Asrul7777Avatar border
TS
Asrul7777
RPP 1 Lembar kelas 6 semester 1
Pada artikel kali ini Perangkat yang saya bagikan adalah Contoh RPP 1 Lembar kelas 6 semester 1. RPP merupakan suatu perangkat pokok yang harus dimiliki oleh seorang guru. sehingga kami mencoba memmbagikan perangkat RPP revisi yang sudah sesuai dengan komponen RPP revisi terbaru.

RPP K13 sebelumnya terdiri atas 13 kompenen tetapi dengan adanya Revisi dari menteri pendidikan yang baru yang hanya terdiri atas 3 komponen utama yaitu Komponen Tujuan Pembelajaran, Komponen Kegiatan Pembelajaran dan komponen penilaian.
Adapun contoh RPP yang kami bagikan dapat melihat nya di bawah ini :

            RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SD/MI
Kelas / Semester    :  6 /1
Tema                        :  Selamatkan Makhluk Hidup (Tema 1)
Sub Tema                :  Tumbuhan Sahabatku (Sub Tema 1)
Muatan Terpadu    :  Bahasa Indonesia, IPA, IPS
Pembelajaran ke    :  1
Alokasi waktu        :  1 hari

A.TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah membaca teks tentang perkembangbiakan jagung, siswa mampu menemukan ide pokok dan informasi penting serta menyajikannya dalam bentuk diagram.
Setelah menemukan ide pokok dari bacaan, siswa mampu mengembangkannya dengan menggunakan bahasanya sendiri secara rinci menjadi sebuah tulisan.
Setelah mengamati bunga, siswa mampu mengidentifikasi perkembangbiakan generatif melalui gambar yang dibuatnya dan manfaatnya dengan benar.
Setelah berdiskusi, siswa mampu melaporkan perkembangbiakan generatif melalui tabel dan manfaatnya dengan benar.
Setelah membaca teks tentang ASEAN dan kehidupan sosial budayanya, siswa mampu menyebutkan kehidupan sosial budaya dari dua negara ASEAN terkait kondisi geografisnya dengan benar.
Setelah berdiskusi, siswa mampu menulis laporan tentang  perbedaan sosial budaya dari dua negara terkait kondisi geografisnya dengan benar melalui diagram Venn.

B.KEGIATAN  PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Pendahuluan
Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)
Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi) 10

2.  Kegiatan Inti
Ayo Berdiskusi
Siswa diminta untuk mengamati gambar yang ada pada buku pelajaran.  Guru memberi waktu sekitar tiga menit.
Setiap siswa kemudian menulis pertanyaan dan menukarkannya denganteman di sebelah, menjawabnya, dan  mendiskusikan jawabannya. ( Mandiri, Critical Thinking and Problem Formulation)
Ayo Membaca
Siswa melanjutkan kegiatan dengan membaca teks tentang tanaman jagung dalam hati.
Setiap siswa mengisi diagram berdasarkan bacaan.
Ayo Mengamati
Siswa mengamati gambar bagian-bagian reproduksi pada bunga dan membaca proses perkembangbiakan generatif.
Siswa mengamati proses perkembangbiakan generatif dan manfaat dari perkembangbiakan generatif.
Siswa mengamati bagian–bagian bunga sempurna berikut.
Siswa mencari informasi dari berbagai sumber mengenai proses perkembangbiakan generatif tumbuhan.
Ayo Berdiskusi
Siswa mendiskusikan hasilnya dengan kelompoknya.
Siswa mencari bunga di lingkungan sekolah dan mengamati bagian-bagiannya. Siswa kemudian menggambar bagian-bagian bunga tersebut.
Siswa kemudian menulis manfaat dari perkembangbiakan generatif dan menyerahkannya kepada guru.
Ayo Berlatih
Setelah siswa membaca teks tentang bunga yang hidup di negara ASEAN, guru dan siswa membahasnya sebentar.  Kemudian siswa membaca fakta tentang ASEAN. Guru memberi waktu sekitar tiga menit..
Guru meminta siswa memilih dua negara ASEAN yang mereka minati untuk ditulis
Pada pertemuan ini siswa hanya membandingkan kehidupan sosial budaya dari dua negara.  Mereka dapat memasukkan informasi tentang bunga di dalam diagram Venn (nama bunga, nama sebutan bunga, kapan dimanfaatkan, di mana tumbuh, dll). (Creativity and Innovation 150

3. Kegiatan Penutup
Peserta Didik : Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.
Guru : Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/ portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi hadiah/ pujian

C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
Apabila berminat mendapatkan Contoh RPP ini dapat mengklik tautan di bawah ini
Contoh RPP 1 Lembar Kelas 6 Semester 1
nona212Avatar border
nona212 memberi reputasi
1
288
0
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Education
EducationKASKUS Official
22.5KThread13.4KAnggota
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.