Tech
Batal
KATEGORI
link has been copied
0
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5effff700577a9500d78e463/perintah-dasar-nmap
Nmap atau Network Mapper merupakan tool pengintaian terbaik yang digunakan oleh penetration testers modern. Aplikasi open-source ini telah berkembang sejak awal dan terbukti sebagai game-changer dalam keamanan jaringan. Nmap banyak digunakan untuk menemukan informasi penting dari satu jaringan. Ada begitu banyak perintah NMAP yang bisa digunakan. Aplikasi ini juga tersedia untuk sistem operasi
Lapor Hansip
04-07-2020 11:02

Perintah Dasar NMAP

Perintah Dasar NMAP
Nmap atau Network Mapper merupakan tool pengintaian terbaik yang digunakan oleh penetration testers modern. Aplikasi open-source ini telah berkembang sejak awal dan terbukti sebagai game-changer dalam keamanan jaringan. Nmap banyak digunakan untuk menemukan informasi penting dari satu jaringan. Ada begitu banyak perintah NMAP yang bisa digunakan. Aplikasi ini juga tersedia untuk sistem operasi Linux, Windows, dan MAC.

Perintah Dasar Nmap
Karena Nmap menawarkan kombinasi besar perintah, penting untuk menguasai perintah dasar terlebih dahulu. Kami akan menunjukkan cara melakukan pemindaian jaringan sederhana menggunakan Nmap di bagian berikut.

1. Pindai Single Host
Host adalah mesin apa pun yang terhubung ke jaringan tertentu. Nmap memungkinkan administrator jaringan untuk memindai host menggunakan IP address atau hostname mereka dengan mudah. Perintah di bawah ini memindai 1000 port umum dan mencantumkan semua port terbuka, statusnya, dan layanannya.
$ nmap 192.168.1.1
Kalian dapat mengganti IP dengan hostname jika diinginkan, seperti yang ditunjukkan di bawah ini.
$ nmap hostname
2. Pindai Multiple Host
Memindai banyak host sekaligus juga sangat mudah menggunakan Nmap. Kalian dapat melakukan ini hanya dengan memasukkan IP atau hostname satu demi satu. Contoh di bawah ini menunjukkan ini untuk kalian.
$ nmap 192.168.1.1 192.168.1.3 192.168.1.4
$ nmap hostname1 hostname2 hostname3

Nmap juga menyediakan cara praktis untuk ini.
$ nmap 192.168.1.1,3,4
3. Pindai Range IP Address
Kalian juga dapat memindai berbagai IP address sekaligus. Beriut contoh perintahnya
$ nmap 192.168.1.1-15
Perintah ini akan memindai lima belas host pertama dari subnetwork. Banyak orang juga menggunakan wildcard untuk tujuan ini. Menambahkan wildcard ke pencarian kalian akan memeriksa setiap host yang tersedia.
$ nmap 192.168.1. *
Untuk memindai seluruh subnet, gunakan perintah di bawah ini.
$ nmap 192.168.1.1/16
4. Baca Host Dari File Dan Pindai
Nmap dapat membaca host address dari file dan kemudian memindai mereka untuk informasi port. Pertama, buat file yang berisi beberapa host, seperti yang ditunjukkan.
$ echo -e "192.168.1.1-10 \nlocalhost" >> /tmp/hosts
$ cat /tmp/hosts

Sekarang host harus berisi dua baris yang terdiri dari localhost dan kisaran IP yang diberikan. Gunakan perintah berikut untuk membaca ini menggunakan Nmap.
$ nmap -iL /tmp/hosts
5. Kecualikan Host Dari Pemindaian Nmap
Opsi –exclude memungkinkan pengguna untuk mengecualikan host tertentu dari rentang IP yang diberikan. Kalian dapat menggunakan opsi –excludefile untuk mengecualikan host dari file. Berikut contoh perintahnya.
$ nmap 192.168.1.1/24 --exclude 192.168.1.1,3,5
$ nmap -iL /tmp/hosts --excludefile /tmp/exclude

Di sini, file /tmp/exclude berisi host yang tidak diminati pengguna.
6. Tingkatkan Verbosity Scan
Pencarian default menyediakan informasi yang sangat terbatas. Nmap menawarkan opsi -v untuk menambahkan verbositas ekstra ke pencarian kalian. Saat digunakan, flag ini akan memaksa Nmap untuk mengeluarkan informasi tambahan tentang pencarian kalian.
$ nmap -v 192.168.1.1
Cukup dengan menambahkan tanda ini akan meningkatkan informasi output dengan selisih yang cukup besar.
7. Deteksi Informasi OS
Nmap adalah pilihan yang cocok untuk banyak orang untuk mendeteksi remote OS. Flag -A memberi tahu Nmap untuk menemukan dan menampilkan informasi OS tentang host yang kalian uji.
$ nmap -A 192.168.1.1
$ nmap -A -v 192.168.1.1

Jadi, kalian dapat menambahkan tanda -v untuk mendapatkan informasi tambahan tentang hasil pencarian kalian. Ini cara yang bagus untuk menguasai perintah Nmap untuk pemula. Perintah di bawah ini menunjukkan kepada kalian cara mendeteksi informasi OS untuk host yang berada dalam file.
$ nmap -v -A -iL /tmp/hosts
8. Dapatkan Informasi Firewall Dari Host
Setiap administrator jaringan yang berusaha menjaga jaringan di belakang firewall. Ini dapat memberi informasi yang tidak relevan ke potensi pencarian Nmap. Namun, kalian dapat dengan mudah mengetahui apakah sebuah host dilindungi oleh firewall menggunakan perintah berikut ini.
$ nmap -sA 192.168.1.1
$ nmap -v -sA 192.168.1.1

Jika kalian adalah pengguna Nmap pemula, admin sarankan kalian menggunakan flag verbose v. Ini akan membantu kalian memahami cara kerja Nmap secara lebih rinci.
9. Pindai Host Firewall Yang Dilindungi
Host yang dilindungi oleh firewall eksternal cenderung memberi informasi yang tidak perlu ke remote scanners seperti Nmap. Jika kalian menemukan bahwa minat kalian dilindungi sedemikian rupa, gunakan perintah di bawah ini.
$ nmap -PN hostname
$ nmap -PN 192.168.1.1

IP address di atas mewakili router nirkabel di jaringan. Kalian dapat mencari host apa saja menggunakan IP atau nama host.
10. Pindai Host IPv6
Meskipun masih belum umum, IPv6 address ada yang menggunakannya dan akan menjadi representasi standar dari remote host dalam waktu dekat. Nmap sudah mendukungan pemindaian IPv6. Perintah berikut ini menunjukkan kepada kalian bagaimana melakukannya.
$ nmap -6 hostname
$ nmap --6 2001:0db8:85a3:0000:0000:8a2e:0370:7334

Representasi heksadesimal menunjukkan host pada contoh kedua. Kalian dapat menambahkan flag tambahan untuk meningkatkan kualitas hasil pencarian Nmap kalian.

Sumur:


Quote:50 Perintah NMAP Pada Linux Dan Windows


0
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia