Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
412
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e8e12fd349d0f7b9f1cc35c/sekolah-libur-karena-pandemi-covid-19-guru-makan-gaji-buta-benarkah
Akibat libur panjang yang awalnya hanya 14 hari mulai dari 16 sampai 29 Maret 2020, kini diperpanjang sampai 21 April. Bahkan di beberapa wilayah ada yang sampai sehabis lebaran, terdengar slentingan dan omongan yang tidak mengenakkan untuk para guru.
Lapor Hansip
09-04-2020 01:07

Sekolah Libur Karena Pandemi Covid-19, Guru Makan Gaji Buta, Benarkah?

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Sekolah Libur Karena Pandemi Covid-19, Guru Makan Gaji Buta, Benarkah?

Hai Gansis!



Akibat libur panjang yang awalnya hanya 14 hari mulai dari 16 sampai 29 Maret 2020, kini diperpanjang sampai 21 April. Bahkan di beberapa wilayah ada yang sampai sehabis lebaran, terdengar slentingan dan omongan yang tidak mengenakkan untuk para guru.

"Sekolah libur panjang, enak dong gurunya. Makan gaji buta."

"Nggak kerja, tapi tetep dibayar. Enak sekali para guru."

Slentingan dan omongan miring tentang guru makan gaji buta sering terdengar semenjak sekolah libur pada tanggal 16 Maret 2020. Yang bilang seperti itu jelas orang yang nggak paham. Pasalnya yang libur itu sekolahnya saja, demi menekan penyebaran virus Covid-19, tetapi kegiatan belajar mengajar tetap berjalan. Gaji guru pun nggak seberapa, apalagi kalau hanya guru honorer dan seorang guru RA yayasan.

Kenapa ane bilang seperti itu? Karena ane juga seorang guru GanSis. Jadi, guru nggak makan gaji buta. Meski nggak pakai seragam dan berangkat ke sekolah, para guru tetap bekerja dan melaksanakan kegiatan belajar mengajar dari rumah. Dan tentunya hal itu lebih rumit dari mengajar di kelas dengan bertatap muka.

Sekolah Libur Karena Pandemi Covid-19, Guru Makan Gaji Buta, Benarkah?
WFH

Orang yang hanya melihat dan mengamati nggak akan tahu apa yang sebenarnya dirasakan para guru. Asal GanSis tahu, selama proses WFH guru harus siap 24 jam. Karena jumlah siswa yang banyak dan waktu online tidak sama, terkadang harus menjawab beberapa pertanyaan yang sama di waktu yang berbeda, tak hanya satu dua kali. Berbeda dengan proses belajar dengan bertatap muka di kelas, sebab ditentukan waktunya. Sedangkan jika melalui daring nggak bisa ditetapkan waktunya. Nggak mungkin guru menolak pertanyaan murid terkait mata pelajaran yang tak dipahaminya karena sudah malam, atau lewat tenggang waktu.


Sekolah Libur Karena Pandemi Covid-19, Guru Makan Gaji Buta, Benarkah?
Tugas kreatifitas anak-anak didik ane


Nanti kalau diberi DL para murid protes dan yang disalahkan guru lagi. Meski memang ada beberapa sekolah yang memberi DL pada siswanya dalam mengerjakan tugas. Itu semua sebenarnya dilakukan supaya para murid memiliki tanggung jawab terhadap tugasnya. Kalau nggak begitu banyak yang menyepelekan dan terlalu santai. Padahal guru pun dikasih DL dari atasan untuk pengerjaan laporan. Tetapi, seharusnya guru juga bijak dalam memberi tugas sesuai kemampuan siswa.



Nah, setiap guru mulai dari tingkatan PAUD/TK sampai SMA wajib membuat laporan kegiatan belajar mengajar melalui daring. Harus menyertakan bukti fisik kegiatannya. Itulah kenapa para murid disuruh mengirim gambar atau foto saat belajar di rumah. Jadi, selama libur atau belajar dari rumah kerjaan guru malah lebih ribet dan rumit. Tapi, ya memang itu kewajiban yang harus dilakukan, nggak boleh mengeluh meski gajinya tak sebanding.

Sekolah Libur Karena Pandemi Covid-19, Guru Makan Gaji Buta, Benarkah?
Tugas belajar di rumah anak-anak didik ane


Kembali lagi ke gaji buta, ada beberapa pihak sekolah yang tidak membayar para guru honorer, ada juga yang dibayar cuma separuh, tetapi ada juga yang dibayar full. Tergantung kebijakan pihak sekolah. Nah, kalau yang nggak dibayar sama sekali, gimana mau makan gaji buta? Yang ada malah kering kantongnya buat beli kuota internet. Karena proses belajar mengajar melalui daring bikin boros kuota. Nggak percaya? Ya sudahlah ane nggak maksa, asal jangan ragukan lagi cinta ane, Gan. Eaaak. emoticon-Wagelaseh


Sekolah Libur Karena Pandemi Covid-19, Guru Makan Gaji Buta, Benarkah?
Tugas anak-anak didik

Jadi, GanSis masih menganggap kalau guru itu makan gaji buta? Yang jelas kalau nggak tahu apa yang terjadi, lebih baik jaga ucapan agar tak saling menyakiti. Itulah susahnya jika lidah tak bertulang. Mari jaga hati, pikiran, dan mulut dari hal yang unfaedah. Jangan lupa tetap bahagia.

Ok, Gansis kalau sudah baca jangan lupa kasih cendol, rating, komen, share, dan beri aku cinta, eh. Sekian dan terima cinta. emoticon-Ngakak

Pict dari koleksi pribadi
Opini pribadi dan cerita dari sesama teman guru
profile-picture
profile-picture
profile-picture
amyjk02 dan 71 lainnya memberi reputasi
72
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 11
Sekolah Libur Karena Pandemi Covid-19, Guru Makan Gaji Buta, Benarkah?
24-06-2020 10:38
Libur karena pandemi terus diperpanjang
0 0
0
Sekolah Libur Karena Pandemi Covid-19, Guru Makan Gaji Buta, Benarkah?
22-06-2020 09:45
emoticon-Cendol Gan
0 0
0
Sekolah Libur Karena Pandemi Covid-19, Guru Makan Gaji Buta, Benarkah?
07-06-2020 16:50
temenku sibuk bet semenjak ngajar online. aku okut disibukkin
profile-picture
profile-picture
gustiarny dan Anna471 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Sekolah Libur Karena Pandemi Covid-19, Guru Makan Gaji Buta, Benarkah?
06-06-2020 21:41
Hidup para pahlawan tanpa tanda jasa, anda luar biasa!!!

Pejuang sejati yang tak pernah berhenti memberi penerang pada anak indonesia.
profile-picture
profile-picture
gustiarny dan Anna471 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Sekolah Libur Karena Pandemi Covid-19, Guru Makan Gaji Buta, Benarkah?
06-06-2020 11:07
keadaan seperti saat ini tidak ada yang mau juga, mau nya noemal kembali bisa KBM di sekolah.
profile-picture
Anna471 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Sekolah Libur Karena Pandemi Covid-19, Guru Makan Gaji Buta, Benarkah?
06-06-2020 08:50
padahal ngajar online dan ngoreksi materi anak" dr foto tuh susah loh. ada yg wali murid ga respon sama tugas anak sementara nilai ut rapot ya diambil dr itu.
profile-picture
Anna471 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Sekolah Libur Karena Pandemi Covid-19, Guru Makan Gaji Buta, Benarkah?
06-06-2020 05:39
Masa pandemi gini, sepertinya malah kerjaan guru jadi berlipat, deh.
profile-picture
Anna471 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Sekolah Libur Karena Pandemi Covid-19, Guru Makan Gaji Buta, Benarkah?
06-06-2020 04:54
Nggak kok, malah aku ngerasa jauh lebih repot, harus laporan tiap minggu. mana laporan wali kelas, laporan pemblejrn per kelas. hhhhh 🤷‍♂️
profile-picture
profile-picture
miniadila dan Anna471 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Sekolah Libur Karena Pandemi Covid-19, Guru Makan Gaji Buta, Benarkah?
06-06-2020 01:52
Yang bilang guru gabut karena WFH ketauan ga pernah merhatiin anaknya zoom sekolah
profile-picture
profile-picture
miniadila dan Anna471 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Sekolah Libur Karena Pandemi Covid-19, Guru Makan Gaji Buta, Benarkah?
05-06-2020 23:52
meski udah pensiun dini, ngerti kok ane
profile-picture
profile-picture
miniadila dan Anna471 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Sekolah Libur Karena Pandemi Covid-19, Guru Makan Gaji Buta, Benarkah?
05-06-2020 22:11
moga tembus share ke -2000😅


ane sih nggak no dan nggak yess

ikut peraturan ajah
toh guru masih digaji, kan?
profile-picture
profile-picture
miniadila dan Anna471 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Sekolah Libur Karena Pandemi Covid-19, Guru Makan Gaji Buta, Benarkah?
05-06-2020 21:55
Apakabar anak-anak pedalaman?
profile-picture
profile-picture
miniadila dan Anna471 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Sekolah Libur Karena Pandemi Covid-19, Guru Makan Gaji Buta, Benarkah?
05-06-2020 19:01
justru WFH ini lebih ribet. belum anaknya yang ada di pelosok selevel SMK WFH kan udah kaya tugas kuliah,😜 ada yang susah sinyal. ada yang ga punya hp. pokonya guru ekstra kerja dengan WFH ini😭
profile-picture
profile-picture
miniadila dan Anna471 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Sekolah Libur Karena Pandemi Covid-19, Guru Makan Gaji Buta, Benarkah?
05-06-2020 18:54
yang bilang guri makan gaji buta, pasti kagak tau sekolah! emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Marah
profile-picture
profile-picture
miniadila dan Anna471 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Sekolah Libur Karena Pandemi Covid-19, Guru Makan Gaji Buta, Benarkah?
05-06-2020 17:12
Yaa gak gitu juga kalii
Guru tetap pantau ke rumah siswa kadang pakai vcall memanfaatkan teknologi

Sekolah Libur Karena Pandemi Covid-19, Guru Makan Gaji Buta, Benarkah?

Ini aku dan temanku lagi kunjungan ke rumah siswa
Tetap memakai APD
Cuci tangan sebelum bertamu dan sesudah bertamu
profile-picture
profile-picture
miniadila dan Anna471 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Sekolah Libur Karena Pandemi Covid-19, Guru Makan Gaji Buta, Benarkah?
05-06-2020 15:59
biasa lah orang nyinyir karena nggak tahu kenyataannya
profile-picture
profile-picture
miniadila dan Anna471 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Sekolah Libur Karena Pandemi Covid-19, Guru Makan Gaji Buta, Benarkah?
05-06-2020 15:32
ketika sebagian berpendapat seperti itu abaikan saja, menjadi guru itu tidak mudah, banyak tanggung jawabnya, semoga tetap semangat.
profile-picture
profile-picture
miniadila dan Anna471 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Sekolah Libur Karena Pandemi Covid-19, Guru Makan Gaji Buta, Benarkah?
05-06-2020 15:25
guru gak makan gaji buta, karena tetap mengajar dan memberikan penilaian meski just via online.
profile-picture
profile-picture
miniadila dan Anna471 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Sekolah Libur Karena Pandemi Covid-19, Guru Makan Gaji Buta, Benarkah?
30-04-2020 10:51
emoticon-Cendol Gan
profile-picture
profile-picture
miniadila dan nichodoankk memberi reputasi
2 0
2
Sekolah Libur Karena Pandemi Covid-19, Guru Makan Gaji Buta, Benarkah?
29-04-2020 19:37
waduh gasamasekali ane mikir kaya gini krn guru masih ada peran ketika siswa diliburkan gan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
miniadila dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Halaman 1 dari 11
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia