gambar Fiat 1100:



emoticon-Peaceemoticon-Peace


emoticon-Gilaemoticon-Gila


TerimaKasih
Diubah oleh pujanggasenja 05-07-2020 15:19
0
1.1K
1
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
OtomotifKASKUS Official
27.7KThread15KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.