Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Bisnis
  • Ambient Media Sebagai Strategi Kreatif Dalam Beriklan

KartikayAvatar border
TS
Kartikay
Ambient Media Sebagai Strategi Kreatif Dalam Beriklan

Foto: Pinterest.com

Pernah tidak dengar Ambient media? Atau kamu tahu sedikit mengenai ambient media? Jadi ambient media merupakan salah satu strategi dalam beriklan yang dimana tujuan utamanya adalah untuk membangkitkan feeling dan mood konsumen, agar merasa suka ketika berinteraksi dengan produk yang ditawarkan, ambient media bisa juga di sebut sebagai media lingkungan, karena penerapannya yang memanfaatkan lingkungan sekitar.
 
Ini bisa menjadi terobosan baru untuk mempromosikan produkmu, kecenderungan dari iklan ini adalah untuk opportunistic, yang berarti memanfaatkan lingkungan yang ada, atribut yang digunakan biasanya yang ada pada lingkungan tersebut, kekuatan utama dari ambient media ini adalah memberikan efek yang mengejutkan kepada konsumen. Salah satu strategi pendekatannya sangat unik dan nyeleneh, pesan yang disampaikan pun memiliki sifat hiden (tersembunyi) konsumen diajak untuk bertanya-tanya atas maksud dari pesan dalam iklan ambient media sehingga ambient media sering kali menciptakan topik yang menjadi pembahasan masyarakat, hal itu karena ambient media sangat sulit untuk dihindari memaksa alam bawah sadar untuk tidak bisa menolak pesannya.
 
Faktor yang mempengaruhi pesatnya pertumbuhan ambient media sebagai salah satu strategi iklan salah satunya menurunnya kekuatan media konvensional seperti spanduk, banner, billboard, dll. Kebutuhan untuk menjaring target audience yang lebih signifikan bagi produk, dan semakin maraknya jumlah iklan di media digital maupun televisi yang menggempur konsumen setiap hari.
Di Indonesia sendiri terutama di kota besar, untuk keberadaan ambient media sendiri, sudah mengisi berbagai sudut ruang di ibu kota, walaupun masih terbatas jika dibandingkan dengan negara-negara lain. Sangat sulit memang meyakinkan klien bahwa ambient media juga memiliki pengaruh besar untuk strategi periklanan, paradigma yang sudah tertanam bahwa media konvensional merupakan media yang paling efektif untuk periklanan.
 
Dalam menerapkan ambient media diharuskan untuk menganalisa target pasar secara geografis, sosiologis disini sensitivitas orang kreatif terhadap lingkungan harus terus diasah. Hal itu dilakukan agar iklan yang ditanam dalam ambient media dapat tersampaikan dengan tepat ke khalayak yang di tuju. Karena media iklan ini memanfaatkan lingkungan sekitar maka perlu dipikirkan secara seksama agar tidak mengganggu lingkungan
 
Dapat disimpulkan bahwa ambient media merupakan salah satu strategi yang efektif untuk mendekatkan antara brand dengan konsumen, dengan sifatnya yang inovatif mampu menyedot perhatian konsumen.


nobita200Avatar border
nobita200 memberi reputasi
1
1.5K
0
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Bisnis
BisnisKASKUS Official
69.9KThread11.5KAnggota
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.