News
Batal
KATEGORI
link has been copied
128
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e93d0d9263772791c57ccae/pengakuan-jemaah-jumatan-di-martapura-saat-pandemi-corona
Larangan Salat Jumat di tengah pandemi Covid-19 seakan tak berlaku di Masjid Al-Karomah, Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Jumat (10/4) siang tadi. Para jemaah yang ngotot untuk Jumatan itu merangsek masuk sekalipun pintu masuk masjid terbesar di Kota Intan itu ditutup dan dijaga petugas. Aparat gabungan yang kalah jumlah tak sanggup membendung keinginan ratusan jemaah itu untuk mas
Lapor Hansip
13-04-2020 09:39

Pengakuan Jemaah Jumatan di Martapura Saat Pandemi Corona


Quote:Larangan Salat Jumat di tengah pandemi Covid-19 seakan tak berlaku di Masjid Al-Karomah, Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Jumat (10/4) siang tadi.

Para jemaah yang ngotot untuk Jumatan itu merangsek masuk sekalipun pintu masuk masjid terbesar di Kota Intan itu ditutup dan dijaga petugas.

Aparat gabungan yang kalah jumlah tak sanggup membendung keinginan ratusan jemaah itu untuk masuk menggelar salat bersama.

Memasuki tengah hari, jemaah kian banyak berdatangan hingga akhirnya berhasil masuk dan memenuhi separuh ruangan dalam masjid.

Lantas apa alasan mereka untuk tetap menggelar Jumatan saat pandemi Covid-19 ini?

Rata-rata jamaah yang ditemui di lapangan rupanya sudah mengetahui ihwal surat edaran bupati yang melarang Salat Jumat.

“Kita tahu ada larangannya dari bupati, namun tidak ada solusi. Apalagi ini sudah yang Jumat ketiga, masa kami tidak salat Jumat lagi, mau diapakan kami,” ujar Imam Firdaus, salah satu jemaah kepada apahabar.com.

Menurutnya banyak masyarakat merasa takut berdosa karena meninggalkan Salat Jumat itu.

Pemerintah, lanjutnya, hanya sekadar melarang tanpa memberi solusi yang bisa menenangkan masyarakat.

“Semestinya pemerintah memberi pernyataan tegas, bahwa masyarakat yang tidak Salat Jumat selama pandemi Corona ini tidak berdosa atau jika berdosa ditanggung oleh pemerintah,” tegas Firdaus.

Masyarakat setempat, kata dia, percaya jika tidak melaksanakan Salat Jumat tiga kali berturut-turut maka dicap sebagai orang munafik.

Selain itu, lanjutnya, yang membuat masyarakat waswas, sebagian ulama di Martapura masih menggelar Salat Jumat di masjid.

“Apalagi ada sebagian ulama yang masih melaksanakan Jumatan, ya kami mengikuti beliau,” ungkap warga Martapura satu ini.

Selain Imam Firdaus, Humaidi yang juga warga Martapura takut berdosa jika tidak melaksanakan Salat Jumat tiga kali berturut-turut.

“Saya sudah dua kali tidak salat Jumat, masa saya tidak Salat Jumat ketigakalinya,” katanya.

Pantauan media ini, sempat terjadi aksi dorong di pintu gerbang masjid yang sudah dijaga ketat oleh aparat setempat itu.

Kalah jumlah, petugas dari kepolisian, TNI, dan Satpol PP pun kewalahan. Pintu gerbang akhirnya jebol dibuka paksa oleh jemaah.

Sesaat sebelum Jumatan, kepolisian sejatinya sudah memberi pengertian kepada masyarakat.

Polisi memang hanya menjalankan tugas dari keputusan Bupati Banjar KH Khalilurrahman.

“Kita tidak melarang Salat Jumat, tapi melarang adanya perkumpulan orang banyak,” ujar Kabag Ops Polres Banjar Syaiful Bob coba memberi pengertian kepada jemaah.

Saat itu warga tampak enggan mendengar imbauan bupati Banjar untuk tidak Jumatan di masjid.

Walhasil para jemaah itu nyaris memenuhi seisi ruangan salat dalam Masjid Al-Karomah Martapura di tengah pandemi Covid-19 ini.

Salat Jumat pun dilaksanakan ringkas. Khotbah hanya hitungan menit. Salat Jumat yang di-imami oleh Tuan Guru Tarhib, hanya membacakan surat Al-Kafirun dan Al-Ikhlas.


SUMBER


Quote:Masyarakat setempat, kata dia, percaya jika tidak melaksanakan Salat Jumat tiga kali berturut-turut maka dicap sebagai orang munafik.

Selain itu, lanjutnya, yang membuat masyarakat waswas, sebagian ulama di Martapura masih menggelar Salat Jumat di masjid.

“Apalagi ada sebagian ulama yang masih melaksanakan Jumatan, ya kami mengikuti beliau,” ungkap warga Martapura satu ini.


katanya ada ulama yg masih sholat
kalian kan panutan dan di anggap berilmu tinggi
kok malah kasih contoh seperti ini?
kenapa tidak bisa mengajak umat lu untuk melindungi diri sendiri sekaligus manusia lainnya?
apa ngerasa sedang menegakkan ajaran agamamu?
apa ngerasa tuhan akan melindungi maupun membela kalian?

kadang membuat saya berpikir, apakah agamalah yg membuat penyebaran virus semasif sekarang?
kadang membuat saya berpikir, tuhan dan manusia siapakah yg lebih anda hormati?

hidup di zaman modern ini, sudah beda dengan zaman purba
anda boleh melaksanakan ibadah anda
anda boleh percaya pada ajaran agama anda
anda boleh percaya pada kuasa tuhan anda
JIKA saat dunia aman, tenang, tentram, tanpa konflik
silakan laksanakan kepercayaan anda

tapi di tengah wabah, di tengah pandemi seperti ini
mohon percayalah pada SAINS
pada orang orang yg memang profesional di bidangnya itu
terutama saat vaksin lom di temukan
demi dirimu, demi keluargamu, demi saudaramu, juga demi manusia manusia lainnya

bukankah inti dari ajaran agama adalah moral?
moral apa yg anda dapatkan jika tidak bisa saling menghormati dan melindungi sesama manusia?
hormati dan lindungilah manusia lainnya, dengan tidak ikut menjadi penyebarnya

jangan pernah berpikir, tuhanmu pasti akan melindungimu
hanya manusialah yang mampu melindungi manusia
jangan tersesat hingga menjadi pembunuh manusia lainnya

emoticon-Turut Berduka emoticon-Turut Berduka emoticon-Turut Berduka

Pengakuan Jemaah Jumatan di Martapura Saat Pandemi Corona



profile-picture
profile-picture
profile-picture
sebelahblog dan 43 lainnya memberi reputasi
38
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 5
Pengakuan Jemaah Jumatan di Martapura Saat Pandemi Corona
13-04-2020 09:48
Edit : ada Tuhan bukan berarti loe ga bisa mati. Tuhan juga kasih hikmat pd manusia dari pengetahuan yg kian hari kian banyak . .

Tuhan sdh menetapkan segalanya, tp kita lom tahu ap yg ditetapkan jd manusia pergunakanlah hikmat yg ad dengan maksimal sampai ketetapanNya dinyatakan.

Simplenya tengok film Last Samurai.
Diubah oleh eddy03
profile-picture
profile-picture
profile-picture
abellacitra dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Pengakuan Jemaah Jumatan di Martapura Saat Pandemi Corona
13-04-2020 09:48
Udah biarin aja..
Kalo memang angka penderita rendah.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
abellacitra dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Pengakuan Jemaah Jumatan di Martapura Saat Pandemi Corona
13-04-2020 09:49
kemenangan umat ini


akhwat @...noisszcat... bergembira mereka bisa soljum lagi

salam corona


@TERA.SERVO

Quote:Original Posted By TERA.SERVO


Betul bre... Masjid2 skrg udah banyak ga ngadain sholat jumat...

Ini si kolor malah bikin kumpul2 halelujah di gereja...




coba komen yg sama diketik lagi

tapi dikondisikan dgn acara dan ritual agamanya


btw nanti ramadan pasti lebih banyak yg buat acara ngumpul2, buka bersama dll

gak caya ? mari kita tunggu


@emmanuel.macron 4L lagi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
abellacitra dan 9 lainnya memberi reputasi
10 0
10
Pengakuan Jemaah Jumatan di Martapura Saat Pandemi Corona
13-04-2020 09:50
ketakutan amatemoticon-Leh Uga
Pengakuan Jemaah Jumatan di Martapura Saat Pandemi Corona

BATA!
Diubah oleh red.bezos
profile-picture
profile-picture
profile-picture
victimaye dan 3 lainnya memberi reputasi
1 3
-2
Pengakuan Jemaah Jumatan di Martapura Saat Pandemi Corona
13-04-2020 09:55
orang2 idiot..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
abellacitra dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Pengakuan Jemaah Jumatan di Martapura Saat Pandemi Corona
13-04-2020 09:56
ada Tuhan bukan berarti loe ga bisa mati. Tuhan juga kasih hikmat pd manusia dari pengetahuan yg kian hari kian banyak . .

Tuhan sdh menetapkan segalanya, tp kita lom tahu ap yg ditetapkan jd manusia pergunakanlah hikmat yg ad dengan maksimal sampai ketetapanNya dinyatakan.

Simplenya tengok film Last Samurai.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
abellacitra dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Pengakuan Jemaah Jumatan di Martapura Saat Pandemi Corona
13-04-2020 09:56
semoga mati semua
profile-picture
profile-picture
profile-picture
abellacitra dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Pengakuan Jemaah Jumatan di Martapura Saat Pandemi Corona
13-04-2020 09:59
Quote:Original Posted By pasti2periode
SUMBER


katanya ada ulama yg masih sholat
kalian kan panutan dan di anggap berilmu tinggi
kok malah kasih contoh seperti ini?
kenapa tidak bisa mengajak umat lu untuk melindungi diri sendiri sekaligus manusia lainnya?
apa ngerasa sedang menegakkan ajaran agamamu?
apa ngerasa tuhan akan melindungi maupun membela kalian?

kadang membuat saya berpikir, apakah agamalah yg membuat penyebaran virus semasif sekarang?
kadang membuat saya berpikir, tuhan dan manusia siapakah yg lebih anda hormati?

hidup di zaman modern ini, sudah beda dengan zaman purba
anda boleh melaksanakan ibadah anda
anda boleh percaya pada ajaran agama anda
anda boleh percaya pada kuasa tuhan anda
JIKA saat dunia aman, tenang, tentram, tanpa konflik
silakan laksanakan kepercayaan anda

tapi di tengah wabah, di tengah pandemi seperti ini
mohon percayalah pada SAINS
pada orang orang yg memang profesional di bidangnya itu
terutama saat vaksin lom di temukan
demi dirimu, demi keluargamu, demi saudaramu, juga demi manusia manusia lainnya

bukankah inti dari ajaran agama adalah moral?
moral apa yg anda dapatkan jika tidak bisa saling menghormati dan melindungi sesama manusia?
hormati dan lindungilah manusia lainnya, dengan tidak ikut menjadi penyebarnya

jangan pernah berpikir, tuhanmu pasti akan melindungimu
hanya manusialah yang mampu melindungi manusia
jangan tersesat hingga menjadi pembunuh manusia lainnya

emoticon-Turut Berduka emoticon-Turut Berduka emoticon-Turut Berduka

Pengakuan Jemaah Jumatan di Martapura Saat Pandemi Corona


Quote:Original Posted By calon.pedopil
kemenangan umat ini


akhwat @...noisszcat... bergembira mereka bisa soljum lagi

salam corona


@TERA.SERVO

coba komen yg sama diketik lagi

tapi dikondisikan dgn acara dan ritual agamanya


btw nanti ramadan pasti lebih banyak yg buat acara ngumpul2, buka bersama dll

gak caya ? mari kita tunggu


@emmanuel.macron 4L lagi


Pengakuan Jemaah Jumatan di Martapura Saat Pandemi Corona

ROTEE ROTEE ROTEEE....

emoticon-Wakaka
Diubah oleh ...noisszcat...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
abellacitra dan 4 lainnya memberi reputasi
3 2
1
Lihat 11 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 11 balasan
Pengakuan Jemaah Jumatan di Martapura Saat Pandemi Corona
13-04-2020 10:00
Hidup mati ada ditangan tuhan jadi mustahil mati kalau belum takdirnya!!!!!!?????!!!!!!!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
abellacitra dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Pengakuan Jemaah Jumatan di Martapura Saat Pandemi Corona
13-04-2020 10:03
itu ngotot Jum'atannya pas hari Jum'at Agung kemarin? emoticon-Nyepi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
abellacitra dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Pengakuan Jemaah Jumatan di Martapura Saat Pandemi Corona
13-04-2020 10:09
r/COVIDIOT
profile-picture
profile-picture
profile-picture
abellacitra dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Pengakuan Jemaah Jumatan di Martapura Saat Pandemi Corona
13-04-2020 10:10
Ya kan salah satu tujuan beragama itu supaya masuk surga, jadi kalau mati sekarang malah lebih bagus toh?

TS iri ya, melihat orang2 beragama punya harapan, sedangkan orang2 ateis cuma bisa mengagungkan sains sambil itupun diliputi kecemasan karena mau ketemu vaksin/obat atau bagaimanapun, untuk bisa memperpanjang umur manusia pun belum ketemu obatnya oleh SAINS emoticon-Berduka (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
abellacitra dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Pengakuan Jemaah Jumatan di Martapura Saat Pandemi Corona
13-04-2020 10:10
kasih aja, biar mati semua kena covid 19. kalau bisa seperti negara ekquator. biari aja mayat2nya di jalan.

kasih tahu untuk keselamatan diri. malah ngeyel.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
abellacitra dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Pengakuan Jemaah Jumatan di Martapura Saat Pandemi Corona
13-04-2020 10:14
Orang orang bodoh


emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
abellacitra dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Pengakuan Jemaah Jumatan di Martapura Saat Pandemi Corona
13-04-2020 10:17
Quote:“Apalagi ada sebagian ulama yang masih melaksanakan Jumatan, ya kami mengikuti beliau,” ungkap warga Martapura satu ini.


susah emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
abellacitra dan pasti2periode memberi reputasi
2 0
2
Pengakuan Jemaah Jumatan di Martapura Saat Pandemi Corona
13-04-2020 10:20
Quote:Original Posted By ...noisszcat...
Pengakuan Jemaah Jumatan di Martapura Saat Pandemi Corona

ROTEE ROTEE ROTEEE....

emoticon-Wakaka


virus korona takut sama jamaah



takbir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
abellacitra dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Pengakuan Jemaah Jumatan di Martapura Saat Pandemi Corona
13-04-2020 10:23
ngoahoahaohoahaohaohoa
profile-picture
profile-picture
abellacitra dan pasti2periode memberi reputasi
2 0
2
Pengakuan Jemaah Jumatan di Martapura Saat Pandemi Corona
13-04-2020 10:24
Quote:Original Posted By emmanuel.macron
saya buzzeRp, saat ini SOP kami menggiring opini bahwa jamaah tablig/islam adalah penyebab menyebarnya corona, bukan pekerja china dan diskon pariwisata turis komunis china


Quote:Original Posted By alQomaruddin
Lagi dan lagi framing di lakukan media2 kafir. Padahal yg mereka kunjungi itu sebenarnya diskotik, diklaimlah kalau yg mereka ikuti itu tabligh akbar di Masjid. Supaya orang-orang muslim yang lain pada ketakutan dan tidak datang ke Masjid.


emoticon-Imlek
profile-picture
profile-picture
profile-picture
abellacitra dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Pengakuan Jemaah Jumatan di Martapura Saat Pandemi Corona
13-04-2020 10:26
Janganlah beragama yg taat kayak di cokok hidungnya sama senior2 pemuka agama....kita dikasi otak sama tuhan untuk berpikir.... Jangan jadi bodoh karena mereka......
profile-picture
profile-picture
profile-picture
abellacitra dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Pengakuan Jemaah Jumatan di Martapura Saat Pandemi Corona
13-04-2020 10:27
Quote:Original Posted By pasti2periode



Pengakuan Jemaah Jumatan di Martapura Saat Pandemi Corona


Gereja katolik vs gereja protestan berakhir seri. Pertandingan berikut nya adalah :

gereja ortodoks timur vs gereja ortodoks oriental

Disusul pertandingan berikutnya saksi yehova vs mormonisme

Besok nya pertandingan sekte unitarian vs sekte liberalisme/universalisme

Lalu pertandingan berikutnya mempertemukan gereja gerakan yahweisme vs gereja scientology

Terakhir ditutup dengan mesianik yudaisme vs sinkretisme

Ah indahnya perbedaan emoticon-Smilie
Diubah oleh jokerandbane
profile-picture
profile-picture
abellacitra dan pasti2periode memberi reputasi
2 0
2
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Halaman 1 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia