Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

herimarianto062Avatar border
TS
herimarianto062
9 Penyebab Motor Brebet Saat Digas Serta Solusinya
https://www.teknik-otomotif.co.id/  – Untuk pembahasan kali ini kita akan mengupas mengenai penyebab motor brebet selagi digas, nah sehingga lebih mengerti dan di mengerti review ulasan dibawah ini.
Kendaraan bermotor merupakan kendaraan yang dimana digerakkan oleh sebuah peralatan teknik untuk pergerakkannya dan digunakan untuk transportasi darat. Secara umum kendaraan bermotor manfaatkan mesin pembakaran dalam, tapi terhadap motor listrik dan mesin jenis lain andaikata kendaraan listrik hibrida dan hibrida plug-in, juga dapat digunakan.
Motor Brebet Saat Digas
Kendaraan bermotor mempunyai roda dan bisanya berjalan di atas jalanan, yang jenis-jenis kendaraan bermotor dapat bermacam-macam, mulai berasal dari mobil, bus, sepeda motor, kendaraan off-road, truk ringan, hingga truk berat. Klasifikasi kendaraan bermotor ini banyak variasi bergantung berasal dari tiap-tiap negaranya.


Cara Kerja Mesin 4 Tak


Mesin 4tak ialah mesin yang bekerja melalui 4 proses langkah naik turun piston untuk menghasilkan tenaga. Itu sebabnya disebut 4 tak, karena mesin tersebut membutuhkan 4 langkah kerja untuk satu kali proses.


4 langkah tersebut meliputi langkah hisap, langkah kompresi, langkah tenaga dan langkah buang. Secara keseluruhan memerlukan 3 putaran poros engkol dalam satu siklus pada mesin diesel atau mesin bensin.


Langkah Hisap “Intake”


Tujuan dari langkah hisap ini ialah agar kabut udara-bahan bakar dapat masuk ke dalam silinder mesin motor. Karena banyaknya jumlah bahan bakar yang terbakar dalam proses pembakaran dapat mempengaruhi produksi tenaga mesin.


Prosesnya ialah piston akan bergerak dari titik mati atas “TMA” menuju titik mati bawah “TMB” kemudian klep in terbuka dan klep Ex akan tertutup sehingga bahan bakar akan masuk ke silinder. Kruk as akan berputar 180 derajat, noken as berputer 90 derajat. Selanjutnya tekanan negative piston menghisap kabut oleh karburator akan terhisap melalui intake port.


Langkah Kompresi “Compression”


Tujuan langkah ini ialah untuk meningkat temperature sehingga campuran bahan bakar dan udara dapat bersenyawa. Rasio proses ini nantinya akan berhubungan erat dengan produksi tenaga pada mesin.

Prosesnya yakni dengan piston dari titik mati bawah “TMB” ke titik mati atas “TMA”, klep in menutup dan klep Ex tertutup sehingga udara atau gas dalam ruang bakar terkompresi. Kruk as mencapai satu rotasi penuh “360 derajat” noken as mencapai 180 derajat.
Langkah Tenaga “Combustion”

Dimulai dengan menyalakan busi yang menyebabkan terbakarnya bahan bakar/udara, dalam proses tersebut maka akan menyebabkan ledakan yang akan mendorong piston turun ke silinder bore. Gerakan linier tersebut di ubah menjadi gerak rotasi oleh kruk as yang kemudian di teruskan menuju flywheel.


Prosesnya ialah terjadinya ledakan diruang bakar yang kemudian menyebabkan piston terlempar dari titik mati atas “TMA” menuju titik mati bawah “TMB”. Pada saat klep ini tertutup menjelang akhir langkah klep buang mulai sedikit terbuang.


Dari prose situ terjadi transformasi energi bolak balik piston menjadi energi rotasi krus as. Putaran krus as mencapai 540 derajat dan putaran noken as mencapai 270 derajat.


Langkah Buang


Pada langkah buang ini klep Ex akan terbuka dan klep In akan tertutup kemudian piston naik karena dorongan balik dari kruk as setelah proses pembakaran dilakukan, melalui exhaust port masa pembakaran tersebut akan didorong keluar oleh piston.


Bagi pengguna sepeda motor sudah pasti tidak mengidamkan terhadap kendaraannya selagi melaju di dalam kecepatan kencang dan tidak mengidamkan tersedia persoalan bahkan tersendat. Motor yang mengalami brebet selagi digas. Dan mesin juga kehilangan energi yang selanjutnya perihal ini dapat berjalan dikarenakan terhadap sepeda motor yang jarang ataupun tidak sering di servis.


Penyebab Motor Brebet Saat Digas Serta Solusinya

Untuk hal demikian tidak hanya berjalan tersendat-sendat, motor brebet juga dapat berakibat mesin mati ditengah jalan. Masih ada beberapa penyebab motor brebet lainnya yang harus kalian ketahui supaya nantinya bisa melakukan perbaikan secara cepat ataupun sebagai penyegahan supaya motor kalian tidak brebet saat digas pada rpm tinggi maupun rendah. Nah untuk mengetahui apa saja penyebabnya, silahkan cek dibawah ini:


Pada Bahan Bakar Yang Tidak Sesuai


Penyebab pertama motor brebet atau tersendat yang utama ialah pemakaian bahan bakar yang tidak sesuai dengan standar yang telah ditetapkan oleh pabrikan. Dan biasanya setiap pabrikan sudah menetapkan standar khusus yang disesuaikan dengan mekanisme mesin supaya performa sepeda motor dapat lebih optimal.


Dan untuk mengetahuinya kalian dapat melihat buku manual yang disertakan saat membeli motor baru, dan apabila disarankan untuk memakai bahan bakar RON tinggi seperti Pertamax dan yang lainnya maka kalian harus menggunakannya supaya terhindar dari mesin brebet.

Dan sering kali bagi pengguna sepeda motor tidak menghiraukan jenis bahan bakar yang digunakan. Yang dimana rata-rata lebih memilih bahan bakar yang murah, seperti Pertalite atau Premium, padahal beberapa motor terbaru harus menggunakan Pertamax yang lebih optimal dalam hal pembakaran mesin.
Untuk mengetahui ulasan selengkapnya simak disini: https://www.teknik-otomotif.co.id/mo...-ternyata-ini/

0
781
0
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Kendaraan Roda 2
Kendaraan Roda 2KASKUS Official
19.1KThread9.6KAnggota
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.