Female
Batal
KATEGORI
link has been copied
142
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eda280068cc9509090b6e34/perlu-atau-tidak-pasang-standar-gaji-saat-cari-jodoh
Berkat punya banyak waktu saat social distancing dan bekerja dari rumah, kamu akhirnya punya kesempatan lebih untu menjelajah dunia online dating—dan sepertinya kamu sudah menemukan kandidat teman hidup yang tepat. Namun, ada satu yang mengganjal pikiran kamu: kamu ingin mengetahui kondisi finansialnya. Apakah perlu memasang standar gaji saat memilih pasangan? Dan bagaimana membicarakan gaji den
Lapor Hansip
05-06-2020 18:09

Perlu atau Tidak: Pasang Standar Gaji Saat Cari Jodoh?

Past Hot Thread
Perlu atau Tidak: Pasang Standar Gaji Saat Cari Jodoh?

Foto: www.istockphoto.com

Berkat punya banyak waktu saat social distancing dan bekerja dari rumah, kamu akhirnya punya kesempatan lebih untu menjelajah dunia online dating—dan sepertinya kamu sudah menemukan kandidat teman hidup yang tepat. Namun, ada satu yang mengganjal pikiran kamu: kamu ingin mengetahui kondisi finansialnya. Apakah perlu memasang standar gaji saat memilih pasangan? Dan bagaimana membicarakan gaji dengan calon pasangan hidup? Berikut penjelasan dari seorang perencana keuangan.

Perlunya Memasang Standar Gaji Pasangan



Kamu pasti pernah memikirkan ini ‘kan? Karena meski pepatah mengatakan ‘kotoran kambing jadi rasa cokelat’ ketika jatuh cinta—lama-lama juga rasa cokelatnya akan hilang. Akan tetapi kita sering urung membicarakannya karena takut dengan stigma ‘cewek matre’.


Clarte Everett, MInfsci, RFP, CFP, QWP menyampaikan bahwa memasang standar gaji ketika mencari pasangan adalah hal yang perlu dilakukan. Namun, tidak boleh straight to the point.

“Tentu saja perlu, karena ujungnya akan membentuk keluarga kecil. Kehidupan berkeluarga itu bukan perlu cinta saja, tetapi perlu penghasilan. Terlebih jika kelak memiliki anak, perlu dipersiapkan pendidikan anaknya juga,” paparnya ketika dihubungi melalui Instagram.

“Tapi tidak straight to the point harus punya gaji sekian jika mau cari pasangan. Harus fleksibel. Yang paling penting, daya juangnya untuk mendapatkan penghasilan bagaimana.”

Selain itu, standar gaji juga berhubungan dengan gaya hidup (lifestyle). “Jika tidak memiliki standar gaji, maka perubahan gaya hidup yang diharapkan tidak akan terwujud.”

Apakah Perlu Mematok Besaran Gaji Pasangan?
Perlu atau Tidak: Pasang Standar Gaji Saat Cari Jodoh?



Misalnya minimal digit dua. Menurut Clarte, “ini pertanyaan yang sulit, karena tidak ada patokan pastinya.”


Namun, jika diminta menjawab, perhitungannya sangat bergantung pada lifestyle masing-masing individu.

“Idealnya, penghasilannya harus bisa mencukupi dengan gaya hidupnya sendiri. Tidak boleh berasal dari utang. Sangat tidak sehat. Apalagi belum apa-apa sudah pinjam ke pasangannya (wanita) untuk mencukupi gaya hidupnya (pria),” paparnya.

Jadi sebelum memutuskan untuk menikah, harus terbuka lebih dahulu mengenai keuangan masing-masing, seperti apa kehidupan keuangan keluarga yang akan dibangun kelak.

Ia juga mengatakan bahwa ketika memutuskan untuk menikah, harus ada hitungan dalam membina keluarga yang harmonis. “Jaman now, pria dan wanita masing-masing punya income sendiri. Serta banyak kehidupan keluarga retak karena tidak ada keterbukaan dalam keuangan,” imbuhnya.  “Jadi sebelum memutuskan untuk menikah, harus terbuka lebih dahulu mengenai keuangan masing-masing, seperti apa kehidupan keuangan keluarga yang akan dibangun kelak.”

Jadi, Bagaimana Menghitung Besaran Gaji Standar?
Perlu atau Tidak: Pasang Standar Gaji Saat Cari Jodoh?






Memasang standar gaji yang tinggi itu tidak salah, justru itu hal yang bagus agar tidak alami kekecewaan. “Artinya wanita tahu apa yang dia inginkan. Banyak wanita yang ketika ditanya kriterianya apa, jawabannya apa aja. Begitu dapatnya tidak sesuai dengan impiannya, kecewa. Jadi sebaiknya setiap wanita punya standar, termasuk juga standar gaji tinggi,” saran Clarte.

Setelah menikah idealnya total gaji adalah total gaya hidup berdua ditambah kurang lebih 20% dari gaya hidup untuk persiapan pensiun. Hal ini akan berubah jika ada penambahan anggota keluarga.

“Untuk besaran gaji, tidak harus tinggi, karena bukan besaran gaji saja jadi patokan. Seperti yang disebutkan di atas, daya juang-nya atau sikap kerjanya bagaimana, dan banyak faktor lainnya,” tambahnya melengkapi. “Seorang yang ulet bekerja, meski awalnya punya penghasilan minim akan berbeda hasilnya dengan orang yang malas bekerja.”

Tak lupa, ia juga memaparkan gaji ideal sebelum dan sesudah menikah. “Idealnya gaji sebelum menikah adalah minimal biaya (gaya) hidup masing-masing,” bebernya. “Setelah menikah idealnya total gaji adalah total gaya hidup berdua ditambah kurang lebih 20% dari gaya hidup untuk persiapan pensiun. Hal ini akan berubah jika ada penambahan anggota keluarga.”


Ini Panduan Membicarakan Gaji sebelum Menikah
Perlu atau Tidak: Pasang Standar Gaji Saat Cari Jodoh?
Foto: www.gettyimages.com


Ketika pasangan memutuskan untuk menikah, tentunya banyak yang menjadi pertimbangan. Salah satunya mengenai keuangan. Tentunya hal harus dibicarakan dan harus “ada keterbukaan mengenai masalah keuangan dan sama-sama menetapkan tujuan keuangan keluarga bersama,” ucap Clarte.

“Termasuk apakah akan tetap double income, atau single income saja. Bagaimana jika nanti anak hadir dalam keluarga? Bagaimana dengan biaya pendidikannya, dan seterusnya.”

Clarte menambahkan kejujuran penting bukan hanya dalam keuangan, tetapi dalam kehidupan berkeluarga. Dikarenakan kejujuran menjadi landasan dalam berkeluarga. “Ini yang harusnya melandasi kehidupan berkeluarga, jadi bukan hanya dari segi keuangan. Dan ini berlaku bukan hanya bagi wanita, tapi bagi pria juga,” ucapnya.


Jika Gaji Pacar Tidak Sesuai Keinginan, tapi Dia Ideal



Perlu atau Tidak: Pasang Standar Gaji Saat Cari Jodoh?



Clarte  berpendapat , “jika tidak memenuhi standar gaji yang diinginkan, tetapi dia pasangan yang ideal, harus dilihat faktor lainnya. Bagaimana dengan karir-nya, performance di kantor, daya juangnya. Tentunya hal itu akan mempengaruhi penghasilannya.” Mungkin tidak sekarang, tapi di masa depan.

Namun, “jika semua faktor lainnya juga tidak memenuhi, mungkin sebaiknya cari pasangan lain. Jika semuanya sudah dilakukan, dan terlihat dari usahanya yang gigih, bisa jadi dia salah tempat kerja,” cetusnya. 

Bagaimana Jika Si Laki-Laki Juga Menaruh Standar Gaji pada Wanita?



Perlu atau Tidak: Pasang Standar Gaji Saat Cari Jodoh?
Foto: www.gettyimages.com


Menurutnya, wanita diciptakan dari tulang rusuk pria, sementara pria yang jadi tulang punggung. Namun tidak menjadi masalah, jika wanita beralih jadi tulang punggung.

“Sangat jarang ditemui seorang pria memiliki standar gaji dari seorang wanita, namun itu tidak salah. Jika itu terjadi, harus dicari tahu dalam konteks apa,” ungkap Clarte. “Nah, jika alasannya masuk akal, ya kenapa tidak.”

Hubungan itu bukan mengenai ego masing-masing, tetapi kompromi ego masing-masing, dan harus terus dilakukan. Jika tidak bisa mencapai kompromi, harus cari jalan keluarnya.

Jika hal itu, terjadi untuk mengatasi  kamu dan pasangan sebaiknya membuat keputusan: apakah hubungan dilanjutkan atau sebaliknya.

“Tentunya merupakan hasil kompromi dari kedua pihak. Kompromi bukan mengenai standar gajinya, tetapi juga kompromi gaya hidup yang akan dijalankan kedua pihak jika mau melanjutkan hubungan. Jika tidak bisa mencapai kompromi, sebaiknya ditinggalkan.”

Tips bagi kamu yang sedang alami hal ini: “Komunikasikan mengenai harapan dan tujuan keuangan kedua pihak, dan juga solusinya atau jalan keluarnya. Duduk berdua, diskusikan hal ini untuk masa depan hubungan,” sarannya. “Hubungan itu bukan mengenai ego masing-masing, tetapi kompromi ego masing-masing, dan harus terus dilakukan. Jika tidak bisa mencapai kompromi, harus cari jalan keluarnya.”

Selanjutnya: Ini cara membantu dan memberi dukungan kepada pasangan yang baru dipecat.

Sumber :  
https://www.limone.id/bagaimana-membicarakan-gaji-pasangan/
profile-picture
profile-picture
profile-picture
japarina dan 22 lainnya memberi reputasi
19
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 5
Perlu atau Tidak: Pasang Standar Gaji Saat Cari Jodoh?
05-06-2020 20:53
ane suka nih bahasannyaaa. emg bicarain gaji tuh sama pasangan penting sih menurut ane, balik lagi aja ke standar dan preference masing2. setuju bgt jg yg penting tuh gaji sesuai sama dah sama gaya idup biar kaga jadi parasit
profile-picture
gigbuupz memberi reputasi
1 0
1
Lihat 5 balasan
Memuat data ..
Perlu atau Tidak: Pasang Standar Gaji Saat Cari Jodoh?
06-06-2020 00:09
setuju supaya fair juga tanggungan pasangan misal cowok kita suka nyumbang ke panti asuhan budget dia sekian kita kira gajinya utuh taunya buat hobby..sumbangan..ortu..dll ke keluarga inti sedikit ya mending ga lanjut drpd pahit nantinya
profile-picture
lonelyboy13 memberi reputasi
1 0
1
Perlu atau Tidak: Pasang Standar Gaji Saat Cari Jodoh?
06-06-2020 06:11
Gak usah ditanya soal ini gan, di adat kami batak udah lama ini. emoticon-Wkwkwk bukan bermaksud untuk matre tapi ad harga yang dibayar dari semua perjuangan
Diubah oleh ForumOwner
profile-picture
profile-picture
profile-picture
keympas dan 4 lainnya memberi reputasi
3 2
1
Perlu atau Tidak: Pasang Standar Gaji Saat Cari Jodoh?
06-06-2020 06:53
salahmu itu gaya hidup, kalo total gajimu berdua lebih dari 8 juta masih kurang ya gila.... emoticon-Leh Uga

bagi gw istri itu tanggungan suami, uang istri biarin dia yang ngurus..., biasanya cewe kalo kerja sendiri itu tiba2 emasnya banyak, tiba2 punya duit buat kebutuhan sekolah anak diluar SPP + uang saku (kaya beli tas, sepatu, buku dll). yang penting ngingetin jangan keseringan beli barang2 mahal.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Yunie87 dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Lihat 16 balasan
Memuat data ..
Perlu atau Tidak: Pasang Standar Gaji Saat Cari Jodoh?
06-06-2020 06:54
Perlu emoticon-Smilie
0 0
0
Perlu atau Tidak: Pasang Standar Gaji Saat Cari Jodoh?
06-06-2020 06:58
jujur amat Gan emoticon-Big Grin
0 0
0
Perlu atau Tidak: Pasang Standar Gaji Saat Cari Jodoh?
06-06-2020 08:06
ga perlu lah

dulu pacar kakak ane bilang gajinya 4000 euro

udah lama kenal baru bilang 2000 euro

setelah nikah ternyata gajinya 1500 hahaha

ya sudah gpp, mereka udah bahagia

biar kakak ane yg ngurus pengeluarannyaemoticon-Big Grin
Diubah oleh ushirota
profile-picture
gigbuupz memberi reputasi
1 0
1
Perlu atau Tidak: Pasang Standar Gaji Saat Cari Jodoh?
06-06-2020 08:12
yoyoi haruslah..... walo bucin Tapi gak sara sara amatemoticon-Traveller
0 0
0
Perlu atau Tidak: Pasang Standar Gaji Saat Cari Jodoh?
06-06-2020 08:21
perlu dong gans
profile-picture
blueseno memberi reputasi
1 0
1
Perlu atau Tidak: Pasang Standar Gaji Saat Cari Jodoh?
06-06-2020 14:08
perlu bgt percumah ganteng klo kere
profile-picture
profile-picture
gigbuupz dan sheedzzz memberi reputasi
2 0
2
Perlu atau Tidak: Pasang Standar Gaji Saat Cari Jodoh?
06-06-2020 19:34
Patokan ane setidakny harus lebih dr gaji ane sendiri
0 0
0
Perlu atau Tidak: Pasang Standar Gaji Saat Cari Jodoh?
06-06-2020 23:59
Kalo bukan orang kerja susah juga klo ditanya gini, apalagi pas musim korona gini emoticon-Traveller
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Perlu atau Tidak: Pasang Standar Gaji Saat Cari Jodoh?
07-06-2020 00:12
Dari pada matok standard gaji, mending nikah kontrak aja
Langsung bikin perjanjian hitam di atas putih nya
emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
Diubah oleh tephatephi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
andriwhy dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Perlu atau Tidak: Pasang Standar Gaji Saat Cari Jodoh?
07-06-2020 11:36
antara perlu dan gak perlu berlebihan

jangan sampe juga kamu dpt jodoh yg hidupnya sendiri aja susah, dan jangan sampe kamu ga dapet2 jodoh karena standarmu yg ketinggian.
profile-picture
gigbuupz memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Perlu atau Tidak: Pasang Standar Gaji Saat Cari Jodoh?
07-06-2020 22:51
menurut saya ini thread terlalu teoritis.....

standar gaji
standar moral
standar virgin
standar harta
standar apa lah.....

jaman skg ada kok orang2 yg mikir marriage cuma short term
suka kimpoi drpd zinah.
2 taon lagi di jandakan. cari lagi.

banyak kan?
profile-picture
profile-picture
gigbuupz dan Mbegoos memberi reputasi
2 0
2
Perlu atau Tidak: Pasang Standar Gaji Saat Cari Jodoh?
10-06-2020 13:57
makin susah dapet pasangan kalo nambah nambahin kriteria begitu emoticon-Cape d...

rejeki bukan dari gaji saja. punya pasangan setia itu rejeki yang tak terhingga nilainya.

matok gaji itu sudah menjadi tanda bahwa pasangan itu tidak akan pernah mau setia.
ketika keuangan krisis pasti minta pulang ke rumah ortu dan gak akan mau tinggal bersama lagi.

kan ada toh berita ttg seorang karyawan yang gaji 80 juta kena PHK, rumah tangganya langsung berantakan. emoticon-Cape d...
tujuan pernikahannya untuk cari 80 juta kah?
Diubah oleh karyanakbangs4
profile-picture
profile-picture
profile-picture
smeljonathan dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Lihat 3 balasan
Memuat data ..
Perlu atau Tidak: Pasang Standar Gaji Saat Cari Jodoh?
10-06-2020 14:39
kalo jadi bahan pertimbangan sih iya, tapi kalo sampai jadi patokan yang saklek/kaku sih kayaknya jangan deh hehehe

di trit sebenernya juga ditulis kudu fleksibel dan ngelihat faktor lain juga emoticon-Shakehand2
profile-picture
gigbuupz memberi reputasi
1 0
1
Perlu atau Tidak: Pasang Standar Gaji Saat Cari Jodoh?
10-06-2020 15:04
gak ada yang mau sama ane nih ? wkwkkw
0 0
0
Perlu atau Tidak: Pasang Standar Gaji Saat Cari Jodoh?
10-06-2020 15:52
kalau masih pacaran gak perlu kali ya. kecuali dah serius boleh karena bertujuan buat kesejahteraan berdua juga .....asal ssama sama tahu gitu.
0 0
0
Perlu atau Tidak: Pasang Standar Gaji Saat Cari Jodoh?
10-06-2020 15:53

Kebetulah ane baru nikah tahun kemaren, jadi pengen komen sedikit.

Perlu gak standar gaji?
Ane jawab: Enggak

Tapi yang perlu itu:
1. Kondisi & rencana finansial masing2
2. Kondisi & rencana finansial bersama jangka pendek dan jangka panjang
3. Cicilan masing2 tidak boleh lebih dari 30% gaji
4. Punya dana darurat setidaknya 12 x pengeluaran per bulan
5. Punya asuransi

Uang bukan segalanya gans, tapi kalo udah nikah gak punya uang sumpah pusing sampe langit ke tujuh.

Pas perlu uang tapi gak ada uang ini bisa memicu pertengkaran.

Ingat, dana darurat itu penting, tidak boleh digunakan jika tidak mendesak!!!!

Selama pandemi ini, gaji pokok ane dipotong sekitar 50%, tunjangan dihapus, project freelance berkurang, dan istri dirumahkan tanpa gaji terpaksa hidup cuma dari bantuan prakerja dan dana darurat.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Yunie87 dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Lihat 9 balasan
Memuat data ..
Halaman 1 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Wedding & Family
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia