Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
0
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ee1e4c268cc9519167c2fdb/ini-lho-penyebab-kenapa-agan-merasa-sangat-lelah-saat-karantina
Sudah sekitar tiga bulan masyarakat mengkarantina diri sendiri di rumah demi memutus penyebaran COVID-19. Tak heran jika sudah makin banyak orang yang merasa stres dan kelelahan, baik secara fisik maupun mental. Rasa lelah itu wajar terjadi. Banyak orang yang mulai mengalami quarantine fatigue. Itu merupakan kondisi lumrah yang terjadi bila seseorang terlalu lama berdiam diri saja di rumah. Lalu,
Lapor Hansip
11-06-2020 15:01

Ini Lho Penyebab Kenapa Agan Merasa Sangat Lelah Saat Karantina

Ini Lho Penyebab Kenapa Agan Merasa Sangat Lelah Saat Karantina

Sudah sekitar tiga bulan masyarakat mengkarantina diri sendiri di rumah demi memutus penyebaran COVID-19. Tak heran jika sudah makin banyak orang yang merasa stres dan kelelahan, baik secara fisik maupun mental.

Rasa lelah itu wajar terjadi. Banyak orang yang mulai mengalami quarantine fatigue.
Itu merupakan kondisi lumrah yang terjadi bila seseorang terlalu lama berdiam diri saja di rumah.

Lalu, bagaimana tanda-tanda jika seseorang mengalami quarantine fatigue?

Singkatnya, Agan mulai merasa cemas, lelah tanpa alasan jelas, dan mudah marah. Tanda lainnya, Agan bisa mengalami perubahan nafsu makan, lebih susah tidur, banyak pikiran, dan tidak bersemangat.

Ada tiga faktor penyebab quarantine fatigue secara umum, yaitu.

1. Berkurangnya rasa takut

Seiring berjalannya waktu, masyarakat tak lagi mencemaskan jumlah angka dan kasus penyebaran COVID-19 di Indonesia. Kini mereka lebih fokus menemukan cara untuk tetap produktif di rumah.

Tidak adanya kesibukan, kosongnya pemasukan, dan rutinitas yang menjemukan menjadi alasan kenapa orang-orang tidak lagi senang berada di rumah dan justru merasa kelelahan.

2. Kebutuhan bersosialisasi

Ini Lho Penyebab Kenapa Agan Merasa Sangat Lelah Saat Karantina

Poin ini merupakan hal yang paling berperan dalam memicu quarantine fatigue. Keinginan dan kebutuhan untuk berbincang dan bersosialisasi makin besar tiap harinya.

Sekalipun tinggal dengan orang lain di rumah, kebutuhan bersosialisasi ini tak berkurang. Ada momen saat Agan tetap merasa ingin bertemu pasangan, teman lama, bahkan teman kerja.

Keinginan itu lama kelamaan akan bertambah. Video call yang semula terasa cukup, kini tak lagi memuaskan.

3. Emosi tak karuan

Rasa cemas dan takut pasti pernah membayangi banyak orang di masa pandemi, termasuk Agan. Perasaan itu membuat emosi Agan dalam mode krisis. Lambat laun, rasa cemas dan takut itu mungkin berkurang, namun, sebagai gantinya, Agan akan merasa lebih sering lelah selama karantina.

Lalu, adakah cara mengatasi quarantine fatigue ini?

Jawabannya jelas ada. Kuncinya adalah menyeimbangkan waktu beraktivitas dan istirahat. Ikuti pula tips di artikel ini agar rasa lelah akibat quarantine fatigue itu bisa diatasi.
0
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Fat-loss,Gain-Mass,Nutrisi Diet & Suplementasi Fitness
semua-harga-dan-perbandingan-whey-protein
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia