Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
5
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5efd9b45a727686c880db4e1/cara-kreatif-menulis-bagaikan-membuat-resep-masakan
Kreatif menulis bagaikan membuat resep masakan ini istilah yang saya karang-karang sendiri. Iya, kan kalau dianalogikan bisa demikian. Tulisan itu kan pada dasarnya terdiri dari 26 huruf saja dari A sampai dengan Z. Topiknya yang bisa beragam. Tapi kita, sebagai penulis blog alias bloger bisa saja memodifikasi tulisan dari tulisan lain bagaikan para chef yang menciptakan resep masakan sendiri be
Lapor Hansip
02-07-2020 15:31

Cara Kreatif Menulis Bagaikan Membuat Resep Masakan

Kreatif menulis bagaikan membuat resep masakan ini istilah yang saya karang-karang sendiri. Iya, kan kalau dianalogikan bisa demikian. Tulisan itu kan pada dasarnya terdiri dari 26 huruf saja dari A sampai dengan Z.

Topiknya yang bisa beragam. Tapi kita, sebagai penulis blog alias bloger bisa saja memodifikasi tulisan dari tulisan lain bagaikan para chef yang menciptakan resep masakan sendiri berdasarkan resep-resep masakan yang sudah pernah ada.

Kalau dipikir, untuk resep masakan rumahan misalnya, bumbunya kan itu-itu saja. Katakanlah resep pallumara. Dari yang resep umum saja, dengan bumbu bawang merah, bawang putih, asam, dan kunyit serta garam secukupnya bisa dikreasikan menjadi bentuk masakan ikan lainnya.

Misalnya dengan memberikan bumbu sereh, tomat, lengkuas, dan ketumbar. Atau mengganti kunyit kuning dengan kunyit putih. Kenapa tidak, kan? Sah-sah saja, selama rasanya bisa diterima di lidah kita.

Demikian pula dengan membuat tulisan di blog. Katakanlah saya terinspirasi dari tulisan Ibu Ketua komunitas bloger Anging Mammiri – Herviana Kamaluddin lalu saya membuat tulisan dengan topik yang sama tapi dari sudut pandang saya. Sah-sah saja, kan?

Nah, kalau demikian, apa saja yang kita butuhkan agar bisa mengolah kreativitas dalam menulis sehingga menghasilkan beragam tulisan? Simak ini yuk:

Banyak mengeksplorasi tulisan orang lain.

Dengan banyak membaca dan berpikir kritis dalam menyikapi tulisan orang lain. Kalau senang dengan tulisan orang lain boleh ditulis di bagian mana disenangi. Boleh disebutkan penulisnya, boleh juga tidak disebutkan.

Kalau tak senang dengan tulisan dengan tulisan seseorang ya jangan diributkan di kolom komentar orang tersebut. Sah-sah saja kan orang memiliki pendapat berbeda dengan kita. Jangan diributkan. Kita bebas juga menulis di blog sendiri selama itu bisa dipertanggungjawabkan.

Kalau dianalogikan ke dalam resep masakan, contohnya adalah dengan banyak melihat resep masakan. Referensi bisa kita temukan di dunia maya.

Jangan malas membaca dan mencari referensi atau meriset.

Sering kali nih dalam pelatihan menulis disebutkan cara agar bisa menulis dengan baik adalah dengan “meriset”. Meriset di sini tentunya tidak sama dengan peneliti dalam lembaga penelitian lho ya.

Kita bisa meriset dengan browsing artikel yang sesuai dengan topik yang kita ingin bahas. Misalnya jika hendak membahas resep masakan ikan bisa browsing mengenai keunikan jenis ikan yang kita gunakan dalam resep tersebut.

Atau kalau ingin menulis tentang perubahan iklim, bisa cari data dulu tentang bagaimana sampah plastik bisa mengancam lingkungan kita dan pengaruhnya kepada iklim global serta keanekaragaman hayati.

Membaca buku.

Jangan segan membaca buku atau mencari buku di perpustakaan atau toko buku. Hm, tapi bagian ini mungkin nanti ya kalau perustakaan sudah menjadi tempat yang aman bagi kita semua. Kalau wilayah kita masih berada di zona merah, ya ditahan-tahan dulu keinginan ke perpustakaan. Untuk saat ini bisa baca-baca secara online dulu atau membeli buku secara online.

Untuk perpustakaan, di ibukota provinsi ada dua macam perpustakaan besar yang bisa kita datangi, yaitu Perpustkaan Daerah yang dikelola oleh pemerintah provinsi dan perpustakaan daerah yang dikelola oleh pemerintah kota.

Untuk wilayah Makassar, satu kartu keanggotaan perpustakaan daerah bisa menjadi akses ke perpustakaan-perpustakaan lain yang berada di dalam jejaring perpustakaan kota Makassar. Ada pula perpustakaan lain yang bisa didatangi, seperti perpustakaan yang berada di dalam kantor Yayasan BaKTI (Bursa Pengetahuan Kawasan Timur Indonesia) yang nyaman.

Dalam perpustakaan BaKTI yang terletak di jalan Andi Mappanyukki ini juga ada akses internet beserta komputer desktop yang bisa dipergunakan secara cuma-cuma oleh pengunjung perpustakaan.

Menantang Diri Sendiri

Pernah mencoba menantang diri sendiri? Cobalah kalau belum pernah. Namun usahakan untuk konsekuen. Jangan menantang diri sendiri lalu lari dari kenyataan. Kalau menantang diri untuk menulis satu tulisan setiap hari, lakukan. Atau misalnya dalam satu pekan tantang diri untuk menulis sekurang-kurangnya 3 tulisan.

Kalau sudah bisa konsisten, coba naikkan lagi misalnya menjadi 3 tulisan sehari atau 5 tulisan dalam sepekan. Bisa juga dengan cara mencoba menulis topik yang sama ke dalam dua blog atau website berbeda. Sekalian link building, lumayan kan. Pondasi blog kita bisa menjadi semakin kuat.

Konsisten

Nah, konsistensi mutlak diterapkan. Kalau tidak konsisten ya percuma. Kalau dalam masak-memasak, konsistensi itu ditunjukkan dengan jam terbang. Katakanlah seorang ibu rumah tangga, biasa memasak setiap hari. Maka lama-kelamaan dia bisa membut resep masakan sendiri karena sudah terbiasa memasak. Coba deh tanyakan pada orang-orang yang terbiasa memasak.

Begitu pula dalam menulis. Dibutuhkan konsistensi. Semakin sering menulis, semakin banyak ide bermunculan. Kelak kita akan bisa menulis satu topik ke dalam beberapa blog atau website dalam waktu berdekatan. Atau bisa membuat sepuluh tulisan setia bulannya.

Sudah pernah menerapkan kelima hal di atas dan merasakannya memengaruhi kreativitas? Kalau sudah, share yuk pada kolom komentar di bawah ini.

Sumber di sini




profile-picture
mamakna3a memberi reputasi
1
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Cara Kreatif Menulis Bagaikan Membuat Resep Masakan
02-07-2020 16:00
Bisa mengasah kreativitas dengan bergabung di RinaResep. Ada review-nya di

https://www.mugniar.com/2020/06/rina...n-praktis.html
profile-picture
Mugniar memberi reputasi
1 0
1
Cara Kreatif Menulis Bagaikan Membuat Resep Masakan
03-07-2020 22:57
wih mantap niii, "konsisten dengan tantangan"
profile-picture
Mugniar memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Post ini telah dihapus oleh KS06
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Post ini telah dihapus oleh KS06
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia