News
Batal
KATEGORI
link has been copied
1
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eee2182a727686f42102f07/letnan-jendral-tni-anumerta-suprapto
Assalamu alaikum Wr. Wb salam sejahtera untuk kita semua nya. Tepat Hari ini lahirlah salah satu Pahlawan Revolusi Indonesia yaitu Raden Soeprapto, yang lahir di Purwokerto, 20 Juni 1920, ini boleh dibilang hampir seusia dengan Panglima Besar Sudirman. Usianya hanya terpaut empat tahun lebih muda dari sang Panglima Besar. Pendidikan formalnya setelah tamat MULO (setingkat SLTP) adalah AMS (setingk
Lapor Hansip
20-06-2020 21:47

Letnan Jendral TNI Anumerta Suprapto

Letnan Jendral TNI Anumerta Suprapto

Assalamu alaikum Wr. Wb salam sejahtera untuk kita semua nya.

Tepat Hari ini lahirlah salah satu Pahlawan Revolusi Indonesia yaitu Raden Soeprapto, yang lahir di Purwokerto, 20 Juni 1920, ini boleh dibilang hampir seusia dengan Panglima Besar Sudirman. Usianya hanya terpaut empat tahun lebih muda dari sang Panglima Besar. Pendidikan formalnya setelah tamat MULO (setingkat SLTP) adalah AMS (setingkat SMU) Bagian B di Yogyakartayang diselesaikannya pada tahun 1941.

Sekitar tahun itu pemerintah Hindia Belanda mengumumkan milisi sehubungan dengan pecahnya Perang Dunia Kedua. Ketika itulah ia memasuki pendidikan militer pada Koninklijke Militaire Akademie di Bandung. Pendidikan ini tidak bisa diselesaikannya sampai tamat karena Pasukan Jepang sudah keburu mendarat di Indonesia. Oleh Jepang, ia ditawan dan dipenjarakan, tetapi kemudian ia berhasil melarikan diri.
Selepas pelariannya dari penjara, ia mengisi waktunya dengan mengikuti kursus Pusat Latihan Pemuda, latihan keibodan, seinendan, dan syuisyintai. Dan setelah itu, ia bekerja di Kantor Pendidikan Masyarakat.

Di awal kemerdekaan, ia merupakan salah seorang yang turut serta berjuang dan berhasil merebut senjata pasukan Jepang di Cilacap. Selepas itu, ia kemudian masuk menjadi anggota Tentara Keamanan Rakyat di Purwokerto. Selama di Tentara Keamanan Rakyat (TKR), ia mencatatkan sejarah dengan ikut menjadi salah satu yang turut dalam pertempuran di Ambarawa melawan tentara Inggris. Ketika itu, pasukannya dipimpin langsung oleh Panglima Besar Sudirman. Ia juga salah satu yang pernah menjadi ajudan dari Panglima Besar tersebut.
Dan pada peristiwa G30S PKI dia menjadi salah satu korban yg meninggal, jasad nya di temukan di lubang buaya yg kemudian di angkat dan dimakamkan di TMP kalibata Jakarta.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
delia.adel dan 2 lainnya memberi reputasi
3
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Letnan Jendral TNI Anumerta Suprapto
29-06-2020 19:44
sangat singkat gan.jarang membahas salah satu pahlawan revolusi seperti Letjen Suprapto.padahal beliu masuk list pki untuk disingkirkan.

emoticon-Toastemoticon-Rate 5 Star
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia