Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
137
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e8fb38c8d94d0720f1bc735/apa-itu-buah-tin-jenis-buah-tin-nomer-9-yang-bikin-takjub
Assalamu'alaikum Wr. Wb. Apa kabar, GanSis? Alhamdulillah, kalau baik-baik saja. Jika ada yang sakit, semoga diangkat penyakitnya. Aamiin ya rabbal alamiin. Sekarang, aku coba memperkenalkan buah tin pada kalian semua. Tanaman tin ini sudah tercantum di Al-Qur'an pada surah At-Tin. Di antara makhluk-makhluk yang disumpahkan oleh Allah adalah buah tin (demi buah tin dan zaitun), ayat pertama dari s
Lapor Hansip
10-04-2020 06:45

Apa itu buah tin? Jenis buah tin nomer 9 yang bikin takjub.

icon-verified-thread
Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Apa kabar, GanSis?
Alhamdulillah, kalau baik-baik saja. Jika ada yang sakit, semoga diangkat penyakitnya. Aamiin ya rabbal alamiin.

Sekarang, aku coba memperkenalkan buah tin pada kalian semua. Tanaman tin ini sudah tercantum di Al-Qur'an pada surah At-Tin.

Di antara makhluk-makhluk yang disumpahkan oleh Allah adalah buah tin (demi buah tin dan zaitun), ayat pertama dari surah At-Tin.


Buah tin adalah dari jenis (Carica Ficus), yang dikenal luas pada jaman dahulu. Manfaat dan kegunaannya yang banyak untuk ramuan obat, dan getah serta daunnya juga banyak manfaatnya.

Apa itu buah tin? Jenis buah tin nomer 9 yang bikin takjub. Dokpri

Quote:Manfaat buah tin adalah :

- Bagus untuk penyakit anemia. Zat hemoglobin yang terkandung di dalamnya, dapat menambah tekanan darah.

- Menjaga tekanan darah tinggi.

- Melancarkan BAB.

- Bagus untuk penderita diabetes. Jangan takut jika penderita diabetes mengonsumsi buah ini.

- Mencegah osteoporosis

- Mengurangi resiko terkena kanker dan tumor
- Dll.


Buah tin tak kenal musim. Bila menanam buah tin dengan cara stek batang, kurang lebih selama 8 bulan akan cepat berbuah. Apalagi saat musim hujan, cepat tumbuh subur.

Mineral yang terkandung pada air hujan lebih tinggi dari pada air biasa. Maka dari itu, tanaman lebih cepat subur jika terkena air hujan.

Bukan hanya buahnya saja yang kaya akan manfaat. Daun tin tak jauh beda dengan manfaat buahnya.

Kadang, dijadikan teh herbal atau jamu herbal. Sebelum di konsumsi, daunnya di proses dahulu sebelum di kemas. Daun tin yang sudah menjadi serbuk, bisa juga untuk tambahan campuran kue kering.

Daun tin yang kering, bisa juga untuk aromatherapi. Diletakkan dalam sarung bantal atau ruangan yang diinginkan. Bisa juga untuk campuran lilin aromatherapi. Harumnya yang sangat khas dan menenangkan.


Langkah-langkah daun tin dijadikan teh/jamu herbal dan serbuk campuran kue :

1. Ambil daun tin yang tidak terlalu tua dan tidak terlalu muda. Cuci dengan bersih, kemudian jemur.


Apa itu buah tin? Jenis buah tin nomer 9 yang bikin takjub. Dokpri

Jangan di oven. Nanti akan mempengaruhi rasa dari daun tin tersebut.


2. Setelah kering, ambil perlahan karena daunnya sangat keras.


Apa itu buah tin? Jenis buah tin nomer 9 yang bikin takjub. Dokpri

Buang cuping pada tengah daun yang tidak kering. Pisahkan daun tin pada wadah.


3. Blender kering jika dijadikan serbuk campuran kue, atau remas saja daunnya jika dijadikan teh atau jamu herbal.


Apa itu buah tin? Jenis buah tin nomer 9 yang bikin takjub. Dokpri



Quote:Selain dikonsumsi,banyak orang yang tidak mengetahui kegunaan dari getah daun tin dan buahnya. Buahnya yang matang dapat digunakan untuk menyembuhkan luka, dengan cara langsung di baluri pada yang sakit. Jika getah daunnya, digunakan untuk melumuri badan atau tubuh yang terkena alergi setelah makan sesuatu.



Buah tin/ara yang biasa disebut dengan buah surga. Memiliki banyak jenis-jenis sekitar 700-an lebih di muka bumi. Namun, aku akan memberitahukan jenis-jenis buah tin yang kuketahui.

1. Green Jordan


Apa itu buah tin? Jenis buah tin nomer 9 yang bikin takjub. Sumber : google


2. Purple Jordan


Apa itu buah tin? Jenis buah tin nomer 9 yang bikin takjub. Dokpri


3. Red Palestine


Apa itu buah tin? Jenis buah tin nomer 9 yang bikin takjub. sumber : google


4. Black Ischia


Apa itu buah tin? Jenis buah tin nomer 9 yang bikin takjub. sumber : google


5. Brown Turkey

Apa itu buah tin? Jenis buah tin nomer 9 yang bikin takjub. sumber : google


6. Red Libya


Apa itu buah tin? Jenis buah tin nomer 9 yang bikin takjub. sumber : google


7. Black Jack


Apa itu buah tin? Jenis buah tin nomer 9 yang bikin takjub. sumber : google


8. Long Yellow


Apa itu buah tin? Jenis buah tin nomer 9 yang bikin takjub. sumber : google


9. Panace Tiger


Apa itu buah tin? Jenis buah tin nomer 9 yang bikin takjub. sumber : google


10. Flanders


Apa itu buah tin? Jenis buah tin nomer 9 yang bikin takjub. sumber : google



Begitu banyak jenis buah tin. Harga jual yang sangat tinggi, menjadikan peminat tanaman ini sangatlah banyak. Warna kulit buah tambah pekat atau hitam, tambah manis rasanya. Kadang buah tin yang masih mentah, bisa dijadikan manisan. Daun yang ruasnya berbeda bisa diketahui dari jenis buahnya. Sisinya yang bergerigi dan bagian bawah yang halus dan permukaannya yang kasar.



Buah tin ini dikenal tanpa kenal musim kalau berbuah. Apalagi ditanam pada tanah Indonesia ini.

Berbuah disela-sela daunnya dan hampir tidak diketahui bunganya yang begitu kecil, hampir tidak di ketahui.


Apa itu buah tin? Jenis buah tin nomer 9 yang bikin takjub. Dokpri



Apa itu buah tin? Jenis buah tin nomer 9 yang bikin takjub. Dokpri



Penanaman yang tepat dan tempat yang strategis dapat menyuburkan tin dan dapat berbuah lebat. Tanaman tin yang tumbuh besar, buahnya nanti juga akan besar pula.


Quote:Tips dan triknya :
- Diharuskan, tanaman tin terkena sinar matahari langsung di pagi hari, karena matahari yang belum terlalu menyengat dapat memberikan manfaatnya langsung pada seluruh permukaan daun.

- Jika tidak terkena sinar matahari langsung, akan sangat membutuhkan waktu lama untuk berbuah.

- Beri pupuk sekali saja saat akan menanam dengan dicampurkan pada media tanah yang akan di tanam.

- Di tanam dalam tanah lebih bagus, karena dapat menyerap mineral lebih banyak.

- Jangan diberi pupuk kotoran kambing, karena bersifat panas dan mengakibatkan tanaman tin cepat layu dan mati.



Jadi, tidak akan rugi jika menanam buah tin di pekarangan rumah ataupun dalam pot sekalipun. Jadi, hijaukan pekarangan kita dengan tanaman yang bermanfaat.





Sumber : blog pribadi
Diubah oleh muyasy
profile-picture
profile-picture
profile-picture
infinitesoul dan 19 lainnya memberi reputasi
20
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 6
Apa itu buah tin? Jenis buah tin nomer 9 yang bikin takjub.
10-04-2020 06:51
oh enih toh buah tin wkwkkw aku nyebutnya pocalo wkwkwk abisan gak tau namanya wkwkwkwk..ada di kebun engkong..gak ditanam numbuh sendiri kata engkong sih..tapain bisa dimakan emangnya? belum jalin sih wkkwwk
profile-picture
profile-picture
muyasy dan laylasyah memberi reputasi
2 0
2
Apa itu buah tin? Jenis buah tin nomer 9 yang bikin takjub.
10-04-2020 06:53
buah tin pengiiin
profile-picture
muyasy memberi reputasi
1 0
1
Apa itu buah tin? Jenis buah tin nomer 9 yang bikin takjub.
10-04-2020 06:55
Nggak rugi kalo nanam buah tin🤩
0 0
0
Apa itu buah tin? Jenis buah tin nomer 9 yang bikin takjub.
10-04-2020 06:56
Quote:Original Posted By delia.adel
oh enih toh buah tin wkwkkw aku nyebutnya pocalo wkwkwk abisan gak tau namanya wkwkwkwk..ada di kebun engkong..gak ditanam numbuh sendiri kata engkong sih..tapain bisa dimakan emangnya? belum jalin sih wkkwwk



Aku denger, harus di stek dulu baru bisa tanam. apa buah tin yang lain? Jadi penasaran😁
profile-picture
delia.adel memberi reputasi
1 0
1
Apa itu buah tin? Jenis buah tin nomer 9 yang bikin takjub.
10-04-2020 06:56
Quote:Original Posted By laylasyah
buah tin pengiiin


Sini mbak, maen ke rumah.😁
profile-picture
laylasyah memberi reputasi
1 0
1
Apa itu buah tin? Jenis buah tin nomer 9 yang bikin takjub.
10-04-2020 06:57
Quote:Original Posted By muyasy
Aku denger, harus di stek dulu baru bisa tanam. apa buah tin yang lain? Jadi penasaran😁


Gak tau tapi kaya entuh. Nanti kalo dah gak lockdown aye fotoin dah
profile-picture
profile-picture
phyu.03 dan muyasy memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Apa itu buah tin? Jenis buah tin nomer 9 yang bikin takjub.
10-04-2020 07:09
Quote:Original Posted By muyasy
Sini mbak, maen ke rumah.😁


Lockdown mbak emoticon-Ngakak
profile-picture
muyasy memberi reputasi
1 0
1
Apa itu buah tin? Jenis buah tin nomer 9 yang bikin takjub.
10-04-2020 07:15
Wah, banyak juga macamnya buah tin ini ya
profile-picture
muyasy memberi reputasi
1 0
1
Apa itu buah tin? Jenis buah tin nomer 9 yang bikin takjub.
10-04-2020 07:21
Waaah... Kliatan segar bingits yak...
emoticon-Kaskus Banget
profile-picture
muyasy memberi reputasi
1 0
1
Apa itu buah tin? Jenis buah tin nomer 9 yang bikin takjub.
10-04-2020 07:52
Jenis buah tin memang banyak dan silahkan disimak saja. Berhubung memang disebutkan dalam Al QUR"AN maka buah ini tentu saja punya istimewa. Bagi yang ada pohonnya maka silahkan dirawat.
profile-picture
muyasy memberi reputasi
1 0
1
Apa itu buah tin? Jenis buah tin nomer 9 yang bikin takjub.
10-04-2020 08:08
Lebih istimewa dan bermanfaat lagi buah tin dan buah zaitun yang berasal dari pohon yang tumbuh tidak di sebelah timur (sesuatu) dan tidak pula di sebelah baratnya, yang minyaknya saja hampir-hampir menerangi, walaupun tidak disentuh api emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
muyasy dan rohannarambe memberi reputasi
2 0
2
Apa itu buah tin? Jenis buah tin nomer 9 yang bikin takjub.
10-04-2020 08:43
aku baru tau ini buah tin, di kampungku banyak, dan nggak diapa-apain. Mungkin orang kampung juga nggak tau ini buah tin
Diubah oleh rohannarambe
profile-picture
muyasy memberi reputasi
1 0
1
Apa itu buah tin? Jenis buah tin nomer 9 yang bikin takjub.
10-04-2020 09:03
Alhamdulillah udah pernah nyobain tuh buah emoticon-2 Jempol
profile-picture
muyasy memberi reputasi
1 0
1
Apa itu buah tin? Jenis buah tin nomer 9 yang bikin takjub.
10-04-2020 09:37
rasanya kaya apa si?
0 0
0
Apa itu buah tin? Jenis buah tin nomer 9 yang bikin takjub.
10-04-2020 10:27
Quote:Original Posted By delia.adel
Gak tau tapi kaya entuh. Nanti kalo dah gak lockdown aye fotoin dah


aku tunggu.😊
0 0
0
Apa itu buah tin? Jenis buah tin nomer 9 yang bikin takjub.
10-04-2020 10:29
Quote:Original Posted By laylasyah
Lockdown mbak emoticon-Ngakak


pinjem pintu kemana saja dr doraemonemoticon-Ngakak
profile-picture
laylasyah memberi reputasi
1 0
1
Apa itu buah tin? Jenis buah tin nomer 9 yang bikin takjub.
10-04-2020 10:30
Quote:Original Posted By evihan92
Wah, banyak juga macamnya buah tin ini ya


hu'um😊
0 0
0
Apa itu buah tin? Jenis buah tin nomer 9 yang bikin takjub.
10-04-2020 10:32
Quote:Original Posted By adolfsbasthian
Waaah... Kliatan segar bingits yak...
emoticon-Kaskus Banget


Rasanya manis banget lho mbk. Yuk, tanam😊
0 0
0
Apa itu buah tin? Jenis buah tin nomer 9 yang bikin takjub.
10-04-2020 10:34
Quote:Original Posted By vixitev
Jenis buah tin memang banyak dan silahkan disimak saja. Berhubung memang disebutkan dalam Al QUR"AN maka buah ini tentu saja punya istimewa. Bagi yang ada pohonnya maka silahkan dirawat.


emoticon-2 Jempol Bener
0 0
0
Apa itu buah tin? Jenis buah tin nomer 9 yang bikin takjub.
10-04-2020 10:35
Quote:Original Posted By acmd
Lebih istimewa dan bermanfaat lagi buah tin dan buah zaitun yang berasal dari pohon yang tumbuh tidak di sebelah timur (sesuatu) dan tidak pula di sebelah baratnya, yang minyaknya saja hampir-hampir menerangi, walaupun tidak disentuh api emoticon-Traveller


Masya allah ...
0 0
0
Halaman 1 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia