Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
93
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ed1ac8568cc954a33150a2e/mengenal-papua-barat-lebih-dekat-5-rumah-adat-indah-nun-mempesona
Papua tanah surga, mempesona dengan keindahan alam, keberagaman suku, adat, dan budaya! Assallamuallaikum warohmatullahi wabarokatuh Salam sejahtera bagi seluruh Kaskuser dari ujung barat sampai ujung timur Indonesia! Indonesia, Negara yang luas dan kaya! Mempunyai 34 Provinsi yang tersebar di 17.504 pulau, dimana 16.056 pulau sudah tercatat memiliki nama baku di PBB berdasarkan data dari Direktor
Lapor Hansip
30-05-2020 07:44

Mengenal Papua Barat Lebih Dekat, 5 Rumah Adat Indah Nun Mempesona!

icon-verified-thread
Mengenal Papua Barat Lebih Dekat, 5 Rumah Adat Indah Nun Mempesona!

Papua tanah surga, mempesona dengan keindahan alam, keberagaman suku, adat, dan budaya!


Assallamuallaikum warohmatullahi wabarokatuh
Salam sejahtera bagi seluruh Kaskuser dari ujung barat sampai ujung timur Indonesia!


Indonesia, Negara yang luas dan kaya!
Mempunyai 34 Provinsi yang tersebar di 17.504 pulau, dimana 16.056 pulau sudah tercatat memiliki nama baku di PBB berdasarkan data dari Direktorat Jendral Pemerintahan Umum Indonesia.
Kekayaan Indonesia tentu tidak dapat diragukan lagi, bukan hanya mempunyai kepulauan yang luas namun juga mempunyai keberagaman suku, adat, budaya, ras dan agama.
Semua berbaur menjadi satu, memegang teguh Pancasila dan berdiri kukuh menjaga Bhineka Tunggal Ika!

Berbicara mengenai kekayaan Indonesia, tentu keindahan alam yang mempesona dan menarik banyak wisatawan juga menjadi sebuah kebanggaan bagi Negara kita tercinta.

Banyak tempat-tempat indah yang memanjakan mata, membuat kita seolah-olah lupa bahwa masih hidup di Dunia.
Salah satu Provinsi yang mempunyai keindahan alam bak surga adalah Papua!
Sebuah Pulau di ujung Timur Indonesia, yang keindahannya sudah di akui Dunia.

Tidak hanya pemandangan alamnya yang indah, adat dan kebudayaannya yang beragam juga menjadi keistimewaan dari Provinsi Papua.
Membahas tentang tanah Papua dengan keberagaman adat, budaya, agama dan keindahan alam, maka tidak cukup waktu satu hari satu malam untuk mengisahkannya, dan kali ini ane mau membahas sedikit tentang adat dan salah satu Provinsi di Papua Barat yang cukup unik dan patut diketahui oleh Agan dan Sista.
Apakah itu?
Simak selengkapnya!


Mengenal Papua Barat Lebih Dekat, 5 Rumah Adat Indah Nun Mempesona!

Sumber gambar: di sini


Papua Barat, adalah salah satu Provinsi dari 34 Provinsi Indonesia yang tepatnya berada di ujung barat Pulau Papua.
Papua Barat ber ibu kotakan Manokwari, berdiri pada tanggal 4 Oktober 1999 dengan nama Irian Jaya Barat (UU Nomer 45 tahun 1999), kemudian berubah nama menjadi Provinsi Papua Barat dan telah ditetapkan dalam Peraturan Pemerintah Nomer 24 tahun 2007.

Luas wilayah Papua Barat yaitu 102.955,15 km2(3,975,121 sq mi), yang terbagi dalam 12 Kabupaten, 1 Kota, 218 Kecamatan, 95 Kelurahan dan 1.878 desa. Menjadi salah satu Pulau terbesar di Indonesia. (Wikipedia)

Dilihat dari luasnya tentu Papua Barat menjadi salah satu Pulau yang tidak dapat diremehkan.
Kekayaan alamnya sangat melimpah dan masih terjaga dari tangan-tangan manusia kurang bertanggung jawab.
Meskipun Provinsi Papua Barat tergolong mempunyai penduduk yang lumayan banyak, yaitu 937.458 orang pada tahun 2018, namun mereka tetap hidup rukun damai dalam keberagaman.

Kehidupan masyarakat Papua Barat tentu tidak terlepas dari adat dan budaya, mereka menjunjung tinggi nilai moral, norma dan toleransi.
Tentu hal ini menjadi sebuah nilai keistimewaan tersendiri, karena meskipun kehidupan telah menginjak era modern namun mereka tetap dapat berpegang teguh mempertahankan kekayaan adat dan kebudayaan.

Salah satu hal yang masih terjaga sampai saat ini adalah Rumah Adat Papua Barat.
Rumah adat yang mempunyai bentuk yang unik, penuh filosofi kehidupan dan eksotik seni arsitektur tradisional, menambah kesan istimewa dari Papua Barat itu sendiri!

Agan dan Sista sudah tahu apa saja jenis dan seperti apa bentuk Rumah Adat Papua?
Jika belum, lihat di bawah ini!


Quote:1. Honai
Mengenal Papua Barat Lebih Dekat, 5 Rumah Adat Indah Nun Mempesona!



Honai, adalah rumah tempat tinggal Suku Dani.
Salah satu suku di Papua Barat yang sampai saat ini masih banyak ditemukan terutama di dekat lembah dan pegunungan. Keunikan rumah ini hanya ditempati oleh laki-laki dewasa sesuai makna dari nama rumah yaitu "hun" dengan arti laki-laki dan "ai" berarti rumah.
Rumah Honai terbuat dari kayu dengan atap jerami kering berbentuk kerucut, terdiri atas dua lantai. Lantai atas sebagai tempat tidur, dan lantai bawah tempat berkumpul atau beraktifitas.
Rumah honai juga dilengkapi dengan tungku api atau lingkaran di tengah ruangan lantai bawah, sebagai penerangan dan menghangatkan badan.



2. Ebai
Mengenal Papua Barat Lebih Dekat, 5 Rumah Adat Indah Nun Mempesona!



Rumah adat Ebaiyang berasal dari bahas "ebe" yang berarti tubuh dan "ai" artinya rumah.
Kenapa diberi nama Ebai, karena rumah ini diperuntukan bagi perempuan yang secara filosofis adalah rumah bagi kehidupan.
Rumah Ebai sendiri sedikit banyak memiliki kesamaan dari Honai, yang membedakannya hanyalah ukurannya lebih kecil dari Honai dan pintunya tidak sejajar atau berada lebih di bawah dari rumah utama.

Rumah Ebai diperuntukan bagi perempuan baik ibu atau anak dan laki-laki yang masih di bawah umur.
Untuk anak laki-laki, setelah mereka menginjak usia remaja maka akan dipindahkan ke rumah Honai.

Di rumah Ebai inilah, para perempuan dididik untuk menjadi seorang istri dan perempuan yang baik dan mempunyai adab.



3. Wamai
Mengenal Papua Barat Lebih Dekat, 5 Rumah Adat Indah Nun Mempesona!



Mayoritas masyarakat Papua Barat memiliki hewan ternak yang sengaja dipelihara, mulai dari babi, ayam, anjing dan masih banyak lagi.
Untuk menjaga hewan ternak dari amcaman hewan buas, mereka membuat kandang atau rumah bagi hewan ternak dan rumah itu diberi nama Wamai.

Rumah ini biasanya berbentuk persegi dengan atap jerami kerucut, mempunyai ukuran sebesar rumah Ebai atau menyesuaikan banyaknya hewan ternak yang dipelihara.



4. Kariwari
Mengenal Papua Barat Lebih Dekat, 5 Rumah Adat Indah Nun Mempesona!



Terlihat berbeda ya dengan beberapa jenis rumah adat Papua yang lain.
Iya, rumah adat Kariwari ini memang sedikit agak berbeda dari rumah Honai, Ebai dan Wamai.

Rumah ini dihuni oleh Suku Tobati-Engros Jaya Pura tepatnya di tepi Danau Sentani.
Kariwari sendiri berlantaikan kulit kayu, berdinding cacahan bambu, dan beratap daun sagu. Adapun bentuknya yaitu segi delapan dengan atap rumah kerucut, berukuran sekitar 20-30 meter dan terdiri dari 3 lantai yang setiap lantainya mempunyai fungsi dan kegunaan yang berbeda.

Rumah Kariwari bagian lantai dasar diperuntukan bagi anak laki-laki yang berusia 12 tahun. Digunakan untuk belajar mengenai cara hidup, dan cara menjadi pemimpin yang bertanggung jawab.

Lantai ke dua digunakan oleh para pemimpin dan kepala suku untuk berkumpul dan bermusyawarah.
Sedangkan lantai ke tiga digunakan untuk meditasi dan berdoa!



5. Rumsram
Mengenal Papua Barat Lebih Dekat, 5 Rumah Adat Indah Nun Mempesona!



Rumah Rumsram adalah rumah adat dari Suku Biak Numfor. Suku yang berada di pulau-pulau!

Rumah Rumsram sendiri mempunyai bentuk yang sangat berneda dengan runah adat Papua yang lain.
Rumsram berbentuk rumah panggung dengan tinggi 6-8 meter dan luas 20-30 meter.

Keunikan terletak pada bentuk dari rumah ini, yaitu berbentuk menyerupai perahu yang terbalik dan itu menandakan bahwa Suku Biak Numfor bermata pencaharian sebagai nelayan.

Meskipun memiliki bentuk yang berbeda dengan rumah adat Papua yang lain, namun untuk media pembuatan rumah tetap masih menggunakan bahan dari alam. Yaitu dari kulit kayu sebagai lantai, dinding cacahan bambu dan atap jerami atau daun sagu.

Rumah adat Rumsram terdiri atas dua lantai, kegunaannya hampir sama dengan Rumah Kariwari.
Lantai dasar untuk berkumpul remaja laki-laki belajar pengalaman hidup, belajar membuat perahu dan menjadi seorang pemimpin yang kuat.
Sedangkan lantai ke dua digunakan sebagai tempat musyawarah dan beribadah.


Nah itulah tadi beberapa Rumah Adat Papua yang wajib Agan dan Sista ketahui.
Masih sangat terjaga dan dilestarikan penuh oleh masyarakatnya demi keberlangsungan sejarah, tradisi, adat dan kebudayaan Papua!

Kita semua sebagai Warga Negara Indonesia patut berbangga, mempunyai daerah Provinsi yang kaya dan indah bak surga.
Meskipun jauh dari pandangan, namun namanya kerap digaungkan.
Menjadi sebuah kebanggaan, dan hadir penuh keistimewaan.

Mari kita jaga Indonesia, kita peluk erat keberagaman, kembali pupuk rasa toleransi dan junjung tinggi Pancasila serta Bhineka Tunggal Ika.
Jangan biarkan kita dijajah pemikiran-pemikiran kotor untuk membenci saudara sendiri, karena meski kita berbeda Suku, Ras, Adat, Budaya, Agama dan Bahasa, kita masih tetap satu darah, satu Bangsa yaitu Indonesia.


Quote:Papua, Satu Tungku Tiga Batu!


Mengenal Papua Barat Lebih Dekat, 5 Rumah Adat Indah Nun Mempesona!



Penulis: @masnukho


emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia
Diubah oleh masnukho
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nona212 dan 37 lainnya memberi reputasi
36
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 4
Mengenal Papua Barat Lebih Dekat, 5 Rumah Adat Indah Nun Mempesona!
30-05-2020 07:45
emoticon-I Love Indonesia aku cinta Indonesia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Mengenal Papua Barat Lebih Dekat, 5 Rumah Adat Indah Nun Mempesona!
30-05-2020 07:45
emoticon-Nyepi salam sejahtera untuk kita semua
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Mengenal Papua Barat Lebih Dekat, 5 Rumah Adat Indah Nun Mempesona!
30-05-2020 07:49
mantapp mas
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Mengenal Papua Barat Lebih Dekat, 5 Rumah Adat Indah Nun Mempesona!
30-05-2020 08:03
selalu terdwpan😍😍
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan masnukho memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Post ini telah dihapus oleh KS06
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Mengenal Papua Barat Lebih Dekat, 5 Rumah Adat Indah Nun Mempesona!
30-05-2020 08:21
sepertinya gambar terakhir bukan rumsram..gambar terakhir seperti ada tedongnya...
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan masnukho memberi reputasi
2 0
2
Lihat 4 balasan
Memuat data ..
Mengenal Papua Barat Lebih Dekat, 5 Rumah Adat Indah Nun Mempesona!
30-05-2020 08:29
suatu saat nanti pengen ke raja ampat bareng keluarga
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Mengenal Papua Barat Lebih Dekat, 5 Rumah Adat Indah Nun Mempesona!
30-05-2020 08:33
keren bener ya, ada honai dan ebai, seperti keraton di Jawa ada kasatrian dan kaputren
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Mengenal Papua Barat Lebih Dekat, 5 Rumah Adat Indah Nun Mempesona!
30-05-2020 08:35
Trit yg bagus. kalo rumah adat lampung apa mas? emoticon-Smilie
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan masnukho memberi reputasi
2 0
2
Lihat 5 balasan
Memuat data ..
Mengenal Papua Barat Lebih Dekat, 5 Rumah Adat Indah Nun Mempesona!
30-05-2020 08:41
Trit bagus gan..
Eksplore lagi tentang suku aslinya juga, kehidupan, sosial budaya sama adat dan tradisinya..

Apa jangan2 udah??
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan masnukho memberi reputasi
2 0
2
Mengenal Papua Barat Lebih Dekat, 5 Rumah Adat Indah Nun Mempesona!
30-05-2020 08:41
adat budayanya emang luar biasa yaaaa
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan masnukho memberi reputasi
2 0
2
Mengenal Papua Barat Lebih Dekat, 5 Rumah Adat Indah Nun Mempesona!
30-05-2020 08:46
Quote:Original Posted By ArdyTegal
Trit bagus gan..
Eksplore lagi tentang suku aslinya juga, kehidupan, sosial budaya sama adat dan tradisinya..

Apa jangan2 udah??

Udah Gan, semua tema sudah diangkat sama member group KOMPAK 😅
Semoga dengan kami menulis tema Papua, semakin banyak yang tau tentang tanah surga Indonesia

Quote:Original Posted By christyas1994
adat budayanya emang luar biasa yaaaa


emoticon-Shakehand2 sepakat Gan, beragam dan indah
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
1 0
1
Mengenal Papua Barat Lebih Dekat, 5 Rumah Adat Indah Nun Mempesona!
30-05-2020 08:50
Papua saudara kita dari timur

emoticon-Shakehand2 emoticon-I Love Indonesia
Diubah oleh riendzy92
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan masnukho memberi reputasi
2 0
2
Mengenal Papua Barat Lebih Dekat, 5 Rumah Adat Indah Nun Mempesona!
30-05-2020 08:52


Quote:Original Posted By masnukho
Udah Gan, semua tema sudah diangkat sama member group KOMPAK 😅
Semoga dengan kami menulis tema Papua, semakin banyak yang tau tentang tanah surga Indonesia

emoticon-Shakehand2 sepakat Gan, beragam dan indah


Iya gan, barusan ane baca juga disebelah
Mbahas salah satu distrik di papua.,

Ayoo eksplore lagi..
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan masnukho memberi reputasi
2 0
2
Mengenal Papua Barat Lebih Dekat, 5 Rumah Adat Indah Nun Mempesona!
30-05-2020 08:55
Quote:Original Posted By riendzy92
Papua saudara kita dari timur

emoticon-Nyepi iya gan benar, mereka saudara kita emoticon-I Love Indonesia

Quote:Original Posted By ArdyTegal
Iya gan, barusan ane baca juga disebelah
Mbahas salah satu distrik di papua.,

Ayoo eksplore lagi..


emoticon-Shakehand2 siap Gan, pastinya selama beberapa hari ke depan bakal banyak tulisan dengan tema Papua Gan
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan ArdyTegal memberi reputasi
2 0
2
Mengenal Papua Barat Lebih Dekat, 5 Rumah Adat Indah Nun Mempesona!
30-05-2020 09:01
Semangat Mas!!!
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan masnukho memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Mengenal Papua Barat Lebih Dekat, 5 Rumah Adat Indah Nun Mempesona!
30-05-2020 09:14
waaaw... cakep selalu masnukho😁😁
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan masnukho memberi reputasi
2 0
2
Mengenal Papua Barat Lebih Dekat, 5 Rumah Adat Indah Nun Mempesona!
30-05-2020 09:18
keren om... Cuma pernah liat d taman mini, tp keknya ga semua ada y dsana emoticon-Matabelo
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Mengenal Papua Barat Lebih Dekat, 5 Rumah Adat Indah Nun Mempesona!
30-05-2020 09:20
Quote:Original Posted By masnukho
Udah Gan, semua tema sudah diangkat sama member group KOMPAK 😅
Semoga dengan kami menulis tema Papua, semakin banyak yang tau tentang tanah surga Indonesia

emoticon-Shakehand2 sepakat Gan, beragam dan indah


Iyaaaa bikin bersyukur tinggal di Indonesia, cuman memang Papua harus dapat sorotan lebih sih
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Mengenal Papua Barat Lebih Dekat, 5 Rumah Adat Indah Nun Mempesona!
30-05-2020 09:27
Quote:Original Posted By sofiyuen
waaaw... cakep selalu masnukho😁😁

emoticon-Nyepi terima kasih mbak

Quote:Original Posted By Phoda
keren om... Cuma pernah liat d taman mini, tp keknya ga semua ada y dsana emoticon-Matabelo

emoticon-Matabelo iya, terbatas kalau TMII, tapi dah lumayan lengkap juga sih

Quote:Original Posted By christyas1994
Iyaaaa bikin bersyukur tinggal di Indonesia, cuman memang Papua harus dapat sorotan lebih sih


emoticon-Jempol setuju, jangan sampai kita meleng dikit dan dieksplor sama tangan yang kurang bertanggung jawab
0 0
0
Halaman 1 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia